logoblog

Pengertian Market Share atau Pangsa Pasar

Pengertian Market Share atau Pangsa Pasar

Market Share atau Pangsa Pasar

Pangsa pasar adalah salah satu indikator utama perusahaan gunakan untuk mengukur seberapa baik mereka lakukan dibandingkan pesaing. Pangsa pasar adalah persentase bisnis atau penjualan sebuah perusahaan pegang dari bisnis keseluruhan atau penjualan oleh semua pesaing gabungan di pasar tertentu. Total bisnis yang tersedia disebut potensi pasar. Ada dua cara dasar yang menyatakan angka pangsa pasar, meskipun perhitungan yang sebenarnya mungkin sulit untuk di dapatkan. Ada keuntungan dan kerugian untuk memiliki pasar yang besar pangsa relatif terhadap pesaing

Memahami apa itu pangsa pasar (dan apa share of the market Anda), perlu langkah penting di awal proses perencanaan pemasaran Anda dan itu adalah langkah yang diperlukan untuk membangun strategi Anda dalam bisnis.

Jika Anda tahu apa pangsa pasar Anda maka Anda dapat lebih baik menargetkan pertumbuhan bisnis Anda, pesaing Anda, dan pelanggan Anda.

Bagaimana Ukuran Pasar Ditetapkan?

Hal ini diperlukan untuk melakukan riset pasar dalan mencari tahu apa pangsa pasar Anda dan untuk menentukan ukuran pasar yang Anda roperasikan. Hal ini dapat memberikan tantangan dalam menemukan data untuk ukuran pasar. Pastikan bahwa Anda pertama kali mendefinisikan pasar Anda dengan benar.

Dan Siapa Pesaing di Bisnis?

Setelah Anda menetapkan ukuran keseluruhan pasar, dan pasar yang  berencana untuk beroperasi di (yang bisa lebih kecil dari pasar secara keseluruhan, setidaknya untuk memulai dengan), Anda akan perlu mencari tahu siapa pesaing Anda dan berapa banyak pasar yang mereka pegang.

Ketika Anda melakukan perencanaan strategis Anda, mengembangkan strategi bauran pemasaran, membangun rencana pemasaran Anda dan mempersempit fokus Anda pada segmentasi produk, Anda perlu menjalankan melalui beberapa strategi yang kompetitif dan skenario untuk siap menghadapi perubahan tekanan kompetitif.

Untuk melakukannya dengan baik, Anda harus memiliki pemahaman yang baik tentang siapa pesaing Anda. Pastikan Anda menyertakan mereka semua.

Untuk pemilik restoran, itu restoran tidak hanya lain; itu juga kedai kopi, toko makanan, mengambil makanan dari toko kelontong, dan sebagainya.

Share Anda dari Pasar

Kesalahan yang paling umum adalah untuk meremehkan jumlah pesaing dan melebih-lebihkan berbagi keunggulan Anda sendiri pasar. Untuk mencoba dalam menentukan pangsa pasar untuk bisnis Anda, pergi ke jurnal perdagangan industri Anda atau ke database pelaporan keuangan.

Cara Meningkatkan Market Share?

Membangun Strategi Bauran Pemasaran

Mengapa memahami definisi pangsa pasar dan bagaimana untuk meningkatkan pangsa pasar yang penting?

Karena mengetahui pangsa pasar Anda dapat membantu bisnis Anda memahami kekuatan kompetitif dibandingkan dengan orang lain di pasar.

Dan dengan pemahaman tentang kekuatan

pangsa pasar Anda (atau kelemahan), Anda dapat menilai dampak dari perubahan produk, perubahan staf, perubahan harga, perubahan layanan, promosi pemasaran, perubahan saluran distribusi, dan sebagainya, pada pangsa pasar.

Setelah Anda memahami bagaimana meningkatkan pangsa pasar untuk bisnis Anda, Anda dapat memfokuskan upaya Anda pada pertumbuhan bisnis Anda.

Meningkatkan pangsa pasar dapat dengan biaya Anda mungkin tidak bersedia membayar (misalnya, menurunkan harga sedangkan biaya meningkat, atau mengubah fitur produk dan manfaat untuk memenuhi kebutuhan pelanggan tetapi dengan biaya yang tinggi) tetapi Anda perlu untuk dapat menentukan apa pangsa pasar dan bagaimana untuk memahami dan meningkatkan pangsa pasar untuk mengelolanya dalam bisnis Anda.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Market Share atau Pangsa Pasar"

Post a Comment

KOMENTAR KALIAN SANGAT BERARTI UNTUK SAYA. TERIMA KASIH :)