Pengantar Bidang Dan Tujuan Manajemen Keuangan

Tujuan Manajemen Keuangan

Pengantar Bidang Dan Tujuan Manajemen Keuangan

Definisi Financel Atau Keuangan

Keuangan adalah studi tentang pengelolaan dana dan alokasi aset dari waktu ke waktu. Dana terdiri dari uang dan aset lainnya. Ada berbagai jenis keuangan, tapi semua secara fundamental berkaitan dengan mempelajari bagaimana cara terbaik untuk mengalokasikan aset dalam kondisi yang berbeda dari waktu ke waktu.

Pentingnya Waktu

Sopir yang mendasari di balik semua keuangan adalah waktu. Ada dua alasan mengapa waktu begitu penting untuk pembiayaan:

  1. Nilai waktu dari uang: Untuk sejumlah alasan, uang saat ini bernilai lebih dari jumlah uang yang sama di masa depan. Misalnya, Anda lebih suka memiliki $ 100 hari ini dari $ 100 dalam 10 tahun - uang bernilai lebih untuk Anda sekarang daripada itu akan di masa depan yang jauh. Kami akan mengeksplorasi konsep ini secara lebih mendalam di kemudian hari.
  2. Risiko: Membuat investasi tidak menjamin keuntungan. Ketika bank membuat pinjaman, mereka tidak yakin debitur akan membayar kembali. Ada risiko bahwa orang tersebut hanya akan mengambil uang dan menjalankan, debitur akan mengajukan kebangkrutan, atau, untuk puluhan alasan lain, bank tidak akan mendapatkan uang yang mereka meminjamkan kembali.

Bidang keuangan, bagaimanapun, mencakup waktu. Keuangan mengatakan, "Karena aku tahu aset mengubah nilai dari waktu ke waktu, bagaimana cara menggunakannya untuk menyebabkan aset saya untuk mengubah nilai ke arah yang saya inginkan? Bagaimana cara mengelola aset sehingga mereka lebih berharga di masa depan daripada sekarang ? "

Tantangan Keuangan

Mencari tahu apa yang harus dilakukan dengan aset kadang-kadang mudah: semua variabel diketahui, dan jelas ada pilihan yang lebih baik dari yang lainnya. Namun, sebagian besar waktu, hal ini tidak terjadi. Keuangan umumnya beroperasi dengan banyak ketidakpastian. Akibatnya, perusahaan mempekerjakan seluruh departemen orang untuk membantu mereka mencari tahu pilihan mana yang terbaik.

Mendefinisikan peran keuangan dalam suatu organisasi 

Keuangan perusahaan adalah bidang keuangan berurusan dengan keputusan moneter yang perusahaan bisnis membuat. Ketika keuangan dibicarakan dalam konteks keputusan bisnis, itu disebut keuangan perusahaan (secara teknis, penawaran keuangan perusahaan hanya dengan perusahaan, sementara penawaran manajerial keuangan dengan semua jenis perusahaan, tapi kami akan menggunakan istilah bergantian). Ada cabang lain dari keuangan seperti keuangan pribadi (individu mengurus uang mereka) dan keuangan publik (keuangan pemerintah).

Tujuan utama dari keuangan perusahaan adalah untuk memaksimalkan nilai pemegang saham. Memaksimalkan nilai pemegang saham dapat dilakukan dalam jangka panjang atau jangka pendek, sehingga tugas dari departemen keuangan adalah untuk menentukan cara terbaik untuk melakukan keduanya. Kadang-kadang, tujuan mungkin tampak dalam persaingan dengan satu sama lain. Sebagai contoh, sebuah perusahaan dapat memilih untuk membayar dividen (pembayaran kecil untuk setiap orang yang memiliki saham dari perusahaan), yang meningkatkan kekayaan pemegang saham jangka pendek. Namun, membayar dividen berarti bahwa uang tersebut tidak diinvestasikan dalam investasi jangka panjang, yang dapat menyebabkan harga saham meningkat lebih di masa depan, dan dengan demikian meningkatkan kekayaan pemegang saham jangka panjang.

Baca juga : Pengertian Modal Asing Dan Modal Sendiri Sebagai Pendanaan Perusahaan

Teknik balik memaksimalkan nilai pemegang saham adalah manajemen aset. Ini berarti bahwa departemen keuangan angka keluar cara terbaik untuk menginvestasikan uang nya.

Sebagai contoh, sebuah perusahaan bisa memiliki dua proposal dari departemen R & D untuk mengembangkan produk yang berbeda, tetapi hanya cukup uang untuk membiayai satu. Departemen keuangan akan memproyeksikan keluar pendapatan dan biaya dari setiap produk masa depan dan mencari tahu mana yang, jika salah, bernilai uang.

Juga, departemen keuangan akan menentukan kapan perusahaan harus mengambil kewajiban. Misalnya, kedua proyek yang mutlak rumah-berjalan, tetapi perusahaan masih hanya memiliki cukup uang untuk membiayai satu. Departemen keuangan akan mencari tahu apakah perusahaan harus meminjam uang sehingga bisa membiayai keduanya.

Peran keuangan dalam suatu organisasi adalah untuk memastikan bahwa uang adalah di tempat yang tepat pada waktu yang tepat. Sebuah perusahaan ingin memiliki cukup uang untuk membayar tagihan, tetapi juga ingin berinvestasi sehingga dapat tumbuh di masa depan. Departemen keuangan dikhususkan untuk tugas mencari tahu bagaimana mengalokasikan aset untuk melakukannya, untuk tujuan menyeluruh memaksimalkan nilai pemegang saham.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengantar Bidang Dan Tujuan Manajemen Keuangan"

Post a Comment

KOMENTAR KALIAN SANGAT BERARTI UNTUK SAYA. TERIMA KASIH :)