logoblog

5 Tips Cara Mengatasi WiFi Android Yang Tidak Dapat Terhubung

Mengatasi WiFi Android Yang Tidak Dapat Terhubung

Bagi kalian kususnya pengguna smartphone Android tentunya sangat mengenal perangat yang satu ini yaitu WiFi juga pasti tak asing lagi bagi kalian dengan koneksi internet melalui WiFi. Saat ini penyedia area Wifi sangat banyak dari minimarket, kampus, koskosan, Cafe yang menyediakan fasilitas Wifi tersebut terutama di area publik. Banyak pengguna smartphone yang memanfaatkan koneksi yang satu ini dengan berbagai macam alasan sehingga mereka memilih mencari area tertentu dengan kebutuhan yang mereka inginkan.

Nah kalian pastinya mencari koneksi internet ini tidak lain untuk mencari jaringan atau koneksi yang stabil juga murah saat terhubung dengan WiFi, kamu juga tentunya dapat menghemat kuota internet yang kalian miliki.

Dengan banyaknya penyedia area WiFi ini tentunya kalian lebih memilih koneksi ini. Terlebih, saat ini ada beberapa tempat yang tak segan menawarkan jaringan WiFi yang terbilang cukup cepat yang akan menarik konsumen atau pelanggan. Dengan alasan itu, tak jarang mereka pengguna smartphone lebih memilih terkoneksi dengan WiFi ketimbang menggunakan layanan seluler sendiri yang akan menghabiskan kuota internet.

Disamping keuntungan dan manfaat jaringan WiFi, biasanya banyak pengguna yang mengeluhkan masalah yang erjadi pada perangkat WiFi mereka. Tak jarang, mereka pengguna mengeluhkan perangkat yang tiba-tiba terputus tak dapat terhubung.

Tentunya tidak menyenangkan dan sangat menjengkelkan bukan ketika hal ini terjadi saat kalian mengandalkan koneksi ini untuk keperluan tertentu, terutama bagi pengguna yang mengandalkan jaringan WiFi untuk kebutuhan sehari-hari.

Melihat banyaknya keluhan pengguna smartphone android berikut ini ada solusi yang mungkin akan membantu menyelesaikan masalah WiFi yang tak dapat terhubung:

1) Yang pertama yaitu cek dan periksa jaringan WiFi kalian apakah sudah menyala yah karena memang harus inyalakan untuk bisa terhubung dengan internet ini hehe. Untuk memastikan perikas kembali apakah masih berada pada mode pesawat yang biasanya dengan mode ini akan mematikan koneksi mobile data/wifi tersebut.

2) Periksa apakah perangkat kalian sudah terhubung dengan nama router dan mengisikan  password dengan tepat. Jika belum maka pastikan terlebih dahulu hal tersebut. Kemudian Setelah terhubung dengan router yang benar, jangan lupa untuk memastikan apakah jaringan itu disediakan secara open atau gratis ataukah menggunakan password. Oleh karena itu konfirmasikan terlebih dahulu dengan penyedia layanan WiFi tersebut untuk memastikan bagamana penggunaannya.

3) Apabila cara yang diatas masih belum berhasil maka cobalah resart terlebih dahulu perangkat kalian baik itu smartphone atau rooter jika kalian menggunakanya. Cara sederhana ini memang sepele tapi memiliki manfaat yang cukup membantu. Setelah perangkat sudah menyala, kamu dapat mencoba menghubungkannya kembali dan lihat hasilnya.

4) Cobalah hapus jaringan yang terdeteksi sebelumnya jika masih terjadi masalah saat kalian menerapakan cara di atas dan ternyata belum juga berhasil, coba untuk menghapus terlebih dahulu biasanya disebut (forget) jaringan yang ingin dihubungkan karena biasanya ada perubahan yang dilakukan penyedia jaringan tersebut. kemudian jika suda maka cobalah menghubungkannya kembali. Bagamana caranya? cukup mudah sih yaitu dengan masuk ke pengaturan wifi kemudian mengetuk jaringan yang ingin dihapus dan pilih 'Forget' cukup mudah bukan. Selanjutnya hubungkan kembali dengan wifi yang kalian pilih tersebut tentunya kalian memasukkan kembali password agar terkoneksi kembali.

5) Cara terakhir jika memang terjadi trouble ata masalah serius pada perangkat wifi kalian maka langkah ini adalah pilihan terakhir jika benar-benar terjadi masalah serius pada perangkat wifi kalian factory reset adalah pilihan terakhir. Perlu di ingat langkah ini harus dipertimbangkan terlebih dahulu karena dapat menghapus seluruh data yang ada di dalam perangkat. Karena factory reset ini biasanya akan mengembalikan ke pengaturan pabrik jadi bisa menghilangkan bug yang terdapat pada perangkat kalian. Pertimbangkan kembali untuk melakukanya dengan membackup data yang dimiliki.

Bagaimana untuk melakukan factory reset, untuk melakukannya cukup mudah kalian buka 'Settings', buka menu 'Back up and reset' dan pilih 'Factory Data Reset'. Perlu di ingat bahwa dalam melakukan ini bisa menghapus seluruh data pada ponsel jadi harus di pertimbangkan terlebih dahulu.

Nah cukup sekian semoga artikel ini memberikan informasi yang bermanfaat untuk kalian dan setidaknya membantu permasalahan koneksi wifi pada smartphone android wifi kalian, jika ada kekurangan atau kesalahan saya mohon maaf dan jika berkenan ingin menambahi untuk berbagi solusi silahkan berkomentar dibawah ini Terimakasih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Tips Cara Mengatasi WiFi Android Yang Tidak Dapat Terhubung"

Post a Comment

KOMENTAR KALIAN SANGAT BERARTI UNTUK SAYA. TERIMA KASIH :)