Skip to main content

Memahami Hakekat Pemasaran Untuk Produk atau Jasa

Pasar merupakan tempat dimana para pelaku bisnis melakukan transaksi antara konsumen maupun produsen sehinggga terjadi sebuah kesepakatan yang saling menguntungkan. Pelaku bisnis harus bisa melihat dengan jelas dan fokus sasaran mana yang mereka anggap adalah peluang. Walaupun kualitasa produk yang ditawarkan sudah diatas rata-rata, lokasi usaha sudah bagus dan harga sudah bersaing maka jelas produk atau jasa ini bisa menarik konsumen sebagaimana mestinya.

Di tengah-tengah banyaknya penawaran jika anda ingin melayani seluruh lapisan masyarakat anda harus konsisten dengan pelayanan yang terbaik sehingga konsumen anda tidak beralih pada produk lain. Memahami siapa sasaran yang di tuju adalah awal yang penting untuk merumuskan strategi. Di sebutkan faktor-faktor marketing yang harus di perhatikan agar cocok dengan segmen pasar yang dituju sehingga dapat memuaskan dan menguntungkan yaitu Produk, Price, Place, Promotion atau disebut dengan 4P dan untuk menyempurnakannya maka ditambah dengan "Plus" yaitu faktor-faktor pasar bauran (marketing mix).

Dalam memahami hakekat pemasaran seorang pelaku usaha harus mempunyai penawaran yang powerful dan kepercayaan dari pelanggan sehingga timbal balik ini akan terjadi win-win solution. Pada dasrnya para konsumen yang mereka takutkan adalah uang yang mereka bayarkan tidak sesuai dengan produk atau jasa yang di berikan. Dari sini perusahaan perlu mengumpulkan informasi tentang strategi, sasaran, kekuatan/kelemahan serta pola reaksi pesaing.

Ada beberapa strategi dalam membangun merek yang kuat :
  • Definisi merek
  • Kategori merek
  • Ekuitas merek
Definisi merek merupakan setiap perusahaan harus mengembangkan sendiri kebijakan-kebijakan mengenai merek bagi mata produk dalam lini yang sama. Merek merupakan kombinasi dari nama, simbol juga desain yang memberi arti atau identitas produk.

Kategori produk yaitu terdiri dari merek private (private brand/store brand/distributor brand/private label), merek spesifikasi/individu (spesific/individual brand), merek lini/keluarga (line/famili brand), merek perusahaan (corporate brand), merek kombinasi ( combination brand).

Ekuitas merek berdasarkan perspektif konsumen adalah pengenalan konsumen terhadap merek tersebut dan menyimpannya dala memori mereka beserta asosiasi merek yang mendukung, kuat dan unik, Ekuitas merek berdasarkan perspektif konsumen terdiri dari kesadaran merek (brand awareness) dan citra merk ( brand image)

Untuk menjadikan sebuah produk menjadi TOP BRAND maka perusahaan perlu memperhatikan segmentasi pasar, strategi harga dan strategi promosi serta dibutuhkan cara mengimplementasikan strategi ini. Terima kasih semoga bermanfaat salam SUKSES.

Comments

  1. Bagaimana caranya agar konsumen tetap ke produk kita pak?

    ReplyDelete
  2. Terima kasih pertanyaan yang bagus sekali dari sodara Ramdhan.
    Menurut saya perusahaan harus menetapkan harga dekat dengan pesaing, jika pesaing itu merupakan pesaing utama. Jika kualitas penawaran lebih tinggi dari pesaing maka disitulah kekuatan dari produk yang di tawarkan yang perlu diperhatikan adalah seberapa powerfulnya penawaran produk tersebut. Meskpun tidak menutup kemungkinan pesaing mengubah harganya sebagai tanggapan mereka, nah peran penawaran dan pelayannan sangat penting. Terima kasih

    ReplyDelete
  3. Tapi bagaimana jika pesaing menetapkan harga dibawah produksi dari perusahaan kami pak, jika kami mengikuti harga pesaing maka kami hanya akan mendapat untung sedikit?

