logoblog

Peluang Usaha Getuk Lindri Singkong

Peluang usaha getuk lindri

Peluang Usaha Getuk Lindri

Siapa yang tidak mengenal dengan makanan tradisional getuk lindri ? getuk lindri merupakan jajanan tradisional yang berasal dari ketela pohon atau dari singkong. Di indonesia sendiri banyak sekali olahan yang berbahan baku ketela dan salah satunya adalah olahan getuk lindri yang beraneka rasa, warna dan bentuk. Rasanya pun dari getuk lindri ini sangat enak dan lembut sekali,dengan taburan kelapa yang ada diatasnya menambah cita rasa gurih dan enak makanan yang satu ini.

Bahan dasar pembuatan getuk ini pastinya yaitu singkong yang kemudian direbus atau dikukus lalu dihaluskan dengan di tumbuk atau di giling untuk mendapatkan tekstur yang lembut dan ditambahkan dengan bahan campuran lainnya dan dibentuk sesuai selera sperti penambahan rasa vanila, cokelat, setrowberi, durian, mangga, pandan, semangka, jeruk, nanas, kelapa, pepaya, pisang, ubi jalar,manggis, markisa,melon, tomat, paprika, gula jawa, gula inggris, gula tebu, getuk hot, tempe, susu, dan lain-lai.

Makanan ini tergolong tradisional namun seiring perkembangan jaman maka banyak kreasi dan juga sekarang makanan ini banyak divariasikan dengan sajian yang kekinian sehingga bisa menarik orang yang melihatnya. Biasanya makanan ini sering kita jumpai di pasar-pasar tradisional dan sekarang banyak juga yang menjadikan oleh-oleh kususnya di pulau jawa.

Bisnis getuk lindri ini memiliki peluang usaha dan bisnis ukm yang cukup menjanjikan, karena tergolong tradisional dan harganya pun terjangkau oleh masyarakat serta dapat dinikmati oleh sebuah kalangan. Sekarng ini banyak macam dan jenis varian getuk seperti getuk goreng getuk granat, getuk lindri, getuk trio, getuk ubi, getuk kethek, getuk kurung, getuk pisang getuk lindri rainbow dan masih banyak lagi jenisnya. Getuk ini juga bisa dijadikan oleh-oleh untuk dimakan bersama-sama dirumah.

Peluang Usaha Getuk 

Dari segi peluang usaha ini sangat bagus karena banyaknya bahan baku ketela yang masih di budidayakan sebagian besar para petani sehingga tidak sulit untuk mencari bahan baku, Untuk modalnya pun tidak terlalu besar kira-kira Rp.1.000.000-Rp.3.000.000 (1-3jt) sudah bisa memulai usaha.

Dengan prospek yang sangat bagus, bahkan dengan modal kurang lebih Rp.100.000 pun usaha ini masih bisa jalan dengan baik misalnya untuk singkong harga Rp.40.000-Rp.60.000 sudah mendapatkan bahan baku utama yang di butuhkan sisanya untuk bahan baku pendukung seperti kelapa dan lain sebaganya. Modal yang kecil ini cukup untuk membuat getuk original dengan. Kebetulan ibu saya adalah penjual getuk original dengan modal 40-60rb sudah bisa dipakai membuat getuk 2 kali atau hari dan itu pun minat masyarakat saya rasa tidak pernah bosan.

Untuk masalah pemasaran getuk ini sangat banyak tempat-tempat yang bagus contohnya pasar, atau bahkan kerjasama dengan pemilik toko indomart/alfamart dan mendirikan outlate sendiri.

Dalam meningkatkan penjualan promosi juga perlu dilakukan untuk mengenalkan produk kita dengan mempromosikannya melalui media sosial, seperti facebook, twitter dan brosur. Hal ini dimaksudkan agar memudahkan kalangan masyarakat mengetahui tentang produk tersebut.



