Unsur-Unsur Rencana Pemasaran Dan Hubungan Mereka Dengan Operasi Perusahaan

Unsur-Unsur Rencana Pemasaran

Unsur-Unsur Rencana Pemasaran Dan Hubungan Mereka Dengan Operasi Perusahaan

Sebuah rencana pemasaran adalah dokumen komprehensif atau cetak biru yang menguraikan iklan dan pemasaran usaha perusahaan untuk tahun mendatang. Ini menggambarkan kegiatan bisnis yang terlibat dalam mencapai tujuan pemasaran tertentu dalam jangka waktu yang ditetapkan. Marketing plan - Wikipedia

Setiap perusahaan, dari yang terkecil sampai yang terbesar, harus memiliki rencana pemasaran. Sebuah rencana pemasaran membantu menghilangkan kabut dan hambatan penglihatan dari perusahaan tersebut. rencana pemasaran membantu organisasi untuk:
  • Mendapatkan arah yang jelas tentang bagaimana untuk mendapatkan dan mempertahankan pelanggan;
  • Menjadi lebih baik dalam menggunakan strategi untuk membangun kesadaran merek;
  • Menjual produk dan jasa lebih mudah;
  • Alamat dan mengidentifikasi potensi masalah; dan
  • Memanfaatkan peluang baru.
Manfaat tambahan Rencana Pemasaran

Sebuah rencana pemasaran juga dapat memiliki manfaat sebagai berikut:

Hal ini dapat berfungsi sebagai motivator - Karyawan umumnya ingin tahu mereka bekerja untuk sebuah perusahaan dengan rencana. Dengan demikian, rencana pemasaran dapat berfungsi sebagai titik kumpul bagi karyawan. Seperti kapal yang memiliki kapten yang baik di kapalnya, kehadiran rencana pemasaran dapat menghibur karyawan selama masa-masa sulit. Kurangnya pengetahuan dapat mengirim karyawan baik mencari pekerjaan baru atau mengarah pada penyebaran rumor yang dapat meracuni perusahaan dari dalam.

Hal ini dapat berfungsi sebagai instruksi operasional untuk organisasi - Sebuah rencana pemasaran memberikan panduan langkah-demi-langkah merinci bagaimana Anda akan mencapai tujuan Anda.

Ini tidak hanya berfungsi untuk menampilkan anggota staf saat ini apa yang harus dilakukan, hal itu juga menunjukkan anggota staf masa depan memiliki jalan untuk diikuti. Karyawan datang dan pergi, dan ketika orang-orang baru bergabung dengan organisasi, mungkin tidak ada orang di sekitar untuk secara lisan menyampaikan rencana tersebut. Rencana pemasaran, yang merupakan dokumen tertulis, dalam melakukan pekerjaan.

Misalnya, rencana pemasaran teknologi startup mungkin tidak sama dengan sebuah perusahaan yang lebih mapan karena lingkungan yang berbeda di mana mereka beroperasi. Startup teknologi beroperasi di pasar yang dapat berubah sekejap mata dan rencana pemasaran mungkin mencerminkan fakta ini dengan menjadi kurang rumit dan lebih fleksibel dibandingkan dengan perusahaan yang didirikan. Misalnya, startup mungkin tidak menyatakan persis di mana itu berencana untuk menghabiskan dana iklannya. Sebuah perusahaan barang konsumen yang didirikan, sebaliknya, mungkin memiliki rencana media untuk seluruh tahun.

Terlepas dari perbedaan-perbedaan ini, ada unsur-unsur tertentu yang pembaca harapkan untuk menemukan dalam rencana pemasaran. Unsur-unsur ini adalah:

  • Ringkasan bisnis plan
  • analisis situasi
  • gol
  • Strategi pemasaran
  • program taktis
  • Pelaksanaan
  • anggaran belanja
  • kontrol
  • Pameran.

