Tips Mengoptimalkan Blog Dengan SEO Untuk Pemula

Mengoptimalkan Blog Dengan SEO Untuk Pemula

Optimisasi mesin pencari atau SEO

Optimisasi SEO tujuan utamanya adalah untuk menarik atau mengarahkan lalu lintas pencarian di mesin pencari utama. Optimasi mesin pencari sangat penting untuk sebuah website atau blog karena memang tujuan utamanya adalah mendapatkan pengunjung. Untuk sebuah website yang bagus harus memiliki rata-rata minimal 75% dari lalu lintas mesin pecari dan juga memiliki lalulintas yang organik secara SEO untuk itu untuk meningkatkannya harus menggunakan alat-alat SEO yang diterapakannya.

Hal ini juga beperan dalam pemasaran yaitu Optimisasi mesin pencari sangat penting untuk memasarkan produk atau jasa yang dimiliki. Ketika Anda mengoptimalkan halaman web, termasuk posting blog, maka akan membuat website lebih terlihat misalnya orang-orang yang mencari kata kunci tertentu yang terkait dengan merek, produk, atau layanan melalui mesin pencari seperti Google maka mesin pencari akan mengarahkan ke situs yang Anda kelola tentunya harus relevan dengan isi konten yang dimiliki. Dalam penggunaan dan penerapan kata kunci ini jangan sampai berlebihan karena bisa membuat konten yang kita bikin semaksimal mungkin malah tidak terbaca oleh mesin pencari karena di anggap spam kata kuci.

Bagaimana Optimalkan SEO dalam konten Blog Anda:

Sebenarnya Google telah menyediakan alat yang bisa kita gunakan dan manfaatkan yaitu dengan riset kata kunci tertentu dengan menggunakan AdWords keyword planner dengan memanfaatkan tool ini maka Anda bisa mendapatkan kata kuci yang akan mengarahkan lalulintas organik ke situs Anda.

Bagi blogger pemula tentunya ingin mendapatkan pengunjung yang maksimal bukan? Nah oleh sebab itu kita jangan sampai salah langkah dalam memaksimalkannya tentu dalam hal ini ada aturan yang baik dan benar yang bisa diterapkan agar anda membuat websait tidak percuma karena sepi pengunjung.

Apa yang pertama yang harus diperhatikan? Yaitu strategi SEO hal ini yang akan memaksimalkan situs Anda di search engine ( mesin pencari ) hal inilah yang nantinya akan menargetkan pemirsa dari mesin pencari ke situs yang Anda miliki.

Artikel terkait: Cara Membuat Meta Tag SEO Friendly Blog Untuk Pemula

Lalu bagaimana cara memulai SEO awal untuk pertama kali saat pertama membuat websait..? Nah ikuti langkah berikut:

1. Riset Kata Kunci dengan Google Adwords

Saat memulai membuat website tentunya kita harus tahu target pemirsa kita terlebih dahulu dengan memperhatikan peluang dan yang berpotensi akan mengunjungi blog kita misalnya dalam bidang hobi, bisnis, internet marketing, teknologi dan lainsebagainya. Dari sini maka kita harus mengetahui terlebih dahulu mencari tahu bagaimana orang mengetik kata kunci tertentu di mesin pencari google untuk mencari informasi yangmereka butuhkan. Seperti yang saya sebutkan diatas maka Anda dapat melakukan riset keywords yang di inginkan dengan menggunakan Google Adwords: Keyword Tools, layanan ini disediakan oleh Google secara gratis dan mudah untuk digunakan oleh siapa saja.

2. Menggunakan Domain Yang Berisi Kata Kunci

Saya bukanlah master SEO atau punya keahlian super di dunia SEO saya juga masih mempelajarinya, namun saya sering memperhatikan beberapa situs juga menerapakan teknik ini internet marketing memang tidak bisa dipastikan namun adakalanya yang tidak pasi itu malah memiliki nilai tambah.

Domain merupakan alasan utama perusahaan-perusahaan besar memilih nama yang sekiranya menggambarkan perusahaanya. Sebenarnya domain itu tidak harus memiliki kata kunci tertentu. Namun dengan menggunakan kata kuci tersebut maka mesin pencari akan lebuh mudah dan mengetahui fokus website yang Anda buat. Misalnya domani yang saya gunakan (gomarketingstrategic.com) di situ ada kata marketing tentunya pembahasan yang saya bahas adalah seputar dunia pemasaran kalau ada yang lain itu adalah pelengkap heheh dan diluar sana juga banyak yang menggunakan seperti itu dengan harapan dapat mudah di ingat dan topik yang sesuai dengan nama tersebut.

Domain yang menggunakan kata kunci sebenarnya tidak berbahaya terpenting konten yang di buat memenuhi kebijakan mesin pencari Google. Untuk memaksimalkan domain ini gunakan nama-nama yang mudah di ingat untuk pemiras sehingga tidak menutup kemungkinan mereka akan berkunjung kembai ke situs yang Anda miliki.

