Pengertian Marketing Mix Untuk Meningkatkan Penjualan

Pengertian Marketing Mix

Pengertian Marketing Mix Dan Penerapan Dalam Dunia Bisnis

Pengertian marketing mix adalah pemasaran yang di lakukan secara berbaur atau bersama-sama yang menerapkankonsep-konsep yang sesuai kebutuhan masing-masing perusahaan, dalam arti mengatur strategi pemasaran yang dilakukan secara terpadu, atau untuk mudahnya adalah strategi pemasaran yang di lakukan secara bersama-sama dalam menerapkan beberapa elemen strategi pemasaran yang ada dalam marketing Mix.

Menurut beberapa istilah pengertian marketing mix itu sendiri adalah sekumpulan beberapa elemen-elemen yang dimana semua elemen pemasaran itu dapat dikendalikan, dan dapat digunakan oleh sebuah perusahaan untuk mengejar tingkat penjualan yang telah ditentukan dalam target pemasaran. Marketing mix sendiri adalah sebuah tujuan yang harus di capai dengan menerpkan beberapa elemen marketing mix sehingga mencapai tujuan sebagaimana mestinya.

Untuk mampu menciptakan loyalitas pelanggan tersebut, para pengembang perlu memiliki suatu strategi pemasaran yang jitu dalam memasarkan produknya, karena strategi pemasaran juga merupakan alat fundamental yang direncanakan untuk mencapai tujuan perusahaan dengan mengembangkan keunggulan bersaing yang digunakan untuk melayani pasar sasaran (Tull & Kahle dalam Tjiptono 1997).

Dalam mengembangkan bisnis makanan, pengusaha tidak cukup hanya mengandalkan barang dan mutu produk yang dijual. Salah satu bentuk strategi pemasaran yang mampu mendukung dalam memasarkan produk untuk menciptakan kepuasan konsumen adalah penggunaan marketing mix (bauran pemasaran) yang meliputi product, price, promotion, dan physical evidence atau place (Pawitra 1993).

Berikut adalah pengertian marketing mix menurut ahli :

Menurut Philip Kotler, pemasaran adalah proses sosial dan manajerial yang seseorang atau kelompok lakukan untuk memperoleh yang mereka butuhkan dan inginkan melalui penciptaan dan pertukaran produk dan nilai. Adapun The American Marketing Association mendefinisikan pemasaran sebagai proses perencanaan dan pelaksanaan konsepsi, penetapan harga, promosi, dan distribusi ide, barang dan jasa untuk menciptakan pertukaran yang memuaskan tujuan individu dan organisasi. Dengan demikian, manajemen pemasaran dapat didefinisikan sebagai perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi konsepsi, penetapan harga, promosi dan distribusi ide, barang atau jasa untuk menciptakan pertukaran yang memuasakan tujuan individu dan organisasi.

Dari konsep Marketing Mix ini ada beberapa elemen yaitu 7P
    1. Marketing Mix Partisipant or People
    2. Marketing Mix Physical Evidence
    3. Marketing Mix Procces
    4. Marketing Mix Product
    5. Marketing Mix Place
    6. Marketing Mix Price
    7. Marketing Mix Promotion

      People Adalah semua orang yang terlibat aktif dalam pelayanan dan mempengaruhi persepsi pembeli, nama, pribadi pelanggan, serta pelanggan-pelanggan lain yang ada dalam lingkungan service (layanan) jasa tersebut. People termasuk kegitan untuk karyawan mulai dari rekrutmen, diklat (pendidikan dan pelatihan), motivasi, balas jasa, kerja sama, serta pelanggan (customers )dan colon pelanggan.

      Physical Evidence Adalah lingkungan fisik yang berkaitan dengan keadaan / kondisi yang di dalamnya juga termasuk suasana. Seperti halnya simbol prusahaan, moto, visi, misi, fasilitas yang dimiliki (gedung kantor, dll.), laporan (keuangan, dokumen-dokumen, dll.), kartu nama, seragam karyawan, jaminan perusahaan, dan kekayaan perusahaan.

      Procces Adalah kegiatan marketing yang menunjukkan bagaimana proses pelayanan yang kita berikan kepada konsumen saat melakukan pembelian produk / jasa yang di tawarkan. Seperti keterlibatan pelanggan (customers) dalam pelayanan jasa, proses aktivitas, standar pelayanan, kesederhanaan, atau kompleksitas prosedur kerja yang ada di lingkungan prusahan jasa tersbut.

      Product Adalah segala sesuatu yang bisa ditawarkan untuk memuaskan suatu kebutuhan dan keinginan. Pelanggan memuaskan kebutuhan dan keinginannya lewat produk. Istilah lain produk adalah penawaran atau pemecahan. Dalam marketing mix product dibagi menjadi dua bagian yaitu barang fisik, jasa dan gagasan. Jika barang berupa fisik produk nyata yang bisa langsung di lihat, sedangkan gagasan atau ide yang tidak bisa lihat namun bisa dirasakan, seperti jasa adalah salah produk yang hanya bisa di rasakan namun tidak mempunyai wujud atau terlihat.

      Place Adalah seluruh rangkaian kegiatan atau fungsi untuk memindahkan satu produk yang disertai dengan hak pemilik dari produsen ke konsumen akhir atau sang pemakai.

