Loading...

Dec 9, 2017

Lakukan Ping Blog Untuk Menaikan Pengunjung dan Traffic

Ping Blog Untuk Menaikan Pengunjung dan Traffic

Saat kita membuat blog tentu ingin mendapatkan pengunjung yang banyak bukan? Pasti itu tak terkecuali. Banyak yang harus dilakukan dalam mengelola blog ini salah satunya ping blog agar situs kita dapat ter-index dan dikenali oleh berbagai mesin pencari. Sebagai blogger baik itu pemula maupun yang sudah lama dalam menekuni dunia blogging ini tentunya sudah tidak asing kita mendengar tentang ping ini. Nah ping blog ini adalah sebuah tool yang bisa kita gunakan untuk mendukung blog kita supaya mempercepat ter-indeks di mesin pencari, dengan memanggil url dari  blog yang Anda kelola biasanya ping blog ini dipakai saat kita membuat sebuah artikel dan telah mempostingnya kemudian kita sebagai blogger melakukan ping blog untuk artikel terbarunya tersebut. Tujuannya adalah supaya artikel yang baru saja kita tulis tadi cepat tersebar dengan mudah secara online dan ter-indeks oleh mesin pencari secara otomatis.

Ping Blog Untuk Menaikan Pengunjung dan Traffic

Biar lebih jelas tentang ping ini mari kita sekilas bahas tentangnya. Apasih sebenarnya yang dimaksud ping ini? Ping sendiri memiliki artian memanggil. Lalu apa yang di panggil tersebut? Yaitu memanggil URL dari artikel kita ke mesin pencari untuk menjelajahi situs blog kita atau konten yang ada dalam situs blog kita tujuannya adalah agar mudah ter-indeks oleh mesin-mesin pencari di internet. Manfaat dari ping ini tidak hanya supaya mudah ter-indeks namun juga memiliki tujuan lain yaitu tentang SEO yang akan mengoptimasi blog kita, istilah kerennya disebut SEO (Search Engine Optimization). Nah Salah satu faktor yang bisa menjadikan SEO blog kita naik dan memiliki peingkat adalah dengan teknik ping-blog ini.

Artikel terkait: Daftar Ping Blog Gratis Untuk Mendapatkan Index di Search Engine

Bagaimana Cara Memanfaatkan Tool Ping Blog tersebut? Berikut lebih jelasnya:

Dengan menggunakan Tool ping-blog ini maka link dari artikel atau konten kita akan secara otomatis tersebar ke berbagai mesin pencari (search engine) di internet. Dalam penggunaanya pun sangat mudah dan cepat kita hanya mengisi form yang sudah disediakan seperti judul, home page, url dan lain sebagainya, biasanya yang mudah adalah seperti ini :
  • Kolom Blog Name (isi dengan nama blog, contohnya: gomarketingstrategic),
  • Blog Home page (isi dengan alamat blog, contohnya: http://www.gomarketingstrategic.com),
  • RSS URL (opsional) : isikan url feed blog (feedburner) Hanya optional,
  • Email (isikan alamat email sobat jika ada).
Sama halnya dengan ping tool yang lain dalam penggunaanya tinggal mengisi kolom yang disediakan.

Contoh berikut ini saya menggunakan pingomatic. 

Ping Blog pingomatic Menaikan Pengunjung dan Traffic

(Catatan : Home page blog, Kalau saya isi dengan url link tiap artikel yang akan saya panggil biar lebih spesifik, jika sobat memiliki URL RSS silahan dimasukkan (optional saja)).

Seprti contoh diatas setelah mengisikan kolom yang tersedia di bawahnya ada pilihan checkbox yang perlu di centang fungsinya adalah dari daftar tersebut untuk menginformasikan alamat situsnya akan di publish kemana, untuk itu saran saya adalah di centang all semua. Setelah selesai maka kita tinggal pilih klik submit, dan tunggu beberapa saat mesin tool ping berproses sampai selesai biasanya cepat prosesnya. Bagaimana mudah bukan mengoprasikanya? Mudah sekali.

Biasanya dalam penggunaan ping ini ada batasanya misalnya pingomatic kalau tidak salah 3-4 link URL yang bisa di panggil per harinya jika berlebih akan ada peringatan batasan penggunaan. Untuk itu dalam penggunaan tool ping blog ini saya sarankan jangan melakukan ping blog secara berlebihan, Ini akan berakibat negatif pada blog sobat karena nanti akan dianggap spaming/spam oleh mesin pencari. Gunakan sewajarnya dan secukupnya satu kali sebenarnya sudah cukup dan aman. Untuk itu manfaatkan sehari sekali supaya maksimal terutama bagi blogger pemula yang baru memiliki artikel sedikit, melakukan ping blog ini akan membantu blog sobat memiliki tempat di mesin pencari dan cepat terindeks.

