3 Hal Bagaimana Meningkatkan CTR Di Hasil Pencarian Google

Meningkatkan CTR Di Hasil Pencarian Google

Pengertian CTR singkatan dari (Clickthrough Rate) adalah perbandingan dalam persen antara jumlah klik yang diterima suatu Ad Units dengan jumlah tampilan Ad Units tersebut. Misal, satu Ad Units yang ditampilkan 40 kali dan di-klik 10 kali memiliki nilai CTR 25% (10:40). CTR disini ditunjukkan sebagai persentase dan dapat dihitung untuk kampanye PPC, grup iklan, iklan, kata kunci, kelompok sasaran, topik, dan sebagainya.

Mengapa penting bagi publisher atau pemilik blog atau website karena CTR yang tinggi mengisyaratkan adanya kampanye AdWords atau PPC yang sehat dan relevan. Hal ini juga merupakan salah satu kontributor utama Skor Kualitas Tinggi (QS), yang akan memberikan imbalan kepada pengiklan dengan harga klik dan posisi iklan yang lebih tinggi di Google AdWords.

Dengan SEO yang berkualitas dan baik, maka kemungkinan mendapatkan CTR akan bisa diperoleh dengan begitu bisa menunjukkan bahwa pembaca di SERPs menyukai apa yang mereka baca. Judul meta dan meta description yang bagus sangat penting untuk meningkatkan CTR dan keberhasilan aktivitas SEO yang Anda kelola.

Kita semua tentunya ingin mendapatkan lebih banyak lalu lintas dari Google dengan berbagai macam upaya. Dengan teknik SEO dan lain sebagainya itulah sebabnya mengapa kita semua berusaha mencoba untuk menentukan peringkat postingan kita di halaman pertama mesin pencari seperti Google.

Dengan semakin tinggi peringkat blog atau website Anda, maka peluang semakin banyak klik yang akan Anda dapatkan. Tapi tidak mudah untuk mendapatkan peringkat pertama di Google ini. Banyak yang harus di perhatikan dalam mengelolanya dan bisa kita lakukan adalah, mengoptimalkan Search Listings untuk menarik lebih banyak klik.

Di Artikel Ini Saya Akan Berbagi Beberapa Kiat Optimalankan CTR Organik Anda di Google.

1. Buatlah Tag Judul Yang Layak Klik Oleh Pemirsa

Ya benar judul artikel merupakan komponen utama yang perlu diperhatikan, karena bagi pemirsa hal yang paling dicari dan menentukan pilihannya adalah dari judul tersebut. Semakin menarik, semakin banyak klik yang Anda dapatkan jadi nuatlah judul yang menarik untuk pemirsa potensial.

Hal pertama yang diperhatikan oleh penelusur adalah tag Judul Anda. 80% kemungkinan mendapatkan klik bergantung pada Title Tag namun ini bukanlah menentukan judul yang bagus akan tetapi bagaimana judul itu mampu menarik untuk di klik oleh pengunjung.

  • Cobalah menyisipkan kata kunci utama pada awal judul.
  • Judul yang menarik biasanya menggunakan bilangan (Seperti 8 cara, Top 10, 7 Terbaik, dll.)
  • Judul dengan menggunakan waktu (Seperti 2017, Oktober 2017, dll.)
  • Gunakan kata sifat Modifier (Seperti Terbaik, Gratis, Sederhana, Terlengkap, Terbaru, dll.)
  • Gunakan Call To Action (Seperti Sekarang, Coba, Beli, Dengarkan, Cek, Baca, dll.)
  •  Menggunakan awalan kata "Cara" jika diperlukan ini yang sering di gunakan kebanyakan blogger saat ini.
  • Cobalah menggunakan judul yang berbeda untuk pembaca dan mesin pencari.
  • Jangan menggunakan judul yang terlalu panjang setidaknya 6 kata.
  • Lihat Iklan Google di penelusuran untuk mengoptimalkan judul Anda.
Namun, jangan sekali-kali menggunakan judul posting yang terlalu menjanjikan untuk pemirsa akan tetapi berbeda dengan isi artikel yang tidak sesuai dengan judul.

2. Membuat Deskripsi Meta Yang Bagus

Meta Description adalah ringkasan dari seluruh isi artikel posting Anda dimana Google akan menampilkan dengan setiap cantuman yang tersedia di artikel tersebut. Tapi Anda harus menulis deskripsi meta yang bagus untuk setiap posting sehingga dapat di tangkap oleh mesin pencari Google.

Berikut adalah beberapa hal untuk menulis deskripsi meta:
  • Tentukan deskripsi unik dari posting Anda. Jadi jangan menyalin bagian dari postingan blog anda dan menggunakannya sebagai meta description. Tulis yang unik.
  • Deskripsi disini sebagai ringkasan postingan blog anda.
  • Jangan menggunakan terlalu panjang 150-160 kata saja.
  • Jangan terlalu banyak kata kunci atau kata-kata yang sama.
  • Ceritakan tentang manfaatnya.
Dengan menulis tag deskripsi meta yang bagus maka akan membantu Anda akan mendapatkan CTR di penelusuran Google semakin besar.

3. Mengoptimalkan URL & Breadcrumbs

Mengoptimalkan URL & Breadcrumbs

Jika URL posting blog Anda singkat, saya akan merekomendasikan Anda untuk menampilkan URL dalam daftar pencarian.

Tip Optimasi URL & Breadcrumbs:
  • Upayakan URL: Pendek, Berisi kata kunci utama.
  • Breadcrumbs: Navigasi yang Bersih, Relevan, Terorganisir.
Jadi jaga agar URL atau Breadcrumbs Anda bersih untuk menarik perhatian para pencari.

Kesimpulan :  Ada banyak cara untuk mengoptimalkan CTR ini untuk mengetahui dan mengkontrol kualitas tersebut Anda bisa masuk ke Google Search Console dan temukan pos CTR rendah kemudian Anda bisa perbaiki dengan dengan peringkat yang bagus. Kemudian optimalkan pos tersebut untuk meningkatkan CTR.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "3 Hal Bagaimana Meningkatkan CTR Di Hasil Pencarian Google"

Post a Comment

KOMENTAR KALIAN SANGAT BERARTI UNTUK SAYA. TERIMA KASIH :)