Skip to main content

Kunci Untuk Mengembangkan Strategi Pemasaran Yang Sukses

Mengembangkan Strategi Pemasaran Yang Sukses

Strategi Pemasaran Yang Sukses

Sebuah STRATEGI PEMASARAN yang sukses dinilai dari seberapa efektif yang dapat digunakan. Banyak orang tahu bahwa strategi pemasaran yang sukses menempatkan banyak faktor yang berbeda ke dalam pertimbangan dan menggunakan faktor-faktor ini secara kolektif.

Namun demikian, berikut adalah lima kunci utama untuk mengembangkan strategi pemasaran yang sukses. Faktor ini sering disebut dengan SWOT. Mengutip dari wikipedia, analisis SWOT adalah : “Merupakan metode perencanaan strategis yang digunakan untuk mengevaluasi kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities), dan ancaman (threats) dalam suatu proyek bisnis/perusahaan atau suatu spekulasi bisnis. Setiap pengusaha sukses akan memberitahu Anda bahwa kelima faktor tersebut selalu memainkan peran penting dalam pengembangan strategi pemasaran yang sukses:

1) Kekuatan - Sebuah strategi pemasaran yang sukses selalu mempertimbangkan berbagai kekuatan yang dimilikinya dengan demikian bahwa sebuah perusahaan memiliki kekuatan yang berbeda satu sama lain. Kekuatan ini harus hadir dalam perusahaan dan perusahaan harus dapat menggunakannya untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Hal ini jelas bahwa setiap perusahaan memiliki kekuatan yang bisa digunakan untuk mendapatkan keuntungan dalam persaingan. Kekuatan ini bisa berkisar dari memiliki lebih banyak sumber daya untuk memiliki lebih banyak pengalaman. Strategi ini harus memanfaatkan kekuatan maksimal. Setiap usaha yang dikeluarkan harus diarahkan pada pencapaian tujuan sebagaimana mestinyha.

2) Kelemahan - Sama seperti setiap perusahaan memiliki kekuatan, setiap perusahaan juga memiliki kelemahan. Sebuah strategi pemasaran yang sukses perlu mengambil kelemahan ini untuk diperhitungkan dan membantu orang mengatasinya. Sebuah strategi pemasaran yang sukses harus realistis tentang kelemahan dalam rangka untuk benar-benar berjalan dengan efektif.

strategi pemasaran yang sukses sering merubah potensi kelemahannya menjadi kekuatan. Apa pun mungkin dengan manipulasi yang tepat kekuatan perusahaan. Dengan memperhitungkan potensi kelemahan, perusahaan akan dapat menemukan cara untuk mengatasi kelemahan yang dimiliki bagi mereka. Mereka benar-benar bisa memperbaiki kelemahan-kelemahan dan memastikan bahwa mereka tidak akan mengalami kerugian bagi perusahaan.

3) Peluang - strategi pemasaran yang sukses selalu mengambil keuntungan dari setiap kesempatan yang tersedia untuk kemajuan perusahaannya. Dengan mempertimbangkan peluang usaha dan bisnis yang ada, perusahaan akan mencari berbagai batu loncatan yang dapat digunakan untuk mencapai keberhasilan. Berbagai kesempatan selalu tersedia di pasar.

Namun, peluang tersebut sering tidak terlihat jelas dan perlu mata yang tajam dan rasa yang baik untuk mengambil keuntungan dari mereka. Dalam memanfaatkan peluang, bagaimanapun perusahaan harus tidak melupakan tujuan utama yang dilaluinya sehingga dapat mengukur keberhasilan.

4) Ancaman - Karena pasar memiliki peluang bagi setiap perusahaan, juga harus diperhatikan bahwa itu setiap usaha dan bisnis pastinya selalu memiliki ancaman. Orang harus menyadari setiap potensi bahkan yang bisa membawa perusahaan untuk bertekuk lutut.

strategi pemasaran yang sukses selalu termasuk metode keluar dari ancaman dan beradaptasi dengan sedemikian rupa sehingga mereka akan bertahan dalam persaingan yang semakin ketat. Strategi pemasaran yang paling sukses, pada kenyataannya benar-benar telah mampu mengubah ancaman menjadi peluang. Ambil contoh BMW misalnya: ketika dihadapkan dengan ancaman yang dilarang untuk memproduksi pesawat, mereka dengan cerdas mengembangkan perusahaan mobil yang dibutuhkan untuk mobil manufaktur. Itu cara yang bagus untuk mengubah ancaman menjadi peluang.

