logoblog

Turn Back Hoax : Anda Penggiat Blogger Bantu Cegah Hoax

Peran blogger dalam memerangi berita hoax

Turn back hoax sendiri memiliki artian yaitu memerangi hoax / melawan hoax yang diambil dari pemahaman kalimat Turn Back Crime, yang memiliki artian sebenarnya perlawanan terhadap kejahatan. Akhir-akhir ini banyak beredar informasi yang tersebar di internet yang sangat merugikan orang lain karena tidak adanya kebenaran berita tersebut. Sering kita menjumpai berita birita ini melalui media sosial atau jejaring sosial yang justru menimbulkan kegaduhan.

Akibatnya malah justru kita juga ikut-ikutan menyebar berita tersebut tanpa mempertimbangkan sumber kebenaran yang membuat berita tersebut semakin cepat beredar ke semua masyarakat. Media sosial sering dijadikan sasaran para pelaku kejahatan HOAX ini karena mudahnya akses dan jangkauan yang lebih luas. Banyak kepentingan yang ada pada kasus kejahatan berita Hoax atau fitnah ini dari unsur sara, pro atau kontra pemerintahan, bahkan sebagai ladang bisnis mereka.

Fitnah atau hoax yang saat ini telah banyak beredar di media sosial (medsos), memang sangat merugikan bagi korbannya dan kita sebagai netizen agar tak mudah percaya terhadap berita-berita semacam itu. Dengan menjadi Netizen yang cerdas maka kita harus teliti sebelum menerima sebuah informasi yang beredar tanpa pertanggung jawaban dari pelaku kejahatan.

Blogger sendiri juga menjadi tempat untuk membuat berita-berita Hoax karena mudah dan gratis maka para pelaku memanfaatkannya untuk mendapatkan keuntungan yang luarbiasa dari berita fitnah dan Hoax ini. Orang indonesia sendiri ketika ada sebuah berita viral pasti langsung heboh dan ingin membagikan berita terebut tanpa memikirkan dampaknya. Nah dari sini si pelaku kejahatan Hoax memanfaatkannya dengan menebar berita-berita palsu. Coba bayangkan dengan adanya media iklan yang disediakan oleh google untuk menghasilkan uang maka dengan pengunjung yang banyak jutaan bahkan ratusan juta pun bisa mereka raih dengan memanfaatkan beriata hoax. Terlebih jika ada akun bayaran untuk pro atau kontra dengan pemerintah dana yang terkucur tidaklah main-main. Dan sumber berita ternyata banyak yang menggunakan blogspot jadi harus hati-hati-

Oleh karena itu kita sebagai pelaku penggiat blogger yang baik yuk ikut bantu untuk setidaknya mengurangi berita-berita hoax ini bahkan kalau bisa memeranginya. Karena peran kita sebagai penulis blogger tentunya harus bermanfaat bukan malah merugikan orang lain. Blogger memang menjadi media yang berguna untuk berbagai macam kegiatan dari usaha bahkan menjadikan hobi kebanyakan orang. Saya sendiri berharap kita sebagai blogger memanfaatkannya dengan positif untuk membatu orang lain bukan untuk merugikan orang lain.

Melihat dari banyaknya berita-berita hoax yang tersebar kita sebagai blogger juga harus berperan untuk memerangi dengan cara membuat artikel cara mencegah dan memberantas Hoax atau berperan ikut melaporkan ke komunitas seperti MAFINDO komunitas yang tergabung dalam Masyarakat Anti Fitnah Indonesia mengembangkan tool bernama Turn Back Hoax, sebuah web berbasis crowdsourcing untuk mengecek kebenaran sebuah berita apakah fakta atau hoax.

Situs MAFINDO ini juga menyediakan informasi dari berbagai laporan masyarakat tentang adanya berita yang tidak benar mulai dari yang bentuknya portal berita, broadcast message di aplikasi chat, gambar-gambar yang diedit dan dipalsukan untuk kemudian ditelusuri kebenarannya yang dapat di akses untuk mengecek kebenarannya. Atau melaporkan ke pihak yang berwajib agar bisa diproses.

Dan saya berharap dengan banyaknya penggiat blog ini bisa meredam situasi yang panas, juga pemerintah dan masyarakat ikut serta memerangi kejahatan Hoax dan fitnah. Pemerintah sendiri adalah pihak yang memiliki kekuatan karena mereka punya resource dan kebijakan dalam hal ini sehingga lagkah yang kongrit sangat dibutuhkan.

Semoga artikel tentang turn back hoax ini menjadi informasi yang bermanfaat. Jika berkenan tinggalkan komentar untuk saling sharing berbagi informasi. Terimakasih mari kita jaga keutuhan bangsa ini dengan menjunjung tinggi kebenaran salam turn back hoax.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Turn Back Hoax : Anda Penggiat Blogger Bantu Cegah Hoax"

Post a Comment

KOMENTAR KALIAN SANGAT BERARTI UNTUK SAYA. TERIMA KASIH :)