Pengertian Peluang Usaha Dan Bisnis Tips Untuk Menjadi Sukses

peluang usaha kecil menengah

Pengertian Peluang Usaha Dan Bisnis Tips Untuk Menjadi Sukses

Peluang usaha dan bisnis tentunya banyak yang berminat dan ingin memulai usaha ini baik itu dari kalangan mahasiswa, PNS, ibu rumah tangga dan bahkan semua orang ingin memulai usahanya. Akan tetapi banyak kendala yang mungkin menghambat utntuk memulai usaha dan bisnis tersebut biasanya dari modal, dan takut untuk memulai karena kegagalan dan juga faktor lain yang mungkin menjadi susah memulai usaha dan bisnis tersebut.

Sebenarnya bisnis indonesia banyak dan memiliki peluang usaha yang sangat terbuka lebar dan masih memungkinkan untuk bisa sukses dalam berbisnis mulai dari usaha kecil menenah dan bahkan sampai tingkan global yang sampai bisa export dan import sebagai peluang usahanya. Tentu saja ini jika di lakukan dengan serius, tekun, dan ulet akan mengasilkan kesuksesan yang sangat luar biasa. Tinggal kita bagaimana caranya untuk memulai sesuatu tanpa takut kegagalan anggap kegagalan tersebut sebagai awal dan pembelajaran untuk meraih sukses kedepannya. 

Banyak orang yang bingung dan ragu untuk Memilih Jenis Usaha Apa Yang Akan Dijalankan. Dari sini jika kita memiliki niat yang kuat sudah cukup untuk modal memulai usaha tinggal bagaimana kita mensiasati untuk terus belajar dan belajar dari online marketing, strategi pemasaran, manajemen pemasaran, dan banyak hal lagi yang bisa menunjang serta membuat usaha dan bisnis ini semakin baik dan sukses.

Kalau saya perhatikan , akir-akir ini semakin banyak pengusaha yang bermunculan di Indonesia karana peluang usaha dan bisnisnya yang menggiurkan. Tidak hanya pengusaha berskala besar tapi juga pengusaha kecil dan menengah, bahkan usaha kecil dan menengah (UKM) saat ini mengalami peningkatan yang cukup besar dan signifikan pertumbuhannya. Adanya peluang bisnis dengan modal kecil membuat orang untuk mencoba membangun usahanya sendiri. Banyak pengusaha kecil menengah tidak hanya membuka toko yang ada fisik nya tetapi toko virtual di internet yanitu memanfaatkan internet sebagai tempat mereka bertransaksi yang dapat menjangkau orang lebih banyak lagi dengan metode onlin marketing, bahkan beberapa pengusaha online yang saya kenal memiliki penghasilan yang mengiurkan. Dengan demikian setelah saya melihat bisnis online kenalan saya itu sangat berhasil, saya tertarik untuk membuat artikel yang berhubungan dengan bisnis, baik itu bisnis offline dan juga online.

Bisnis online sangat pas dan cocok bila dikombinasikan dengan bisnis offline yang kita miliki dengan begitu konsumen kita tidak hanya dari lokal bahkan sampai seluruh pelosok yang memungkinkan dijangkau. Misalnya kita punya toko yang menjual furniture cantik, nah kita bisa menjual dan menawarkan furniture kita itu secara online, dan tentunya pasarnya akan semakin luas karena bisa dijangkau lebih banyak pengguna internet. Bila kita tidak memiliki bisnis offline, kita tetap bisa membangun sebuah bisnis secara online. Berikut ini adalah beberapa bisnis online yang bisa dikerjakan dari rumah dengan modal kecil:

Berikut adalah contoh bisnis melalui media online internet :
  1. Berjualan online: kalau anda sudah punya gambaran produk apa yang ingin dijual
  2. Membuat blog: kalau anda suka menulis atau belum tahu ingin menjalankan bisnis apa
  3. Amazon FBA: kalau anda bisa berkomunikasi dalam Bahasa Inggris dan ingin coba tantangan baru
  4. Youtube: kalau anda mempunyai ide yang menarik apa salahnya membuat video di youtube

Tidak hanya itu masih banyak lagi peluang usaha melalui internet karena banyaknya fitur dan penyedia jasa pengiklan dari situlah biasanya kebnyakan penghasilan yang mereka dapatkan.Berikut adalah peluang usaha dan bisnis dari media online atau internet :
  • Menjual produk secara online di website sendiri
  • Menjual plugin & template WordPress
  • Menjadi penulis artikel freelance
  • Jual barang ke luar negeri dari depan komputer dengan Amazon FBA
  • Menjual produk dengan sistem berlangganan
  • Punya kamar kosong? Sewakan dengan AirBnB
  • Menjadi publisher iklan untuk mendapatkan penghasilan semi-pasif
  • Mendapatkan komisi dari penjualan produk affiliate
  • Membuat dan menjual produk informasi
  • Menyediakan jasa desain grafis
  • Menjual foto royalty-free
  • Menjual (desain) kaos tanpa perlu mencetak sendiri
  • Menjadi YouTuber
  • Kolektor nama domain untuk dijual dengan harga tinggi
  • Mengubah jasa/pekerjaan offline menjadi online

