logoblog

15 Keuntungan Berbisnis Online Yang Perlu Anda Coba

Berbisnis Online Yang Perlu Anda Coba

Apakabar warganet dimanapun Anda berada salam sukses untuk kita semua. Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi informasi tentang keuntungan berbisnis online. Semoga artikel ini memberikan manfaat untuk pembaca setia. Langsung saja kita simak pembahasan berikut ini.

Saat ini bisnis online merupakan bisnis dengan potensi dan peluang yang sangat besar. Dengan kemajuan teknologi yang serba canggih dan terus berkembang maka berbisnis bisa dilakukan oleh siapa saja dan dimana saja. Internet memiliki peranan yang sangat penting dalam hal perkembangan bisnis di dunia oleh sebab itu dengan adanya internet ini pelaku bisnis mampu menjangkau pelanggan potensial secara luas. Tak jarang pemula bisa meraup omset juataan rupiah dengan memanfaatkan bisnis ini.

Semakin banyaknya Startup yang terus bermunculan memungkinkan semua orang bisa memanfaatkannya. Juga gencar-gencarnya market place yang terus memberikan fitur unggulan mereka senghingga sangat besar keuntungan dan kemudahan bagi siapa saja. Market place seperti Lazada, Bukalapak, Shopee, Tokopedia, dan lain sebagainya yang bisa digunakan secara gratis oleh penggunanya memungkinkan pemula bahkan yang belum tahu tentang bisnis online ini bisa mudah menggunakannya.

Bisnis online sendiri tidak hanya berjualan produk atau jasa namun juga mencangkup lebih luas seperti contoh berikut ini:

  • Menerbitkan iklan (ads publishing)
  • Membangun list (list building)
  • Menjual produk orang lain dan mendapatkan komisi penjualan (affiliate marketing)
  • Menjual jasa desain grafis (banner, logo)
  • Menulis review dan dibayar (paid review)
  • Membuat membership site (paid subscription membership)
  • Menjual blog yang sudah jadi (blog flipping)
  • Menjual jasa pembuatan website
  • Membuat dan menjual theme / template website
  • Membuat dan menjual plugin / software

Bagaimana apakah Anda tertarik untuk memulai bisnis ini? Nah selanjutnya untuk lebih memahami tentang bisnis online ini Yuk simak kenapa sih bisnis ini layak untuk dikerjakan? Berikut ulasanya:

1). Pengguna internet yang semakin meningkat

Sebagai negara berkembang Indonesia sendiri memiliki pertumbuhan internet yang tergoleng semakin meningkat dari tahun ke tahun dan juga tercatat memiliki pengguna internet yang sangat besar di dunia saat ini. Dari data yang ada bahwa pada tahun 2014 yang lalu telah tercatat kurang lebih mencapai sekitar 71 Juta pengguna internet di Indonesia dan tentun saja pertumbuhan pengguna semakin meningkat dari tahun ke tahun.

Perlu diketahui bahwa mayoritas pengguna internet adalah masyarakat dengan usia produktif yang sebagian besar dari mereka mengakses jejaring sosial seperti Instagram, Facebook, Twitter dan lain sebagainya. Dari sinilah kita bisa melihat adanya peluang yang sangat besar dengan dukungan pengguna media sosial yang semakin meningkat.

2). Memiliki pasar yang terbuka luas

Dengan adanya internet inilah pebisnis dapat menjangkau pelanggan potensial mereka dengan luas dan mudah. Dalam hal ini ketika Anda menjalankan bisnis online dan dukungan internet inilah Anda dapat dengan mudah menawarkan, menjual, dan mempromosikan produk atau jasa yang dimiliki secara luas misalnya dengan di luar kota, luar pulau, bahkan bisa berkomunikasi dengan masyarakat global. Dengan demikian maka peluang mencangkup pasar dan memiliki pangsa pasar yang semakin besar.

3). Mudah dilakukan dan fleksibel

Bisnis tradisional ada banyak yang perlu di perhatikan dan harus benar-benar dipersiapkan secara matang dari segi tempat, konsumen, pesaing, modal dan lain sebagainya yang merupakan pekerjaan yang tidak mudah untuk dilakukan. Namun saat ini dengan semakin berkembangnya teknologi, bisnis semakin mudah dan fleksibel untuk dijalankan. Banyaknya market place yang bisa dimanfaatkan seperti Lazada, Tokopedia, Bukalapak, Shopee, Olx dan lain sebagainya maka tidak perlu memiliki toko atau ruko untuk mendirikan usaha ini cukup modal smartphone dan koneksi internet sudah bisa memiliki toko tanpa modal yang besar bahkan dengan berbisnis online Anda dapat membuka toko selama 24 jam nonstop.

