Tips Cara Membuat Usaha Kecil Menengah Anda Lebih Sukses

Membuat Usaha Kecil Menengah Anda Lebih Sukses

Membuat Usaha Kecil Menengah Lebih Sukses

Saat ini Usaha Kecil Menengah (UKM) memiliki peran yang sangat penting untuk motor penggerak perekonomian di Indonesia. Usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) merupakan penopang  perekonomian di Indonesia. Mengingat pengangguran yang terus meningkat maka dibutuhkan startup pengusaha pemula yang membatu mengurangi pengangguran ini. Kaerena perannya yang telah menyumbang pendapatan sekitar 60% PDB (Product Domestic Bruto) hal inilah yang akan memberikan kesempatan dan lowongan pekerjaan kepada masyarakat yang membutuhkan.

Indonesia sendiri adalah Negara Berkembang yang tentunya memiliki potensi dan peluang yang cukup besar untuk memulai usaha dan bisnis dengan perkembangan yang cukup pesat. Namun banyak pengusaha pemula yang belum mengerti cara untuk memulai, mempertahankan, bahkan membuat usahanya semakin sukses. Alasannya beragam, ada yang sulit memulai usaha karena kurangnya modal, kurang pengalaman, tidak punya pengetahuan bisnis, tidak mengerti cara pemasaran bisnis, dan kendala lainnya yang mungkin mereka temui.

Tentu saja semua kendala dan tantangan ini tidak membuat kita berhenti berusaha dalam membangun bisnis sendiri, karena setiap usaha memang akan selalu punya tantangan tersendiri yang harus dilalui.

Nah bagi Anda yang ingin memulai usaha sendiri, berikut ini kami rangkum beberapa tips untuk Usaha Kecil Menengah untuk bisa lebih sukses bahkan bisa jadi diantaranya bisa kita jalankan dengan modal yang kecil:

1) Fokus pada Customer Service

Layanan merupakan salah satu faktor penting dalam keberhasilan sebuah usaha. Dengan memberikan layanan prima maka perusahaan telah memberikan hal yang positif untuk pelanggan atau konsumen sehingga mereka akan merasa puas terhadap apa yang deberikan perusahaan. Biasanya pelanggan ketika merasa nyaman mereka akan memberikan kepercayaan yang akan menjadikan mereka pelanggan setia.

Menurut sebuah survei yang dilakukan oleh American Express, 78% konsumen telah membatalkan atau tidak melakukan pembelian yang karena layanan yang diberikan perusahaan kepada pelanggan yang buruk. Jadi hal ini sangat penting untuk diperhatikan. Karena pelanggan ini adalah prioritas utama maka untuk mendapatkan pelanggan setia ini layanan prima harus di utamakan juga.

Untuk memastikan bahwa Customer Service berjalan dengan semestinya maka periksa layanan pelanggan Anda saat ini dan buat perubahan yang perlu dilakukan untuk memastikan bahwa usaha dan bisnis Anda memberikan layanan yang lebih baik dari kompetitor yang ada, baik itu melalui investasi dalam pelatihan staf, pembenahan kebijakan pengembalian, atau perbaikan mendasar seperti tanggapan pelanggan atau kotak saran jika ada keluhan pelanggan.

Artikel terkait: Memastikan Layanan Dapat Dilihat Sebagai Solusi Kebutuhan Konsumen

2) Bangun Word of Mouth untuk Bisnis Anda

Promosi dari mulut kemulut (Word of Mouth) adalah promosi yang sangat kuat dan memiliki tingkat tahan lama di pasar. Ketika seseorang memberikan rekomendasi sebuah produk atau jasa maka orang itu telah membangun citra perusahaan Anda. Sering kali sebagian besar konsumen mencari ulasan di internet dari orang-orang yang telah berbelanja produk di perusahaan tertentu sebelum mereka memutuskan untuk memilih barang yang di inginkan, dari sinilah sehingga membangun reputasi yang baik sangat penting bagi kesuksesan bisnis Anda.

Pertanyaannya bagaimana mendapatkan kata positif dari mulut ke mulut? Jawabannya adalah dengan menyediakan pelayanan profesional terbaik diberikan kepada konsumen, membangun dan memantau reputasi baik itu ofline maupun online dengan memberikan nilai tambah yang bermanfaat untuk konsumen.

