logoblog

Proses Pengembangan Karir

Proses Pengembangan Karir

Proses Pengembangan Karir

"Pengembangan Karir adalah proses seumur hidup dari pengelolaan pembelajaran, pekerjaan, rekreasi, dan transisi untuk bergerak ke arah masa depan yang secara pribadi ditentukan dan berkembang disukai."

Sebuah pertanyaan yang sering di temui banyak siswa yang baru saja menyelesaikan pendidikan mereka dan itu adalah tentang ke mana mereka harus pergi setelah menempuh pendidikan dan bagaimana mereka harus masuk ke pasar untuk mendapatkan hasil maksimal dari itu. Hal yang sama berlaku untuk karyawan yang saat ini bekerja, tetapi karena masalah keuangan, sedang mencari cara untuk meningkatkan tingkat keterampilan mereka dan dengan demikian, harapan mereka adalah meningkatkan aliran kas. Apa yang mereka semua butuhkan adalah sebuah rencana aksi, atau bahkan sedikit clue untuk proses pengembangan karir yang efektif juga dapat melakukan pekerjaan.

Andrew J. Dubrin (1982) mengemukakan bahwa pengembangan karir adalah aktivitas kepegawaian yang membantu pegawai-pegawai merencanakan karier masa depan mereka di perusahaan agar perusahaan dan pegawai yang bersangkutan dapat mengembangkan diri secara maksimum.
Definisi yang semakna bahwa pengembangan karir adalah suatu langkah yang ditempuh perusahaan untuk menghadapi tuntutan tugas karyawan dan untuk menjawab tantangan masa depan dalam mengembangkan sumber daya manusia di perusahaan yang merupakan suatu keharusan dan mutlak diperlukan (Siagian, 2001).

Meskipun sulit untuk memberikan rencana universal yang akan menjamin untuk bekerja di setiap kondisi, karena situasi setiap orang yang di hadapi berbeda, tapi tetap mungkin untuk membuat sketsa bentuk umum dari bagaimana semuanya bekerja. Anda dapat menganggapnya sebagai panduan untuk proses pengembangan karir yang akan membantu Anda mengetahui nilai sebenarnya dari Anda, jalur karir yang berbeda di mana Anda dapat bergerak tanpa berat mempertaruhkan karir dan akademik serta peluang karir yang mungkin Anda akan temui.

Langkah demi langkah Proses Pengembangan Karir:

1. Penilaian diri

Langkah pertama dan terpenting menuju pembuatan proses pengembangan karir yang sukses adalah menilai diri sendiri. Pada langkah ini, kita harus mengidentifikasi apa yang penting dalam hidupnya, seperti minat, keterampilan, kepribadian, nilai-nilai dan sarana motivasi, karena ini membantu dalam membiarkan dia tahu status saat ini dalam kehidupan, yang dapat dibandingkan dengan apa yang ada dalam pikirannya .

Metode untuk penilaian seperti itu tidak tetap. Sebaliknya, dianjurkan untuk melihat dari sudut yang berbeda. Saat itu memungkinkan seseorang untuk melihat kesalahan dan poin yang tidak profesional dalam kepribadian orang, yang mungkin tidak pernah melihat apakah ia akan terus-menerus, terjebak dengan hanya satu metode. Selain itu, hal yang baik adalah bahwa titik ini berlaku untuk siapa pun. Jadi, tidak peduli apakah Anda seorang karyawan yang mencari peluang untuk meningkatkan keahlian Anda saat ini, baik untuk kebaikan perusahaan atau untuk diri sendiri, atau bahkan seorang mahasiswa, yang hanya pendatang baru di pasar tenaga kerja.

2. Menjelajahi Pilihan

Sama seperti namanya, tahap kedua dari proses pengembangan karir memerlukan satu untuk melangkah keluar mencari pilihan yang dia bisa dapatkan. Hal ini penting untuk mendapatkan nuansa makna dari bidang yang berbeda yang mempengaruhi pasar tenaga kerja yang berbeda. Dengan cara ini, seseorang bisa mendapatkan ide yang lebih baik dengan karir yang ia harus cari. Selain itu, mengawasi naik turunnya grafik dari tuntutan karyawan di pasar juga bisa berguna.

Langkah ini melibatkan banyak penelitian dengan memanfaatkan publikasi (baik cetak maupun online), buku eksplorasi karir, mengambil kursus yang berbeda, berpartisipasi dalam kegiatan yang berbeda, bahkan pertemuan, dan seminar. Untuk publikasi, Anda mungkin ingin mengambil Online, Kerja Outlook Handbook, dan buku eksplorasi karir.