4). Produk yang ditawarkan lebih dikenal secara luas

Jika Anda adalah orang yang aktif di media sosial, komunitas, dan juga forum bisa di manfaatkan untuk promosi produk atau jasa yang dimiliki maka pasar yang akan kamu dapatkan bisa meningkat secara signifikan. Dengan adanya media sosial inilah Anda bisa meningkatkan penjualan dengan jangkauan yang luas karena memang penggunanya yang sangat besar. Dalam hal ini perlu adanya promosi secara konsisten dan perkala sehingga produk yang Anda tawarkan memiliki peminat yang akan mengenal produk Anda.

5). Bisnis online tidak tergantung situasi dan cuaca

Jika pada bisnis tradisional atau secara konvensional, tak jarang pebisnis menemui kendala misalnya situasi dan cuaca yang akan memberikan dampak pada usahanya yang pasti akan mengurangi pendapatan bahkan sampai tidak bisa beroperasi. Lain halnya dengan berbisis secara online ini. Kenapa, karena memang bisnis online ini tidak akan terpengaruh oleh masalah cuaca dan situasi yang ada sehingga tidak akan mengganggu operasional usaha mereka. Sebagai pengusaha online, kamu tidak perlu menutup toko di saat situasi banjir atau tidak perlu bermacet-macetan untuk datang ke toko.

6). Bisnis online sangat praktis dan fleksibel

Ketika Anda mendirikan usaha konvensional maka tentu membutuhkan beberapa hal seperti keterampilan dalam bidangnya, menyewa lahan atau bangunan, membayar pajak ini itu, membutuhkan marketing. Namun hal ini berbeda dengan sebuah bisnis online yang memang hanya membutuhkan biaya yang lebih terjangkau. Misalnya jika usaha konvensional membutuhkan gudang di toko maka hal ini bisa memanfaatkan rumah sebagai tempat sekalian berjualan dirumah karena bisnis online ini tidak membutuhkan tempat untuk usaha.

7). Tidak dibatasi oleh akses dan juga lokasi

Dengan adanya Internet inilah Anda bisa menjangkau pelanggan potensial secara luas bahkan bisa mencangkup ke seluruh dunia. Artinya, saat memulai berbisnis online, kamu tidak akan dibatasi oleh sebuah jam buka atau tutup toko. Bisnis yang kamu jalankan bisa diakses dari mana saja dan dapat buka selama 24 jam nonstop setiap hari dan sepanjang tahun.

8). Biaya Investasi awal yang berbiaya rendah

Setiap usaha pasti membutuhkan modal dan investasi. Nah disini saat memilih bisnis online ini tentu memiliki biaya yang terjangkau biasanya lebih rendah dibandingkan dengan biaya yang harus dikeluarkan oleh bisnis konvensional. Dalam mendirikan bisnis online ini sebenarnya hanya membutuhkan teknologi yang sederhana sudah cukup untuk memulai dan memiliki bisnis ini selain itu dalam mengoperasikan bisnis online lebih murah. Sebenarnya bisnis ini banyak cabangnya tergantung minat yang Anda akan pilih misalnya berjualan online, menjadi publisher iklan, bisnis afiliasai, dan lain sebagainya.

9). Informasi dapat lebih mudah tersampaikan ke pelanggan

Marketing promosi zaman dulu sangat memakan waktu agar informasi dapat tersampaikan kepada pelanggan potensial. Bahkan perusahaan membutuhkan waktu berhari-hari untuk bisa mengantarkan informasi terkini berkaitan dengan produk dan jasa mereka kepada pelanggan.Namun saat ini dengan perkembangan teknologi yang pesat memungkinkan semua orang bisa bertukar informasi dengan sangat cepat. Hal inilah yang bisa dimanfaatkan oleh pelaku usaha untuk menawarkan produk atau jasanya kepada pelanggan dengan cepat pula.

