logoblog

20 Peluang Usaha Untuk Mahasiswa Yang Menguntungkan

Peluang usaha mahasiswa

Assalamualaikum Wr Wb Salam sukses untuk kita semua. Saya berharap artikel ini memberikan manfaat untuk pembaca setia. Saya berharap artikel ini memberikan manfaat untuk pembaca setia gomarketingstrategic. Langsung saja yuk kita mulai pembahasannya simak yang berikut ini.

Selain menyibukkan diri sebagai mahasiwa/mahasiswi apa slahnya mmencoba untuk berbisnis sambilan untuk menambag pengalaman dan juga tentunya mendapatkan uang tambahan dari usahanya. Para sarjana, mahasiswa, maupun pelajar, perlu dipersiapkan menghadapi tantangan di dunia kerja, dan akan lebih baik jika mereka memiliki penghasilan tambahan. Sebagai mahasiswa tentunya memiliki ide-ide kreatifitas yang perlu di realisasikan sehingga dapat mencoba berbagai macam bisnis untuk mendapat pengalaman tersebut.

Ada Beberapa Maca Usaha Yang Patut Untuk Di Coba Yaitu :


1). Bisnis T-shirt


Saat ini T-shirt memang banyak peminatnya dan peluang usahanya pun masih terbuka luas bagi siapa saja yang mau menekuni. T-shirt yang keren adalah yang terlihat muda, sederhana, dan ini menjadi penampilan umum bagi sebagian besar mahasiswa. Karena kebanyakan peminatnya kaum muda pastinya desain yang unik dan inovativ misalnya tulisan atau gambar yang kreatif akan menarik peminat atau pembeli. Tawarkan juga desain kemeja untuk organisasi di kampus. Dengan demikian maka bisnis ini patut untuk di coba.

2). Layanan jual barang bekas

Jika anda mempunyai barang-barang yang sudah bekas tapi masih bisa dipakai cobalah tawarkan kepada teman-teman anda atau tawarkan jasa menjual barang barang bekas pada teman-teman anda misalnya teman anda mempunyai barang bekas nah jualkan barang tersebut sehingga jika laku maka kesepakatan hasil penjualan dapat dibagi rata.

3). Bimbingan Belajar

Anda mempunyai keahlian di bidang matematika, bahasa inggris dan lain sebagainya maka cobalah untuk membuka bisnis kursus private. Bisnis sampingan yang tidak memerlukan modal ini cukup menarik untuk di coba karena cukup dengan keahlian anda . Namun bisnis ini menuntut mahasiswa yang menjalankannya mempunyai keterampilan dan keahlian khusus. Misalnya saja bisnis kursus private matematika, paling cocok bagi mahasiswa jurusan matematika. Kursus matematika banyak dicari orang tua murid, karena matematika diajarkan sejak pendidikan dasar dan diujikan pada ujian nasional. Ini merupakan ladang emas yang sebaiknya dicoba mahasiswa.

4). Bisnis Jasa Printing


Bisnis jasa printing memerlukan modal minimal 1 buah laptop printer dan perlengkapan lainnya. Peluang usaha ini cukup menjanjikan, karena banyak orang yang membutuhkan, seperti mahasiswa yang tidak bisa lepas dari tugas atau laporan berupa hard copy. Ini merupakan peluang untuk mendirikan jasa printing, baik print tugas sesama mahasiswa maupun jasa print kepada orang umum. Jasa printing ini dapat dibuka di tempat tinggal, seperti di rumah, kost atau kontrakan Anda. Bahkan jasa printing ini dapat dijadikan rintisan bisnis untuk dikembangkan menjadi bisnis percetakan yang lebih besar setelah lulus kuliah.
5). Bisnis Jasa Foto dan Video


Bisnis jasa foto dan video juga merupakan usaha dan bisnis sampingan mahasiswa yang berhubungan dengan hobi. Bisnis ini biasanya ditekuni mahasiswa jurusan fotografi, sehingga mereka dapat berbisnis sekaligus mengaplikasikan materi yang didapat di kampus. Walaupun awalnya hanya sebagai bisnis sampingan sewaktu kuliah, namun bisnis ini berpotensi besar jika dilakukan dengan baik dan manajemennya bagus. Sehingga dapat menjadi rintisan bisnis yang serius setelah lulus kuliah nantinya.

