logoblog

Apa Pengertian Kepemimpinan Demokratis?

Pengertian Kepemimpinan Demokratis Adalah

Pengertian Kepemimpinan Demokratis?

Menurut House dalam Gary Yukl, (2009:4) mengatakan bahwa : Kepemimpinan adalah kemampuan individu untuk mempengaruhi, memotivasi, dan membuat orang lain mampu memberikan kontribusinya demi efektivitas dan keberhasilan organisasi. Jadi dari pendapat House dapat dikatakan bahwa kepemimpinan merupakan cara mempengaruhi dan memotivasi orang lain agar orang tersebut mau berkontribusi untuk keberhasilan organisasi.

Sedangkan Terry dalam Wahjosumidjo, (1994:25) menyatakan bahwa“Leadership is the activity of infuencing exercised to strive willingly for group objectives” (Kepemimpinan adalah kegiatan dalam mempengaruhi orang lain untuk bekerja keras dengan penuh kemauan untuk tujuan kelompok). Dari pendapat Terry dapat diartikan bahwa kepemimpinan itu adalah merupakan kemampuan untuk mempengaruhi dan menggerakkan orang lain untuk mencapai tujuan.

Menurut Hasibuan (2006:43) “Kepemimpinan adalah cara seorang pemimpin mempengaruhi perilaku bawahan agar mau bekerja sama dan bekerja secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan organisasi”. 

Kepemimpinan demokratis, juga dikenal sebagai kepemimpinan partisipatif, adalah jenis gaya kepemimpinan di mana anggota kelompok mengambil peran yang lebih partisipatif dalam proses pengambilan keputusan.

Kepemimpinan gaya demokratis adalah kemampuan mempengaruhi orang lain agar mau bekerjasama untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan dengan cara berbagai kegiatan yang akan dilakukan ditentukan bersama antara pimpinan dan bawahan.

Setiap orang diberi kesempatan untuk berpartisipasi, ide-ide dipertukarkan secara bebas, dan didorong untuk berpartisipasi dalam diskusi. Sementara proses demokrasi cenderung berfokus pada kesetaraan kelompok dan aliran dengan bebas ide, memimpin kelompok tersebut ada untuk menawarkan bimbingan dan kontrol.

Pemimpin demokrasi dibebankan dengan memutuskan siapa dalam kelompok dan siapa yang akan berkontribusi pada keputusan yang dibuat.

Para peneliti telah menemukan bahwa gaya kepemimpinan demokratis adalah salah satu gaya kepemimpinan yang paling efektif dan mengarah ke produktivitas yang lebih tinggi, kontribusi yang lebih baik dari anggota kelompok, dan meningkatkan semangat kelompok.

Karakteristik Kepemimpinan Demokratis

Beberapa karakteristik utama dari kepemimpinan demokratis meliputi:
  • Anggota kelompok didorong untuk berbagi ide dan opini, meskipun pemimpin mempertahankan kata akhir atas keputusan-keputusan.
  • Anggota kelompok merasa lebih terlibat dalam proses.
  • Kreativitas didorong dan dihargai.
Para peneliti menunjukkan bahwa para pemimpin demokrasi yang baik memiliki ciri-ciri khusus yang meliputi:
  • Kejujuran
  • Intelijen
  • Keberanian
  • Kreativitas
  • Kompetensi
  • Keadilan

Pemimpin demokrasi yang kuat menginspirasi kepercayaan di antara pengikut. Mereka tulus dan mendasarkan keputusan mereka pada moral dan nilai-nilai mereka.

Pengikut cenderung merasa terinspirasi untuk mengambil tindakan dan berkontribusi ke grup. pemimpin yang baik juga cenderung mencari opini yang beragam dan tidak mencoba untuk mementingkan keputusan dari dirinya sendiri sehingga dapat merangkul semua elemen dari pendapat-pendapat yang akan di berian oleh kelompok atau organisasi yang di pimpin.

Baca juga :  Pengertian Gaya Kepemimpinan dan Teori Kepemimpinan Terlengkap

Manfaat Kepemimpinan Demokratis

Karena anggota kelompok didorong untuk berbagi pikiran mereka, kepemimpinan demokratis dapat memimpin untuk ide-ide yang lebih baik dan solusi yang lebih kreatif untuk menyelesaikan masalah yang ada.

Anggota kelompok juga merasa lebih terlibat dan berkomitmen untuk proyek-proyek, membuat mereka lebih mungkin untuk peduli tentang hasil akhir. Penelitian tentang gaya kepemimpinan juga telah menunjukkan bahwa kepemimpinan demokratis mengarah ke produktivitas yang lebih tinggi di antara anggota kelompok.

Kerugian Kepemimpinan Demokratis

Sementara kepemimpinan demokratis telah digambarkan sebagai gaya kepemimpinan yang paling efektif, akan tetapi itu memang memiliki beberapa kerugian potensial. Dalam situasi di mana peran tidak jelas atau waktu adalah esensi, kepemimpinan demokratis dapat menyebabkan kegagalan komunikasi dan proyek yang belum selesai. Dalam beberapa kasus, anggota kelompok mungkin tidak memiliki pengetahuan yang diperlukan atau keahlian untuk membuat kontribusi yang memiliki kualitas untuk proses pengambilan keputusan.

Tipe Demokratik

Tipe demokratik adalah tipe pemimpin yang demokratis, dan bukan kerena dipilihnya sipemipin secara demokratis. Tipe kepemimpinan dimana pemimpin selalu bersedia menerima dan menghargai saran-saran, pendapat, dan nasehat dari staf dan bawahan, melalui forum musyawarah untuk mencapai kata sepakat. Kepemimpinan demokratik adalah kepemimpinan yang aktif, dinamis, dan terarah. Kegiatan-kegiatan pengendalian dilaksanakan secara tertib dan bertanggung jawab. Pembagian tugas disertai pelimpahan wewenang dan tanggung jawab yang jelas, memungkinkan setiap anggota berpartisipasi secara aktif.

Kepemimpinan demokratis bekerja terbaik dalam situasi di mana anggota kelompok terampil dan bersemangat untuk berbagi pengetahuan. Hal ini juga penting untuk memiliki banyak waktu untuk memungkinkan orang untuk berkontribusi, mengembangkan rencana dan kemudian suara pada tindakan yang terbaik.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Apa Pengertian Kepemimpinan Demokratis?"

Post a Comment

KOMENTAR KALIAN SANGAT BERARTI UNTUK SAYA. TERIMA KASIH :)