10). Dukungan pelangagan yang lebih baik

Banyaknya media sosial memungkinkan pelaku usaha dapat jangkauan pelanggn yang luas. Bahakan memungkinkan pelanggan dapat berinteraksi secara langsung dengan perusahaan. Para pelanggan tidak akan kesulitan untuk bisa menghubungi perusahaan sebab telah ada dukungan email dan juga software live chat yang bisa memberikan kemudahan dalam berkomunikasi. Sat ada pelanggan yang mengalami kesulitan para pelanggan tidak perlu repot-repot untuk datang ke toko fisik untuk kosnultasi. Bahkan dengan adanya market place yang ada pelanggan tidak perlu datang ke toko untuk membeli produk, sebab mereka dapat dengan mudah memilih produk yang akan dibeli hanya dengan sekali sentuh lewat layar smartphone.

11). Biaya operasional yang rendah

Inilah yang membedakan antara bisnis online dengan konvensional yaitu masalah biaya oprasional. Ketika bisnis konvensional membutuhkan biaya sepeti uang sewa gedung, tagihan listrik, tagihan air, biaya keamanan dan lain sebagainya, maka tidak demikian dengan bisnis online yang lebih efektif kamu lakukan dibandingkan harus menjalankan perusahaan fisik. Bantuan teknologi yang ada akan membuat kamu lebih mudah menangani setiap biaya-biaya, manajemen persediaan, pembayaran, pengiriman, promosi dan lain sebagainya. Misalnya kita butuh promosi produk atau jasa kita nah pasti akan membutuhkan orang yang menyebarkan seperti brosur dll, maka dengan teknologi yang ada akan lebih efektif dibandingkan harus mempekerjakan 10 orang hanya untuk membagikan selebaran promosi ke banyak orang.

12). Strategi pemasaran yang lebih disukai pelanggan

Dengan kemajuan di bidang media sosial dan mesin pencarian membuat banyak sekali pemilik bisnis lebih mudah dan juga lebih efektif mempromosikan bisnis online mereka. Berbagai platform seperti melakukan iklan di media sosial dan email marketing bisa digunakan oleh pelaku bisnis online untuk mempromosikan bisnis kepada para pelanggan.

13). Sebuah bisnis yang masih tetap relevan untuk dijalankan

Kebutuhan akan internet masyarakat saat ini telah merubah kebiasaan mereka bahkan telah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat di dunia. Dengan demikian peluang yang ada akan terus tumbuh sampai kapan pun. Agar bisnis online yang kamu jalankan tetap relevan maka dibutuhkan sebuah konten yang menarik dan diterbitkan secara konsisten.

14). Jangkauan global

Dengan adanya internet inilah jangkauan pelanggan potensial sangat luas bahkan hingga global. Dari internet inilah misal Anda ingin membeli produk dari cina atau negara lain maka dengan mudah membelinya melalui internet sama halnya orang luar negeri ingin membeli produk kita maka kita bisa melayani penjualan sampai belahan dunia manapun. Saat ini dukungan ekspedisi juga sudah bisa menjangkau global maka dengan demikian bisnis online ini memiliki keuntunagn yang lebih besar.

15). Keuntungan yang lebih besar

Yang terakhir adalah keuntungan, siapa yang tidak mau untung dalam berbinis, ya siapapun tak terkecuali menginginkan keuntungan yang besar, maka dengan berbisnis online ini peluang untuk mendapatkan keuntungan semakin besar. Ada banyak sekali keuntungan lainyang bisa Anda dapatkan mulai dari biaya operasional yang lebih efektif, luasnya pasar yang bisa dijangkau, dan juga kemudahan transaksi yang bisa didapatkan oleh para pelanggan maka dengan keuntungan yamh lebih besar dapat diperoleh.

Dalam binsis online ini perlu diperhatikan adalah konsisten dalam usaha ini. Setiap usaha pasti memiliki kegagalan namun pada dasarnya konsep kegegalan itu tidaklah ada yang ada hanya belajar atau sukses.

Sekian pembahasan kali ini tentang Berbisnis Online Yang Perlu Anda Coba. Semoga informasi di atas dapat menginspirasi kamu semua untuk mau memulai berbisnis secara online dan memanfaatkan dengan baik segala kemudahan teknologi yang ada. Semoga artikel yang sedikit ini memberikan informasi yang bermanfaat untuk Anda. Jika ada kekurangan saya mohon maaf jika berkenan mau menambahi atau ingin berbagi dengan pengujung yang lain silahkan berkomentar di bawah ini Terimakasih salam sukses untuk kita semua.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "15 Keuntungan Berbisnis Online Yang Perlu Anda Coba"

Post a Comment

KOMENTAR KALIAN SANGAT BERARTI UNTUK SAYA. TERIMA KASIH :)