Ringkasan bisnis plan

Ringkasan Eksekutif memberikan gambaran dari unsur-unsur kunci dari rencana pemasaran, dengan fokus khusus pada produk, harga, promosi, dan penempatan. Ini menggambarkan perusahaan membuat dalam rencana pemasaran yang juga termasuk orang (staf), proses (menyediakan layanan), bukti fisik (yang membuat layanan yang lebih nyata untuk pelanggan potensial), dan filsafat (dimana produk mencerminkan filosofi organisasi).

Banyak pembaca menggunakan ringkasan eksekutif untuk menentukan apakah seluruh rencana layak dibaca. Ini adalah waktu Anda untuk mengesankan. Jangan mengabaikan pentingnya.

Analisis situasi

Analisis situasi mengkaji semua aspek yang dapat mempengaruhi penjualan dari perusahaan tertentu. Ini terlihat pada kedua faktor makro-lingkungan yang mempengaruhi banyak perusahaan dalam lingkungan dan faktor mikro-lingkungan yang secara khusus mempengaruhi perusahaan.

Tujuan dari analisis situasi adalah untuk menunjukkan posisi organisasi dan produk dari perusahaan, serta kelangsungan hidup keseluruhan bisnis dalam lingkungan. Perusahaan harus mampu memberikan ringkasan peluang dan masalah yang mungkin ditemui dalam lingkungan untuk mengukur pemahaman tentang kemampuan mereka sendiri dalam pasar.

Gol

Unsur dalam rencana pemasaran menyatakan apa organisasi berencana untuk mencapai melalui pelaksanaan rencana pemasaran. Tujuan dapat dinyatakan dalam hal keuntungan atau pangsa pasar, misalnya.

Tujuan akan mengalir ke departemen pemasaran dari manajemen atas.

Strategi pemasaran

Ini semua baik dan baik untuk mengetahui apa yang perlu dilakukan dan alat yang Anda harus mencapai mereka, tapi tanpa strategi yang menjelaskan bagaimana Anda akan menggunakan sumber daya ini untuk mencapai tujuan Anda, Anda mungkin menemukan diri Anda berjalan berputar-putar dan berjalan keluar sumber daya sebelum tujuan tercapai. Strategi yang ditetapkan dalam rencana harus cukup kuat untuk memaksa investor untuk menaruh uang ke dalam perusahaan atau proyek.

Program taktis

Strategi pemasaran memberikan gambaran keseluruhan tentang bagaimana tujuan yang dinyatakan harus dipenuhi. Program taktis akan turun ke spesifik. Ini rincian kegiatan sehari-hari di bidang pemasaran utama yang akan dilakukan sehingga memenuhi strategi dan mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Baca juga :  Membandingkan Rencana Pemasaran, Perencanaan Strategis, dan Rencana Bisnis

Pelaksanaan

Implementasi melibatkan menyajikan rencana aksi yang berisi daftar tindakan spesifik yang perlu diambil untuk mencapai tujuan dari rencana pemasaran. Ini juga daftar yang departemen atau orang dalam organisasi bertanggung jawab untuk melaksanakan tindakan.

Anggaran belanja

Unsur dalam rencana pemasaran menentukan alokasi sumber daya total yang tersedia untuk rencana pemasaran dan potensi laba atas investasi ini.

Kontrol

Bagaimana Anda akan tahu apakah rencana Anda adalah sukses tanpa beberapa cara untuk mengukur dampaknya? Bagian ini dari rencana pemasaran menjelaskan bagaimana Anda akan mendapatkan yang dilakukan. Kontrol juga memungkinkan Anda untuk memantau kegiatan Anda dan membuat penyesuaian yang tepat bila diperlukan. Tindakan pemantauan, evaluasi, dan mengukur semua jatuh di bawah judul "kontrol."

Pameran

Pameran akan muncul di akhir rencana pemasaran Anda dan akan memberikan rincian yang mendukung apa yang Anda dinyatakan dalam bagian utama dari rencana pemasaran Anda.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Unsur-Unsur Rencana Pemasaran Dan Hubungan Mereka Dengan Operasi Perusahaan"

Post a Comment

KOMENTAR KALIAN SANGAT BERARTI UNTUK SAYA. TERIMA KASIH :)