Skip to main content

Apa Pengertian Kepemimpinan Demokratis?

Pengertian Kepemimpinan Demokratis Adalah

Pengertian Kepemimpinan Demokratis?

Menurut House dalam Gary Yukl, (2009:4) mengatakan bahwa : Kepemimpinan adalah kemampuan individu untuk mempengaruhi, memotivasi, dan membuat orang lain mampu memberikan kontribusinya demi efektivitas dan keberhasilan organisasi. Jadi dari pendapat House dapat dikatakan bahwa kepemimpinan merupakan cara mempengaruhi dan memotivasi orang lain agar orang tersebut mau berkontribusi untuk keberhasilan organisasi.

Sedangkan Terry dalam Wahjosumidjo, (1994:25) menyatakan bahwa“Leadership is the activity of infuencing exercised to strive willingly for group objectives” (Kepemimpinan adalah kegiatan dalam mempengaruhi orang lain untuk bekerja keras dengan penuh kemauan untuk tujuan kelompok). Dari pendapat Terry dapat diartikan bahwa kepemimpinan itu adalah merupakan kemampuan untuk mempengaruhi dan menggerakkan orang lain untuk mencapai tujuan.

Menurut Hasibuan (2006:43) “Kepemimpinan adalah cara seorang pemimpin mempengaruhi perilaku bawahan agar mau bekerja sama dan bekerja secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan organisasi”. 

Kepemimpinan demokratis, juga dikenal sebagai kepemimpinan partisipatif, adalah jenis gaya kepemimpinan di mana anggota kelompok mengambil peran yang lebih partisipatif dalam proses pengambilan keputusan.

Kepemimpinan gaya demokratis adalah kemampuan mempengaruhi orang lain agar mau bekerjasama untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan dengan cara berbagai kegiatan yang akan dilakukan ditentukan bersama antara pimpinan dan bawahan.

Setiap orang diberi kesempatan untuk berpartisipasi, ide-ide dipertukarkan secara bebas, dan didorong untuk berpartisipasi dalam diskusi. Sementara proses demokrasi cenderung berfokus pada kesetaraan kelompok dan aliran dengan bebas ide, memimpin kelompok tersebut ada untuk menawarkan bimbingan dan kontrol.

Pemimpin demokrasi dibebankan dengan memutuskan siapa dalam kelompok dan siapa yang akan berkontribusi pada keputusan yang dibuat.

Para peneliti telah menemukan bahwa gaya kepemimpinan demokratis adalah salah satu gaya kepemimpinan yang paling efektif dan mengarah ke produktivitas yang lebih tinggi, kontribusi yang lebih baik dari anggota kelompok, dan meningkatkan semangat kelompok.

Karakteristik Kepemimpinan Demokratis

Beberapa karakteristik utama dari kepemimpinan demokratis meliputi:
  • Anggota kelompok didorong untuk berbagi ide dan opini, meskipun pemimpin mempertahankan kata akhir atas keputusan-keputusan.
  • Anggota kelompok merasa lebih terlibat dalam proses.
  • Kreativitas didorong dan dihargai.
Para peneliti menunjukkan bahwa para pemimpin demokrasi yang baik memiliki ciri-ciri khusus yang meliputi:
  • Kejujuran
  • Intelijen
  • Keberanian
  • Kreativitas
  • Kompetensi
  • Keadilan

Pemimpin demokrasi yang kuat menginspirasi kepercayaan di antara pengikut. Mereka tulus dan mendasarkan keputusan mereka pada moral dan nilai-nilai mereka.

Pengikut cenderung merasa terinspirasi untuk mengambil tindakan dan berkontribusi ke grup. pemimpin yang baik juga cenderung mencari opini yang beragam dan tidak mencoba untuk mementingkan keputusan dari dirinya sendiri sehingga dapat merangkul semua elemen dari pendapat-pendapat yang akan di berian oleh kelompok atau organisasi yang di pimpin.

Baca juga :  Pengertian Gaya Kepemimpinan dan Teori Kepemimpinan Terlengkap

Manfaat Kepemimpinan Demokratis

Karena anggota kelompok didorong untuk berbagi pikiran mereka, kepemimpinan demokratis dapat memimpin untuk ide-ide yang lebih baik dan solusi yang lebih kreatif untuk menyelesaikan masalah yang ada.

Anggota kelompok juga merasa lebih terlibat dan berkomitmen untuk proyek-proyek, membuat mereka lebih mungkin untuk peduli tentang hasil akhir. Penelitian tentang gaya kepemimpinan juga telah menunjukkan bahwa kepemimpinan demokratis mengarah ke produktivitas yang lebih tinggi di antara anggota kelompok.

Kerugian Kepemimpinan Demokratis

Sementara kepemimpinan demokratis telah digambarkan sebagai gaya kepemimpinan yang paling efektif, akan tetapi itu memang memiliki beberapa kerugian potensial. Dalam situasi di mana peran tidak jelas atau waktu adalah esensi, kepemimpinan demokratis dapat menyebabkan kegagalan komunikasi dan proyek yang belum selesai. Dalam beberapa kasus, anggota kelompok mungkin tidak memiliki pengetahuan yang diperlukan atau keahlian untuk membuat kontribusi yang memiliki kualitas untuk proses pengambilan keputusan.

