Peluang Usaha Gudeg Istimewa Kuliner Khas Jogjakarta

Peluang Usaha Gudeg Istimewa Kuliner Khas Jogjakarta

Peluang Usaha Gudeg Yogyakarta

Selain Yogyakarta istimewa masakan kulinernya pun juga istimewa. Sajian khas dari kota Jogja Istimewa ini memang tak mengecewakan bagi penikmat dan petualang kuliner. Bagi para pelancong yang berkunjung ke Jogja jangan sampai melewatkan makanan ini karena dijamin ketagihan dan membuat Anda ingin menikmati salah satu masakan khasnya. Jika anda datang ke Yogyakarta tak lengkap rasanya sebelum menikmati cita rasa kuliner kota ini yaitu Gudeg. Ya Gudeg adalah makanan kuliner khas Jogjakarta yang dulunya adalah masakan bangsawan namun sekarang bisa dinikmati oleh seiapa saja masakan ini juga sudah terkenal sejak zaman dahulu.

Warisan cita rasa gudeg hingga kini masih terlestarikan. Rasa Gudeg yang manis dan gurih menjadikan makanan ini banyak peminatnya baik dari mancanegara hingga masyarakat lokal yang ingin berwisata kuliner di kota ini. Dari sinilah kita bisa melihat peluang usaha yang sangat besar yang siapa saja bisa sukses jika ingin terjun ke bisnis kuliner yang satu ini.

Jika Anda memilih untuk terjun langsung dalam usaha gudeg khas jogjakarta ini memang menjadi suatu pilihan yang tepat sebagai peluang usaha yang menjanjikan. Dari segi pasar masakan ini tidak akan ada matinya dan akan terus bertahan karena memang peminatnya yang terusa ada. Rasa gudeg yang amat popular ini lah yang akan menarik perhatian pecinta kuliner untuk menikmati olahan ini dengan kelezatnya tentu apabila terjun langsung dalam menekuni bisnis dan usaha tersebut besar kemungkinan akan memiliki profit yang sangat menguntungkan. Selain itu peluang usaha gudeg memang terbuka untuk siapa saja yang ingin memulainya. 

Gudeg asli khas Jogja ini berbahan dasar nangka muda namun saat ini banyak inovasi yang telah di kembangkan oleh pelaku usaha lain seperti Gudeg kering, Gudeg basah dan Gudeg manggar. Gudeg basah biasanya dimasak dengan gula jawa sehingga rasa nangka muda yang menjadi bahan dasar membuat gudeg terasa manis.

Artikel terkait: Peluang Usaha Nasi Goreng Masakkan Kas Indonesia

Berikut Resep Dasar Membuat Gudeg Istimewa :

Sebelum membuat masakan ini dibutuhkan bahan-bahan berikut ini
  • 1 butir santan kelapa
  • 1/2 kg daging ayam
  • Nangka muda secukupnya, dipotong kecil-kecil dulu atau potong kasar
  • 3 butir telur ayam, rebus lalu kupas kulitnya
  • 3 lembar daun jati
Jika semua sudah siap maka mari ke tahap selanjutnya
Bumbu-Bumbu Halus Yang digunakan untuk membuat Gudeg istimewa :
  • 1/2 sendok ketumbar
  • 8 siung bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • Garam dan Penyedap secukupnya
  • 10 biji kemiri
  • 2 sdm gula merah
  • 2 lembar daun salam (jangan dihaluskan)
  • 1 ruas lengkuas (jangan dihaluskan)
  • Terasi secukupnya
Cara Membuat Gudeg istimewa Jogja
  1. Pertama rebus nangka berbarengan dengan daun jati agar nangka berwarna kemerahan dan cepat lunak, lalu tiriskan
  2. Masukkan bumbu halus kedalam panci yang berisi nangka, masukkan ayam dan santan separuh saja
  3. Terakhir masukkan telur dan tambahkan santannya lagi, lengkuas dan salam, masak hingga santannya habis
  4. Nah santai dulu karena sayur gudeg harus diinapkan 1 malam dalam kuali supaya bumbu meresap kedalam ayam, telor dan nangka. kalau sudah 1 malam masakan ini sudah selesai dan siap disajikan dan disantap.
Bagaimana memulai usaha gudeg jogjakarta ini? Berikut ulasanya.

Ketika ingin memlai bisnis gudeg khas Jogja ini, pelaku usaha dan bisnis tentunya harus memiliki modal terlebih dahulu sebagai persiapan awal. Namun tidak perlu bingung dan khawatir karena pelaku bisnis gudeg ini tidak membutuhkan modal usaha yang terlalu besar untuk memulainya. Namun demikian Anda harus mempersiapkan beberapa persiapan yang perlu di lakukan supaya bisnis yang di jalannkan bisa berjalan dengan semestinya.

1). Mengumpulkan berbagai informasi terkait dengan bisnis makanan khas jogja ini.

