Skip to main content

Anda Harus Memiliki Strategi Pemasaran Untuk Bisnis Kecil

Strategi Pemasaran Untuk Bisnis Kecil

Strategi Pemasaran Untuk Bisnis Kecil

Memulai bisnis merupakan langkah awal yang memang berat untuk memulainya sehingga banyak orang yang memerlukan strategi untuk dapat bersaing dengan usaha dan bisnis orang lain. Ini bisa jadi karena dari tren ekonomi global yang terkadang turun yang mengakibatkan kebutuhan akan usaha dan bisnis semakin banyak yang menggunakan strategi pemasaran untuk memenangkan busnis mereka dan juga dengan memulai usaha dan bisnis ini tentunya untuk alternatif sumber penghasilan tambahan bagi pemilik bisnis tersebut.

Bagi orang lain memiliki dan menjalankan bisnis kecil tersebut memberikan sesuatu yang akan menghabiskan banyak waktu mereka karena usaha baru akan mengalami banyak kendala yang akan di temui setiap saat dan semakin berat untuk mencobanya. Apapun alasannya mungkin, itu adalah fakta bahwa usaha kecil dan menengah UKM dapat dimulai oleh hampir semua orang. Bagian yang sulit adalah mempertahankan dan kemudian membuatnya sukses. Sebuah usaha kecil yang baru dimulai dapat menguras banyak waktu dan usaha dan itu pun masih sulit untuk mempertahankannya dengan berbagai macam usaha yang dilakukab dan  masih tidak tumbuh.

Ada sejumlah besar faktor yang harus dipertimbangkan ketika Anda berpikir tentang memulai sebuah perusahaan Anda sendiri. Sebagai contoh; Anda harus memiliki strategi pemasaran bisnis kecil Anda sendiri ketika Anda mulai. Dalam artikel ini saya memberikan 4 tips cepat tentang bagaimana mengembangkan strategi pemasaran usaha kecil yang efektif bagi perusahaan Anda.

1. Tentukan anggaran Anda.


Anda akan memerlukan anggaran untuk mendapatkan strategi pemasaran yang efektif dan efisien untuk usaha dan bisnis Anda. Membuat perencanaan dan manajemen anggaran yang bagus dan baik ini adalah hal yang perlu diperhatikan bagi perusahaan agar dapat dengan mudah dalam pengelolaan anggaran tersebut. Anda harus mengelolanya sehingga Anda selalu bekerja dalam anggaran yang tertuju dengan tepat dan baik.

2. Dapatkan demografi target pelanggan Anda. 

Ingat; ada kelompok dalam pelanggan potensial Anda, sehingga Anda harus tahu mengenai kebutuhan apa yang kelompok mereka butuhkan sehingga sesuai untuk mengetahui STRATEGI PEMASARAN apa yang akan dilakukan tentunya strategi pemasaran yang cocok bagi kelompok pelanggan tersebut. Jangan membuat kesalahan dengan demografi Anda. Sebagai contoh; sekelompok remaja laki-laki tidak bisa diberikan selebaran tentang kosmetik ataupun peralatan rumah tangga itu akan cocok untuk wanita atau ibu-ibu rumah tangga. Hal ini hanya akan membuang-buang sumber daya Anda. Selalu menjaga potensi kelompok sasaran yang tertarget Anda dan tidak pernah melupakan mereka. Karena dengan mengetahui dan memberikan kebutuhan yang sesuai dengan apa yang kelompok tersebut inginkan tentunya akan memberikan dampak positif bagi perusahaan anda.

3. Gunakan metode media promosi. 


Strategi pemasaran Ini bisa berupa orang ke orang, direct mail, brosur berwarna-warni, kertas koran, iklan internet, atau e-mail langsung. Kemungkinannya tak terbatas. Hanya pastikan media Anda akan menarik bagi target pelanggan Anda. Tapi juga ingat apa yang klien Anda lebih suka dan juga keuangan yang diperlukan untuk mendukung sistem yang Anda pilih untuk menggunakan media promosi yang tidak membebankan pada anggaran Anda.

