Skip to main content

Ruang Lingkup Dan Dimensi Dari Manajemen Strategis

Ruang Lingkup Manajemen Strategis
Ruang Lingkup Dan Dimensi Dari Manajemen Strategis

Manajemen strategis berfokus pada total perusahaan. Ini melibatkan perencanaan, mengarahkan, mengorganisir, dan mengendalikan keputusan dan tindakan bisnis yang berhubungan dengan strategi.

Ruang Lingkup Dari Manajemen Strategis adalah:

J. Constable telah mendefinisikan area ditangani oleh manajemen strategis sebagai "proses manajemen dan keputusan yang menentukan struktur jangka panjang dan kegiatan organisasi". Definisi ini menggabungkan lima tema utama:

* Proses manajemen. Proses sebagai manajemen yang akan berhubungan dengan bagaimana strategi diciptakan dan berubah.

* Keputusan Manajemen. Keputusan harus berhubungan jelas untuk solusi masalah yang dirasakan (bagaimana untuk menghindari ancaman, bagaimana untuk memanfaatkan kesempatan).

* Mempertimbangkan Waktu. Horison waktu strategis panjang. Namun, untuk perusahaan dalam kesulitan bisa sangat singkat.

* Struktur organisasi. Sebuah organisasi dikelola oleh orang-orang dalam struktur. Keputusan yang dihasilkan dari cara yang manajer bekerja sama dalam struktur dapat mengakibatkan perubahan strategis.

* Kegiatan organisasi. Ini adalah wilayah potensial tak terbatas dari studi dan biasanya kita akan memusatkan pada semua kegiatan yang mempengaruhi organisasi.

Strategi merupakan tindakan yang bersifat incremental (senantiasa meningkat) dan terus-menerus, serta dilakukan berdasarkan sudut pandang tentang apa yang diharapkan oleh para pelanggan di masa depan. Dengan demikian, strategi hampir selalu dimulai dari apa yang dapat terjadi dan bukan dimulai dari apa yang terjadi. Terjadinya kecepatan inovasi pasar yang baru dan perubahan pola konsumen memerlukan kompetensi inti (core competencies). Perusahaan perlu mencari kompetensi inti di dalam bisnis yang dilakukan.

Dimensi Dari Manajemen Strategis

Proses manajemen strategis melibatkan seluruh rentang keputusan. Biasanya, isu-isu strategis memiliki enam dimensi diidentifikasi:

* Isu-isu strategis memerlukan keputusan manajemen puncak

* Isu-isu strategis melibatkan alokasi sejumlah besar sumber daya perusahaan

* Isu-isu strategis cenderung memiliki dampak yang signifikan terhadap kesejahteraan jangka panjang perusahaan

* Isu-isu strategis yang berorientasi ke masa depan

* Isu-isu strategis biasanya memiliki konsekuensi multifungsi atau multibisnis utama

* Isu-isu strategis memerlukan mempertimbangkan faktor lingkungan eksternal perusahaan.

“Manajemen adalah suatu proses yang terdiri dari rangkaian kegiatan, seperti perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengendalian atau pengawasan, yang dilakukan untuk menentukan dan mencapai tujuan yang telah ditetapkan melalui pemanfaatan sumberdaya manusia dan sumberdaya lainnya”.

Baca juga :  Syarat Utama Dalam Manajemen Strategis

Pengambil Keputusan Strategis

Proses manajemen strategis memerlukan individu yang kompeten untuk memastikan keberhasilannya. Oleh karena itu, untuk memahami manajemen strategis, kita harus tahu di mana keputusan strategis yang dibuat dalam organisasi.