Tipe Demokratik

Tipe demokratik adalah tipe pemimpin yang demokratis, dan bukan kerena dipilihnya sipemipin secara demokratis. Tipe kepemimpinan dimana pemimpin selalu bersedia menerima dan menghargai saran-saran, pendapat, dan nasehat dari staf dan bawahan, melalui forum musyawarah untuk mencapai kata sepakat. Kepemimpinan demokratik adalah kepemimpinan yang aktif, dinamis, dan terarah. Kegiatan-kegiatan pengendalian dilaksanakan secara tertib dan bertanggung jawab. Pembagian tugas disertai pelimpahan wewenang dan tanggung jawab yang jelas, memungkinkan setiap anggota berpartisipasi secara aktif.

Kepemimpinan demokratis bekerja terbaik dalam situasi di mana anggota kelompok terampil dan bersemangat untuk berbagi pengetahuan. Hal ini juga penting untuk memiliki banyak waktu untuk memungkinkan orang untuk berkontribusi, mengembangkan rencana dan kemudian suara pada tindakan yang terbaik.

Comments

Popular posts from this blog

Usaha Jajanan Anak Sekolah Modal Kecil

Usaha Jajanan Anak Sekolah Modal Kecil Peluang uasaha yang satu ini memang menarik dan patut untuk dicoba tidak hanya menjanjikan akan tetapi memang untuk masalah pelanggan dan omsetnya jangan di tanyakan lagi, coba anda bayangkan berapa banyak sekolah di indonesia ini begitu banyaknya sehingga usaha ini tidak ada matinya sampai kapan pun. Mulai dari TK, PAUD,SD,SMP, bahkan SMK/SMU pasti menjumpai pedagang yang menjajakan dagangannya terutama makanan.

Salah satu bisnis sampingan yang menjanjikan keuntungan besar adalah usaha jajanan anak sekolah. Bila rumah Anda kebetulan dekat dengan sekolahan, manfaatkan peluang ini dengan sebaik-baiknya. Lingkungan sekolah memang menjadi tempat yang strategis untuk berjualan, pasalnya sekarang ini banyak sekali pedagang yang berjualan jajanan di lingkungan sekolah.

Karena ini merupakan olahan yang diperuntukan untuk anak-anak sekolah pastinya harus memperhatikan kualitas bahan dan juga berhati-hati dan jangan sampai memberikan bahan-bahan yang berb…

Pengertian Modal Asing Dan Modal Sendiri Sebagai Pendanaan Perusahaan

Pengertian Modal Asing Dan Modal Sendiri Menurut Para AhliModal sangat dibutuhkan oleh perusahaan untuk kelangsungan hidup suatu perusahaan dalam menjalankan kegiatan operasional perusahaan suatu perusahaan. Modal sangat menentukan perkembangan dan pertumbuhan usaha perusahaan. Modal sangat berperan sebagai sumber pendanaan perusahaan yang menggambarakan perusahaan dalam memenuhi dapat didanai oleh modal sendiri secara keseluruhan atau didanai dengan modal sendiri dan ditambah dengan modal berasal dari pinjaman.

Pengertian Modal menurut Warren, Reeve dan Philip (2005:5), “Modal atau ekuitas pemegang saham adalah jumlah total dari dua sumber utama ekuitas saham, yaitu modal disetor dan laba ditahan.” 

Sedangkan definisi ekuitas menurut Mayo (2004:188), “A variety of debt instrument to tap the funds of investor who purchase debt securities, there are only two types of stock: preferred stock and common stock.” 

Berdasarkan pengertian diatas maka dapat disimpulkan bahwa perusahaan dapa…

Pengertian, Tujuan, Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Upah Dan Gaji

Pengertian UpahUpah adalah salah satu rangsangan penting bagi para karyawan dalam suatu perusahaan. Hal ini tidaklah berarti bahwa tingkat upahlah yang merupakan pendorong utama, tingkat upah hanya merupakan dorongan utama hingga pada tarif dimana upah itu belum mencukupi kebutuhan hidup para karyawan sepantasnya. Upah sebenarnya merupakan salah satu syarat perjanjian kerja yang diatur oleh pengusaha dan buruh atau karyawan serta pemerintah.

Upah adalah jumlah keseluruhan yang ditetapkan sebagai pengganti jasa yang telah dikeluarkan oleh karyawan meliputi masa atau syarat-syarat tertentu.”

Dewan Penelitian Pengupahan Nasional memberikan definisi pengupahan sebagai berikut :

Upah ialah suatu penerimaan kerja untuk berfungsi sebagai jaminan kelangsungan kehidupan yang layak bagi kemanusiaan dan produksi dinyatakan menurut suatu persetujuan Undang-undang dan Peraturan dan dibayarkan atas dasar suatu perjanjian kerja antara pemberi kerja dengan penerima kerja.”
Dari pengertian diatas me…