Baca juga : Bagaimana Memasarkan Bisnis Anda

4. Dapatkan perhatian oleh orang banyak.
 
Anda dapat mengharapkan banyak start up perusahaan akan menggunakan strategi pemasaran usaha kecil yang sama seperti Anda rencana. Anda harus menggunakan taktik untuk membantu agar perusahaan Anda akan terlihat menonjol. Seperti misalnya menggunakan gambar berwarna-warni atau penawaran yang memberikan efek yang signifikan kepada konsumen dan pelanggan perusahaan Anda. Sebagai contoh untuk peromosi produk barang atau jasa yang akan di promosikan dengan menawarkan garansi 100% atau uang kembali sehingga pelanggan akan merasa yakin akan produk barang dan jasa yang Anda tawarkan kepada mereka. Anda bahkan bisa memanfaatkan bahan yang tidak biasa di brosur Anda atau memiliki kombinasi dengan tujuan untuk menjadi berbeda dari perusahaan yang lainnya yang akan menjadi identitas perusahaan Anda. Pastikan untuk menggunakan slogan menarik untuk mendapatkan perhatian mereka.

Dari artikel ini harapan saya semoga menjadi bermanfaat untuk Anda. Perlu untuk terus mempelajari STRATEGI PEMASARAN karena ini akan memberikan dampak yang lebih baik bagi pemilik usaha dan bisnis.

Comments

Popular posts from this blog

Usaha Jajanan Anak Sekolah Modal Kecil

Usaha Jajanan Anak Sekolah Modal Kecil Peluang uasaha yang satu ini memang menarik dan patut untuk dicoba tidak hanya menjanjikan akan tetapi memang untuk masalah pelanggan dan omsetnya jangan di tanyakan lagi, coba anda bayangkan berapa banyak sekolah di indonesia ini begitu banyaknya sehingga usaha ini tidak ada matinya sampai kapan pun. Mulai dari TK, PAUD,SD,SMP, bahkan SMK/SMU pasti menjumpai pedagang yang menjajakan dagangannya terutama makanan.

Salah satu bisnis sampingan yang menjanjikan keuntungan besar adalah usaha jajanan anak sekolah. Bila rumah Anda kebetulan dekat dengan sekolahan, manfaatkan peluang ini dengan sebaik-baiknya. Lingkungan sekolah memang menjadi tempat yang strategis untuk berjualan, pasalnya sekarang ini banyak sekali pedagang yang berjualan jajanan di lingkungan sekolah.

Karena ini merupakan olahan yang diperuntukan untuk anak-anak sekolah pastinya harus memperhatikan kualitas bahan dan juga berhati-hati dan jangan sampai memberikan bahan-bahan yang berb…

Pengertian Modal Asing Dan Modal Sendiri Sebagai Pendanaan Perusahaan

Pengertian Modal Asing Dan Modal Sendiri Menurut Para AhliModal sangat dibutuhkan oleh perusahaan untuk kelangsungan hidup suatu perusahaan dalam menjalankan kegiatan operasional perusahaan suatu perusahaan. Modal sangat menentukan perkembangan dan pertumbuhan usaha perusahaan. Modal sangat berperan sebagai sumber pendanaan perusahaan yang menggambarakan perusahaan dalam memenuhi dapat didanai oleh modal sendiri secara keseluruhan atau didanai dengan modal sendiri dan ditambah dengan modal berasal dari pinjaman.

Pengertian Modal menurut Warren, Reeve dan Philip (2005:5), “Modal atau ekuitas pemegang saham adalah jumlah total dari dua sumber utama ekuitas saham, yaitu modal disetor dan laba ditahan.” 

Sedangkan definisi ekuitas menurut Mayo (2004:188), “A variety of debt instrument to tap the funds of investor who purchase debt securities, there are only two types of stock: preferred stock and common stock.” 

Berdasarkan pengertian diatas maka dapat disimpulkan bahwa perusahaan dapa…

Pengertian, Tujuan, Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Upah Dan Gaji

Pengertian UpahUpah adalah salah satu rangsangan penting bagi para karyawan dalam suatu perusahaan. Hal ini tidaklah berarti bahwa tingkat upahlah yang merupakan pendorong utama, tingkat upah hanya merupakan dorongan utama hingga pada tarif dimana upah itu belum mencukupi kebutuhan hidup para karyawan sepantasnya. Upah sebenarnya merupakan salah satu syarat perjanjian kerja yang diatur oleh pengusaha dan buruh atau karyawan serta pemerintah.

Upah adalah jumlah keseluruhan yang ditetapkan sebagai pengganti jasa yang telah dikeluarkan oleh karyawan meliputi masa atau syarat-syarat tertentu.”

Dewan Penelitian Pengupahan Nasional memberikan definisi pengupahan sebagai berikut :

Upah ialah suatu penerimaan kerja untuk berfungsi sebagai jaminan kelangsungan kehidupan yang layak bagi kemanusiaan dan produksi dinyatakan menurut suatu persetujuan Undang-undang dan Peraturan dan dibayarkan atas dasar suatu perjanjian kerja antara pemberi kerja dengan penerima kerja.”
Dari pengertian diatas me…