Loading...

Sep 26, 2017

Cara Gampang Membuat Sitemap Otomatis di Blogger SEO Friendly

Membuat Sitemap Otomatis di Blogger SEO Friendly

Hallo sobat blogger dimanapun Anda berada salam sukses untuk kita semua. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang bagaimana sih cara membuat daftar isi atau sitemap pada blog yang mudah. Nah untuk lebih jelasnya yuk ikuti pembahasan yang cukup menarik berikut. Bagi blogger yang ingin menghadirkan kemudahan dan pengalaman pengunjung maka Sitemap adalah hal yang perlu dimiliki pada sebuah blog selain memiliki keuntungan dalam segi kelengkapan blog Sitemap ini bisa jadi akan memberikan nilai tambah pada SEO blog kalian, alasannya karena akan memudahkan pengunjung mencari artikel dengan adanya daftar isi dari blog yang kalian miliki.

 Sitemap Otomatis di Blogger SEO Friendly

Selain memudahkan pengunjung untuk menjelajahi blog kita manfaat sitemap ini juga mempengaruhi mesin pencari loh karena dengan adanya sitemap yang baik maka mesin pencari juga akan lebih mudah dalam merayapi konten atau situs dari blog sobat. Jadi tidak boleh terlewatkan untuk membuat sitemap tersebut. Disini saya akan membagikan beberapa yang bisa kalian gunakan dan akan membentu blog sobat lebih profesional berikut langkah membuatnya, contoh dan juga script yang akan dipakai.

Blogger contohnya blogspot sendiri belum atau tidak menyediakan sitemap yang bisa di tambahkan secara otomatis atau defult, oleh sebab itu pengelola blog harus membuat halaman tersendiri untuk menambahkannya dan membuatnya. Salah satu keterbatasan blog adalah kurangnya ruang indeks atau sitemap (daftar isi) yang tidak dimiliki oleh situs untuk mempermudah para pembacanya mencari semua artikel yang ada pada situs blog yang tentunya mereka butuhkan. Sementara seperti Arsip, Label, Random post dan Recent post hanya bisa menampilkan sebagian artikel yang tidak semuanya bisa langsung di tampilkan blog, sehingga mereka kesulitan untuk menemukan artikel yang mereka cari nah solusinya adalah menambahkan sitemap atau daftar isi blog tersebut.

Sebagai blogger pemula sering biasanya mereka mencari artikel-artikel rekomendasi untuk mengoptimasikan blognya dengan tujuan blog mereka menjadi lebih menarik dari segi tampilan menjadi profesional. Tentunya dengan adanya ini pengunjung akan terbantu oleh navigasi-navigasi yang diberikan oleh blogger salah satunya sitemap atau daftar isi ini. Tidak sampai di situ saja kemungkinan bisa meningkatkan pengunjung blog kalian dengan Sitemap Otomatis di Blogger secara SEO Friendly.

Artikel terkait: Cara Memanfaatkan Google AdWords Keyword Planner Untuk Blog

Bagamana membuat fasilitas ini di blog kalian?, Cara membuat sitemap otomatis di blogger cukup kalian hanya perlu menambah script pada halaman dan di implementasikan dengan mudah. Berikut adalah cara membuat sitemap otomatis di blogger 100% SEO friendly yang sering digunakan untuk melengkapi blog atau website sehingga memudahkan para pengunjung untuk menjelajahi situs atau blog yang kita miliki. Seperti halnya dengan navigasi yang lain sitemap memang penting dan salah satu yang sering di cari cara pembuatanya. Yuk intip dan terapkan di blog kalian.

  1. Langkah pertama masuk ke blog kalian
  2. Pilih menu halaman 
  3. Tambahkan halaman
  4. Copy dan pastekan kode di bawah ini 
  5. Simpan
Membuat Sitemap Otomatis di Blogger SEO Friendly

Berikut source code untuk tampilan diatas :
<script style="text/javascript" src="https://cdn.rawgit.com/D-dig/js/gh-pages/sitemap1.js"></script><script src="https://gomarketingstrategic.com/feeds/posts/default?max-results=9999&amp;alt=json-in-script&amp;callback=loadtoc"></script>

