logoblog

Menguraikan Proses Dan Jenis Metode Analisis Situasional

Analisis Situasional Pemasaran

Menguraikan Proses Dan Jenis Metode Analisis Situasional

Sebuah rencana pemasaran panduan bisnis tentang bagaimana berkomunikasi dan apa manfaat dari produk mereka untuk pelanggan potensial.

Analisis situasi, 2 langkah dalam rencana pemasaran, sangat penting dalam membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan. Manajer menggunakannya untuk menganalisis lingkungan internal dan eksternal dari suatu organisasi dan kemampuan perusahaan sendiri, pelanggan, dan lingkungan bisnis.

Seperti dijelaskan oleh Asosiasi Pemasaran Amerika, analisis situasi adalah "koleksi sistematis dan studi data masa lalu dan sekarang untuk mengidentifikasi tren, pasukan, dan kondisi yang berpotensi untuk mempengaruhi kinerja bisnis dan untuk memilih strategi yang tepat."

Analisis situasi terdiri dari beberapa metode analisis: The 5Cs, SWOT dan lima kekuatan Porter analisis.

Analisis 5C

Sebuah analisa situasi sering disebut sebagai "analisis 3C", tetapi ketika diperluas ke analisis 5C memungkinkan perusahaan untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang, faktor internal makro dan mikro-lingkungan dalam lingkungan.

Analisis 5C dianggap cara yang paling berguna, komprehensif dan umum untuk menganalisis lingkungan pasar.

5Cs adalah:

Company / Perusahaan

Analisis perusahaan memungkinkan untuk evaluasi tujuan perusahaan, strategi, dan kemampuan yang menunjukkan kekuatan model bisnis, jika ada daerah yang membutuhkan perbaikan, dan bagaimana organisasi akan cocok dengan lingkungan eksternal.

Selain tujuan perusahaan dan tujuan, itu termasuk analisis posisi, kinerja, dan lini produk perusahaan.

Competitors / Pesaing

Analisis pesaing mempertimbangkan posisi pesaing dalam industri dan potensi ancaman itu dapat menimbulkan ke bisnis lain. Tujuan utama dari analisis pesaing adalah untuk bisnis yaitu menganalisis baik sifat dan kemampuan pesaing saat ini dan potensi untuk menjadi siap untuk bersaing dengan mereka.

Analisis pesaing melihat kriteria sebagai berikut:  identitas pesaing, penilaian pesaing, dan inisiatif masa depan pesaing. Tugas meneliti kinerja keuangan dan pemasaran pesaing adalah salah satu tanggung jawab dari seorang analis pasar. Ini termasuk kekuatan dan kelemahan, respon diantisipasi dengan strategi pemasaran perusahaan, analisis pertumbuhan dan rencana investasi juga.

Customers / Pelanggan

Analisis pelanggan dapat luas dan rumit. Beberapa perusahaan melakukan analisis PEST yang memindai lingkungan makro eksternal di mana perusahaan beroperasi. Daerah penting untuk menganalisis meliputi:

  • demografi
  • Iklan yang paling cocok untuk demografis
  • Ukuran pasar dan potensi pertumbuhan
  • Keinginan dan kebutuhan pelanggan
  • Motivasi untuk membeli produk
  • Saluran distribusi (online, retail, dan grosir)
  • Kuantitas dan frekuensi pembelian
  • Tingkat pendapatan pelanggan

Collaborators / Kolaborator

Kolaborator berguna untuk bisnis karena mereka memungkinkan untuk peningkatan penciptaan ide-ide, serta peningkatan kemungkinan mendapatkan lebih banyak peluang bisnis.

Jenis kolaborator adalah:

  • agen
  • Pemasok
  • distributor
  • kemitraan

Bisnis harus mampu mengidentifikasi apakah kolaborator memiliki kemampuan yang dibutuhkan untuk membantu menjalankan bisnis serta analisis pada tingkat komitmen yang diperlukan untuk hubungan kolaborator-bisnis.