Berikut Daftar Situs-situs Penyedia Layanan Ping Blog

Sebenarnya situs penyedia jasa tool ping blog ini sudah banyak tinggal kita pilih yang sekiranya cocok dengan selera kita dan memang di internet sudah banyak selain pingomatic. Tujuannya memang untuk cepat terindex oleh mesin pencari seperti Google. Maka Google sendiri juga sudah menyediakan fasilitas ini yang bisa kita  manfaatkan.

Misal kita menggunakan ping dari google untuk melakukan ping blog ada dua cara yaitu: ping google secara otomatis, dan ping google secara manual.

Nah untuk lebih jelasnya saya akan membagikan daftar situs penyedia ping blog sebagai berikut:
  1. Pingomatic
  2. Google.Com/addurl
  3. Google.Co.Id/ping
  4. GooglePing
  5. Pingler
  6. Total Ping
  7. Blog Pinger
  8. PingMyUrl
  9. Auto Pinger
  10. Ping Orange

Silahkan sobat cari ping tool tersebut maka akan langung menemukanya. Kalau dari saya gunakan  Pingomatic dan Google namun jika ingin menggunakan yang lain sebenarnya sama saja fungsi dan manfaatnya silahkan pilih sesuka kalian.

Kemudian dengan adanya Search Console Webmaster Tool dari google sebenarnya sekarang sangat cepat terindex namun demikian tidak ada salahnya dalam penggunaan tool ping ini sebagai pendukung. Maka dari itu pentingnya setiap kali kita buat artikel, link URL artikel tersebut kita daftarkan ke Google, Bing, Yahoo dan lainnya supaya ramah terhadap mesin pencari.

Baca juga: 10 Cara Mendatangkan Trafik Blog atau Website Anda

Perlu di ingat teknik, ping-blog bukan berarti bisa membuat artikel sobat bisa muncul pada peringkat atas dan bertengger di halaman pertama Google, Akan tapi fungsi tool ini lebih ke memperkenalkan artikel atau konten yang sobat-sobat miliki ke mesin pencari. Jika ingin mendapatkan peringkat di mesin pencari yang paling utama adalah konten yang berkualitas juga sobat aktif dalam membuat artikel walaupun tidak maksimal asal banyak saya yakin seiring berjalannya waktu artikel sobat akan saling terkait satu sama yang lain dan membentuk SEO tersendiri juga akan banyak yang mengunjungi, percaya atau tidak blog yang sobat kelola bisa mendapatkan tempat dan peringkat sehingga bertengger di halaman pertama Google Aamiin.

Ingat saran saya jangan terlalu sering memanggil atau menggunakan ping tool ini, nanti dianggap spam sama mesin pencari, lakukan ping blog sewajarnya saja.

Sekian pembahasan kali ini Semoga daftar situs ping blog tersebut dapat bermanfaat bagi sobat blogger sekalian untuk mengoptimasi blog sobat. Jika ada kekurangan saya mohon maaf jika berkenan mau menambahi atau ingin berbagi dengan pengujung yang lain silahkan berkomentar di bawah ini Terimakasih salam sukses untuk kita semua.
Previous Post
Next Post

post written by:

2 comments:

  1. Ping artikel memang sangat di perlukan seorang blogger, sebab dengan adanya ping dapat memberitahukan mesin perayap bahwa artikel atau blog kita telah terupdate

    Benar sekali kata agan, ping memang sangat dibutuhkan, saya juga butuh, kebetulan di artikel agan saya sangat suka sekali :D

    Jadi kalau ada artikel terbaru saya selalu mampir, entah itu tips bisnis dan dunia blogging

    so,berkarya terus ya gan... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar sekali sebagai blogger tentunya kita harus aktif menggunakan tool-tool yang telah di sediaka untuk mendukung blog yang kita kelola.

      Terimakasih sodara CAHYO PRASETYO saya sangat mengapresiasi komentar Anda.

      Delete

JIKA BERMANFAAT SILAHKAN BAGIKAN PENGALAMAN ANDA DAN MAAF JIKA LINK AKTIF TIDAK AKAN TAMPIL. TERIMA KASIH :) SEMOGA SUKSES