Skip to main content

Cara Menentukan Strategi Riset Pemasaran Yang Unggul

Strategi Riset Pemasaran
Apa Itu Strategi Riset Pemasaran?
Riset marketing adalah suatu upaya pencarian untuk memperoleh informasi yang relevan Secara teknis, riset marketing merupakan proses formal dan objektif agar dengan sistematik dapat memperoleh menganalisis, dan menafsirkan data yang ditujukan untuk menyediakan informasi yang berguna untuk pembuatan keputusan dalam marketing.

Perusahaan harus mempertimbangkan berapa besar proporsi penjualan di pasar asing terhadap sasaran total penjualannya, apakah apakah perusahaan melakukan bisnis di beberapa negara saja atau di banyak negara dan negara seperti apa yang akan dimasuki.

Selanjutnya memutuskan pasar-pasar mana saja yang akan dimasuki, karena ini mengharuskan penilaian besarnya laba atas investasi yang mungkin di bandingkan dengan tingkat risiko yang dihadapi. Dengan adanya keuntungan atau risiko dari pemasaran internasional, perusahaan membutuhkan cara yang sistematis untuk mengambil keputusan menenai pemasaran internasional.

Untuk itu perusahaan harus meninjau atau memperhatikan produk apa yang sekiranya layak untuk di pasarkan di pasar domestik maupun internasional. Produk merupakan bauran pasar yang paling mendasar. Produk tidak hanya obyek fisik akan tetapi produk merupakan seperangkat manfaat atau nilai yang dapat memuaskan kebutuhan pelanggan. Produk meliputi kualitas, keistimewaan, desain, gaya, keanekaragaman, bentuk merek, kemasan, ukuran, pelayananm jaminan, pengembalian.

Dari segi kualitas di definisikan oleh pelanggan apakah layak produk tersebut dan seberapa baik sebuah produk sesuai dengan kebutuhan yang di inginkan pelanggan. Kualitas sendiri meliputi kualitas kinerja, kualitas kesesuaian, daya tahan dan keandalan.

Dari segi keistimewaan adalah karakteristik yang melengkapi fungsi dasar produk. Pokok utama yaitu memperkenalkan apa keistimewaan produk yang ditawarkan sehingga mampu bersaing dengan cara yang efektif.

Dari segi desain merupakan totalitas keistimewaan yang mempengaruhi fungsi produk sehingga pelanggan dapat mengerti apa maksud dan tujuan yang ditawarkan sehingga dapat memenuhi kebutuhan pelanggan.

Dari gaya menggambarkan penampilan dan perasaan itu bagi pelanggan. Gaya disini memproyeksikan agar pelanggan dapat tahu apa yang mereka butuhkan

Dari segi kemasan produk fisik atau berwujud membutuhkan kemasan agar tercipta manfaat-manfaat tertentu seperti misalnya perlindungan, kemudahan, manfaat ekonomi dan juga promosi. Para pemasar harus mengembangkan konseppengemasan dan kemudian mengujinya dari segi fungsi dan psikologi agar tercapai tujuan yang diraih, serta tidak melanggar undang-undang dan kebijakan pemerintah. Kemasan harus mempunyai informasi yang relevan dari segi produk, manfaat, dan informasi lainnya sehingga konsumen tidak merasa tertipu dan mendorong konsumen untuk mencoba membelinya.

Dari segi pelayanan Perusahaan harus menyusun, mengembangkan dan memberikan produk, jasa, atau pelayanan yang memang diinginkan oleh para pelanggannya. Jasa pelayanan ini harus efektif dalam memenangkan persaingan. Kunci dari keberhasilan dalam persaingan adalah adanya penambahan pelayanan yang berkualitas dan memiliki nilai tambah. Pembeda pelayanan terletak pada kemudahan yang dilakukan pemesanan, pengiriman, pemasangan, pelatihan pelanggan, keluhan dan penyesuaian, masa kredit, pemeliharaan, bantuan teknis dan informasi bagi konsumen.