Dalam memulai usaha tentunya kita harus menganalisis terlebh dahulu faktor-faktor pendukung seperti resep makanan yang baik dan istimewa, berapa modal yang dibutuhkan, berapa harga yang ada di pasaran saat ini, pesaing yang ada, dan lain sebagainya. Dengan mengumpulkan informasi tersebut maka Anda bisa menilai langkah apa yang bisa di ambil untuk memaksimalkan usaha Anda.

2). Mempersiapkan perlengkapan dan peralatan yang dibutuhkan.

Untuk memulai usaha tentu harus di persiapkan juga masalah perlengkapan pendukung seperti alat-alat masak, meja kursi peralatan makan, kemasan kardus dan lain sebagainya.

3). Memilih lokasi berjualan yang strategis.

Lokasi adalah hal yang perlu di perhatikan karena ini menyangkut kesuksesan bisnis Anda, saat Anda memilih tempat yang sesuai dan tepat bukan tidak mungkin pengunjung akan ramai untuk mencicipi gudeg yang Anda jual. Meskipun bisnis makanan gudeg khas Jogja ini bisa di jual di depan ruko atau sebagainya namun alangkah baiknya menentukan lokasi berjualan yang ramai dan sering dilewati oleh orang misalnya saja, pasar, perkantoran dan lain sebagainya ini akan membuat usaha Anda akan ramai pembeli.
4). Rasa dan cara penyajian produk harus dengan baik.

Faktor utama dari masakan adalah tentang kualitas rasa dari masakan tersebut. Untuk bisa mendapatkan kualitas rasa yang tetap terjaga maka usahakan memilih bahan baku yang segar untuk menjaga agar kualitas produk Gudeg Anda tetap terjamin. Jika Anda mampu menjaga kualitas rasa dari gudeg tersebut maka saya yakin pelanggan Anda akan menjadi pelanggan yang setia.

Hambatan dan kendala yang mugkin ditemui

Apapun usahanya pasti akan menemui hambatan yang bisa saja di jumpai hal yang sama juga akan di jumpai pada usaha dan bisnis gudeg khas Jogja ini. Namun demikian resiko yang mungkin di temui pada bisnis makanan gudeg ini dapat dikatakan cukup sedang dan aman untuk terus di kerjakan. Biasanya bisnis makanan memiliki resiko yaitu apabila dagangan gudeg tidak laku terjual. Oleh karena itu penting untuk memilih tempat yang ramai tadi. Usahakan memilih lokasi yang benar-benar strategis agar orang mudah mengetahui bahwa Anda menjual gudeg dengan rasa yang enak.

Bianis makanan biasanya juga memiliki kendala dalam hal bahan baku misalnya kenaikan harga bahan baku, seperti harga bahan ayam, telur dan bahan pelengkap gudeg lainnya. Untuk mengatasi hambatan tersebut, Anda sebagai pelaku bisnis harus memperhitungkan dengan benar berapa banyak makanan yang dibuat dalam sehari untuk setiap kali jual, hal ini akan meminimalisir jualan yang tidak habis terjual.

Baca juga: Usaha Jajanan Anak Sekolah Modal Kecil

Demikian pembahasan kali ini tentang Peluang Usaha Gudeg Istimewa khas Jogja yang sederhana tapi menguntungkan jos gandos. Dalam penyajian gudeg jogja  cukup mudah tinggal ditambah dengan sambal goreng serta krecek dan sambal sebagai pelengkap. Sekian selamat mencoba peluang usaha gudeg jogja cita rasa indonesia ini. Semoga artikel ini memberikan informasi yang bermanfaat untuk Anda. Jika ada kekurangan saya mohon maaf jika berkenan mau menambahi atau ingin berbagi dengan pengujung yang lain silahkan berkomentar di bawah ini Terimakasih salam sukses untuk kita semua.

Subscribe to receive free email updates:

4 Responses to "Peluang Usaha Gudeg Istimewa Kuliner Khas Jogjakarta"

  1. Wahh..resepnya memang sederhana :)
    Gudeg jogja memang lezat,apalagi di kota saya masakan yang satu ini cukup familiar

    Penggemarnya juga banyak sekali, termasuk saya sendiri hehehe :D

    Izin share ke fb dlu ya gan, siapa tau teman aku ada yang berminat menggeluti usaha ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih atas partisipasinya semoga bermanfaat untuk Anda dan pengunjung lain.

      Delete
    2. Sama-sama agan
      semoga blognya bisa sukses ya

      Oh iya..bolehkah agan luangkan waktu 1 menit untuk cek email

      Delete
    3. Ok sudah saya kunjungi. Terimakasih

      Delete

JIKA BERMANFAAT SILAHKAN BAGIKAN PENGALAMAN ANDA TERIMA KASIH :) SEMOGA SUKSES