3. Membuat Keputusan

Setelah semua pilihan dikumpulkan dengan sebagaimana mestinya, perlu untuk mendapatkan informasi rinci tentang bidang potensial, orang-orang yang dapat Anda harapkan untuk mendapatkan terlibat dalam profesi tersebut. Dalam perjalanan ini kepentingan dan keprihatinan Anda sendiri harus di perhatikan karena mereka memainkan peran utama dalam meningkatkan keberhasilan, sementara tetap mempertahankan posisi Anda. Selanjutnya, terus mempersempit daftar pilihan dan karir sementara Anda.

 Sebagai contoh, seseorang dapat bertanya pada diri sendiri yang saya anggap yang terbaik dari kemampuan dan keterampilan secara rinci dan bagaimana mereka dapat membantu saya dalam waktu dekat, atau ada sesuatu yang masih tersisa bagi saya untuk fokus. Setelah, Anda puas bahwa semua informasi yang Anda kumpulkan, maka saatnya bagi Anda untuk membuat langkah selanjutnya, yaitu keputusan yang paling Anda tunggu. Ini adalah di mana Anda akan membutuhkan semua eksplorasi dan penilaian dalam pemilihan karir Anda.

4. Mengambil Tindakan


Sama seperti namanya, langkah ini melibatkan subyek untuk mulai mengembangkan rencana aksi pada karir, sementara mengawasi kemajuan proses pengembangan karir. Ini akan membantu Anda untuk memperjelas bahwa Anda benar-benar menuju ke arah yang benar dalam karir Anda. Untuk itu, Anda dapat bertanya pada diri sendiri beberapa pertanyaan seperti yang ditambah poin dari kepribadian saya dan keterampilan akan memperkuat tujuan karir masa depan saya, atau apakah saya memiliki keterampilan yang diperlukan untuk sukses di lapangan dan bagaimana cara meningkatkannya. Gagasan utama di balik konsep ini adalah untuk mencocokkan hasil penilaian diri dengan apa yang subjek telah hadapi sejauh ini. Selain itu, juga mengungkapkan sarana motivasi yang sangat mempengaruhi subjek.

5. Evaluasi Keputusan


Mengevaluasi tingkat keberhasilan keputusan Anda merupakan aspek penting dari kehidupan manusia yang membuat Anda termotivasi dan memberikan Anda kekuatan untuk lebih maju. Jadi, di langkah terakhir, Anda harus meninjau seberapa cepat Anda membuat kemajuan dan jika ada sesuatu yang lain yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan tingkat keberhasilan. Hal ini juga kemungkinan bahwa Anda tidak dapat memahami mengapa Anda melakukan hal ini, jadi sangat mungkin, Anda akan menemukan diri Anda terjebak dengan pengulangan langkah awal.

Proses pengembangan karir adalah seperti game-changer yang jika diterapkan dengan benar, dapat mengubah masa depan tapi dalam kasus bahkan sedikit kecerobohan satu mungkin berakhir kehilangan karirnya sama sekali. Selain itu, memilih lapangan untuk melanjutkan tidak berarti bahwa Anda aman untuk meninggalkan aspek-aspek lain dari rutinitas kehidupan sehari-hari seperti pekerjaan, studi, pekerjaan sehari-hari Anda, dll.

Baca juga :  Cara Menjadi Pengusaha Muda Sukses

Mengapa Pengembangan Karir penting?

Pengembangan karir adalah tentang menavigasi perjalanan Anda melalui belajar dan bekerja. Kata "karir" didefinisikan sebagai "jalan atau kemajuan melalui hidup atau sejarah. Tidak membuat "satu pilihan pendidikan yang sempurna" atau menemukan "satu pekerjaan yang sempurna untuk hidup". Menavigasi pilihan, membuat pilihan tanpa informasi yang sempurna, bangkit kembali dari kekecewaan dan terus-menerus belajar dari pengalaman. Memiliki beberapa peran dalam seluruh perjalanan. Beberapa akan memiliki pekerjaan formal; sebagian lagi tidak. Meskipun tidak dapat menjamin apa yang akan di temui di tikungan berikutnya dalam perjalanan hidup kita, kita dapat terus belajar tentang diri kita dan apa yang kita bisa dan ingin lakukan.

Menjelajahi adalah tentang membuat pilihan terbaik yang Anda bisa dalam perjalanan Anda sehingga Anda dapat hidup dengan jenis kehidupan yang Anda inginkan untuk diri sendiri.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Proses Pengembangan Karir"

Post a Comment

KOMENTAR KALIAN SANGAT BERARTI UNTUK SAYA. TERIMA KASIH :)