Resep Getuk Lindri

Bahan-bahan membuat getuk lindri

  • Singkok 1 kg, pilih yang kualitas bagus
  • Gula pasir putih 350 gram
  • Pewarna makanan cair 1 sdt setiap masing-masing warna (kuning, hijau, merah, pink,)
  • Garam dapur 1 sdt

Bahan untuk toping
  • Kelapa agak tua1 buah, parut hingga halus
  • Garam dapur halus 1 sdt

Cara Membuat Membuat Getuk Lindri

  1. Singkong terlebihdulu dikupas dan dibersihkan sampai benar-benar terlihat putih mengkilap.
  2. Potong singkong menjadi beberapa bagian sesuai dengan selera anda.
  3. Rebuslah singkong yang sudah anda potong-potong sampai tekstur singkong empuk atau pulen, angkat tiriskan.
  4. Tumbuk atau ulek singkong yang sudah empuk tadi sampai benar-benar halus.
  5. Masukan singkong yang telah dihaluskan dalam satu wadah, kemudian tambahkan gula pasir dan garam halus yang sudah disediakan, uleni dengan tangan sampai tercampur semua.
  6. Pisahkan adonan menjadi beberapa bagian dalam wadah yang berbeda, kemudian beri pewarna yang berbeda dalam setiap adonan, aduk lagi sampai tercampur rata.
  7. Siapkan cetakan getuk lindri atau bentuk adonan menjadi getuk lindri, kukus kembali sampai matang, sisihkan.
  8. Sambil menunggu matang, silahkan anda campurkan parutan kelapa dengan sedikit garam, aduk lalu kukus sebentar saja.
  9. Taburi getuk lindri dengan kelapa parut yang sudah dikukus tadi di atasnya
  10. Getuk lindri siap untuk anda sajikan dan nikmati sebagai santapan nikmat.

Resep Getuk Goreng Sokaraja

Bahan-bahan Getuk Goreng Sokaraja Khas Banyumas


  • 1 kilo gram singkong
  • 250 Gram Gula jawa atau gula merah
  • 75 gram tepung beras
  • 1 sendok makan terigu
  • Secukupnya Garam
  • Minyak goreng ( untuk menggoreng )

Cara Membuat Getuk Goreng Sokaraja Khas Banyumas :

  1. Pertama-tama kupas singkong kemudian buang sabutnya , lalu dipotong-potong dan direbus hingga matang .
  2. Setelah itu iris halus gula jawa lalu tambahkan sedikit air , kemudian rebus hingga gula melumat dan tercampur dengan air .
  3. Saat panas-panas lumatkan singkong dan beri gula sedikit demi sedikit sampai tercampur dengan rata .
  4. Letakan getuk singkong di atas nampan kemudian ratakan dengan tebal 2 centi meter kemudian dipotong kotak-kotak dengan ukuran 5x4 centi meter atau menurut selera , lalu sisihkan .
  5. Selanjutnya campurkan tepung terigu , tepung beras , garam , serta air secukupnya hingga adonan menjadi cukup kental .
  6. Lalu panaskan minyak lalu celupkan getuk ke dalam adonan terigu sebelum terjadi proses penggorengan .
  7. Jika sudah dicelukan ke adonan terigu goreng getuk singkong kedalam minyak yang cukup panas hingga warna berubah menjadi kekuning kuningan , angkat dan tiriskan .
  8. Getuk goreng sokaraja siap dinikmati dengan segelas teh manis hangat atau kopi .

Sekian pembahasan tentang seputar peluang usaha dan bisnis ukm getuk juga dilengkapi dengan resep cara membuat getuk. Terimakasih semoga artikel ini bermanfaat dan menjadikan revrensi usaha anda salam sukses.

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Peluang Usaha Getuk Lindri Singkong"

  1. Ane demen banget sama getuk lindri gan, ini yang ane cari. Thanks

    ReplyDelete
  2. Semoga bermanfaat artikelnya dan juga banyak artikel yang menarik di blog ini selamat membaca dan salam sukses

    ReplyDelete

KOMENTAR KALIAN SANGAT BERARTI UNTUK SAYA. TERIMA KASIH :)