Loading...

Nov 15, 2017

Pentingnya Digital Marketing Untuk Kemajuan Usaha Dan Bisnis

Digital Marketing Untuk Kemajuan Usaha Dan Bisnis

Di era moderen saat ini dengan pertumbuhan teknologi yang semakin pesat didukung internet yang semakin berkembang maka setiap usaha dan bisnis harus mampu memanfaatkannya untuk menunjang usaha mereka. Digital Marketing (pemasaran digital) adalah pemasaran produk atau jasa yang memanfaatkan dan menggunakan teknologi digital yaitu Internet yang memang sudah menjadi kebutuhan setiap orang, namun juga mencakup ponsel, display advertising, dan media digital lainnya. Baik itu usaha sekala kecil maupun besar saat ini membutuhkannya. Dengan demikian mereka akan memiliki potensi yang akan menguntungkan perusahaan baik itu barang maupun jasa yang mereka tawarkan yang dapat menjangkau konsumen secara tepat waktu, pribadi, dan relevan.

Digital Marketing Untuk Kemajuan Usaha Dan Bisnis

Pemasaran digital memang penting karena bagi beberapa orang dalam bisnis, terutama pemasar tradisional jika tidak memanfaatkan perkembangan teknologi maka mereka akan kalah dengan yang sudah memanfaatkan teknologi yang baru. Pada dasarnya pemasaran ini lebih ke interaksi kepada pelanggan dengan memanfaatkan media digital tersebut untuk keperluan bisnis.

Artikel terkait: Dasar-Dasar dari Internet Marketing

Dari sini maka Strategi Perencanaan dan Implementasi membutuhkan beberapa kriteria untuk menilai konsumen kapan dan bagaimana bisnis dapat memprioritaskan penggunaannya:
  1. Perangkat digital - Pertumbuhan perangkat mobile sangat pesat bahkan hampir semua orang telah mengoprasikan smartphone, tablet, komputer desktop, TV, dan perangkat game menjadi kebutuhan pokok hal inilah yang bisa menjadi peluang untuk pemasaran.
  2. Platform digital - kebanyakan interaksi pada perangkat ini melalui browser atau aplikasi dari platform atau layanan utama, yaitu Facebook (dan Instagram), Google (dan YouTube), Twitter dan LinkedIn dan lain sebagainya. Media sosial utamannya sangat berperan besar karana memang penggunanya yang sangat besar.
  3. Media digital - Biasanya menggunakan saluran komunikasi berbayar, untuk menjangkau dan melibatkan pemirsa termasuk periklanan, email dan pesan, mesin pencari dan jejaring sosial sebagai penunjang pemasaran perusahaan.
  4. Data digital - Mengumpulkan profil pelanggan seperti umur, tanggal, alamat dan lain sebagainnya yang akan memberikan interaksi mereka dengan bisnis. Namun hal ini dilindungi undang-undang di sebagian besar negara.
  5. Teknologi digital - Teknologi pemasaranakan menjebatani antara pemilik usaha dan bisnis dengan pelanggan potensial biasanya hal ini menggunakan media misalnya website, email dan lain sebagainnya.
Mencapai tujuan pemasaran melalui penerapan teknologi digital dan media sosial tak lepas dari terus berkembangnya produk-produk digital. Saya memperluas definisi pemasaran digital bahwa saat ini pemasaran digital mencakup pengelolaan berbagai bentuk kehadiran perusahaan online seperti situs web perusahaan, aplikasi seluler, dan halaman perusahaan media sosial.

Namun, agar pemasaran digital bisa berhasil, masih ada yang di butuhan dengan mengintegrasikan teknik digital dengan media tradisional seperti cetak, TV dan koran, baliho, sapnduk dan lain sebagainya sebagai bagian dari komunikasi pemasaran multikanal. Pemasaran Digital mengapa itu penting?  Karean dengan adanya digital marketing ini perusahaan bisa lebih menjangkau pasar secara global dengan adanya interne. Saluran online juga dapat dikelola untuk mendukung keseluruhan proses pembelian mulai dari penjualan pra-penjualan hingga penjualan pasca-penjualan dan pengembangan lebih lanjut dari hubungan pelanggan.

Kesimpulan

Jadi, pemasaran digital adalah tentang pemanfaatan teknologi digital untuk mencapai tujuan pemasaran. Agar pemasaran berhasil maka dibutuhkan media baik itu secara digital dan didukung dengan media tradisional keduannya harus saling melangkapi karena tujuan keduanya sama yaitu menarik pelanggan sebesar-besarnya. Pemasaran digital memerlukan keahlian tertentu untuk memanfaatkan teknologi digital secara efektif. Pasar adalah tempat komunikasi dua arah antara penjual dan pembeli. Untuk memperoleh komunikasi tersebut merek harus melakukan positioning terlebih dahulu, dapat melalui berbagai media (Forum, blog, dan lain-lain) dan yang paling efektif ialah melalui jejaring sosial. melalui facebook, twitter, email, google+ dan lainnya.

Baca juga: Mungkinkah Bisnis Tanpa Modal dengan Untung Besar?

Demikian pembahasan tentang pentingnya pemasaran digital semoga artikel yang sedikit ini memberikan informasi yang bermanfaat untuk Anda, jika ada kekurangan saya mohon maaf jika berkenan mau menambahi untuk referensi pengunjung lain silahkan berkomentar di bawah ini semoga bermanfaat Terimakasih.
Previous Post
Next Post

post written by:

0 komentar:

JIKA BERMANFAAT SILAHKAN BAGIKAN PENGALAMAN ANDA DAN MAAF JIKA LINK AKTIF TIDAK AKAN TAMPIL. TERIMA KASIH :) SEMOGA SUKSES