Cara Menulis Judul Artikel Blog Yang Akan Memotivasi Orang Untuk Membaca

4 Cara Menulis Judul Artikel Blog yang baik

Membuat artikel adalah hal yang sangat diminati banyak blogger karena kualitas konten merupakan komponen utama dari sebuah artikel. Banyak blogger yang memfikirkan Judul apa yang terbaik untuk artikel mereka agar dapat dengan mudah terindex oleh mesin pencari google. Yang terpenting dari sebuah artikel yaitu judul yang unik dan menarik sehingga para pencari informasi memilih dan tertarik hanya dengan melihat judul tersebut. Apa tujuan dari headline? Judul seharusnya tidak hanya memberi informasi pembaca potensial tentang topik tertentu dari artikel. Pertanyaanya yaitu apa sih tujuan dari judul artikel yang kalian buat....? Tujuan utama dan terpenting dari sebuah judul adalah mendapatkan pembaca potensial untuk memilih dari ribuan judul artikel yang cocok untuk pembaca dan membaca artikel yang telah ditulis oleh pemilik blog atau website.

Kebanyakan penulis mereka memilih menulis judul sebelum menulis artikel mereka menentukan judul terlebih dahulu untuk di kembangkan dalam tulisan mereka nantinya, tapi tak jarang juga yang lain lebih suka menyelesaikan artikel terlebih dahulu. Yang terpenting adalah kalian tahu topik apa yang akan kalian buat, sehingga dengan topik tersebut mempunyai gagasan tentatif tentang apa yang akan masuk ke tajuk utama atau headline dari sebuah artikel.

Ada beberapa aturan umum tentang tajuk utama atau headline sebagai berikut :

  • Hal pertama yang harus  di perhatikan adalah pastikan judul utama Anda tidak mengarah pada topik. Alasannya adalah judul yang Anda tuliskan bisa dikatakan janji untuk pembaca. Tentunya jika sebuah judul yang menarik yang pembaca cari dan memilih blog atau website Anda ternyata isi atau konten yang ada malah tidak sesuai dengan yang  mereka inginkan. Mereka akan sangat kesal dan kecewa jika Anda memberikan sesuatu "judul artikel" yang tidak ditindaklanjuti dalam artikel.
  • Usahakan judul artike agar tetap pendek namun tepat dengan kebutuhan pencari informasi atau pembaca. Misalnya tidak lebih dari 62 karakter, termasuk spasi. Kenapa demikian karena mesin pencari setelah Anda membuat judul yang terlalu panjang maka mesin pencari tidak akan menampilkan judul secara lengkap. Akan tetapi jika Anda menuliskan lebih dari 62 karakter, setidaknya pastikan bahwa 62 karakter pertama mengandung informasi dan elemen yang akan memotivasi pembaca untuk menelusuri blog atau website Anda.
  • Berikutnya adalah usahakan judul mudah diingat oleh pembaca. Ada beberapa kiat yang bisa Anda gunakan untuk menarik perhatian orang-orang yang memindai berita utama di hasil penelusuran mesin pencari.Dibawah ini adalah kiat-kiat yang mungkin bisa membantu Anda.

Anda bisa jadi telah membuat sebuah artikel yang benar-benar inovatif yang Anda rekomendasikan untuk pembaca, akan tetapi jika tajuk utama atau headline Anda tidak menarik perhatian seseorang, pembaca potensial mungkin tidak akan pernah membaca artikel yang Anda tulis. Nah berikut ini adalah beberapa tips yang akan memudahkan Anda menulis berita utama yang baik semoga membatu.

1. Gunakan bilangan atau angka pada awal judul Anda. Sebagai contoh sebuah majalah coba perhatikan ada sesuatu yang sama di antara hampir semua majalah, baik majalah kebugaran, majalah perjalanan, tabloid, majalah wanita, atau apa pun kebanyakan mereka menggunakan angka pada judulnya. Sebagian besar berita utama menggunakan angka. Ada banyak teori tentang mengapa angka efektif untuk menarik pembaca untuk memilih majalah atau artikel tertentu, namun sebenarnya tidak penting untuk memahami alasannya. Apapun alasannya, sudah terbukti berhasil. Jadi Anda bisa memanfaatkan teknik itu kapan pun sesuai dengan artikel Anda. Contohnya: (8 Cara Menulis Artikel SEO Friendly & Berkualitas) dan lain sebagainya.

2. 5W1H yang berarti apa, siapa, kapan, di mana, mengapa, bagaimana - Biasanya dari kata pemicu ini menunjukkan kepada pembaca bahwa artikel yang Anda buat bermanfaat untuk mereka. Dengan kata lain, artikel yang Anda tulis adalah jawaban atas pertanyaan pembaca yang akan memberinya beberapa informasi terkait yang pembaca butuhkan. Disini biasanya sedah banyak yang menggunakan angka-angka pada judul usahakan gunakan sisipan kata unik yang memicu pembaca untuk memilih artikel Anda.

3.  Gunakan kata sifat yang menarik hal ini akan lebih cenderung memotivasi seseorang untuk membaca artikel Anda. Sebagai contoh: Free, Terlengkap dan lain sebagainya beberapa dari sekian banyak kata sifat carilah kata sifat yang bisa menonjol dalam hasil pencarian mesin pencari.

4. Gunakan penekana atau bold promise pada judul artikel sehingga judul tersebut memiliki power untuk menarik pembaca untuk memilih artikel Anda. Misalnya sebagai contoh:
  1. Cara Terlengkap Bagaimana Membuat Blog Mendapatkan 5000 pengunjung Hanya dalam 4 Minggu.
  2. Cara Meningkatkan 5000 Pengunjung 100% Berhasil Dalam 4 Minggu
  3. Teknik Optimasi SEO Yang Menakjubkan Untuk Blogger Pemula
Perlu di ingat cara ini harus dapat di pertanggung jawabkan karena ini adalah janji Anda untuk pembaca jangan sampai janji tersebut tidak sesuai dengan yang disampaikan artikel.

Judul artikel merupakan komponen penting yang akan menjamin pengunjung untuk memilih artikel Anda jadi buatlah judul yang tepat. Karena dengan judul yang hebat dapat menarik pembaca untuk memilih artikel Anda dari dari kompetisi ribuan judul yang orang lain miliki di hasil pencarian mesin pencari.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Menulis Judul Artikel Blog Yang Akan Memotivasi Orang Untuk Membaca"

Post a Comment

KOMENTAR KALIAN SANGAT BERARTI UNTUK SAYA. TERIMA KASIH :)