Bagaimana Cara Menjadi Public Speaking Yang Baik

Cara Menjadi Public Speaking Yang Baik

Cara Menjadi Public Speaking

Apakah kita berbicara dalam pertemuan tim atau presentasi di depan penonton, kita semua harus berbicara di depan umum dari waktu ke waktu.

Disaat berbicara di depan umum pastinya banyak yang perlu di pertimbangkan dari hal kesiapan mental maupun materi yang akan di sampaikan. Ada dua kemungkinan yang akan terjadi yaitu kita dapat melakukannya dengan baik atau kita melakukannya dengan buruk, dan hasilnya sangat mempengaruhi cara orang berpikir tentang kita. Inilah sebabnya mengapa Public Speaking menyebabkan begitu banyak kecemasan dan keprihatinan bagi pelakunya.

Kabar baiknya adalah bahwa, dengan persiapan matang dan latihan yang menyeluruh, Anda dapat mengatasi kegugupan Anda dan melakukan dengan sangat baik. Artikel ini menjelaskan bagaimana menjadi Public Speaking Yang Baik !

Pentingnya Public Speaking

Bahkan ada banyak situasi di mana keterampilan Public Speaking yang baik dapat membantu Anda memajukan karir Anda dan menciptakan peluang.

Misalnya, Anda mungkin harus bicara tentang organisasi Anda di sebuah konferensi, berpidato setelah menerima penghargaan, atau mengajar kelas untuk anggota baru. Berbicara kepada penonton juga termasuk presentasi online atau pembicaraan; misalnya, ketika melatih tim virtual, atau ketika berbicara kepada sekelompok pelanggan dalam pertemuan online.

Keterampilan berbicara di depan umum yang baik adalah penting di sisi lain kehidupan Anda, juga. Anda mungkin diminta untuk membuat pidato di pernikahan seorang teman, memberikan pidato untuk orang yang dicintai, atau menginspirasi sekelompok relawan di sebuah acara amal.

Singkatnya, menjadi pembicara publik yang baik dapat meningkatkan reputasi Anda, meningkatkan rasa percaya diri Anda dan membuka peluang yang tak terhitung jumlahnya.

Pastikan bahwa Anda belajar bagaimana berbicara dengan baik!

Strategi untuk Menjadi Pembicara Lebih Baik

Kabar baiknya adalah bahwa berbicara di depan umum adalah keterampilan yang dapat dipelajari. Dengan demikian, Anda dapat menggunakan strategi berikut untuk menjadi pembicara yang lebih baik dan juga  presenter.
  • Rencana Yang Tepat
Pertama, pastikan bahwa Anda merencana komunikasi Anda dengan tepat. Dengan perencanaan yang tepat tentunya berbicara di depan umum akan semakin siap dan mudah.

Perencanaan juga membantu Anda untuk berpikir pada kaki Anda . Hal ini sangat penting untuk sesi pertanyaan dan jawaban tak terduga atau komunikasi-menit terakhir.

Tip:
Ingat bahwa tidak semua kesempatan ketika Anda perlu berbicara di depan umum akan dijadwalkan. Anda dapat membuat pidato dadakan baik dengan memiliki ide-ide dan mini-pidato seperti persiapan. Hal ini juga membantu untuk memiliki yang bai dari pemahaman yang menyeluruh tentang apa yang terjadi di dalam organisasi Anda dan industri.

  •  Praktek
Ada alasan baik bahwa kita mengatakan, "Practice makes perfect!" Anda tidak bisa menjadi percaya diri, dan menjadi pembicara yang menarik tanpa praktek.

Untuk mendapatkan latihan adalah mencari peluang untuk berbicara di depan orang lain. Anda juga bisa menempatkan diri dalam situasi yang memerlukan berbicara di depan umum, seperti dengan cross-pelatihan grup dari departemen lain, atau dengan sukarela untuk berbicara di pertemuan tim.

  • Terlibat Dengan Audiens Anda
Ketika Anda berbicara, cobalah untuk melibatkan audiens Anda. Hal ini membuat Anda merasa komunikatif sebagai pembicara dan membuat semua orang yang terlibat juga memahami dengan pesan Anda. Jika sesuai, mengajukan pertanyaan yang mengarah dan ditargetkan kepada individu atau kelompok, dan mendorong orang untuk berpartisipasi dan mengajukan pertanyaan.

Perlu diingat bahwa beberapa kata mengurangi kekuatan Anda sebagai pembicara. Misalnya, berpikir tentang bagaimana kalimat ini terdengar: ". Saya hanya berpikir rencana ini adalah salah satu yang baik" "Saya hanya ingin menambahkan bahwa saya pikir kita bisa memenuhi tujuan ini" atau Kata-kata "hanya" dan "saya pikir" membatasi otoritas Anda dan keyakinan. Gunakan kakta kata yang efektif dan mudah di mengerti..