Lalu bagaimana dengan usaha yang berbentuk fisik ? banyak sekali jenis-jenis usaha yang mungkin bisa di tekuni mungkin dari hobi atau minat apa yang sesuai sehingga akan membuat rasa percaya diri dalam menggeluti usahanya tersebut. Bagaimanapun bantuk usahanya pastinya kita tetap harus mengeluarkan uang, selain itu kita juga harus punya modal non-materil seperti pengetahuan tentang bisnis yang akan dijalankan, modal kemauan & usaha yang keras. Kita bisa memanfaatkan apa saja yang ada di sekitar kita untuk memaksimalkan usaha yang akan dijalankan, misalnya memanfaatkan rumah sebagai tempat usaha agar bisa mengurangi biaya sewa tempat, memanfaatkan anggota keluarga dalam menjalankan bisnis untuk mengurangi biaya gaji karyawan, dan lain-lain.

Berikut adalah contoh usaha rumahan yang mungkin bisa dikerjakan oleh siapa saja yang berminat :
  • Membuka jasa menjahit
  • Bisnis kuliner
  • Menjual barang bekas
  • Menjual pulsa elektrik
  • Membuka jasa laundry
  • Membuka usaha kue kering
  • Bisnis Jasa design, editing foto, dan percetakan
  • Membuka les private
  • Membuka jasa service elektronik
  • Membuka warung atau toko sembako

Begitupun dengan bisnis offline ataupun bisnis rumahan contoh peluang usaha di atas adalah secuil atau sebagian kecil dari banyaknya peluang usaha dan bisnis di indonesia tergantung kita memilih dan usaha mana yang cocok untuk di jalankan. Ada ribuan anak muda yang sekarang sudah mulai merintis dan menjalankan kegiatan berbisnis ini dikarenakan banyaknya mahasiswa yang kesulitan mencari pekerjaan dan mereka pun beralih untuk mencoba membuka usaha baik itu usaha kecil dan menengah "ukm" ataupun usaha yang sudah di turunkan dari keluarganya.
Ada beberapa pertanyaan seputar bagaimana sih cara meningkatkan omset penjualan ?

Jawabanya adalah belajar, ya belaja adalah suatu hal yang penting agar tidak ketinggalan dari segi marketing dan juga manajemennya banyak sumber-sumber yang tentunya kita harus bijak untuk memilihnya seperti buku-buku usaha, bisnis, pemasaran, meningkatkan penjualan, cara memilih usaha, cara menjadi sukses, cara berinvestasi, tips dan trik usaha kemitraan, dan juga kita bisa belajar melalui situs-situs website yang banyak menjelaskan tentang peluang usaha, peluang usaha ternak, peluang usaha di rumah, peluang usaha online, peluang usaha kuliner, peluang usaha baru, peluang usaha sampingan, peluang usaha makanan dan masih banyak lagi yang lain. Juga tidak kalah penting dengan cara bergabung dengan forum bisnis agar menambah wawasan dan berkenalan dengan para wirausaha yang lain.

Melakukan investasi Yang Cerdas Untuk Meningkatkan Kesuksesan juga penting ketika kita sudah memiliki cukup financial yang kuat maka hal yang perlu dilakukan adalah memiliki pasif income atau pendapatan diluar penghasilan tetap. Mengapa demikian karena pasif income ini sangat besar dampaknya sebagai contoh ketika kita berinvestasi dalam bidang usaha dan bisnis kost-kost an dari yang biasa kita harus memiliki ide kreatif yang dapat meningkatkan pendapatan seperti layanan laundy, wifi, dan lain sebagainya sehingga dapat meningkatkan omset pendapatan dari bisnis kost-kost an ini.

Baca juga : Daftar Peluang Usaha Kemitraan Dengan Modal Di Bawah 5 Juta Rupiah

Demikian juga dengan investasi di bidang Bisnis Waralaba Modal Kecil - Beberapa Pilihan Usaha Waralaba Murah Potensi. Bisnis ini sangat menguntungkan untuk jangka waktu yang lama, namun perlu diperhatikan bahwa tidak semua jenis usaha waralaba cocok untuk semua orang. Bagi pengusaha yang memiliki modal besar, membeli franchise/ waralaba yang harganya mahal bukanlah sebuah masalah. Namun tidak demikian pada calon pengusaha yang memiliki modal terbatas, mereka biasanya akan berpikir berkali-kali sebelum memutuskan menjalankan usaha waralaba. Besar biaya untuk menjalankan waralabasangat beragam, murah atau mahal itu menurut saya relative dilihat dari potensi bisnisnya untuk jangka panjang. Harga waralaba biasanya berkisar mulai dari Rp 10 juta hingga Rp 1 milliar, tapi untuk waralaba lokal ternyata ada juga yang menawarkan harga sekitar Rp 5 jutaan tentunya masih banyak jenis usaha yang patut kita coba.

Semoga bermanfaat salam sukses untuk kita semua.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Peluang Usaha Dan Bisnis Tips Untuk Menjadi Sukses"

Post a Comment

KOMENTAR KALIAN SANGAT BERARTI UNTUK SAYA. TERIMA KASIH :)