Skip to main content

Pengertian Motivasi Kerja Menurut Para Ahli

Motivasi kerja

Pengertian Motivasi Kerja

Robbins dan Judge (2007) mendefinisikan motivasi sebagai proses yang menjelaskan intensitas, arah dan ketekunan usaha untuk mencapai suatu tujuan.

Selanjutnya, Samsudin (2005) memberikan pengertian motivasi sebagai proses mempengaruhi atau mendorong dari luar terhadap seseorang atau kelompok kerja agar mereka mau melaksanakan sesuatu yang telah ditetapkan. Motivasi juga dapat diartikan sebagai dorongan (driving force) dimaksudkan sebagai desakan yang alami untuk memuaskan dan memperahankan kehidupan.

Mangkunegara (2005,61) menyatakan : “motivasi terbentuk dari sikap (attitude) karyawan dalam menghadapi situasi kerja di perusahaan (situation). Motivasi merupakan kondisi atau energi yang menggerakkan diri karyawan yang terarah atau tertuju untuk mencapai tujuan organisasi perusahaan. Sikap mental karyawan yang pro dan positif terhadap situasi kerja itulah yang memperkuat motivasi kerjanya untuk mencapai kinerja maksimal”.

Berdasarkan pengertian di atas, maka motivasi merupakan respon pegawai terhadap sejumlah pernyataan mengenai keseluruhan usaha yang timbul dari dalam diri pegawai agar tumbuh dorongan untuk bekerja dan tujuan yang dikehendaki oleh pegawai tercapai.

Motivasi
  • Energi untuk membangkitkan dorongan dari dalam diri.
  • Suatu konsep yang menggambarkan berbagai kekuatan dalam individu yang menggerakkan perilaku

Motivasi Kerja didefinisikan sebagai kondisi yang berpengaruh membangkitkan, mengarahkan, dan memelihara perilaku yang berhubungan dengan lingkungan kerja.
  • Teori Motivasi Kerja
  • Teori Kebutuhan Maslow
  • Teori Kebutuhan David Mc Clelland
  • Teori ERG dari Adler
  • Teori Proses
Motivasi kerja

1. Teori Kebutuhan Hierarki Maslow

Abraham Maslow mengemukakan tingkat kebutuhan manusia adalah sebagai berikut :

  1. Kebutuhan Fisiologis(keb.mendasar) : makan, minum, pakaian,tempat tinggal
  2. Kebutuhan Rasa Aman : kebutuhan perlindungan dari ancaman, bahaya, pertentangan,dan lingkungan hidup.
  3. Kebutuhan Sosial : kebutuhan diterima oleh kelompok,berafiliasi, berinteraksi, dan kebutuhan untuk mencintai serta dicintai.
  4. Kebutuhan Harga Diri : kebutuhan untuk dihormati, dihargai, oleh orang lain.
  5. Kebutuhan untuk Aktualisasi diri : kebutuhan untuk menggunakan kemampuan, skill, dan potensi.
  6. Kebutuhan utk berpendapat dengan mengemukakan ide-ide, memberi penilaian dan kritik terhadap sesuatu.

2. Teori Kebutuhan David Mc Clelland

Ada tiga macam kebutuhan manusia adalah sebagai berikut :
  1. Kebutuhan utk berprestasi kebutuhan untuk melakukan pekerjaan lebih baik dari pada sebelumnya, selalu berkeingingan utk mecapai prestasi yang lebih tinggi
  2. Kebutuhan utk berafiliasi merupakan dorongan utk berinteraksi dengan orang lain, tidak mau melakukan sesuatu yang merugikan orang lain.
  3. Kebutuhan utk kekuasaan merupakan refleksi dari dorongan utk mencapai otoritas utk memiliki pengaruh terhadap orang lain.

3. Teori ERG dari Alderfer


Refleksi dari tiga dasar kebutuhan adalah sebagai berikut :
  1. Existence Need (Eksistensi pegawai)
  2. Relatedness Needs (Keterkaitan pegawai)
  3. Growth Needs (Pertumbuhan ) (mengembangkan dan meningkatkan pribadi).

4. Teori Proses

Mencoba menguraikan bagaimana perilaku digerakkan, diarahkan, didukung dan dihentikan.Terdiri atas :
  1. Teori Kepuasan/kebutuhan, menekankan karakteristik orang-orang
  2. Teori Penguatan, Berfokus pada lingkungan kerja
  3. Teori Harapan, Menempatkan tekanan atas Individu, pekerjaan, Variabel lingkungan.
  4. Teori Keadialan, Menekenkan pembahasan keluar-masuk dan pemberian penghargaan tenaga kerja
  5. Teori Penetepan Tujuan

Yang Harus Dilakukan Manajer :

Manager harus dapat memodifikasi perilaku, yaitu cara merubah perilaku dengan menghargai tanggapan yang benar dan menghukum atau mengabaikan tanggapan yang salah.

