Skip to main content

Cara Meningkatkan Perencanaan Pemasaran

Perencanaan Pemasaran

Cara Meningkatkan Perencanaan Pemasaran

"Mereka yang berencana melakukan lebih baik daripada mereka yang tidak berencana, meskipun mereka jarang tetap pada rencana mereka."- Winston Churchill, Perdana Menteri Inggris

"Memiliki rencana. Mengikuti rencana, dan Anda akan terkejut seberapa sukses Anda bisa. Kebanyakan orang tidak punya rencana. Itulah mengapa sangat mudah untuk mengalahkan kebanyakan orang. "-Paul “Bear” Bryant, former football coach, University of Alabama

Tiga Tingkat Perencanaan Pemasaran

Karena kita membuat sebuah aplikasi perencanaan pemasaran yang kuat, jelas harus memiliki perencanaan pemasaran yang besar juga. Pemasar di berbagai jenis perusahaan rata-rata terlibat dalam berbagai tingkat perencanaan:
  • Frequent & Detailed: Fortune 500 pemasar dan B2C pemasar berpengalaman membuat rencana yang sangat rinci untuk strategi, kreatif, kampanye, distribusi dan eksekusi penjualan.
  • Annual: Pemasar di pasar menengah perusahaan biasanya membuat rencana pemasaran tahunan dan anggaran, namun jarang berencana untuk tingkat detail yang sama dengan rekan-rekan besar-perusahaan mereka.
  • On the Fly: Pemasar di perusahaan kecil menengah biasanya membuat anggaran pemasaran dan (kadang-kadang) membuat rencana cahaya "on the fly" karena mereka meluncurkan inisiatif pemasaran.

Sebagian besar perbedaan antara tingkat perencanaan disebabkan oleh pengalaman dan bandwidth - pemasar di perusahaan besar biasanya memiliki lebih banyak pengalaman dan lebih banyak waktu dan sumber daya untuk merencanakan strategi dan kampanye mereka. Masuk akal, karena anggaran mereka besar.

Pemasar di pasar menengah dan perusahaan kecil seperti UKM biasanya memiliki anggaran yang lebih kecil, lebih sedikit sumber daya dan sedikit waktu untuk inisiatif pemasaran mereka. Statistik menunjukkan bahwa sampai 85% dari perusahaan kecil menengah UKM beroperasi tanpa rencana pemasaran tahunan yang tertulis. Tidak seperti rencana bisnis, rencana pemasaran berfokus pada menang dan menjaga pelanggan; itu strategis dan termasuk nomor, fakta dan tujuan. Sebuah rencana pemasaran yang baik merinci semua alat dan taktik yang akan Anda gunakan untuk mencapai tujuan penjualan Anda.

Mulailah dengan Perencanaan Pemasaran Sederhana

Kabar baiknya adalah bahwa distribusi pengetahuan dari Internet memiliki refrensi dan contoh perencanaan pemasaran dari berbagai sumber. Begitu banyak informasi yang tersedia - jika Anda berada di Di kelompok Fly, sangat mudah untuk meningkatkan perencanaan pemasaran Anda.

Langkah pertama adalah untuk mengukir waktu untuk memikirkan strategi dan taktik, dan menempatkan pena di atas kertas. Jika Anda tidak yakin di mana untuk memulai, berpikir tentang berbagai kategori kegiatan pemasaran:
  • Strategi: Positioning, branding, harga, distribusi, penjualan, kampanye
  • Tool Creation: Website, messaging, literature and collateral, identitas perusahaan, sistem perangkat lunak
  • Demand Generation: SEO dan SEM, media sosial, email marketing, iklan online, retensi pelanggan, direct mail, publisitas, telemarketing, media tradisional
  • Measurement: Pemasaran laba atas investasi, seumur hidup pelanggan, nilai pelanggan seumur hidup
Kemudian, pertimbangkan tugas pemasaran berikutnya, dan membuat garis besar yang sederhana untuk strategi dan taktik. Gunakan poin-poin, menguraikan driver strategis untuk aktivitas Anda dan daftar semua langkah-langkah untuk menyelesaikan aktivitas.

