Pengertian Market Research atau Riset pasar Dalam Pemasaran

Apa Itu Market Research?

Pengertian Market Research atau Riset pasar adalah salah satu komponen penting dari pemasaran: memainkan bagiannya sebelum membuat setiap keputusan kebijakan di bidang pemasaran dan komunikasi. Hal ini dapat didefinisikan sebagai "penerapan metode penelitian subjektif dan objektif", yang tujuannya adalah untuk mengumpulkan informasi dan menganalisisnya. Riset pasar merupakan langkah penting. Ini adalah bagian penting dari pengembangan strategi pemasaran Anda. Ini tentang mengumpulkan informasi untuk memberikan wawasan ke dalam pikiran pelanggan Anda sehingga Anda memahami apa yang mereka inginkan, bagaimana mereka mengumpulkan informasi dan dari mana mereka berasal.

Market Research Ini adalah proses yang terorganisasi untuk mengumpulkan informasi tentang lingkungan bisnis sebelum bisnis dimulai. Ini termasuk berbicara dengan pelanggan tentang pekerjaan, minat dan kebiasaan membeli serta mendengarkan permintaan pelanggan untuk produk dan jasa. Hal ini umumnya dibagi menjadi dua jenis, penelitian kualitatif dan kuantitatif. penelitian kualitatif berkaitan dengan sikap dan motivasi masyarakat? riset pasar pengetahuan khusus, dan sering masuk akal untuk bekerja dengan vendor yang terampil dalam layanan riset pasar. Kebanyakan pelaksanaannya melaluti utilitas outsourcing pekerjaan kasar - yaitu, dalam hal pengumpulan data aktual (misalnya, survei).

Riset Pasar adalah tentang menemukan apa yang membuat pelanggan Anda butuhkan dari produk atau jasa yang akan Anda tawarkan nantinya, dan mendapatkan ide yang jelas tentang apa yang mereka inginkan. Meneliti dan survei berbagai demografi, meskipun, bisa menjadi prospek yang berat membutuhkan waktu yang cukup dan juga tentunya membutuhkan pendekatan terstruktur. Anda mungkin tidak memiliki waktu atau pengalaman untuk mengelola dengan benar. Ini adalah cara bahwa sebuah perusahaan tertentu mengumpulkan informasi tentang pelanggan mereka? internet memiliki informasi yang luas yang akan mempengaruhi cara perusahaan dalam menentukan pasar mereka. Kebanyakan perusahaan telah melakukan riset pasar mereka melalui berbagai metode tradisional yang diperoleh bagi mereka untuk menggunakannya. Riset pasar merupakan awal menjual. Ini mengajarkan Anda banyak hal tentang apa yang akan Anda butuhkan tahu untuk mengembangkan penawaran Anda untuk pasar dan apakah penawaran Anda bahkan layak berkembang dan bertahan dari banyaknya persaingan.

Riset pasar adalah bertujuan untuk menemukan apa yang orang inginkan, butuhkan, atau percaya. Hal ini juga dapat melibatkan menemukan bagaimana mereka bertindak. Penelitian pasar digunakan untuk menentukan seberapa sering target audiens akan membeli item tertentu, berapa banyak mereka bersedia membayar untuk itu, dan kepuasan mereka secara keseluruhan dengan itu. Dengan menganalisis informasi riset pasar, produsen dan penyedia layanan pembelajaran atau edukasi kepada pelanggan dan konsumen sehingga mereka percaya akan profesionalitas perusahaan Anda di mana untuk memfokuskan sumber daya mereka yang paling efektif. Riset pasar sangat penting. Ini memberitahustrategi pemasaran yang akan dilakukan secara efektif dalam strategi bisnis dan mengurangi risiko dalam pengambilan keputusan. Semua orang harus mempertimbangkan sebelum membuat produk apapun.

Proses Riset pemasaran :
  • Step 1: Problem Definition : tentukan masalah apa yang ingin diteliti dan dicari solusinya
  • Step 2: Development of an Approach to the Problem : kembangkan pendekatan yang dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah
  • Step 3: Research Design Formulation : buat  rencana bagaimana penelitian ini akan dilakukan
  • Step 4: Fieldwork or Data Collection : pengumpulan data
  • Step 5: Data Preparation and Analysis : analisis data yang telah dikumpulkan
  • Step 6: Report Preparation and Presentation : persiapkan laporan

Kegunaan informasi riset marketing :

1. Mengidentifikasi konsumen sasaran. Dalam menetapkan dan mengadakan kualifikasi terhadap konsumen-sasaran, pelanggan dan  konsumen tentunya harus dilihat dari dua sudut, yaitu dari sudut daya-beli dan kebutuhan atau keinginan akan produk yang akan Anda tawarkan terhadap kebutuhan.

2. Perencanaa produk Informasi yang telah diperoleh dari riset marketing akan mempengaruhi dan menghasilkan keputusan yang akan diambil oleh menejer marketing terhadap langkah apa yang akan di ambil. Disini menejer marketing dengan memanfaatkan informasi tersebut, harus membuat keputusan dalam penambahan, pengurangan dan pengubahan unsur-unsur garis produk, kemasan, dan bahkan mungkin pula meliputi merk dagang.

3. Menejer marketing akan mengambil peranan dalam Penetapan harga antara lain dapat memanfaatkan informasi mengenai penjualan, harga dan harga para pesaing yang akan di pertimbangkan. Dengan pengetahuan tersebut menejer marketing dapat membuat keputusan yang efektif dan tepat sesuai dengan situasi pasar yang telah di survei terlebih dahulu.

4. Pendistribusian fisik Banyak informasi mengenai distribusi fisik yang digunakan oleh menejer marketing itu berkaitan erat dengan biaya yang harus ditanggung perusahaan. Dalam menetapkan saluran distribusi juga penting  yang Menejer marketing perlu menyusun keputusan dan tindakan efektif yang berkaitan dengan biaya pelbagai alternative transportasi, gudang lokasi dan pemrosesan pesanan.

5. Saluran distribusi Informasi yang dihasilkan oleh riset marketing yang dilakukan dengan cara efektif akan bermanfaat bagi manajemen marketing yang berkaitan dengan salah satu ramuan marketing yaitu penetapan saluran distribusi yang jelas dan juga tidak terlalu membebankan biyaya terhadap perusahaan. Menejemen menggunakan informasi mengenai struktur dan prestasi (kinerja) saluran-saluran distribusi itu.

6. Promosi Para menejer marketing memerlukan informasi yang bermutu dan signifikan di bidang promosi di salah satu ramuan marketing. informasi itu mungkin diperoleh berdasarkan data-data yang berhasil dihimpun dari para penjual di lapangan, jumlah panggilan melalui telepon, dan waktu yang terpakai dalam kegiatan-kegiatan yang tidak berhubungan dengan penjualan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Market Research atau Riset pasar Dalam Pemasaran"

Post a Comment

KOMENTAR KALIAN SANGAT BERARTI UNTUK SAYA. TERIMA KASIH :)