6). Jasa Pengiriman


Adakah bisnis di daerah Anda yang bisa meningkatkan nilai jual dengan layanan pengiriman langsung ke pelanggan? Jika ada, jadilah jasa pengiriman itu.

7). Layanan Dan Pengiriman Makanan Tengah Malam


Jika Anda kuliah di daerah yang jarang rumah makan buka hingga tengah malam, dan sekalipun ada, mereka tidak mau mengantarkan ke pelanggan. Maka, rebut peluang itu.

8). Jasa Desain Grafis Untuk Presentasi Dan Laporan 


Bagi Anda yang merasa senang dan menikmati seni desain dan presentasi yang bagus, dan merasa punya keahlian disitu, tawarkan lah jasa desain grafis ini kepada mahasiswa lain atau bahkan mungkin dosen.

9). Bisnis Jasa Penerjemah


Bisnis jasa penerjemah merupakan bisnis sampingan yang cocok dijalankan mahasiswa jurusan bahasa, baik Bahasa Inggris, Bahasa Jepang, Bahasa Arab, Bahasa Mandarin dan bahasa lainnya. Bisnis ini tidak membutuhkan modal, hanya membutuhkan keterampilan dan kefasihan berbahasa asing saja. Bahkan Anda dapat mulai menawarkan jasa kepada mahasiswa lain yang berbeda jurusan, seperti jurusan IT dan jurusan lainnya.

10). Bisnis Jasa Pembuatan Toko Online

Bisnis jasa pembuatan toko online merupakan bisnis sampingan yang cocok untuk mahasiswa IT. Jasa yang ditawarkan berhubungan dengan mata kuliah pemrograman web, sehingga mahasiswa dapat mencari uang sekaligus mempraktikkan materi yang didapatkan di bangku kuliah. Bisnis online ini sangat ramai karena mempunyai keuntungan finansial yang sangat besar. Sebab saat ini banyak orang yang menjual barangnya secara online. Sehingga toko online dengan tampilan yang elegan, akan menambah kepercayaan calon pembeli.

11). Jasa Tour

Bagi mahasiswa yang suka dengan wisata alam ataupun melakukan perjalanan jauh, serta memiliki bakat dalam merencanakan perjalanan, kumpulkan mahasiswa lain dan buatlah paket wisata ke luar negeri ataupun wisata lokal untuk liburan. Bisnis mahasiswa ini bisa menguntungkan Anda, selain dapat keuntungan berupa uang, juga dapat ikut merasakan liburan sambil wisata.

12). Jasa Perawatan Hewan Peliharaan 


Mempunyai hobi dan suka dengan berbagai hewan peliharaan dapat menjadi peluang bisnis pelajar ataupun bisnis mahasiswa. Saat ini banyak orang memiliki hewan peliharaan tapi terkadang tidak punya waktu untuk merawat. Ambil peluang itu.

13). Bisnis Butik


Apakah Anda sering mendapat pujian atau perhatian dengan penampilan? Mungkin bisnis ini dapat menjadi bisnis mahasiswa yang cocok untuk Anda. Buatlah mode yang menarik dan jual melalui ponsel Anda.

14). Kelompok Pertunjukan Seni

Jika Anda pelajar atau mahasiswa yang memiliki minat dan kemampuan dalam pertunjukan seni seperti music, tari, atau drama, mulailah bentuk kelompok, dan ikuti acara-acara yang dapat mengembangkan minat Anda tersebut.

15). Bisnis Jasa Pembuatan Website

Saat ini bisnis jasa pembuatan website merupakan bisnis yang menjanjikan, karena hampir semua perusahaan, sekolah, kampus dan blog atau website personal sangat banyak bertebaran di internet. Ini adalah peluang yang sangat menguntungkan. Bisnis ini cocok dijalankan mahasiswa IT yang mempunyai jurusan berkaitan dengan pembuatan website. Anda dapat menggunakan keterampilan mengolah kode PHP atau ASP secara manual atau menggunakan CMS, seperti wordpress untuk membuka bisnis jasa pembuatan website.

