Apa saja Karakteristik Segmentasi Pasar

Karakteristik Segmentasi Pasar

Karakteristik Segmentasi Pasar

Pengertian Segmentasi pasar adalah langkah awal pemasaran (marketing) yaitu pengelompokkan pasar menjadi kelompok-kelompok konsumen yang homogen, dimana tiap pembagian kelompok dapat dpilih sebagai pasar yang dituju (ditargetkan) untuk pemasaran suatu produk. Segmentasi pasar juga membagi-bagi berbagai macam konsumen yang ada di pasar dan memilih salah satu bagian dari segmen tersebut yang akan dijadikan target pemasaran (Marketing Target).

Kriteria Segmentasi

Segmen pasar yang ideal memenuhi semua kriteria sebagai berikut:
  • Hal ini dimungkinkan untuk mengukur.
  • Harus mendapatkan keuntungan yang positif.
  • Harus cukup stabil sehingga tidak menghilang setelah beberapa waktu.
  • Hal ini dimungkinkan untuk menjangkau pelanggan potensial melalui promosi dan saluran distribusi organisasi.
  • Homogen secara internal (pelanggan potensial di segmen yang sama memiliki kualitas produk yang sama).
  • Eksternal heterogen. Dengan kata lain, pelanggan potensial dari segmen yang berbeda memiliki preferensi kualitas yang berbeda.
  • Menanggapi secara konsisten untuk stimulus pasar tertentu.
  • Hal ini dapat dicapai dengan intervensi pasar dengan cara yang hemat biaya.
  • Hal ini berguna dalam menentukan bauran pemasaran.
Strategi segmentasi

Ada dua strategi segmentasi utama diikuti oleh organisasi pemasaran: strategi konsentrasi dan strategi multi-segmen.

Dalam strategi konsentrasi, sebuah perusahaan memilih untuk memfokuskan upaya pemasaran hanya pada satu segmen pasar. Hanya satu bauran pemasaran yang dikembangkan. Strategi ini menguntungkan karena memungkinkan organisasi untuk menganalisis kebutuhan dan keinginan hanya satu segmen dan kemudian memfokuskan semua upaya pada segmen tersebut. Kerugian utama dari konsentrasi adalah bahwa jika permintaan di segmen menurun, posisi keuangan organisasi juga akan menurun.

Dalam strategi multi-segmen, perusahaan memfokuskan upaya pemasaran pada dua atau lebih segmen pasar yang berbeda. organisasi melakukannya dengan mengembangkan marketing mix yang berbeda untuk setiap segmen. Mereka kemudian mengembangkan program pemasaran yang disesuaikan dengan masing-masing segmen ini. Strategi ini menguntungkan karena dapat meningkatkan total penjualan sejak program pemasaran yang lebih terfokus kepada lebih banyak pelanggan. Kerugian dari strategi ini adalah biaya yang lebih tinggi yang berasal dari kebutuhan untuk beberapa program pemasaran.

Metode segmentasi

Segmentasi pasar untuk menentukan basis konsumen sasaran dapat dilakukan dengan berbagai metode seperti:

Segmentasi geografis

Geografis kriteria-bangsa, negara, daerah, negara, kota, lingkungan, atau kode pos - menentukan segmen pasar. Pendekatan geo-cluster menggabungkan data demografis dengan data geografis untuk membuat profil yang lebih akurat dari konsumen tertentu. Di daerah rawan hujan, Anda dapat menjual hal-hal seperti jas hujan, payung, dan gumboots. Di daerah panas, Anda dapat menjual pakaian musim panas, sedangkan di daerah dingin, Anda dapat menjual pakaian hangat.

Segmentasi demografis

Ini terdiri dari membagi pasar menjadi kelompok-kelompok berdasarkan variabel seperti usia, jenis kelamin, ukuran keluarga, pendapatan, pekerjaan, pendidikan, agama, ras, dan kebangsaan. variabel segmentasi demografis antara basis paling populer untuk membagi kelompok pelanggan karena keinginan pelanggan terkait erat dengan variabel seperti pendapatan dan usia dan karena ada sejumlah besar data demografis yang tersedia.

Segmentasi psikografis

Dalam segmentasi psikografis, konsumen dibagi sesuai dengan gaya hidup mereka, kepribadian, nilai-nilai, dan kelas sosial. Asing dalam kelompok demografis yang sama dapat menunjukkan profil psikografis yang sangat berbeda.

Segmentasi perilaku

Konsumen dibagi menjadi kelompok-kelompok sesuai dengan pengetahuan mereka tentang, sikap terhadap, penggunaan, atau tanggapan terhadap suatu produk. Hal ini sebenarnya didasarkan pada perilaku konsumen.

Acara

Perusahaan dapat segmen pasar sesuai dengan kesempatan penggunaan, seperti apakah produk yang akan digunakan sendiri atau dalam kelompok, atau apakah itu sedang dibeli sebagai hadiah atau untuk penggunaan pribadi.

Manfaat

Perusahaan dapat mengelompokkan pasar sesuai dengan manfaat dicari oleh konsumen.

Tingkat penggunaan

Pasar juga bisa tersegmentasi oleh tingkat penggunaan. Sebagai contoh, telah menyarankan bahwa menargetkan pengguna berat dapat menyebabkan peningkatan penjualan. Segmentasi dengan penggunaan bisa membagi pasar oleh pengguna berat vs pengguna ringan.

Baca juga :  Apa Saja Manfaat Segmentasi Pasar

Pada hakekatnya setiap perusahaan yang menjual barang dan jasa hendaknya perlu melakukan segmentasi pasar (market segmentation). Lalu timbul suatu pertanyaan. Apa definisi atau pengertian segmentasi pasar (market segmentation)? dan apa pula tujuan segmentasi pasar (marketing segmentation) itu? Morrison memberikan definisi atau pengertian tentang market segmentation (segmentasi pasar) dengan mengatakansebagai berikut : “Market segmentation is the division of the overall market for a service into groups with common characteristics” Atau dalam terjemahan bebasnya (bahasa Indonesia) dikatakan bahwa segmentasi pasar (market segmentation) merupakan pembagian dari keseluruhan pasar untuk suatu pelayanan dalam kelompok-kelompok dengan karakteristik umum.

Segmentasi pasar (marketing segmentation) merupakan suatu langkah awal pemasaran (marketing) untuk membagi-bagi berbagai macam konsumen yang ada di pasar dan memilih salah satu bagian dari segmen tersebut yang akan dijadikan target pemasaran (Marketing Target).

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Apa saja Karakteristik Segmentasi Pasar"

Post a Comment

KOMENTAR KALIAN SANGAT BERARTI UNTUK SAYA. TERIMA KASIH :)