    ReplyDelete

Post a Comment

KOMENTAR KALIAN SANGAT BERARTI UNTUK SAYA. TERIMA KASIH :)

Popular posts from this blog

Usaha Jajanan Anak Sekolah Modal Kecil

Usaha Jajanan Anak Sekolah Modal Kecil Peluang uasaha yang satu ini memang menarik dan patut untuk dicoba tidak hanya menjanjikan akan tetapi memang untuk masalah pelanggan dan omsetnya jangan di tanyakan lagi, coba anda bayangkan berapa banyak sekolah di indonesia ini begitu banyaknya sehingga usaha ini tidak ada matinya sampai kapan pun. Mulai dari TK, PAUD,SD,SMP, bahkan SMK/SMU pasti menjumpai pedagang yang menjajakan dagangannya terutama makanan.

Salah satu bisnis sampingan yang menjanjikan keuntungan besar adalah usaha jajanan anak sekolah. Bila rumah Anda kebetulan dekat dengan sekolahan, manfaatkan peluang ini dengan sebaik-baiknya. Lingkungan sekolah memang menjadi tempat yang strategis untuk berjualan, pasalnya sekarang ini banyak sekali pedagang yang berjualan jajanan di lingkungan sekolah.

Karena ini merupakan olahan yang diperuntukan untuk anak-anak sekolah pastinya harus memperhatikan kualitas bahan dan juga berhati-hati dan jangan sampai memberikan bahan-bahan yang berb…

Pengertian Modal Asing Dan Modal Sendiri Sebagai Pendanaan Perusahaan

Pengertian Modal Asing Dan Modal Sendiri Menurut Para AhliModal sangat dibutuhkan oleh perusahaan untuk kelangsungan hidup suatu perusahaan dalam menjalankan kegiatan operasional perusahaan suatu perusahaan. Modal sangat menentukan perkembangan dan pertumbuhan usaha perusahaan. Modal sangat berperan sebagai sumber pendanaan perusahaan yang menggambarakan perusahaan dalam memenuhi dapat didanai oleh modal sendiri secara keseluruhan atau didanai dengan modal sendiri dan ditambah dengan modal berasal dari pinjaman.

Pengertian Modal menurut Warren, Reeve dan Philip (2005:5), “Modal atau ekuitas pemegang saham adalah jumlah total dari dua sumber utama ekuitas saham, yaitu modal disetor dan laba ditahan.” 

Sedangkan definisi ekuitas menurut Mayo (2004:188), “A variety of debt instrument to tap the funds of investor who purchase debt securities, there are only two types of stock: preferred stock and common stock.” 

Berdasarkan pengertian diatas maka dapat disimpulkan bahwa perusahaan dapa…

Pengertian, Tujuan, Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Upah Dan Gaji

Pengertian UpahUpah adalah salah satu rangsangan penting bagi para karyawan dalam suatu perusahaan. Hal ini tidaklah berarti bahwa tingkat upahlah yang merupakan pendorong utama, tingkat upah hanya merupakan dorongan utama hingga pada tarif dimana upah itu belum mencukupi kebutuhan hidup para karyawan sepantasnya. Upah sebenarnya merupakan salah satu syarat perjanjian kerja yang diatur oleh pengusaha dan buruh atau karyawan serta pemerintah.

Upah adalah jumlah keseluruhan yang ditetapkan sebagai pengganti jasa yang telah dikeluarkan oleh karyawan meliputi masa atau syarat-syarat tertentu.”

Dewan Penelitian Pengupahan Nasional memberikan definisi pengupahan sebagai berikut :

Upah ialah suatu penerimaan kerja untuk berfungsi sebagai jaminan kelangsungan kehidupan yang layak bagi kemanusiaan dan produksi dinyatakan menurut suatu persetujuan Undang-undang dan Peraturan dan dibayarkan atas dasar suatu perjanjian kerja antara pemberi kerja dengan penerima kerja.”
Dari pengertian diatas me…