Mengembangkan Proses Manajemen Strategis

Mengembangkan Proses Manajemen Strategis

Mengembangkan Proses Manajemen Strategis

Proses manajemen strategis berarti mendefinisikan strategi organisasi. Hal ini juga didefinisikan sebagai proses dimana manajer membuat pilihan dari serangkaian strategi untuk organisasi yang akan memungkinkan untuk mencapai kinerja yang lebih baik.

Manajemen strategis merupakan proses yang berkesinambungan yang menilai bisnis dan industri di mana organisasi terlibat.

Frederick W. Glueck, Stephan P. Kaufman, dan A. Steven Walleck, mempelajari evolusi manajemen strategis di 120 perusahaan.

Mereka menyarankan bahwa perencanaan strategis dalam kebanyakan organisasi harus berkembang melalui empat tahap berurutan.

Tahap 1 perencanaan keuangan Basic. Organisasi di fase 1 menekankan mempersiapkan dan memenuhi anggaran tahunan. target keuangan yang mapan dan pendapatan dan biaya secara hati-hati dipantau. Penekanannya adalah jangka pendek, dan fokus utama adalah pada aspek fungsional dari organisasi. Sebagian besar organisasi di fase ini menunjukkan beberapa karakteristik lain yang berkaitan dengan masa depan

Tahap 2 perencanaan berbasis Prakiraan. Organisasi di fase 2 biasanya memperpanjang dari frame waktu yang dicakup oleh proses penganggaran. Manajer cenderung mencari ramalan yang lebih canggih dan untuk menyadari lingkungan eksternal mereka dan efeknya pada organisasi mereka. Oleh karena itu, organisasi dalam fase 2 memiliki alokasi sumber daya yang lebih efektif dan keputusan tepat waktu lebih berkaitan dengan jarak posisi kompetitif organisasi.

Tahap 3 Eksternal berorientasi perencanaan. Tahap 3 ditandai dengan upaya untuk memahami fenomena pasar dasar. Organisasi mulai mencari cara-cara baru untuk menentukan dan memenuhi kebutuhan pelanggan. Selain itu, fase 3 berbeda dari fase sebelumnya bahwa perencana perusahaan diharapkan untuk menghasilkan sejumlah program pergantian tindakan untuk manajemen puncak. manajemen puncak mulai mengevaluasi alternatif strategis secara formal untuk perencanaan dan tindakan.

Tahap 4 Manajemen Strategis. Tahap 4 ditandai dengan penggabungan perencanaan dan manajemen strategis dalam suatu proses tunggal. Pendekatan terpadu ini dicapai melalui kehadiran tiga unsur: pemikiran meresap strategis (manajer semua tingkatan telah belajar untuk berpikir secara strategis), proses perencanaan yang komprehensif, dan sistem nilai yang mendukung.

Proses Manajemen Strategis didefinisikan sebagai cara organisasi mendefinisikan strategi. Ini adalah proses yang berkesinambungan di mana organisasi memutuskan untuk menerapkan dipilih beberapa strategi, detail rencana pelaksanaan dan terus menilai kemajuan & keberhasilan pelaksanaan melalui penilaian reguler.

Pelaksanaan
  1. Struktur - Fase implementasi memiliki fungsi dasar penataan manajemen dan proses operasional. Karena ada strategi di tempat, bisnis sekarang ingin memantapkan struktur organisasi dan kepemimpinan pola (membuat banyak perubahan jika diperlukan). 
  2. Tanggapan - tanggapan adalah tahap akhir dari proses manajemen strategis. Pada tahap akhir ini strategi, semua angka anggaran dikumpulkan dan disebarluaskan untuk evaluasi. Perhitungan rasio keuangan dan kinerja ulasan dikirim ke manajer yang relevan, eksekutif dan departemen terkait.
Baca juga : Alat Dan Teknik Manajemen Strategis

Mengapa Manajemen Strategis Penting:

Manajemen strategis adalah aspek yang sangat penting dari bisnis saat ini. Berikut ini adalah beberapa alasan yang memberikan dasar bagi pentingnya manajemen strategis.
  • Survival of Business:
Alasan yang paling penting untuk pentingnya manajemen strategis adalah bahwa keberhasilan bisnis tergantung pada itu. Dalam era baru-baru ini, dunia diubah menjadi desa global sedemikian rupa yang sekarang bisnis dioperasikan secara seluruh dunia & standar di seluruh dunia. Jadi setiap organisasi perlu mengadopsi konsep manajemen strategis terbaru & teknik untuk menjadi sukses dalam persaingan global yang sulit ini.
  • E-Commerce:
Electronic commerce adalah alat penting dari manajemen strategis melalui mana suatu organisasi dapat melakukan fungsinya dengan cara yang mudah & menguntungkan. organisasi dapat terlibat dalam penjualan langsung melalui internet atau meningkatkan itu komunikasi dengan pelanggan, pemasok, kreditur & pemegang saham dll Selain itu iklan juga efektif dilakukan melalui internet yang sangat mempengaruhi penjualan organisasi. E-commerce tidak hanya mengurangi biaya tetapi juga waktu & jarak organisasi dalam menjalankan fungsinya.
  • Natural Environment Issue:
Dalam hal ini, lingkungan alam telah menjadi isu strategis yang serius sedemikian rupa bahwa itu terancam dari komunitas bisnis baru. Keinginan yang tidak terbatas dapat dipenuhi melalui sumber daya alam terbatas melalui pemanfaatan yang efektif.

Manajemen strategis adalah usaha yang sangat besar, rumit, dan selalu berkembang. Oleh karena itu, berguna untuk kelompok itu menjadi satu set langkah-langkah yang solid untuk menggambarkan proses manajemen strategis. Kerangka kerja yang paling umum dan digunakan manajemen strategis meliputi lima langkah, dikelompokkan dalam dua tahap umum - Formulasi dan Implementasi.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengembangkan Proses Manajemen Strategis"

Post a Comment

KOMENTAR KALIAN SANGAT BERARTI UNTUK SAYA. TERIMA KASIH :)