Cara Membuat Perencanaan Pemasaran Yang Powerful

Strategic Marketing Planing

Perencanaan Pemasaran Yang Powerful

Pemasaran adalah suatu proses penciptaan dan penyampaian barang dan jasa yang diinginkan pelanggan, yang meliputi kegiatan yang berkaitan dengan menarik dan mempertahankan pelanggan setia. Rahasia pemasaran yang berhasil adalah memahami siapa pelanggan, apa kebutuhan, permintaan, dan keinginannya sebelum pesaing menawarkan produk dan jasanya yang akan memusakan kebutuhan pelanggan tersebut.

Menurut Bygrave, perencanaan pemasaran ini harus melakukan penganalisaan terhadap situasi perusahaan danlingkungannya, analisa dan penilaian peluang, kekuatan, kelemahan, kendala yang dihadapi juga gambaran sasaran konsumen dan strategi pemasaran yang digunakan.

Inti kegiatan rencana pemasaran adalah menganalisis situasi lingkungan dan peluang pasar, mengembangkan sasaran pemasaran, menetapkan strategi pemasaran, menciptakan taktik dan tindakan pelaksanaan, dan evaluasi pasar yang berkesinambungan.

Rencana pemasaran meliputi strategi pemasaran secara keseluruhan, penetapan harga, taktik penjualan, jasa dan kebijakan jaminan, iklan dan promosi, distribusi, keinginan terhadap produk, penelitian pasar/ market research. Market research adalah sarana untuk mengumpulkan informasi yang menjadi dasar perencanaan pasar, yang mencakup kegiatan sistematis dalam pengumpilan, analisa, dan interpretasi data yang berkait dengan perusahaan, pelanggan, dan pesaing suatu perusahaan.

Proses rencana pemasaran lebih dititik beratkan pada produk/pasar dan pengembangan strategi dan program pemasaran yang terinci dengan baik agar dapat memoeroleh sasaran/tujuan produk dalam pasar. Dengan kata lain, rencana pemasaran merupakan instrumen terpadu untuk mengarahkan dan memadukan upaya pemasaran tersebut.

Proses perencanaan tadi terdiri dari lima tahapan yaitu :

  • Menganalisis peluang pasar
  • Meneliti dan memilih pasar sasaran
  • Merancang strategi pemasaran
  • Merencanakan dan mengorganisasikan program pasar
  • Melaksanakan dan mengendalikan upaya pemasaran
Masing-masing tahapan ini suatu rencana pemasaran pada suatu perusahaan dapat berbeda dengan perusahaan lain, tetapi paling sedikit harus berisi rangkuman pimpinan, situasi pemasaran saat ini, analisis peluang dan masalah, sasaran, strategi pemasaran, program kegiatan, anggaran laba rugi dan pengendalian.

Agar tercapai perencanaan yang efektif, seorang manajer pemasaran harus dengan akibat penjualan adan keuntungannya. Hubungan itu tercangkup dalam persamaan keuntungannya dan persamaan penjualannya. Perencanaan optimum bagi pengeluaran pemasaran, bauran pemasaran, dan alokasi dana pemasaran.

Langkah-langkah dalam strategi pemasaran  memiliki empat tahapan :

  1. Analisis Situasi Strategis
  2. Perancangan Strategi Pemasaran
  3. Pengembangan Proses Pemasaran Serta Implementasi
  4. Pengelolaan Strategi
Analisis situasi setrategi meliputi memenangkan pasar melalui perencanaan strategis berorientasi pasar, mengumoulkan informasi dan menukur permintaan pasar, mencari peluang di lingkungan pemasaran, menganalisis pasar konsumen dan perilaku pembeli, menganalisis pasar komunitas internet, menganalisis pasar bisnis dan perilaku pembelian biasnis, menghadapi pesaing dan mengidentifikasi segmen pasar serta menentukan posisi dan mendefinisikan pasar, strategi hubungan pemasaran mencangkup menetapkan strategi produk, strategi harga, strategi distribusi, dan strategi promosi. Implementasi dan pengelolaan strategi mencangkup merancang organisasi pemasaran yang efektif, implementasi dan pengendalian strategi.

Terimakasih semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang sesuai untuk Anda.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Membuat Perencanaan Pemasaran Yang Powerful"

Post a Comment

KOMENTAR KALIAN SANGAT BERARTI UNTUK SAYA. TERIMA KASIH :)