Membuat Sitemap Otomatis di Blogger SEO Friendly

Berikut source code untuk tampilan diatas :
<style>
p.labels a {
    color: #fff;
    text-transform: uppercase;
    font-size: 15px;
    font-weight: 600;
    border-bottom: 1px solid #ddd;
    display: block;
    padding: 8px;
    background: #555;
}
a.post-titles {color: #0000FF;}
ol li{list-style-type:decimal;line-height:25px;}
.sitemap-link{display:none}
</style>
<script src="http://yourjavascript.com/7366511402/simplesitemap.js" type="text/javascript"></script>
<script src="https://gomarketingstrategic.com/feeds/posts/default?max-results=9999&amp;alt=json-in-script&amp;callback=bloggersitemap"></script>

Membuat Sitemap Otomatis di Blogger SEO Friendly

Berikut source code untuk tampilan diatas :
<ins class="adsbygoogle" data-ad-client="ca-pub-1332828785658962" data-ad-format="fluid" data-ad-layout="in-article" data-ad-slot="7678844315" style="display: block; text-align: center;"></ins><script>
     (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
</script>
</br>
<style type="text/css">
#toc{width:99%;margin:5px auto;border:1px solid #2D96DF;
-webkit-box-shadow:4px 4px 8px 2px rgba(0,0,0, 0.2);
-moz-box-shadow:4px 4px 8px 2px rgba(0,0,0, 0.2);
box-shadow:4px 4px 8px 2px rgba(0,0,0, 0.2);}
.labl{color:#FF5F00;font-weight:bold;margin:0 -5px;
padding:1px 0 2px 11px;background: #3498DB;
border:1px solid #2D96DF;
border-radius:4px;-moz-border-radius:4px;
-webkit-border-radius:4px;box-shadow:3px 3px 1px #bbb;
-moz-box-shadow:3px 3px 1px #bbb;-webkit-box-shadow:3px 3px 1px #bbb;display:block;}
.labl a{color:#fff;}
.labl:first-letter{text-transform:uppercase;}
.new{color:#FF5F00;font-weight:bold;font-style:italic;}
.postname{font-weight:normal;background:#fff;margin-left: 35px;}
.postname li{border-bottom: #ddd 1px dotted;margin-right:5px}
</style>
<br />
<div id="toc">
<script src="https://cdn.rawgit.com/penaindigo/Pena-Indigo-Code/a134f9de/sitemappenaindigo.js" type="text/javascript"></script>
<script src="https://www.gomarketingstrategic.com/feeds/posts/default?max-results=9999&amp;alt=json-in-script&amp;callback=loadtoc">
</script></div>

Sebagai catatan pada bagian "https://gomarketingstrategic.com" gantilah dengan alamat situs anda agar dapat ter integrasi seluruh isi postnya. Kalian juga bisa mengatur warna dan style nya jika mau tapi harus mencari kode html-nya sendiri ya hehehe. Kemudian tidak semua script html diatas cocok dengan template blog kalian maka jika dirasa tidak bisa di terapkan pada blog kalian saya sarankan mencari sumber referensi yang lain yang cocok dengan template blog kalian dan terapkan pada blog.

Baca juga: Cara Menghapus Broken Link Pada Blog Panduan Terlengkap

Cukup mudah bukan cara membuat Sitemap atau Daftar isi contoh diatas yang biasa saya gunakan karena simple dan mudah untuk di terapkan. Masih banyak dan bermacam kreasi-kreasi sitemap dari sumber yang lain semoga yang sedikit ini dapat memberikan referensi yang mungkin bisa kalian terapkan pada blog kalian.

Sekian pembahasan kali ini tentang Cara Membuat Sitemap Otomatis di Blogger SEO Friendly. Semoga artikel yang sedikit ini memberikan informasi yang bermanfaat untuk Anda. Jika ada kekurangan saya mohon maaf jika berkenan mau menambahi atau ingin berbagi dengan pengunjung yang lain silahkan berkomentar di bawah ini Terimakasih salam sukses untuk kita semua.
Previous Post
Next Post

post written by:

2 comments:

  1. Replies
    1. Tolong dibaca catatan saya terlebih dahulu :) alamat blog gantilah dengan alamat kamu, jika masih tidak bisa saya sarankan untuk cari referensi yang lain yang cocok dengan blog kamu dan cobalah satu persatu karena terkadang banyak code html yang tidak cocok dengan blog kamu. terimakasih atas partisipasi nya selamat mencoba :)

      Delete

JIKA BERMANFAAT SILAHKAN BAGIKAN PENGALAMAN ANDA DAN MAAF JIKA LINK AKTIF TIDAK AKAN TAMPIL. TERIMA KASIH :) SEMOGA SUKSES