16). Bisnis Jualan Pulsa

Bisnis jualan pulsa merupakan bisnis yang membutuhkan modal yang sangat kecil, sehingga banyak yang menjadikan bisnis ini sebagai bisnis pertama untuk mulai belajar berbisnis. Bisnis ini sangat mudah dijalankan dan dapat langsung jalan, seperti menjual ke saudara dan teman dekat. Namun sebelum memulai bisnis ini siapkan strategi secara hati-hati agar bisnis dapat terus bertahan, karena banyaknya orang dekat yang bayar pulsa belakangan.

17). Menjadi Publisher Bagi Seorang Blogger


Bisnis yang cocok bagi seorang bogger adalah menjadi publisher beberapa penyedia layanan iklan seperti Google Adsense misalnya. Bisnis ini bisa menjadi bisnis sampingan yang cukup keren karena Anda akan terhubung dengan jaringan global. Namun ada banyak hal yang harus dipelajari sebelum memulai bisnis ini. Karena setiap waktu harus terus update dengan tantangan yang baru. Ada banyak cara monetize blogger, seperti ikut PPC, pasang iklan, atau menjual produk dari blog.

18). Bisnis Jasa Servis Komputer Dan Laptop


Bisnis jasa servis laptop merupakan bisnis sampingan yang dapat jalankan oleh mahasiswa teknik computer yang mengerti dan mempunyai keterampilan hardware maupun software laptop, serta mempunyai skill yang mumpuni. Selain membutuhkan keterampilan hardware dan software, Anda harus mempunyai peralatan perbaikan, seperti obeng, tang dan alat-alat penting lainnya. Setelah semuanya siap, saatnya mempromosikan bisnis jasa servis laptop ini kepada teman, saudara dan tetangga.

19). Bisnis Jualan E-Book


Bisnis jualan E-book secara online saat ini sangat populer dan disukai banyak orang. Semakin banyak E-book yang dijual di internet, maka pelanggan E-book di internet juga semakin banyak. Selain itu perkembangan gadget dan smartphone yang semakin pesat, membuat banyak orang lebih memilih E-book daripada buku hard copy. Produk E-book yang dijual sebaiknya merupakan hasil karya sendiri yang bermanfaat bagi pembacanya.

20). Jasa Cleaning Service Kost 


Banyaknya kost-kosan yang tersebar maka jasa pembersihan kamar kost sangat cocok untuk usaha dan bisnis sampingan bagi mahasiswa. Usaha ini belum banyak yang menggeluti jadi peluangnya sangat bagus dan patut untuk dicoba. Akan tetapi yang perlu diperhatikan adalah profesionalitas sehingga kepercayaan pelanggan tetap terjaga.

Masih banyak bidang usaha yang bisa di pilih atau di kerjakan yang paling peting adalah niat, fokus, semangat, dan juga kemauan untuk mencobanya. Dengan demikian maka usaha apapun ayang di ambil pasti akan mendapatkan pembelajaran yang diambil sehingga untuk kedepannya dapat menjadi acuan untuk membuaka usaha yang lebih besar dan baik.

Terimakasih sudah menjadi pembaca setia gomarketingstrategic ini. Demikian pembahasan kali ini tentang Peluang Usaha Untuk Mahasiswa. Semoga artikel yang sedikit ini memberikan informasi yang bermanfaat untuk Anda. Jika ada kekurangan saya mohon maaf jika berkenan mau menambahi atau ingin berbagi share pengalaman Anda tentang peluang usaha pada kolom komentar dibawah ini. Kita berbagi pengalaman untuk saling menguatkan. Terima kasih

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "20 Peluang Usaha Untuk Mahasiswa Yang Menguntungkan"

Post a Comment

KOMENTAR KALIAN SANGAT BERARTI UNTUK SAYA. TERIMA KASIH :)