logoblog

Ruang Lingkup Dan Dimensi Dari Manajemen Strategis

Ruang Lingkup Manajemen Strategis
Ruang Lingkup Dan Dimensi Dari Manajemen Strategis

Manajemen strategis berfokus pada total perusahaan. Ini melibatkan perencanaan, mengarahkan, mengorganisir, dan mengendalikan keputusan dan tindakan bisnis yang berhubungan dengan strategi.

Ruang Lingkup Dari Manajemen Strategis adalah:

J. Constable telah mendefinisikan area ditangani oleh manajemen strategis sebagai "proses manajemen dan keputusan yang menentukan struktur jangka panjang dan kegiatan organisasi". Definisi ini menggabungkan lima tema utama:

* Proses manajemen. Proses sebagai manajemen yang akan berhubungan dengan bagaimana strategi diciptakan dan berubah.

* Keputusan Manajemen. Keputusan harus berhubungan jelas untuk solusi masalah yang dirasakan (bagaimana untuk menghindari ancaman, bagaimana untuk memanfaatkan kesempatan).

* Mempertimbangkan Waktu. Horison waktu strategis panjang. Namun, untuk perusahaan dalam kesulitan bisa sangat singkat.

* Struktur organisasi. Sebuah organisasi dikelola oleh orang-orang dalam struktur. Keputusan yang dihasilkan dari cara yang manajer bekerja sama dalam struktur dapat mengakibatkan perubahan strategis.

* Kegiatan organisasi. Ini adalah wilayah potensial tak terbatas dari studi dan biasanya kita akan memusatkan pada semua kegiatan yang mempengaruhi organisasi.

Strategi merupakan tindakan yang bersifat incremental (senantiasa meningkat) dan terus-menerus, serta dilakukan berdasarkan sudut pandang tentang apa yang diharapkan oleh para pelanggan di masa depan. Dengan demikian, strategi hampir selalu dimulai dari apa yang dapat terjadi dan bukan dimulai dari apa yang terjadi. Terjadinya kecepatan inovasi pasar yang baru dan perubahan pola konsumen memerlukan kompetensi inti (core competencies). Perusahaan perlu mencari kompetensi inti di dalam bisnis yang dilakukan.

Dimensi Dari Manajemen Strategis

Proses manajemen strategis melibatkan seluruh rentang keputusan. Biasanya, isu-isu strategis memiliki enam dimensi diidentifikasi:

* Isu-isu strategis memerlukan keputusan manajemen puncak

* Isu-isu strategis melibatkan alokasi sejumlah besar sumber daya perusahaan

* Isu-isu strategis cenderung memiliki dampak yang signifikan terhadap kesejahteraan jangka panjang perusahaan

* Isu-isu strategis yang berorientasi ke masa depan

* Isu-isu strategis biasanya memiliki konsekuensi multifungsi atau multibisnis utama

* Isu-isu strategis memerlukan mempertimbangkan faktor lingkungan eksternal perusahaan.

“Manajemen adalah suatu proses yang terdiri dari rangkaian kegiatan, seperti perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengendalian atau pengawasan, yang dilakukan untuk menentukan dan mencapai tujuan yang telah ditetapkan melalui pemanfaatan sumberdaya manusia dan sumberdaya lainnya”.

Baca juga :  Syarat Utama Dalam Manajemen Strategis

Pengambil Keputusan Strategis

Proses manajemen strategis memerlukan individu yang kompeten untuk memastikan keberhasilannya. Oleh karena itu, untuk memahami manajemen strategis, kita harus tahu di mana keputusan strategis yang dibuat dalam organisasi.

Input untuk keputusan strategis dapat dihasilkan dalam sejumlah cara. Secara keseluruhan, manajemen puncak, dewan direksi, dan staf perencanaan cenderung posisi-posisi yang memiliki keterlibatan paling signifikan dan pengaruh dalam proses manajemen strategis organisasi. Kegagalan suatu organisasi untuk mencapai tujuannya sering dapat ditelusuri dengan kerusakan pada tingkat dewan atau manajemen puncak. Namun, tanggung jawab akhir terletak dengan manajemen puncak. Beberapa tanggung jawab manajemen strategis yang diuraikan dalam

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ruang Lingkup Dan Dimensi Dari Manajemen Strategis"

Post a Comment

KOMENTAR KALIAN SANGAT BERARTI UNTUK SAYA. TERIMA KASIH :)