Baca juga :  Pentingnya Strategi Pemasaran Dalam Organisasi

Berikut ini adalah contoh dari kerangka rencana untuk media saat membeli secara online:
  • Tujuan bisnis
  • Pilihan media online
  • Tujuan dan sasaran audiens
  • Penawaran dan tindakan yang diinginkan
  • Sumber daya yang dibutuhkan dan waktu
  • Konten dan ide-ide kreatif
  • Tujuan dan metrik
  • Website Target
  • Langkah pemenuhan
  • Pengujian
  • Tanggal menjalankan
  • Ukuran iklan
  • Anggaran belanja

Tambahkan Detil, Rinse, Repeat

Melanjutkan penggunaan garis sederhana selama tiga minggu - yang akan menciptakan kebiasaan - dan kemudian mulai menambahkan lebih detail garis-garis.

Bahkan hanya menggunakan garis sederhana kemungkinan akan menempatkan Anda dua langkah di depan pemasar di rata-rata usaha kecil dan menengah UKM, dan memberikan Anda kesempatan yang lebih besar untuk sukses dengan program pemasaran Anda.

Comments

Popular posts from this blog

Usaha Jajanan Anak Sekolah Modal Kecil

Usaha Jajanan Anak Sekolah Modal Kecil Peluang uasaha yang satu ini memang menarik dan patut untuk dicoba tidak hanya menjanjikan akan tetapi memang untuk masalah pelanggan dan omsetnya jangan di tanyakan lagi, coba anda bayangkan berapa banyak sekolah di indonesia ini begitu banyaknya sehingga usaha ini tidak ada matinya sampai kapan pun. Mulai dari TK, PAUD,SD,SMP, bahkan SMK/SMU pasti menjumpai pedagang yang menjajakan dagangannya terutama makanan.

Salah satu bisnis sampingan yang menjanjikan keuntungan besar adalah usaha jajanan anak sekolah. Bila rumah Anda kebetulan dekat dengan sekolahan, manfaatkan peluang ini dengan sebaik-baiknya. Lingkungan sekolah memang menjadi tempat yang strategis untuk berjualan, pasalnya sekarang ini banyak sekali pedagang yang berjualan jajanan di lingkungan sekolah.

Karena ini merupakan olahan yang diperuntukan untuk anak-anak sekolah pastinya harus memperhatikan kualitas bahan dan juga berhati-hati dan jangan sampai memberikan bahan-bahan yang berb…

Pengertian Modal Asing Dan Modal Sendiri Sebagai Pendanaan Perusahaan

Pengertian Modal Asing Dan Modal Sendiri Menurut Para AhliModal sangat dibutuhkan oleh perusahaan untuk kelangsungan hidup suatu perusahaan dalam menjalankan kegiatan operasional perusahaan suatu perusahaan. Modal sangat menentukan perkembangan dan pertumbuhan usaha perusahaan. Modal sangat berperan sebagai sumber pendanaan perusahaan yang menggambarakan perusahaan dalam memenuhi dapat didanai oleh modal sendiri secara keseluruhan atau didanai dengan modal sendiri dan ditambah dengan modal berasal dari pinjaman.

Pengertian Modal menurut Warren, Reeve dan Philip (2005:5), “Modal atau ekuitas pemegang saham adalah jumlah total dari dua sumber utama ekuitas saham, yaitu modal disetor dan laba ditahan.” 

Sedangkan definisi ekuitas menurut Mayo (2004:188), “A variety of debt instrument to tap the funds of investor who purchase debt securities, there are only two types of stock: preferred stock and common stock.” 

Berdasarkan pengertian diatas maka dapat disimpulkan bahwa perusahaan dapa…

Pengertian, Tujuan, Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Upah Dan Gaji

Pengertian UpahUpah adalah salah satu rangsangan penting bagi para karyawan dalam suatu perusahaan. Hal ini tidaklah berarti bahwa tingkat upahlah yang merupakan pendorong utama, tingkat upah hanya merupakan dorongan utama hingga pada tarif dimana upah itu belum mencukupi kebutuhan hidup para karyawan sepantasnya. Upah sebenarnya merupakan salah satu syarat perjanjian kerja yang diatur oleh pengusaha dan buruh atau karyawan serta pemerintah.

Upah adalah jumlah keseluruhan yang ditetapkan sebagai pengganti jasa yang telah dikeluarkan oleh karyawan meliputi masa atau syarat-syarat tertentu.”

Dewan Penelitian Pengupahan Nasional memberikan definisi pengupahan sebagai berikut :

Upah ialah suatu penerimaan kerja untuk berfungsi sebagai jaminan kelangsungan kehidupan yang layak bagi kemanusiaan dan produksi dinyatakan menurut suatu persetujuan Undang-undang dan Peraturan dan dibayarkan atas dasar suatu perjanjian kerja antara pemberi kerja dengan penerima kerja.”
Dari pengertian diatas me…