Setelah perusahaan menentukan produk sebagaimana mestinya maka pembidikan pasar harus dilakukan. Untuk melakukanya pemasar harus terlebih dahulu menevaluasi potensi laba masing-masing segmen pasar. Ini adalah fungsi dari ukuran dan pertumbuhan segmen. 
 
Terimakasih semoga artikel ini bermanfaat. Jika berkenan tinggalkan komentar Anda terimakasih

Comments

Popular posts from this blog

Usaha Jajanan Anak Sekolah Modal Kecil

Usaha Jajanan Anak Sekolah Modal Kecil Peluang uasaha yang satu ini memang menarik dan patut untuk dicoba tidak hanya menjanjikan akan tetapi memang untuk masalah pelanggan dan omsetnya jangan di tanyakan lagi, coba anda bayangkan berapa banyak sekolah di indonesia ini begitu banyaknya sehingga usaha ini tidak ada matinya sampai kapan pun. Mulai dari TK, PAUD,SD,SMP, bahkan SMK/SMU pasti menjumpai pedagang yang menjajakan dagangannya terutama makanan.

Salah satu bisnis sampingan yang menjanjikan keuntungan besar adalah usaha jajanan anak sekolah. Bila rumah Anda kebetulan dekat dengan sekolahan, manfaatkan peluang ini dengan sebaik-baiknya. Lingkungan sekolah memang menjadi tempat yang strategis untuk berjualan, pasalnya sekarang ini banyak sekali pedagang yang berjualan jajanan di lingkungan sekolah.

Karena ini merupakan olahan yang diperuntukan untuk anak-anak sekolah pastinya harus memperhatikan kualitas bahan dan juga berhati-hati dan jangan sampai memberikan bahan-bahan yang berb…

Pengertian Modal Asing Dan Modal Sendiri Sebagai Pendanaan Perusahaan

Pengertian Modal Asing Dan Modal Sendiri Menurut Para AhliModal sangat dibutuhkan oleh perusahaan untuk kelangsungan hidup suatu perusahaan dalam menjalankan kegiatan operasional perusahaan suatu perusahaan. Modal sangat menentukan perkembangan dan pertumbuhan usaha perusahaan. Modal sangat berperan sebagai sumber pendanaan perusahaan yang menggambarakan perusahaan dalam memenuhi dapat didanai oleh modal sendiri secara keseluruhan atau didanai dengan modal sendiri dan ditambah dengan modal berasal dari pinjaman.

Pengertian Modal menurut Warren, Reeve dan Philip (2005:5), “Modal atau ekuitas pemegang saham adalah jumlah total dari dua sumber utama ekuitas saham, yaitu modal disetor dan laba ditahan.” 

Sedangkan definisi ekuitas menurut Mayo (2004:188), “A variety of debt instrument to tap the funds of investor who purchase debt securities, there are only two types of stock: preferred stock and common stock.” 

Berdasarkan pengertian diatas maka dapat disimpulkan bahwa perusahaan dapa…

Pengertian, Tujuan, Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Upah Dan Gaji

Pengertian UpahUpah adalah salah satu rangsangan penting bagi para karyawan dalam suatu perusahaan. Hal ini tidaklah berarti bahwa tingkat upahlah yang merupakan pendorong utama, tingkat upah hanya merupakan dorongan utama hingga pada tarif dimana upah itu belum mencukupi kebutuhan hidup para karyawan sepantasnya. Upah sebenarnya merupakan salah satu syarat perjanjian kerja yang diatur oleh pengusaha dan buruh atau karyawan serta pemerintah.

Upah adalah jumlah keseluruhan yang ditetapkan sebagai pengganti jasa yang telah dikeluarkan oleh karyawan meliputi masa atau syarat-syarat tertentu.”

Dewan Penelitian Pengupahan Nasional memberikan definisi pengupahan sebagai berikut :

Upah ialah suatu penerimaan kerja untuk berfungsi sebagai jaminan kelangsungan kehidupan yang layak bagi kemanusiaan dan produksi dinyatakan menurut suatu persetujuan Undang-undang dan Peraturan dan dibayarkan atas dasar suatu perjanjian kerja antara pemberi kerja dengan penerima kerja.”
Dari pengertian diatas me…