      Price atau harga Adalah suatu nilai tukar dari produk barang maupun jasa yang dinyatakan dalam satuan moneter. Harga merupakan salah satu penentu keberhasilan suatu perusahaan karena harga menentukan seberapa besar keuntungan yang akan diperoleh perusahaan dari penjualan produknya baik berupa barang maupun jasa. Menetapkan harga terlalu tinggi akan menyebabkan penjualan akan menurun, namun jika harga terlalu rendah akan mengurangi keuntungan yang dapat diperoleh organisasi perusahaan.

      Pengertian Promotion Adalah upaya untuk memberitahukan atau menawarkan produk atau jasa pada dengan tujuan menarik calon konsumen untuk membeli atau mengkonsumsinya. Dengan adanya promosi produsen atau distributor mengharapkan kenaikannya angka penjualan.

      Untuk kegiatan penjualan itu dipengaruhi oleh beberapa faktor sebagai berikut (Swastha dan Irawan, 1990):

      1. Kondisi dan Kemampuan Penjual.


      Transaksi jual-beli atau pemindahan hak milik secara komersial atas barang dan jasa itu pada prinsipnya melibatkan dua pihak, yaitu penjual sebagai pihak pertama dan pembeli sebagai pihak kedua. Disini penjual harus dapat menyakinkan kepada pembelinya agar dapat berhasil mencapai sasaran penjualan yang diharapkan.untuk maksud tersebut penjual harus memahami beberapa masalah penting yang sangat berkaitan, yakni: a. Jenis dan karakteristik barang yang di tawarkan. b. Harga produk. c. Syarat penjualan seperti: pembayaran, penghantaran, pelayan-an sesudah penjualan, garansi dan sebagainya.

      2. Kondisi Pasar.


      Pasar, sebagai kelompok pembeli atau pihak yang menjadi sasaran dalam penjualan, dapat pula mempengaruhi kegiatan penjualannya. Adapun faktor-faktor kondisi pasar yang perlu di perhatikan adalah:
      • Jenis pasarnya
      • Kelompok pembeli atau segmen pasarnya
      • Daya belinya
      • Frekuensi pembelian
      • Keinginan dan kebutuhan
      3. Modal.

      Akan lebih sulit bagi penjualan barangnya apabila barang yang dijual tersebut belum dikenal oleh calon pembeli, atau apabila lokasi pembeli jauh dari tempat penjual. Dalam keadaan seperti ini, penjual harus memperkenalkan dulu membawa barangnya ketempat pembeli. Untuk melaksanakan maksud tersebut diperlukan adanya sarana serta usaha, seperti: alat transport, tempat peragaan baik didalam perusahaan maupun di luar perusahaan, usaha promosi, dan sebagainya. Semua ini hanya dapat dilakukan apabila penjualan memiliki sejumlah modal yang diperlukan untuk itu.

      4. Kondisi Organisasi Perusahaan.

      Pada perusahaan besar, biasanya masalah penjualan ini ditangani oleh bagian tersendiri (bagian penjualan) yang dipegang orang-orang tertentu/ahli di bidang penjualan.

      5. Faktor lain.


      Faktor-faktor lain, seperti: periklanan, peragaan, kampanye, pemberian hadiah, sering mempengaruhi penjualan. Namun untuk melaksana-kannya, diperlukan sejumlah dana yang tidak sedikit. Bagi perusahaan yang bermodal kuat, kegiatan ini secara rutin dapat dilakukan. Sedangkan bagi perusahaan kecil yang mempunyai modal relatif kecil, kegiatan ini lebih jarang dilakukan. Ada pengusaha yang berpegangan pada suatu prinsip bahwa “paling penting membuat barang yang baik”. Bilamana prinsip tersebut dilaksanakan, maka diharapkan pembeli akan kembali membeli lagi barang yang sama. Namun, sebelum pembelian dilakukan, sering pembeli harus dirangsang daya tariknya, misalnya dengan memberikan bungkus yang menarik atau dengan cara promosi lainnya.

      Untuk mengoptimalkan perusahaan kita tentunya harus mengetahui bagaimana menggunakan konsep marketing mix ini untuk memenangkan persaingan pasar. Karena, hal ini merupakan tujuan utama menerapkan konsep marketing mix, di dunia pemasaran produk barang maupun jasa.

      Ada begitu banyak strategi pemasaran yang bisa di gunakan untuk meningkatkan dan mengembangkan penjualan bisnis kita dan tentunya untuk memenagkan persaingan pasar yang semakin ketat. Salah satunya adalah menggunakan strategi pemasaran marketing mix diatas. dengan mengkombinasikan beberapa strategi dan konsep pemasaran memungkinkan perusahaan akan mampu bersaing dalam dunia usaha dan bisnis.

      Dengan adanya marketing mix ini perusahaan atau bisnis akan memiliki peningkatan penjualan produk atau jasa mereka.

      Terimakasih semoga artikel ini bermanfaat dan memberikan nila tambah untuk pembaca.

      Subscribe to receive free email updates:

      0 Response to "Pengertian Marketing Mix Untuk Meningkatkan Penjualan"

      Post a Comment

      KOMENTAR KALIAN SANGAT BERARTI UNTUK SAYA. TERIMA KASIH :)