Skip to main content

5 Tips Dan Cara Membuka Usaha Cafe Panduan Lengkap

Tips Dan Cara Membuka Usaha Cafe


Usaha yang satu ini memang menarik untuk di bahas karena peluangnya yang masih luas di indonesia dan juga banyak konsep-konsep baru yang bermunculan sehingga menambah daya tarik bagi banyak kalangan kususnya pemuda atau mahasiswa. Cafe sendiri merupakan tempat makan dan minum seperti halnya restauran akan tetapi disini yang menjadi perbedaan adalah konsep cafe lebih kecil dari pada restauran dan juga makanan yang disajikan tidak selengkap restauran.

Pada saat ini banyak usaha cafe yang semakin ramai dan sudah banyak yang berkembang terutama di kota besar dan di dekat kampus-kampus. Dari menu dan fungsi cafe sendiri merupakan tempat dimana pelanggan dapat diskusi, ngobrol, santai, meeting, atau sekedar nongkrong karenya kebanyakan adalah pemuda yang ingin melepaskan penat dari kegiatan yang sibuk.

Mengingat kata cafe pasti dalam bayangan terlintas tempat yang nyaman dan santai dengan suguhan hidangan yang praktis dan juga cukup lezat sehingga banyak kalangan yang betah berlama-lama di tempat ini.

Membuka usaha cafe ini tentunya memerlukan investasi dan juga biaya yang cukup besar dari bangunan, perlengkapan, internet/wifi, bahan baku dan aneka aksesoris lain sebagai pendukung untuk menarik para pelanggan. Ada berbagai macam jenis cafe yang terkenal misalkan cafe yang menyajikan menu bergaya barat seperti burger, dim sum, steak, atau makanan snack dan pastry seperti cupcake, ice cream dan lain-lain jenis cafe ini biasanya banyak di temui di sejumlah mall tempat hiburan besar ataupun tempat yang strategis dikunjungi.

Anda juga bisa membuka usaha cafe ini kecil-kecilan dengan konsep yang sederhana seperti menggunakan tenda ataupun menggunakan ruko dengan mendesain sedemikian rupa sehingga menarik meski tidak mewah sehingga pelanggan akan tertarik untuk berkunjung di sisi lain kebersihan harus tetap diutamakan agar pelanggan tetap nyaman dan santai.
Jika anda memiliki modal yang kecil maka tips dan cara membuka usaha cafe adalah :

1. Lahan dan tempat yang strategis untuk cafe
Apabila anda sudah memiliki lahan atau tempat sendiri yang cukup strategis misalnya didekat kampus, mall ataupun keramaian maka anda cukup tidak perlu susah payah untuk mendirikan usaha ini. Anda cukup mendesain konsep apa yang anda inginkan semenarik mungku sehingga nantinya akan banyak yang melirik usaha anda. Jika anda belum mempunyai lahan anda bisa mendirikan tenda di tempat yang strategis ataupun menyewa ruko minimal 8 x 4 meter untuk mendirikan usaha cafe ini.

2. Menu masakan yang variasi cafe

Agar menu cafe anda terjangkau dan banyak disukai maka variasi rasa yang cocok di lidah orang indonesia meskipun harganya murah tetapi tetap harus berkualitas seperti contoh nasi goreng, sop iga, mie goreng, ayam goreng dan lain sebagainya. Memperjelas menu unggulan tentunya diperlukan agar cafe ini memiliki keunikan atau khas tersendiri csebagai contoh cafe anda menonjolkan nasi gorengnya sebagai andalan maka pencantuman dan promosi yang tertuja hanya nasi goreng agar pelanggan segera tau menu andalan cafe ini.

3. Dari segi fasilitas penunjang cafe


Pada umumnya banyak cafe yag menggunakan fasilitas yang lengkap dan terkesan mewah akan tetapi untuk usaha cafe kecil-kecilan maka anda dapat menyisati dengan menggunakan kursi atau meja kayu yang kesannya unik dan menari minat pelanggan atau mungkin menggunakan konsep lesehan juga menarik untuk pelanggan disisi tidak memerlukan biaya tambahan juga terkesan sederhana akan tetapi kebersehan harus tetap yang utama.

4. Melakukan Marketing

Banyak cara dalam meningkatkan pejualan atau menarik pelanggan untuk mengenal cafe anda. Dalam pemasaran atau promosi dengan biaya yang terjangkau maka penggunaan jejaring sosial sangat diperlukan contohnya instagam, facebook, twitter, dan lain sebagainya untuk memperkenalkan cafe tersebut bisa juga menggunakan brosur kecil sebagai promosi dan di bagikan di kampus-kampus terdekat sehingga kalangan mahasiswa ada yang berminat.

