logoblog

4 Alasan Kenapa Bisnis Online Bisa Gagal


Halo warganet dimanapun Anda berada, berjumpa kembali dengan saya salam sukses untuk kita semua. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang bisnis online semoga artikel ini memberikan manfaat untuk Anda semua. Untuk lebih jelasnya simak yang berikut ini.

Terus berkembangnya teknologi dan dukungan Internet saat ini telah menawarkan banyak manfaat dan kegunaan salah satunya adalah dalam hal peluang bisnis yang menguntungkan, kita lihat banyaknya market place seperti Tokopedia, Lazada, Shopee, Bukalapak dan lain sebagainya telah membuka peluang usaha yang besar untuk siapa saja dalam berbisnis online ini tentu sudah banyak orang yang telah sukses dan membuktikan bahwa bisnis online memang sangat menjanjikan. Namun demikian di balik kesuksesan  orang-orang pasti masih ada yang Tapi merasa gagal dalam bisnis online mengapa demikian?

Pada dasarnya kegagalan itu biasa ditemui dan terjadi pada siapa saja. Dalam bidang apapun itu pasti ada kendala dan hambatan sehingga orang tersebut belum berhasil mendapatkan kesuksesan, tak terkecuali begitu juga termasuk berbisnis online. Pada saat puncak terkenalnya bisnis online di Indonesia, ternyata banyak yang tertarik untuk terjun ke bisnis online ini dan mereka langsung mencobanya dengan harapan mendapatkan keuntungan yang besar. Namun tak jarang banyak juga yang seiring menemui kesulitan dan gagal dalam membangun bisnis online mereka.

Sebenarnya jika kita mencari informasi tentang bisnis di internet sangat mudah temukan melalui pencarian Google dan banyak sumber yang membahas tentang ini untuk di pelajaran. Lantas yang jadi pertannyaan adalah, kenapa masih banyak orang yang belum dalam usaha dan bisnis online ini, dan apa sih sebenarnya penyebabnya sehingga bisa demikian?

Saya telah memperhatikan dalam bisnis ini, setidaknya ada empat hal yang biasanya menjadi penyebab utama kenapa banyak orang belum berhasil dalam bisnis online. Nah berikut ulasannya:

1). Penyebab Utama: Tidak Konsisten dan Berhenti di Tengah Jalan

Semua hal memang mbutuhkan ketekunan dan konsistensi untuk mencapai keberhasilan. Ketika seseorang sudah memiliki tekad untuk mencapai sesuatu maka tekad dan ketekunan itulah yang akan membawanya ke arah kesuksesan. Seseorang jika masih belum menyerah tidak bisa dikatakan gagal karena memang dalam proses menuju kesuksesan tersebut. Pada dasarnya konsep kegagalan itu tidak ada yang Ada belajar atau sukses.

Mang benar banyak yang beranggapan Banyak bahwa bisnis online itu mudah dan tidak membutuhkan modal besar cukup internet dan gadgets yang dimiliki, namun demikian tetap saja dalam menjalankan usaha online pasti akan ada banyak tantangan yang akan dihadapi olah pebisnis tersebut. Bahkan sering kali Ketika ketika hasil tidak sesuai dengan harapan semangat mereka menjadi kendor. Karena memang hal Ini pasti akan selalu di jumpai oleh para pebisnis online.

Orang yang Salah mau mencoba pasti akan berhasil namun orang yang tidak pernah mencoba pasti gagal. Sebenarnya tantangan terbesar muncul dari diri kita sendiri dalam berbisnis internet yaitu:  rasa malas, kurang komitmen, dan mudah menyerah. Ketika seseorang menyerah, maka pada saat itulah dia tidak akan mencapai tujuannya yaitu sukses.

Saya sudah gagal berkali-kali dalam hidup saya dan itulah mengapa saya sukses – Michael Jordan

2). Tidak Fokus Menjalankan Bisnis Online

Maksud dari kurang fokus ini bukan karena pengaruh dari luar, misalnya tetangga nagih hutang atau pacar sering telpon walau bisa jadi sih hehe. Maksud saya adalah kita sering mindir dengan kesuksesan orang lain dan malah mudah tergoda dengan penghasilan orang lain yang sudah sukses duluan.

Yang kita butuhkan sebenarnya fokus po ada bidang yang kita sukai dan dirasa mampu kita kembangkan. Misalnya kita terjun di bidang periklanan (publisher) maka ya dalami bagaimana menjadi publisher yang sukses.

Tak jarang rata-rata pebisnis online pemula yang baru memulai itu terlalu sering jenuh dan mendalami berbagi macam bidang. Hal inilah penyebab mereka tidak bisa fokus dan menguasai satu jenis bisnis online.

