Apa Saja Manfaat Segmentasi Pasar

Manfaat Segmentasi Pasar

Manfaat Segmentasi Pasar

Segmentasi pasar berkaitan dengan pembagian satu set konsumen menjadi orang dengan kebutuhan yang serupa. Segmentasi pasar memungkinkan untuk alokasi sumberdaya yang lebih baik dari suatu perusahaan yang terbatas. Karena sumber daya yang terbatas, perusahaan harus membuat pilihan dalam melayani kelompok konsumen tertentu. Dengan meningkatnya keragaman dalam selera konsumen yang modern, perusahaan mengambil catatan dari manfaat pelayanan banyaknya dari pasar baru.

Segmentasi pasar dapat didefinisikan dalam hal akronim STP, yang berarti Segmen, Target dan Posisi.

Manfaat Segmentasi

Meskipun mungkin ada secara teoritis mengenai segmen pasar, pada kenyataannya, setiap organisasi yang terlibat dalam pasar akan mengembangkan cara-cara yang berbeda dari menggambarkan segmen pasar, dan menciptakan strategi diferensiasi produk untuk mengeksploitasi segmen ini. Segmentasi pasar dan strategi diferensiasi produk yang sesuai yang dapat memberikan suatu perusahaan keuntungan komersial sementara. Kebanyakan segmentasi pasar adalah teknik yang digunakan untuk menarik pelanggan yang tepat.

Pada intinya, tujuan analisis segmentasi pemasaran adalah:
  • Untuk mengurangi risiko dalam memutuskan di mana, kapan, bagaimana, dan untuk siapa produk, layanan, atau merek akan dipasarkan.
  • Untuk meningkatkan efisiensi pemasaran dengan mengarahkan upaya secara spesifik untuk segmen yang ditunjuk dengan cara yang konsisten dengan karakteristik yang segmen.

Segmentasi pasar adalah proses ganda yang meliputi:
  • Mengidentifikasi dan mengklasifikasikan orang ke dalam kelompok yang homogen, yang disebut segmen
  • Menentukan segmen ini dengan target pasar yang layak.

Baca juga :  Cara Mendefinisikan Karakteristik Konsumen

Pasar Yang tersegmentasi

Premis dari segmentasi pasar berteori bahwa orang-orang dan / atau organisasi dapat paling efektif didekati dengan mengakui perbedaan mereka dan menyesuaikan secara sesuai. Dengan menekankan pendekatan segmentasi, proses pertukaran harus ditingkatkan, karena perusahaan dapat lebih tepat sesuai dengan kebutuhan dan keinginan pelanggan.

Sementara diferensiasi produk merupakan strategi yang efektif untuk membedakan merek dari pesaing, juga membedakan satu produk dari yang lain. Sebagai contoh, sebuah perusahaan seperti Franco-Amerika Spaghetti telah dibedakan dari produk dasar dengan menawarkan berbagai ukuran, rasa, dan bentuk. Tujuannya adalah untuk menjual lebih banyak produk, lebih banyak orang, dan juga lebih sering. Masalahnya bukan kompetisi; masalahnya adalah pengakuan bahwa orang-orang dalam pasar yang berbeda dan bahwa marketer sukses harus menanggapi perbedaan-perbedaan ini.

Memilih Target Pasar dari dalam Segmen yang Ditetapkan

Meskipun relatif mudah untuk mengidentifikasi segmen konsumen, kebanyakan perusahaan tidak memiliki kemampuan atau kebutuhan untuk secara efektif memasarkan produk mereka ke semua segmen yang dapat diidentifikasi. Sebaliknya, satu atau lebih sasaran pasar (segmen) harus dipilih. Sebuah perusahaan memilih target pasar karena menunjukkan afinitas kuat untuk produk atau merek tertentu. Hal ini pada dasarnya yang paling mungkin untuk membeli produk.

Sementara pasar awalnya untuk mengurangi komponen homogen terkecil (mungkin satu individu), bisnis dalam praktek membutuhkan marketer untuk menemukan dimensi umum yang akan memungkinkan dia untuk melihat orang-orang ini sebagai yang lebih besar, segmen menguntungkan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Apa Saja Manfaat Segmentasi Pasar"

Post a Comment

KOMENTAR KALIAN SANGAT BERARTI UNTUK SAYA. TERIMA KASIH :)