Menguraikan Karakteristik Nirlaba Dan Peran Mereka Dalam Masyarakat

Menguraikan Karakteristik Nirlaba Dan Peran Mereka Dalam Masyarakat

Organisasi Nirlaba Ditetapkan 

Sebuah organisasi nirlaba (NPO) tidak membagikan laba atau dividen. Sebaliknya mempertahankan semua penghasilan atau pendapatan surplus untuk mencapai tujuannya. Sebuah organisasi yang dianggap memenuhi syarat untuk mendapatkan status nirlaba di bawah Kode Internal Revenue US Bagian 501 (c).

Sementara organisasi nirlaba diizinkan untuk menghasilkan pendapatan surplus, pendapatan ini harus dipertahankan oleh organisasi untuk pemeliharaan diri, ekspansi, atau rencana. NPO memiliki anggota pengendali atau papan. Banyak telah membayar staf, termasuk manajemen, sementara yang lain menggunakan sukarelawan yang tidak dibayar dan bahkan eksekutif yang bekerja dengan atau tanpa kompensasi. Penunjukan sebagai nirlaba dan maksud untuk membuat uang tidak terkait di Amerika Serikat. Namun, sejauh mana suatu NPO dapat menghasilkan pendapatan surplus dapat dibatasi, atau penggunaan pendapatan surplus dapat dibatasi.


Beberapa NPO mungkin juga amal atau layanan organisasi; mereka dapat diatur sebagai sebuah perusahaan, kepercayaan, koperasi, atau mereka mungkin ada informal. Jenis yang sangat mirip organisasi, disebut organisasi pendukung, beroperasi seperti yayasan, tapi lebih rumit untuk mengelola, memegang status pajak yang lebih menguntungkan, dan dibatasi dalam kegiatan amal publik dapat mendukung. Untuk klasifikasi hukum, unsur-unsur penting meliputi:

  • Aktivitas ekonomi
  • Pengawasan dan manajemen ketentuan
  • Perwakilan
  • Akuntabilitas dan audit ketentuan
  • Ketentuan untuk amandemen undang-undang atau anggaran dasar
  • Ketentuan untuk pembubaran entitas
  • status pajak dari donor perusahaan dan pribadi
  • status pajak yayasan

Di Amerika Serikat, organisasi nirlaba yang dibentuk oleh pengajuan anggaran rumah tangga dan artikel dari penggabungan dalam keadaan di mana mereka berharap untuk beroperasi. Di kebanyakan yurisdiksi, beberapa elemen di atas harus dinyatakan dalam piagam pendirian. Tindakan pemaduan menciptakan badan hukum, yang memungkinkan organisasi untuk diperlakukan sebagai korporasi oleh hukum dan untuk masuk ke dalam urusan bisnis, bentuk kontrak, dan properti sendiri sebagai individu lain atau nirlaba perusahaan dapat dilakukan. Sebagian besar negara memiliki undang-undang yang mengatur pembentukan dan pengelolaan NPO, dan yang memerlukan kepatuhan rezim tata kelola perusahaan. Sebagian besar organisasi yang lebih besar diperlukan untuk menerbitkan laporan keuangan merinci pendapatan dan pengeluaran mereka di depan umum.


Dua jenis utama dari organisasi nirlaba yang keanggotaan dan papan-satunya. Sebuah organisasi keanggotaan memilih papan, bertemu secara rutin, dan memiliki kekuasaan untuk mengubah peraturan. Sebuah papan-satunya organisasi biasanya memiliki papan dipilih sendiri dan keanggotaan yang kekuasaan terbatas yang didelegasikan kepadanya oleh dewan. anggaran rumah tangga Sebuah organisasi papan-satunya bahkan mungkin menyatakan bahwa organisasi tidak memiliki anggota, meskipun literatur organisasi dapat merujuk kepada donor sebagai "anggota."


Baca juga : Membandingkan Stakeholder Dan Pemegang Saham

Di banyak negara, organisasi nirlaba mungkin berlaku untuk status bebas pajak, sehingga organisasi itu sendiri dapat dibebaskan dari pajak penghasilan dan pajak lainnya. Di Amerika Serikat, untuk dibebaskan dari pajak penghasilan federal, organisasi harus memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh Internal Revenue Service. Setelah meninjau aplikasi untuk memastikan organisasi memenuhi kondisi (seperti tujuan, pembatasan pengeluaran, dan perlindungan internal amal), IRS dapat mengeluarkan surat kuasa kepada nirlaba pemberian itu pajak status bebas untuk pembayaran pajak penghasilan, pengajuan , dan tujuan deductibility. pembebasan tidak berlaku untuk pajak federal lain seperti pajak pekerjaan. status bebas pajak federal tidak menjamin pembebasan pajak negara bagian dan lokal, dan sebaliknya. 


Peran Organisasi Nirlaba di Masyarakat

organisasi nirlaba memainkan peran penting dalam masyarakat dengan memfokuskan sumber daya dan memberikan pelayanan kepada masyarakat perlu tanpa memperhatikan keuntungan. bantuan organisasi nirlaba dalam pengembangan dan pemeliharaan sektor seperti masyarakat sebagai seni, pembangunan ekonomi, kesadaran budaya, spiritualitas, urusan veteran, dan kesehatan dan kesejahteraan. Secara umum, organisasi nirlaba memiliki ikatan yang kuat untuk komunitas lokal mereka. Melalui ikatan ini, organisasi nirlaba yang mampu mencapai pembangunan daerah dan penjangkauan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Menguraikan Karakteristik Nirlaba Dan Peran Mereka Dalam Masyarakat"

Post a Comment

KOMENTAR KALIAN SANGAT BERARTI UNTUK SAYA. TERIMA KASIH :)