Misalnya saja seseorang baru mulai belajar jualan online nah lalu ada temannya yang sudah berbisnis melalui Google Adsense dan berpenghasilan yang cukup bahkan sukses. Nah yang pemula ini malah tertarik dan ‘banting stir’ terjun ke bisnis Google Adsense.  Belum selesai tentang tutorial Google Adsense, si pemula tersebut malah pindah lagi ke yang lain dan begitulah seterusnya.

Sebenarnya belajar itu tidak salah juga sih tentang tentang bisnis online. Namun, ada baiknya fokus kembangkan satu jenis bisnis online yang dirasa mampu kita kembangkan dan maksimal kan kedepannya. Untuk itu ttentukan dan pertimbangkan terlebih Lalu dahulu bisnis mana yang sesuai minat. Perlu di ingat belajar dan praktek itu juga butuh waktu tidak langsung semudah membalikkan telapak tangan dalam waktu singkat ikuti alur dan prosesnya dengan senang hati itulah yang di maksud belajar atau sukses.

3). Kurang Praktek tapi Banyak Mengeluh

Seringkali pemula itu dikit-dikit ngeluh inilah itulah tidak ada habisnya. Baru saja mulai usahanya ada kendala dan masala langsung mengeluh. Semua hal pasti ada tantangannya begitu juga bisnis online pasti ada kekurangan dan Kelebihan nya, namun demikian tujuannya adalah kita sedang membangun bisnis jangka panjang. Jadi usahakan jangan mudah mengeluh begitu saja.

Saya buat contohnya: ada seorang blogger pemula yang ingin sukses di bidang tersebut. Namun belum tahu dunia blogging itu seperti apa. Seseorang tersebut pun tidak kurang suka menulis. Nah apakah orang itu tidak bisa menjadi seorang blogger yang sukses? Tentu saja bisa walaupun tidak suka menulis namun dengan mencoba menulis hal-hal sederhana seperti hobi dia, sesuatu hal yang di suka mudah bukan.
Kadang baru mulai udah mengeluh ini itu padahal banyak alternative yang bisa dilakukan. Apapun jika tidak memiliki motivasi untuk melakukan ya percuma tidak akan pernah memulai apa yang ingin di lakukan.

4). Kurang Memahami Bisnis Online yang Sedang Dijalankan

Memang bisnus online itu menawarkan banyak hal untuk bisa sukses. Kendati demikian belum tentu orang tersebut menjadi sukses. Memang ada banyak sekali cara mendapatkan uang dari internet entah itu berjualan, menawarkan jasa, menjadi publisher dan lain sebagainya, namun belum tentu bisa menjadi bisnis jangka panjang.

Ada juga pemula yang menganggap semakin banyak jenis bisnis online yang dijalankan maka uangnya pun akan semakin besar. Mereka terlalu cepat menyimpulkan tentang sebuah bisnis tanpa memahaminya secara keseluruhan. Dan ketika itu terjadi, maka ini menjadi peluang besar untuk mengalami kegagalan dalam usahanya.

Tidak harus menjadi ahli agar bisa berhasil menjalankan bisnis online cukup memahaminya dan tahu cara kerjanya dan menjalankannya juga bagaimana cara memaksimalkannya untuk mendapatkan hasil yang di inginkan. Dengan demikian kita akan bisa menemukan strategi dan menentukan langkah apa yang paling sesuai dengan jenis bisnis online yang dijalankan tersebut.

Demikian artikel ini tentang beberapa hal penyebab para pemula gagal dalam bisnis online. Semoga memberikan informasi yang bermanfaat untuk pembaca. Jika ada kekurangan saya mohon maaf jika ingin menambahi atau sekedar berbagi informasi dengan pengunjung yang lain silahkan berkomentar di bawah ini Terimakasih salam sukses untuk kita semua.

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "4 Alasan Kenapa Bisnis Online Bisa Gagal"

  1. Betull bangett gan..penyebab gagalnya dalam berbisnis itu karena tidak konsisten

    Saya juga dulu pernah merasakan kayak gtu,tapi sekarang udh sadar kalau tidak konsisten itu kebiasaan yang jelek :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setiap orang pasti pernah mengalaminyabahkan saya sendiri juga kadang tidak konsisten namun jika niat sudah kuat maka hal tersebut akan terasa ringan.

      Terimakasih Sodara "Cahyo Prasetyo" semoga bermanfaat

      Delete

KOMENTAR KALIAN SANGAT BERARTI UNTUK SAYA. TERIMA KASIH :)