3. Pilihlah Platform blogYang Tepat Untuk Website Anda

Saat ini banyak penyedia platform blog yang bisa Anda gunakan secara gratis. Pada dasarnya tidak masalah menggunakan platform blog apa saja tergantung usaha kita untuk mengelolanya. Ada dua yang memang rekomendasi banget yaitu blogger dengan wordpress yang sangatb familir sekali dengan kita. Sebuah situs yang Google friendly dan user friendly saat ini adalah blogger karena memang ini adalh produk yang terintegrasi dan dimiliki oleh Google untuk pilihan kedua yaitu platform WordPress adalah pilihan terbaik juga untuk bisa kita gunakan. WordPress ini juga memiliki kelebihan yaitu kita dapat menginstal dan menambahkan berbagai plugins yang dapat membantu meningkatkan kegiatan SEO yang berkualitas.

4. Membuat Judul Artikel Yang Baik 

Apa yang dilihat orang saat mmencari informasi di mesin pencari yang pertama kali mereka lihat adalah judul artikel. Ya judul memiliki peran khusus dalam menentukan keberhasilan blog. Dengan kita membuat judul artikel yang baik dan benar bukan tudak mungkin pemirsa akan memilih artikel Anda. Maka usahakan menggunakan judul yang terbaik.

5. Gunakan Plugins SEO

Jika Anda menggunakan platform WordPress maka Anda perlu mengoptimalkan dengan fasilitas yang diberikan olehnya yaitu menginstal plugins pendukung untuk membantu SEO situs atau blog anda. Ada beberapa plugin yang bisa Anda gunakan untuk keperluan ini yang akan membantu SEO website anda adalah:
  • Yoast WP SEO atau All In One SEO Pack
  • Google XML Sitemaps
  • SEO Friendly Images
  • Dan lain-lain (akan dibahas dipostingan berikutnya)

6. Buat Konten Berkualitas

Ada yang bilang konten adalah raja memang ungkapan ini agak sedikit berlebihansih namun kenyataanya memang hal yang paling utama adalah konten artikel yang berkualitas. Ada berbagai pendapat tentang artikel berkualitas itu seperti apa, ada yang bilang artikelnya minimal 300-500 kata per artikel dan ada yang bilang artikelnya minimal 700 kata faktanya ada yang malah kurang dari itu malah mendapatkan tempat di mesin pencari. Saya rasa hal yang terpenting adalah tentang sebuah konten yang original. Untuk itu sebaiknya anda tetap mengupdate website atau blog Anda dengan konten yang original dan menarik bagi pembaca anda. Dengan demikian pemirsa akan merasa menadapatkan manfaat dari artikel yang kita buat.

7. Maksimalkan Pengunjung Dengan Social Media

Siapa sih yang tidak mengenal twitter, facebook, Google plus, dan lain sebagaunya? jejaring sosila memiliki peran yang sangat besar dengan pengguna yang erus meningkat. Dengan berbagi di sosial media bukan tidak mungkin banyak yang akan mengunjungi situs Anda. Social media ini tidak hanya akan membantu SEO website anda, tapi juga akan menambah pengunjung ke website Anda. Terlebih jiaka konten yang kita buat bermanfaat untuk otang lain maka mereka akan senang hati untuk berbagi kepada orang lain juga.

Baca juga: 7 Tips Mendapatkan Trafik Pengunjung Toko Online Dengan Cepat

8. Berkomentar di Blog Orang Lain

Jangan sepelekan dengan komentar ini bisa jadi Anda akan mendapatkan pengunjung melalui komentar ini. Jiaka Anda berkunjung ke website orang lain jangan sungkan untuk memberika pendapat dan saran disini juga bisa mempromosikan tautan Anda yang siapa tau ada tertarik yang kemudian klik untuk ke situs Anda.

9. Kujungu dan Berlangganan di Situs Gomarketingstrategic.com

Hehehe yang satu ini promosi dikit lah gak papa :) artikel-artikel saya mungkin akan memberikan informasi yang bermanfaat jadi jangan lupa kunjingi juga dan baca artikelyang menrik yang telah saya buat.

Demikian pembahasan kali ini tentang Mengoptimalkan Blog Dengan SEO semoga yang sedikit ini memberikan informasi yang bermanfaat jika ada kekurangan saya mohon maaf jika ingin menambahi atau ingin berbagi tips untuk orang lain silahkan berkomentar dibawah ini Terimakasih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Mengoptimalkan Blog Dengan SEO Untuk Pemula"

Post a Comment

JIKA BERMANFAAT SILAHKAN BAGIKAN PENGALAMAN ANDA TERIMA KASIH :) SEMOGA SUKSES