5. Penawaran produk unggulan
Penawaran merupakan komponen utama dalam meningkatkat penjualan. Gunakan penawaran yang powerful dari menu yang anda miliki contohnya "gratis 100% juka tidak enak atau unik", "diskon 50% setiap kujungan sekian kali" dan lain sebagainya uapayakan promosi yang semenarik mungkin.

Banyak hal yang perlu diperhatikan dalam membuka usaha artikel diatas hanyalah sebagian kecil yang perlu di perhatikan hal lain yang perlu dilakukan adalah mengenai pelayanan yang optimal serta ramah agar pengunjung puas dengan layanan yang di berikan sehingga pelanggan akam merekomendasikan tempat anda kepada orang lain.

Mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan semoga bermanfaat salam sukses untuk kita semua terima kasih.

Comments

Popular posts from this blog

Usaha Jajanan Anak Sekolah Modal Kecil

Usaha Jajanan Anak Sekolah Modal Kecil Peluang uasaha yang satu ini memang menarik dan patut untuk dicoba tidak hanya menjanjikan akan tetapi memang untuk masalah pelanggan dan omsetnya jangan di tanyakan lagi, coba anda bayangkan berapa banyak sekolah di indonesia ini begitu banyaknya sehingga usaha ini tidak ada matinya sampai kapan pun. Mulai dari TK, PAUD,SD,SMP, bahkan SMK/SMU pasti menjumpai pedagang yang menjajakan dagangannya terutama makanan.

Salah satu bisnis sampingan yang menjanjikan keuntungan besar adalah usaha jajanan anak sekolah. Bila rumah Anda kebetulan dekat dengan sekolahan, manfaatkan peluang ini dengan sebaik-baiknya. Lingkungan sekolah memang menjadi tempat yang strategis untuk berjualan, pasalnya sekarang ini banyak sekali pedagang yang berjualan jajanan di lingkungan sekolah.

Karena ini merupakan olahan yang diperuntukan untuk anak-anak sekolah pastinya harus memperhatikan kualitas bahan dan juga berhati-hati dan jangan sampai memberikan bahan-bahan yang berb…

Pengertian Modal Asing Dan Modal Sendiri Sebagai Pendanaan Perusahaan

Pengertian Modal Asing Dan Modal Sendiri Menurut Para AhliModal sangat dibutuhkan oleh perusahaan untuk kelangsungan hidup suatu perusahaan dalam menjalankan kegiatan operasional perusahaan suatu perusahaan. Modal sangat menentukan perkembangan dan pertumbuhan usaha perusahaan. Modal sangat berperan sebagai sumber pendanaan perusahaan yang menggambarakan perusahaan dalam memenuhi dapat didanai oleh modal sendiri secara keseluruhan atau didanai dengan modal sendiri dan ditambah dengan modal berasal dari pinjaman.

Pengertian Modal menurut Warren, Reeve dan Philip (2005:5), “Modal atau ekuitas pemegang saham adalah jumlah total dari dua sumber utama ekuitas saham, yaitu modal disetor dan laba ditahan.” 

Sedangkan definisi ekuitas menurut Mayo (2004:188), “A variety of debt instrument to tap the funds of investor who purchase debt securities, there are only two types of stock: preferred stock and common stock.” 

Berdasarkan pengertian diatas maka dapat disimpulkan bahwa perusahaan dapa…

Pengertian, Tujuan, Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Upah Dan Gaji

Pengertian UpahUpah adalah salah satu rangsangan penting bagi para karyawan dalam suatu perusahaan. Hal ini tidaklah berarti bahwa tingkat upahlah yang merupakan pendorong utama, tingkat upah hanya merupakan dorongan utama hingga pada tarif dimana upah itu belum mencukupi kebutuhan hidup para karyawan sepantasnya. Upah sebenarnya merupakan salah satu syarat perjanjian kerja yang diatur oleh pengusaha dan buruh atau karyawan serta pemerintah.

Upah adalah jumlah keseluruhan yang ditetapkan sebagai pengganti jasa yang telah dikeluarkan oleh karyawan meliputi masa atau syarat-syarat tertentu.”

Dewan Penelitian Pengupahan Nasional memberikan definisi pengupahan sebagai berikut :

Upah ialah suatu penerimaan kerja untuk berfungsi sebagai jaminan kelangsungan kehidupan yang layak bagi kemanusiaan dan produksi dinyatakan menurut suatu persetujuan Undang-undang dan Peraturan dan dibayarkan atas dasar suatu perjanjian kerja antara pemberi kerja dengan penerima kerja.”
Dari pengertian diatas me…