Input untuk keputusan strategis dapat dihasilkan dalam sejumlah cara. Secara keseluruhan, manajemen puncak, dewan direksi, dan staf perencanaan cenderung posisi-posisi yang memiliki keterlibatan paling signifikan dan pengaruh dalam proses manajemen strategis organisasi. Kegagalan suatu organisasi untuk mencapai tujuannya sering dapat ditelusuri dengan kerusakan pada tingkat dewan atau manajemen puncak. Namun, tanggung jawab akhir terletak dengan manajemen puncak. Beberapa tanggung jawab manajemen strategis yang diuraikan dalam

Comments

Popular posts from this blog

Usaha Jajanan Anak Sekolah Modal Kecil

Usaha Jajanan Anak Sekolah Modal Kecil Peluang uasaha yang satu ini memang menarik dan patut untuk dicoba tidak hanya menjanjikan akan tetapi memang untuk masalah pelanggan dan omsetnya jangan di tanyakan lagi, coba anda bayangkan berapa banyak sekolah di indonesia ini begitu banyaknya sehingga usaha ini tidak ada matinya sampai kapan pun. Mulai dari TK, PAUD,SD,SMP, bahkan SMK/SMU pasti menjumpai pedagang yang menjajakan dagangannya terutama makanan.

Salah satu bisnis sampingan yang menjanjikan keuntungan besar adalah usaha jajanan anak sekolah. Bila rumah Anda kebetulan dekat dengan sekolahan, manfaatkan peluang ini dengan sebaik-baiknya. Lingkungan sekolah memang menjadi tempat yang strategis untuk berjualan, pasalnya sekarang ini banyak sekali pedagang yang berjualan jajanan di lingkungan sekolah.

Karena ini merupakan olahan yang diperuntukan untuk anak-anak sekolah pastinya harus memperhatikan kualitas bahan dan juga berhati-hati dan jangan sampai memberikan bahan-bahan yang berb…

Pengertian Modal Asing Dan Modal Sendiri Sebagai Pendanaan Perusahaan

Pengertian Modal Asing Dan Modal Sendiri Menurut Para AhliModal sangat dibutuhkan oleh perusahaan untuk kelangsungan hidup suatu perusahaan dalam menjalankan kegiatan operasional perusahaan suatu perusahaan. Modal sangat menentukan perkembangan dan pertumbuhan usaha perusahaan. Modal sangat berperan sebagai sumber pendanaan perusahaan yang menggambarakan perusahaan dalam memenuhi dapat didanai oleh modal sendiri secara keseluruhan atau didanai dengan modal sendiri dan ditambah dengan modal berasal dari pinjaman.

Pengertian Modal menurut Warren, Reeve dan Philip (2005:5), “Modal atau ekuitas pemegang saham adalah jumlah total dari dua sumber utama ekuitas saham, yaitu modal disetor dan laba ditahan.” 

Sedangkan definisi ekuitas menurut Mayo (2004:188), “A variety of debt instrument to tap the funds of investor who purchase debt securities, there are only two types of stock: preferred stock and common stock.” 

Berdasarkan pengertian diatas maka dapat disimpulkan bahwa perusahaan dapa…

Pengertian, Tujuan, Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Upah Dan Gaji

Pengertian UpahUpah adalah salah satu rangsangan penting bagi para karyawan dalam suatu perusahaan. Hal ini tidaklah berarti bahwa tingkat upahlah yang merupakan pendorong utama, tingkat upah hanya merupakan dorongan utama hingga pada tarif dimana upah itu belum mencukupi kebutuhan hidup para karyawan sepantasnya. Upah sebenarnya merupakan salah satu syarat perjanjian kerja yang diatur oleh pengusaha dan buruh atau karyawan serta pemerintah.

Upah adalah jumlah keseluruhan yang ditetapkan sebagai pengganti jasa yang telah dikeluarkan oleh karyawan meliputi masa atau syarat-syarat tertentu.”

Dewan Penelitian Pengupahan Nasional memberikan definisi pengupahan sebagai berikut :

Upah ialah suatu penerimaan kerja untuk berfungsi sebagai jaminan kelangsungan kehidupan yang layak bagi kemanusiaan dan produksi dinyatakan menurut suatu persetujuan Undang-undang dan Peraturan dan dibayarkan atas dasar suatu perjanjian kerja antara pemberi kerja dengan penerima kerja.”
Dari pengertian diatas me…