Climate / Iklim

Untuk sepenuhnya memahami iklim usaha, biasanya ada banyak faktor yang berbeda yang dapat mempengaruhi bisnis, dan jika diteliti dengan baik akan menciptakan sebuah perusahaan yang dapat merespon dengan baik untuk mengubah. Analisis pada iklim juga dikenal sebagai analisis PEST.

Jenis-jenis iklim bahwa perusahaan harus menganalisis adalah:

  • lingkungan politik dan peraturan
  • lingkungan ekonomi
  • lingkungan sosial dan budaya
  • lingkungan teknologi
  • lingkungan legislatif

Analisis SWOT


Analisis SWOT adalah metode lain di bawah analisis situasi yang meneliti Kekuatan dan Kelemahan dari perusahaan (lingkungan internal) serta Peluang dan Ancaman dalam pasar (lingkungan eksternal).


Sebuah analisis SWOT terlihat di kedua situasi saat ini dan masa depan, di mana mereka menganalisis kekuatan mereka saat ini dan kelemahan sambil mencari peluang dan ancaman di masa depan. Tujuannya adalah untuk membangun kekuatan sebanyak mungkin sekaligus mengurangi kelemahan. Sebuah ancaman masa depan dapat menjadi kelemahan potensial sementara peluang masa depan dapat menjadi kekuatan potensial.

Analisis ini membantu perusahaan datang dengan rencana yang membuat itu disiapkan untuk sejumlah skenario potensial.

Analisis Lima Kekuatan Porter

Porter analisis lima kekuatan adalah suatu kerangka kerja untuk analisis industri dan pengembangan strategi bisnis. Ini mengacu pada ekonomi industri organisasi (IO) untuk menurunkan lima kekuatan yang menentukan intensitas kompetitif dan karena itu daya tarik pasar. konsultan strategi kadang-kadang menggunakan model lima kekuatan untuk memindai dan mengidentifikasi pesaing untuk melakukan kualitatif mengevaluasi posisi strategis perusahaan. Pada akhirnya, tujuan utama dari model ini adalah untuk membantu bisnis membandingkan dan menganalisis profitabilitas dan posisi mereka di line-bisnis, daripada kelompok industri atau tingkat sektor industri. Ini mempertimbangkan faktor-faktor berikut:

Baca juga : Membandingkan Rencana Pemasaran, Perencanaan Strategis, dan Rencana Bisnis

Ancaman pendatang baru

pasar yang menguntungkan yang menghasilkan keuntungan tinggi akan menarik perusahaan-perusahaan baru. Hal ini menyebabkan banyak pendatang baru, yang pada akhirnya akan menurunkan profitabilitas untuk semua perusahaan dalam industri. Kecuali masuknya perusahaan baru dapat diblokir oleh pemain lama, tingkat keuntungan yang abnormal akan kecenderungan nol (persaingan sempurna).

Daya tawar pembeli

Daya tawar pelanggan juga digambarkan sebagai pasar output: kemampuan pelanggan untuk menempatkan perusahaan di bawah tekanan, yang juga mempengaruhi sensitivitas pelanggan terhadap perubahan harga (mis perusahaan dapat melaksanakan program loyalitas untuk mengurangi daya beli pelanggan).

Daya tawar pemasok

Daya tawar pemasok juga digambarkan sebagai pasar input. Pemasok bahan baku, komponen, tenaga kerja, dan jasa (seperti keahlian) ke perusahaan dapat menjadi sumber kekuasaan atas perusahaan ketika ada beberapa pengganti. Pemasok dapat menolak untuk bekerja dengan perusahaan, atau, biaya harga yang terlalu tinggi untuk sumber daya yang unik.

Ancaman produk pengganti layanan

Keberadaan produk di luar ranah batas-batas produk umum meningkatkan kecenderungan pelanggan untuk beralih ke alternatif. Contohnya adalah pengganti dari telepon tradisional dengan telepon VoIP.

Saingan antara pesaing yang ada

Untuk sebagian besar industri, intensitas persaingan kompetitif adalah penentu utama daya saing industri.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Menguraikan Proses Dan Jenis Metode Analisis Situasional"

Post a Comment

KOMENTAR KALIAN SANGAT BERARTI UNTUK SAYA. TERIMA KASIH :)