Peluang Usaha Pertanian Agribisnis

Peluang Usaha Pertanian Agribisnis

Peluang Usaha Pertanian Agribisnis

Semakin Majunya teknologi memungkinkan untuk menujang berbagai macam usaha begitu juga sejuta ide usaha sampingan bidang pertanian yang memiliki untung besar semakin mudah untuk di kerjakan. Untuk itu yang akan kami ulas ini merupakan aneka peluang usaha sampingan di bidang pertanian yang memiliki prospek dan juga potensi keutungan yang besar dan bisa dijalankan di rumah. Berbicara pertanian pasti tak asing lagi ditelinga kita karena memang jenis usaha yang satu ini sudah umum di masyarakat Indonesia yang notabenenya didominasi oleh petani.


Untuk memulai usaha bidang pertanian ini bisa di jalankan dengan modal kecil, sedang hingga besar. Semua tergantung dari jenis usaha pertanian yang kita jalankan. Begitu juga tidak menutup kemungkinan orang yang tidak memiliki tanah, lahan atau sawah yang luas juga bisa sukses selama mau berusaha dan juga melihat peluang yang ada.

Agribisnis

Agribisnis (baku menurut KBBI: agrobisnis) adalah bisnis berbasis usaha pertanian atau bidang lain yang mendukungnya, baik di sektor hulu maupun di hilir. Penyebutan "hulu" dan "hilir" mengacu pada pandangan pokok bahwa agribisnis bekerja pada rantai sektor pangan (food supply chain). Agribisnis, dengan perkataan lain, adalah cara pandang ekonomi bagi usaha penyediaan pangan. Sebagai subjek akademik, agribisnis mempelajari strategi memperoleh keuntungan dengan mengelola aspek budidaya, penyediaan bahan baku, pascapanen, proses pengolahan, hingga tahap pemasaran. Dalam konteks manajemen agribisnis di dalam dunia akademik, setiap elemen dalam produksi dan distribusi pertanian dapat dijelaskan sebagai aktivitas agribisnis. Namun istilah "agribisnis" di masyarakat umum seringkali ditekankan pada ketergantungan berbagai sektor ini di dalam rantai produksi. "Wikipedia"

Indonesia sendiri sebagai Negara agraris, Sektor pertanian di negara kita ini sangat tinggi dan masih banyak lahan yang memungkinkan dan berpotensi yang belum tergali. Sebagaian potensi dari sektor pertanian yang telah di ketahui dan banyak di jalankan orang memiliki keuntungan yang besar. Karena seperti yang kita tahu bahwa Indonesia merupakan daerah dengan tanah yang sangat subur. Bahkan ketika orang arab saudi berkunjung ke Indonesia sangat kaget melihat bagaimana kesuburan tanah di Indonesia ini.

Baca juga : Peluang Usaha Getuk Lindri Singkong

Beikut adalah contoh berbagai macam peluang usaha di bidang pertanian :

Membuka Toko Obat dan Menjual Alat Pertanian

Dengan membuka toko obat dan juga peralatan pertanian sangat dibutuhkan bagi para petani seperti obat hama, pupuk, penyubur, bibit tanaman dan lain sebagainya.Dari kebutuhan para petani tersebut tentunya prospek usaha ini sangat menjanjikan. Usaha ini akan cepat berkembang apabila di jalankan di lingkungan pertanian, bahkan sangat cocok di jalankan di desa. Untuk memaksimalkan usaha ini perlu adanya strategi bisnis yang bagus sehingga dapat berkembang lebih baik. Pemanfaatan online marketing pun juga diperlukan agar bisa menembus pasar yang lebih luas.

Tanaman Rempah-Rempah

Rempah-Rempah memang dari sejak dahulu kala Indonesia memang sudah terkenal tidak hanya lokal manca Negara pun pasti mengenalnya. Bahkan karena alasan rempah-rempah Indonesia dijajah oleh negara lain. Tanah di Indonesia ini sangat cocok untuk tanaman apapun tak terkecuali rempah-rempah itu sendiri. Rempah-rempah ini selain digunakan sebagai bumbu dapur juga digunakan untuk aneka obat herbal. Contoh rempah-rempah yang memiliki harga jual tinggi adalah jahe merah.

Berbisnis Tanaman Hias

Jika anda mempunyai hobi dengan tanaman hias merupakan salah satu ide usaha sampingan bagi anda yang suka dengan berkebun terutama bunga patut untuk di coba. Dari hobi anda ini bisa menambah penghasilan dari tanaman tersebut. Untuk memulainya anda bisa dengan menanam aneka jenis tanaman hias dipekarangan anda . Untuk pemasaran anda bisa memasarkannya ke sekolah-sekolah, kantor-kantor, instansi-instansi dan lain-lain yang membutuhkan tanaman hias ini. Untuk kedepannya buatlah toko bunga agar masyarakat dapat mengenal usaha anda. Untuk memperoleh keutungan yang cepat perbanyaklah menanam jenis tanaman hias yang paling diminati masyarakat juga pelajari cara bertanan tanaman hias ini untuk bisa memaksimalkannya.

Menanan Sayuran Organik

Sayuran oraganik adalah sayuran yang cara penanamannya tanpa menggunakan bahan seperti kimia jadi pastinya akan lebih sehat dari pada sayuran yang menggunakan bahan kimia dalam perawatannya. Usaha ini bisa jadi alternatif yang menguntungkan dan menyehatkan. Saat ini mulai sulit mencari sayuran-sayuran organik karena semua telah mengandung bahan kimia yang membahayakan kesehatan. Sehingga menanam sayuran organik bisa jadi pilihan bisnis yang menguntungkan untuk dijalani. Aneka sayuran organik yang bisa ditanaman ialah wortel, seledri, tomat, sawi, jagung manis, terong, mentimun dan masih banyak lagi yang lainnya. Tetapi sebelumnya anda perlu belajar bagaimana cara menanam tanaman organik yang baik dan benar agar bisa menghasilkan keutungan yang maksimal. Carilah refrensi-refrensi dari berbagai sumber karena akan sangat membatu anda untuk kedepannya.

Menanan Buah Organik
Masyarakat modern makin menyadari pentingnya buah-buahan yang bersifat alami, bebas bahan kimia berbahaya dan asupan buatan lainnya. Buah-buahan yang memenuhi syarat tersebut adalah buah organik yang dihasilkan dari lahan pertanian organik. Buah organik adalah produk makanan yang dihasilkan dari suatu sistim pertanian organik yang menerapkan keseimbangan ekosistem secara terpadu, yakni dengan meminimalisasi penggunaan zat kimia sintetis, penggunaan pupuk non-organik, hingga bahan-bahan kimia lainnya seperti pestisida, insektisida, dll. Nah dari sini sama dengan sayuran organik maka buah organik juga semakin banyak peminatnya.

Demikian masih banyak bidang usaha yang perlu untuk di coba begitu juga halnya dengan bidang pertanian. Pengelola usaha pertanian dan agribisnis sendiri karena pemanfaatan produk pertanian telah berkaitan erat dengan farmasi, teknologi bahan, dan penyediaan energi maka sangat dibutuhkan oleh semua kalangan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Peluang Usaha Pertanian Agribisnis"

Post a Comment

KOMENTAR KALIAN SANGAT BERARTI UNTUK SAYA. TERIMA KASIH :)