Juga, perhatikan bagaimana Anda berbicara. Jika Anda gugup, Anda mungkin berbicara dengan cepat. Hal ini meningkatkan kemungkinan bahwa Anda akan tersandung kata-kata Anda, atau mengatakan sesuatu yang tidak berarti. Memaksa diri untuk memperlambat dengan bernapas dalam-dalam. Jangan takut untuk mengumpulkan pikiran Anda; jeda adalah bagian penting dari percakapan, dan mereka membuat Anda terdengar percaya diri alami dan otentik.

  • Perhatikan Bahasa Tubuh
Jika Anda tidak menyadari hal itu, bahasa tubuh Anda akan memberikan audiens Anda konstan petunjuk halus tentang keadaan batin Anda. Jika Anda gugup, atau jika Anda tidak percaya pada apa yang Anda katakan, penonton bisa segera tahu.

Perhatikan bahasa tubuh Anda: berdiri tegak, mengambil napas dalam-dalam, melihat orang di mata, dan senyum. Jangan bersandar pada satu kaki atau menggunakan gerakan yang merasa tidak wajar.

Banyak orang lebih suka berbicara di belakang podium ketika memberikan presentasi. Sementara podium dapat berguna untuk memegang catatan, mereka menempatkan penghalang antara Anda dan penonton. Mereka juga dapat menjadi "penolong," memberikan tempat persembunyian dari puluhan atau ratusan mata yang pada Anda.

Alih-alih berdiri di belakang podium, berjalan-jalan dan menggunakan isyarat untuk melibatkan penonton. Gerakan ini dan energi juga akan datang melalui suara Anda, membuatnya lebih aktif dan bersemangat.

Baca juga :  Cara Belajar Bagaimana Meningkatkan Keterampilan Public Speaking

  • Berpikir positif
Berpikir positif dapat membuat perbedaan besar untuk keberhasilan komunikasi Anda, karena akan membantu Anda merasa lebih percaya diri.

Gunakan afirmasi dan visualisasi untuk meningkatkan rasa percaya diri Anda. Ini benar terutama penting sebelum pidato atau presentasi. Memvisualisasikan akan memberikan presentasi sukses dan membayangkan bagaimana Anda akan merasa setelah itu lebih dan ketika Anda telah membuat perbedaan positif bagi orang lain. Gunakan afirmasi positif seperti "Saya bersyukur saya memiliki kesempatan untuk membantu pemirsa saya" atau "aku akan melakukannya dengan baik!"

  • Rekaman Pidato Anda
Bila mungkin, merekam presentasi dan pidato. Anda dapat meningkatkan keterampilan Public Speaking Anda secara dramatis dengan menonton atau mendengar sendiri nanti dan kemudian melakukan peningkatan di mana yang tidak berjalan dengan baik.

Ketika Anda memperhatikan rekaman lihatlah bahasa tubuh Anda: apakah Anda bergoyang, bersandar di podium, atau bersandar berat pada satu kaki? Apakah Anda melihat pada penonton? Apakah Anda tersenyum? Apakah Anda berbicara dengan jelas setiap saat?

Memperhatikan gerak-gerik Anda. Apakah mereka tampil natural atau dipaksa? Pastikan bahwa orang dapat melihat mereka, terutama jika Anda berdiri di belakang podium.

Terakhir, melihat bagaimana Anda menangani interupsi, seperti bersin atau pertanyaan yang Anda tidak siap untuk menanggapi.

  • Poin kunci
Kemungkinannya adalah bahwa Anda kadang-kadang harus berbicara di depan umum sebagai bagian dari peran Anda. Meskipun hal ini dapat tampak menakutkan, manfaat mampu berbicara dengan baik lebih besar daripada ketakutan yang dirasakan. Untuk menjadi pembicara yang lebih baik, gunakan strategi berikut:
  • Merencanakan secara tepat.
  • Praktek.
  • Terlibat dengan audiens Anda.
  • Perhatikan bahasa tubuh.
  • Berpikir positif.
  • Mengatasi saraf Anda.
  • Menonton rekaman pidato Anda.
Jika Anda berbicara dengan baik di depan umum, dapat membantu Anda mendapatkan pekerjaan atau promosi, meningkatkan kesadaran untuk tim atau organisasi, dan mendidik orang lain. Semakin Anda memaksakan diri untuk berbicara di depan orang lain, semakin baik Anda akan menjadi lebih percaya diri.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bagaimana Cara Menjadi Public Speaking Yang Baik"

Post a Comment

KOMENTAR KALIAN SANGAT BERARTI UNTUK SAYA. TERIMA KASIH :)