Baca juga : Pengertian Supermarket, Jenis Pasar Swalayan, Minimarket, Midmarket, Hypermarket

5) Implementasi - Sebuah strategi pemasaran perlu diterapkan agar sukses. Implementasi adalah ujian akhir dari seberapa strategi pemasaran itu terimplementasikan secara tepat. Strategi Ini bisa menjadi pintar, bisa sederhana, bisa licik, dan itu bisa menjadi jelas. Strategi pemasaran yang sukses selalu dilakukan pengimplementasian sehingga perusahaan dapat menerapakan strategi pemasaran yang dimilikinya. Tanpa implementasi ini sebagai ujian terakhir, strategi pemasaran hanyalah strategi pemasaran dan tidak bisa diterapkan. Sukses ditentukan oleh penggunaan, bukan oleh desain.

Berikut adalah lima kunci strategi pemasaran yang sukses. Menerapkan Strategi pemasaran ini penting karena tanpa strategi pemasaran yang efisien dan efektif tentunya perusahaan tidak mampu untuk bersaing dalam persaingan yang semakin ketat juga, lima faktor inilah dapat membantu Anda untuk mencapai keberhasilan suatu hari nanti.

Comments

Popular posts from this blog

Usaha Jajanan Anak Sekolah Modal Kecil

Usaha Jajanan Anak Sekolah Modal Kecil Peluang uasaha yang satu ini memang menarik dan patut untuk dicoba tidak hanya menjanjikan akan tetapi memang untuk masalah pelanggan dan omsetnya jangan di tanyakan lagi, coba anda bayangkan berapa banyak sekolah di indonesia ini begitu banyaknya sehingga usaha ini tidak ada matinya sampai kapan pun. Mulai dari TK, PAUD,SD,SMP, bahkan SMK/SMU pasti menjumpai pedagang yang menjajakan dagangannya terutama makanan.

Salah satu bisnis sampingan yang menjanjikan keuntungan besar adalah usaha jajanan anak sekolah. Bila rumah Anda kebetulan dekat dengan sekolahan, manfaatkan peluang ini dengan sebaik-baiknya. Lingkungan sekolah memang menjadi tempat yang strategis untuk berjualan, pasalnya sekarang ini banyak sekali pedagang yang berjualan jajanan di lingkungan sekolah.

Karena ini merupakan olahan yang diperuntukan untuk anak-anak sekolah pastinya harus memperhatikan kualitas bahan dan juga berhati-hati dan jangan sampai memberikan bahan-bahan yang berb…

Pengertian Modal Asing Dan Modal Sendiri Sebagai Pendanaan Perusahaan

Pengertian Modal Asing Dan Modal Sendiri Menurut Para AhliModal sangat dibutuhkan oleh perusahaan untuk kelangsungan hidup suatu perusahaan dalam menjalankan kegiatan operasional perusahaan suatu perusahaan. Modal sangat menentukan perkembangan dan pertumbuhan usaha perusahaan. Modal sangat berperan sebagai sumber pendanaan perusahaan yang menggambarakan perusahaan dalam memenuhi dapat didanai oleh modal sendiri secara keseluruhan atau didanai dengan modal sendiri dan ditambah dengan modal berasal dari pinjaman.

Pengertian Modal menurut Warren, Reeve dan Philip (2005:5), “Modal atau ekuitas pemegang saham adalah jumlah total dari dua sumber utama ekuitas saham, yaitu modal disetor dan laba ditahan.” 

Sedangkan definisi ekuitas menurut Mayo (2004:188), “A variety of debt instrument to tap the funds of investor who purchase debt securities, there are only two types of stock: preferred stock and common stock.” 

Berdasarkan pengertian diatas maka dapat disimpulkan bahwa perusahaan dapa…

Pengertian, Tujuan, Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Upah Dan Gaji

Pengertian UpahUpah adalah salah satu rangsangan penting bagi para karyawan dalam suatu perusahaan. Hal ini tidaklah berarti bahwa tingkat upahlah yang merupakan pendorong utama, tingkat upah hanya merupakan dorongan utama hingga pada tarif dimana upah itu belum mencukupi kebutuhan hidup para karyawan sepantasnya. Upah sebenarnya merupakan salah satu syarat perjanjian kerja yang diatur oleh pengusaha dan buruh atau karyawan serta pemerintah.

Upah adalah jumlah keseluruhan yang ditetapkan sebagai pengganti jasa yang telah dikeluarkan oleh karyawan meliputi masa atau syarat-syarat tertentu.”

Dewan Penelitian Pengupahan Nasional memberikan definisi pengupahan sebagai berikut :

Upah ialah suatu penerimaan kerja untuk berfungsi sebagai jaminan kelangsungan kehidupan yang layak bagi kemanusiaan dan produksi dinyatakan menurut suatu persetujuan Undang-undang dan Peraturan dan dibayarkan atas dasar suatu perjanjian kerja antara pemberi kerja dengan penerima kerja.”
Dari pengertian diatas me…