Marketing Strategy Efisiensi Dan Efektivitas Untuk Bisnis Kecil

Marketing Strategy untuk Bisnis Kecil

Marketing Strategy Efisiensi Dan Efektivitas Untuk Bisnis Kecil

Ada dua strategi yang dapat digunakan untuk memasarkan bisnis kecil Anda: (1) Market Research; dan (2) Sasaran Pemasaran / Target Marketing.

Menurut Armstrong dan Kotler (2000:5), marketing adalah “A societal process by which individuals and groups obtain what they need and want through creating, offering and freely exchanging products and services of value with others”.

Sedangkan pengertian Marketing strategy menurut Armstrong dan Kotler (2000:37), yaitu “The marketing logic by which the business unit hopes to achieve its marketing objective”.

Mari kita fokus pada riset pasar sehingga Anda akan memiliki pemahaman yang lebih baik dari strategi ini.

Riset pasar / Market Research

Memiliki riset pasar merupakan hal yang di perlukan dan memiliki peranan besar untuk usaha kecil karena menyediakan informasi tentang apa industri Anda untuk menentukan produk atau jasa yang akan di distribusikan kepada konsumen dan pelanggan, serta apa yang prospek Anda cari yang masih tidak ditawarkan di pasar. Dengan mengetahui informasi ini, Anda akan dapat memposisikan diri dengan cara yang Anda akan tawarkan dan apa yang klien target Anda cari. Dengan cara ini, Anda akan dapat menyesuaikan alat pemasaran Anda seperti pencetakan poster atau poster cetak ke bahan baik yang akan menarik pelanggan dan konsumen untuk membeli produk dan jasa juga akan mengarah setiap kali mereka terarik pada produk dan jasa Anda.

Berikut adalah pertanyaan yang harus Anda jawab ketika meneliti pasar dengan Market Research:

  • -Apa Jenis barang dan jasa yang akan Anda sediakan dengan paling menarik? Akankah produk dan jasa Anda sudah lebih baik atau ditawarkan dalam kombinasi?
  • -Apa Yang membuat Anda berbeda? Apa keuntungan Anda atas yang lain? Berapakah harga yang Anda berikan? Bagaimana kualitas produk atau jasa? Apakah Anda memiliki distribusi lebih cepat dalam perputaran pengiriman?
  • -Apa Yang harus Anda fokuskan tentang bisnis Anda? Apakah Anda seorang ahli?
  • -Apa Sejarah Anda sebagai sebuah bisnis?
  • -Bisakah Anda benar-benar bersaing dengan sisa usaha yang sudah di pasar?
  • -Siapa Pesaing Anda? Apa keunggulan mereka atas Anda?
  • -Siapa Akan sangat tertarik pada apa yang Anda tawarkan? Yang kemungkinan besar akan membeli produk atau jasa Anda?
  • -Apa Akan manfaat Anda? Bagaimana Anda bisa membuat bisnis Anda lebih menarik dan menyenangkan di mata calon klien Anda?
  • -Bagaimana Mereka ingin menanggapi jaminan pemasaran Anda? Lebih penting lagi, apa jenis pemasaran bahan yang mereka temukan menarik?

Setelah mengumpulkan semua informasi yang Anda butuhkan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan ini, maka Anda harus dapat menentukan rincian sebagai berikut:
  1. -Apa prospek Anda cari? Apa yang mereka butuhkan dan inginkan? Di mana Anda akan bisa mendapatkan keuntungan lebih?
  2. -Bagaimana Anda dapat memperbaiki apa yang sudah di luar sana? Untuk poster cetak misalnya, bagaimana Anda dapat membuat generator Anda lebih menarik dan efektif klien?
  3. -Bagaimana Anda bisa bersaing? Bagaimana bisa pesaing Anda menghentikan Anda dari mendapatkan kesuksesan?
  4. -Bagaimana Anda bisa mendapatkan pelanggan? Bagaimana Anda bisa kehilangan mereka?
  5. -Apa yang harus Anda lakukan sehingga menawarkan produk Anda tidak menjadi usang dan ketinggalan zaman?
  6. -Apa tren dalam pemasaran yang dapat mempengaruhi bisnis kecil Anda?
  7. -apa ide-ide baru yang bisa Anda dapatkan dari penelitian Anda? Yang dapat membantu Anda menerapkan ide-ide Anda?
Baca juga : Pemasaran Yang Baik Adalah Tentang Bagaimana Membuat Relasi Bisnis

Perlu diperhatikan juga untuk kesuksesan usaha dan bisnis Anda yaitu :

Segmentasi (Segmentation)

Menurut Solomon dan Elnora (2003:221), segmentasi adalah ”The process of dividing a larger market into smaller pieces based on one or more meaningful, shared characteristic”.

Sasaran Pemasaran / Target Marketing

Menurut Solomon dan Elnora (2003:232), Target market ialah ”Group that a firm selects to turn into customers as a result of segmentation and targeting”.
Setelah pasar dibagi-bagi dalam segmen-segmen, maka perusahaan harus memutuskan suatu strategi target market.

Positioning

Menurut Solomon, dan Elnora (2003:235), Positioning adalah “Developing a marketing strategy aimed at influencing how a particular market segment perceives a good or service in comparison to the competition”. Penentuan posisi pasar menunjukkan bagaimana suatu produk dapat dibedakan dari para pesaingnya.

Sebagai aturan akhir ketika melakukan riset pasar Anda, informasi yang Anda diambil dari itu akan menentukan efisiensi dan efektivitas penelitian Anda. Bila Anda memiliki kualitas tinggi dan informasi yang dapat dipercaya, Anda akan dapat memiliki bisnis yang sukses sebagai hasilnya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Marketing Strategy Efisiensi Dan Efektivitas Untuk Bisnis Kecil"

Post a Comment

KOMENTAR KALIAN SANGAT BERARTI UNTUK SAYA. TERIMA KASIH :)