Memodifikasi perilaku sendiri adalah dasar bagi program pemotivasian dan menyusun strategi dalam organisasi.

Comments

  1. Motivasi kerja sangat diperlukan agar karyawan tidak jenuh dengan rutinitas

    ReplyDelete
  2. Ya benar sekali motivasi sendiri akan membangkitkan gairah kerja karyawan sehingga akan tercapai kerja yang efektif dan efisien tentunya demi kepentingan dan tujuan bersama. Teriakasih atas partisipasinya
    MOTIVATOR SOLO

    ReplyDelete

Post a Comment

KOMENTAR KALIAN SANGAT BERARTI UNTUK SAYA. TERIMA KASIH :)

Popular posts from this blog

Usaha Jajanan Anak Sekolah Modal Kecil

Usaha Jajanan Anak Sekolah Modal Kecil Peluang uasaha yang satu ini memang menarik dan patut untuk dicoba tidak hanya menjanjikan akan tetapi memang untuk masalah pelanggan dan omsetnya jangan di tanyakan lagi, coba anda bayangkan berapa banyak sekolah di indonesia ini begitu banyaknya sehingga usaha ini tidak ada matinya sampai kapan pun. Mulai dari TK, PAUD,SD,SMP, bahkan SMK/SMU pasti menjumpai pedagang yang menjajakan dagangannya terutama makanan.

Salah satu bisnis sampingan yang menjanjikan keuntungan besar adalah usaha jajanan anak sekolah. Bila rumah Anda kebetulan dekat dengan sekolahan, manfaatkan peluang ini dengan sebaik-baiknya. Lingkungan sekolah memang menjadi tempat yang strategis untuk berjualan, pasalnya sekarang ini banyak sekali pedagang yang berjualan jajanan di lingkungan sekolah.

Karena ini merupakan olahan yang diperuntukan untuk anak-anak sekolah pastinya harus memperhatikan kualitas bahan dan juga berhati-hati dan jangan sampai memberikan bahan-bahan yang berb…

Pengertian Modal Asing Dan Modal Sendiri Sebagai Pendanaan Perusahaan

Pengertian Modal Asing Dan Modal Sendiri Menurut Para AhliModal sangat dibutuhkan oleh perusahaan untuk kelangsungan hidup suatu perusahaan dalam menjalankan kegiatan operasional perusahaan suatu perusahaan. Modal sangat menentukan perkembangan dan pertumbuhan usaha perusahaan. Modal sangat berperan sebagai sumber pendanaan perusahaan yang menggambarakan perusahaan dalam memenuhi dapat didanai oleh modal sendiri secara keseluruhan atau didanai dengan modal sendiri dan ditambah dengan modal berasal dari pinjaman.

Pengertian Modal menurut Warren, Reeve dan Philip (2005:5), “Modal atau ekuitas pemegang saham adalah jumlah total dari dua sumber utama ekuitas saham, yaitu modal disetor dan laba ditahan.” 

Sedangkan definisi ekuitas menurut Mayo (2004:188), “A variety of debt instrument to tap the funds of investor who purchase debt securities, there are only two types of stock: preferred stock and common stock.” 

Berdasarkan pengertian diatas maka dapat disimpulkan bahwa perusahaan dapa…

Pengertian, Tujuan, Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Upah Dan Gaji

Pengertian UpahUpah adalah salah satu rangsangan penting bagi para karyawan dalam suatu perusahaan. Hal ini tidaklah berarti bahwa tingkat upahlah yang merupakan pendorong utama, tingkat upah hanya merupakan dorongan utama hingga pada tarif dimana upah itu belum mencukupi kebutuhan hidup para karyawan sepantasnya. Upah sebenarnya merupakan salah satu syarat perjanjian kerja yang diatur oleh pengusaha dan buruh atau karyawan serta pemerintah.

Upah adalah jumlah keseluruhan yang ditetapkan sebagai pengganti jasa yang telah dikeluarkan oleh karyawan meliputi masa atau syarat-syarat tertentu.”

Dewan Penelitian Pengupahan Nasional memberikan definisi pengupahan sebagai berikut :

Upah ialah suatu penerimaan kerja untuk berfungsi sebagai jaminan kelangsungan kehidupan yang layak bagi kemanusiaan dan produksi dinyatakan menurut suatu persetujuan Undang-undang dan Peraturan dan dibayarkan atas dasar suatu perjanjian kerja antara pemberi kerja dengan penerima kerja.”
Dari pengertian diatas me…