3) Perluas Usaha Pemasaran Anda

Untuk mendapatkan pelanggan dan konsumen dengan jangkauan yang luas maka pemasaran yang efektif adalah kunci untuk meningkatkan penjualan Anda, promosi dalah satunya dalam promosi ini tentunya membutuhkan biaya tertentu namun untuk mempromosikan bisnis Anda. Ada banyak cara murah untuk memasarkan produk atau jasa Anda misalnya:
  • Mengirimkan promosi dengan faktur Anda.
  • Bergabung dengan organisasi profesional atau bisnis yang sejenis dengan usaha Anda.
  • Menggunakan brosur dengan biaya murah.
  • Memberikan lokakarya atau kelas gratis yang berkaitan dengan produk / layanan Anda.
  • Mengembangkan kemitraan bisnis dan melakukan promosi.
  • Membuat promosi dengan koran, kalender, majalah dll.
  • Membuat Blog atau situs website yang murah bahkan gratis.
  • Menggunakan media sosial untuk promosi bisnis.
  • Dan masih banyak lagi contoh untuk memperluas usaha Anda.
4) Bangun dengan Media Online Website Bisnis dan Media Sosial

Untuk menjangkau konsumen yang lebih luas media online ini sangat efektif untuk meningkatkan penjualan produk dari bisnis yang dijalankan. Sebuah situs web sederhana yang menggambarkan siapa Anda, apa yang Anda lakukan, dan cara menghubungi Anda hal ini sudah cukup untuk mewakili gambaran usaha dan bisnis yang Anda jalankan. Sebuah media online umumnya memiliki beberapa yang perlu di buat misalnya:
  • Logo perusahaan
  • Nama bisnis atau usaha
  • Diskripsi dari produk dan layanan
  • Informasi Kontak
  • Alamat Anda, termasuk link Google Map
  • Misi Anda
  • Testimonial dari pelanggan
Media sosial juga salah satu faktor yang akan menentukan keberhasilan bisnis Anda karena memang bisa langsung menjangkau khalayak luas. Media sosial bisa menjadi cara yang terbaik yang bisa untuk mempromosikan bisnis Anda. Ada cara yang bisa dilakukan untuk promosi di jejaring sosial ini misal Buat Halaman Facebook untuk Bisnis Anda, Tweet Tentang Bisnis Anda di Twitter, dan Pengantar Layanan Jaringan Sosial LinkedIn.

Banyaknya market place saat ini memungkinkan semua orang bisa memanfaatkannya untuk menjual produk atau jasanya di marketplace inilah yang akan memberikan dampak yang cukup besar untuk bisnis Anda. Ada beberapa yang mungkin bisa Anda coba misalnya (Shopee, Lazada, Tokopedia, Bukalapak, Blibli dan lain sebagainnya).

5) Potong Biaya Bisnis dan Minimalkan Biaya Pengeluaran

Manajemen keuangan harus dilakukan untuk memberikan efisiensi biaya semaksimal mungkin juga menghindari biaya-biaya tak terduga yang mungkin akan di temui. Tinjau kembali biaya utama secara teratur dan selalu meminimalisir dari pengeluaran Jadikan pengurangan pengeluaran sebagai bagian dari deskripsi pekerjaan Anda, dan libatkan karyawan Anda untuk ikut serta dalam upaya tersebut.

Baca juga: Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Menciptakan Produk

6) Perbarui Rencana Bisnis Anda

Ketika kita memulai usaha tentu memliki rencana bisnis yang telah dibuat sebelumnya. Rencana bisnis sangat penting bagi bisnis startup karena berbagai alasan, termasuk menguji viabilitas ide bisnis Anda dan mengamankan hutang atau pembiayaan ekuitas yang akan ditemui. Kebanyakan bisnis yang telah mapan dan sukses mereka memperbarui rencana bisnisnya setiap tahun untuk meninjau prestasi (atau kekurangannya) dan memutuskan tujuan atau arahan baru sehingga akan mendapatkan hasil yang terbaik dalam usahannya. Dari sini Anda dapat menentukan cara untuk membuat bisnis Anda lebih menguntungkan dengan meningkatkan penjualan juga bisa mengurangi kerugian atau mengurangi biaya. Jika Anda ingin bisnis Anda menjadi lebih sukses, Anda memerlukan rencana yang baik untuk menuju kesuksesan usaha dan bisnis Anda.

Demikian ulasan tentang cara membuat usaha menjadi lebih sukses semoga artikel ini memberikan informasi yang bermanfaat yang bisa dijadikan referensi usaha Anda, Jika ada kekurangan pada artikel ini saya mohon maaf jika berkenan mau menambahi tinggalkan pendapat atau komentar Anda di bawah ini Terimakasih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Cara Membuat Usaha Kecil Menengah Anda Lebih Sukses"

Post a Comment

JIKA BERMANFAAT SILAHKAN BAGIKAN PENGALAMAN ANDA TERIMA KASIH :) SEMOGA SUKSES