Panduan Bisnis Kecil untuk Perencanaan Strategi Pemasaran Anda

Perencanaan Strategi Pemasaran

Panduan Bisnis Kecil untuk Perencanaan Strategi Pemasaran

Pemasaran usaha kecil bukanlah tugas yang mudah. Memiliki strategi pemasaran yang solid memberikan rencana yang jelas untuk bisa diikuti, dan meningkatkan peluang Anda untuk sukses. Perencanaan strategi pemasaran Anda lebih awal adalah cara terbaik untuk memastikan keberhasilan kampanye pemasaran berikutnya. Ada beberapa faktor penting yang perlu Anda pertimbangkan sebelum merencanakan strategi Anda.

Tentukan apa yang ingin Anda capai

Setiap kampanye pemasaran harus memiliki tujuan dan sasaran yang jelas. Memiliki gagasan yang jelas tentang apa yang ingin Anda capai dari upaya pemasaran Anda adalah cara terbaik untuk merencanakan cara yang efektif ke depan. Cobalah untuk lebih spesifik ketika menetapkan tujuan Anda. Misalnya, daripada menetapkan tujuan umum seperti "mempublikasikan bisnis saya", pilih tujuan yang lebih spesifik, seperti "menarik pelanggan baru dari daerah setempat".

Mengidentifikasi target audiens Anda

Pikirkan tentang jenis orang yang yang akan di tuju oleh kampanye pemasaran Anda di. Siapa mereka? Apa ada kepentingan? Misalnya, jika tujuan Anda adalah untuk menarik pelanggan baru dari daerah setempat, audiens target Anda kemungkinan besar akan terdiri dari orang-orang lokal. Namun, Anda juga harus dapat mengidentifikasi informasi yang lebih spesifik, seperti perkiraan usia, status pekerjaan dan mungkin hobi audiens target Anda. Misalnya, jika bisnis Anda menjual action figures fiksi ilmiah, audiens target Anda mungkin remaja laki-laki dengan minat dalam fiksi ilmiah.

Penelitian audiens target Anda

Mengetahui sebanyak mungkin tentang audiens target Anda membantu Anda untuk menyesuaikan kampanye pemasaran Anda. Cari tahu bagaimana mereka menghabiskan waktu mereka, bagaimana mereka berkomunikasi dan apa yang mereka paling mungkin untuk menanggapi. Misalnya, jika target pemirsa Anda melakukan sebagian besar mereka berkomunikasi melalui email, kampanye pemasaran email bisa menjadi bagian dari strategi pemasaran Anda. Di sisi lain, jika target pelanggan Anda menghabiskan banyak waktu luang mereka menggunakan media sosial atau jejaring sosial, kampanye pemasaran media sosial atau jejaring sosial dapat menjadi cara terbaik untuk menjangkau mereka.

 Baca juga : Pengertian, Contoh, Jenis-Jenis Iklan dan cara strategi Komunikasi Pemasaran

Mengambil stok sumber daya Anda

Jika Anda memiliki anggaran yang besar untuk kampanye pemasaran Anda, Anda mungkin dapat membeli semua layanan dan barang-barang yang Anda butuhkan untuk mempromosikan bisnis Anda. Namun, jika Anda memiliki sedikit atau tidak ada anggaran yang tersedia, Anda akan perlu untuk mengambil stok sumber daya yang Anda dapat memanfaatkan. Untuk kampanye pemasaran online sederhana, Anda mungkin perlu sedikit lebih dari beberapa jam waktu Anda untuk menempatkan kampanye bersama-sama. Namun, untuk kampanye publisitas lokal yang luas, Anda mungkin perlu kontak media lokal, dukungan dari bisnis lokal lainnya dan peralatan pencetakan khusus. Mengambil saham dari apa yang sudah Anda miliki juga akan membantu Anda untuk mengidentifikasi hal-hal yang masih perlu.

Perencanaan strategi pemasaran Anda

Selanjutnya adalah bagamana memaksimalkan perencanaan strategi pemasaran yang ada. Setelah Anda memiliki gagasan yang jelas tentang tujuan dan tujuan kampanye, Anda dapat menggunakan informasi yang Anda telah mendapatkan tentang audiens target Anda untuk merencanakan cara terbaik untuk mencapai tujuan Anda. Ingat untuk memperhitungkan sumber daya yang tersedia, dan realistis tentang apa yang dapat Anda lakukan dengan sumber daya tersebut.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Panduan Bisnis Kecil untuk Perencanaan Strategi Pemasaran Anda"

Post a Comment

KOMENTAR KALIAN SANGAT BERARTI UNTUK SAYA. TERIMA KASIH :)