8 Cara Meningkatkan Peringkat Google Website Anda (SEO)

Cara Meningkatkan Peringkat Google

Meningkatkan Peringkat Google

Mesin pencari seprti Goolge talah memiliki algoritma sendiri dalam membertikan peringkat pada sebuah situs atau konte. Selain itu mesin pencari Googlemereka memakai berbagai macam cara dan metode dalam penentuan peringkat situs atau halaman dengan menilai mana saja yang akan di tampilkannya terlebih dahulu di hasil pencarian. Rumus yang digunakan dalam algoritma tersebut memang menjadi rahasia namun bukan berarti kita tidak bisa mengoptimalkan website kita, ada beberapa hal yang dapat di lakukan untuk meningkatkan rangking di hasil pencarian Google. Istilah untuk ini adalah Search Engine Optimization atau SEO.

Tidak peduli upaya apa saja yang telah Anda lakukan untuk membuat semaksimal mungkin namun tidak ada jaminan dan tidak ada skema cepat untuk mendapatkan peringkat pertama hasil pencarian. Jika ada seseorang yang bisa menjanjikan hasil yang cepat dalam mendapatkan peringkat Google, bisa jadi itu mungkin tipuan. Ynag paling penting adalah pastikan Anda membuat situs yang ingin banyak di kunjungi oleh pemirsa Anda bahwa konten yang Anda tuliskan adalah di tunjukkan untuk manusia ingin membacanya bukan untuk mesin atau robot.

Mengapa banyak orang berlomba-lomba mengiingikan peringkat satu di hasil pencaria? Menurut sebuah studi oleh Infront Webworks, halaman pertama Google menerima 95 persen lalu lintas web, dengan halaman berikutnya menerima 5 persen dari total lalu lintas yang akan terus berkurang setiap rangkingnya, jadi semakin tinggi peringkat maka semakin tinggi pula kesempatan mendapatkan visitor yang tinggi.

Banyak cara yang dilakukan oleh webmaster untuk mendapatkan peringkat ini bahkan cara curang bisa dilakukan namun jika Anda menggunakan cara yang curang bukan tidak mungkin situs Anda akan segera tenggelam dan cepat atau lambat Google akan mengetahuinya dan mengubah formula dan algoritma mereka yang akan terus berkembang setiap saat.

Google sendiri akan memberikan performa terbaik mereka dalam hal pencarian dengan memberi pengguna hasil terbaik untuk penelusuran mereka dengan menggunakan faktor peringkat Google dalam kueri yang ditentukan harus lebih baik. Dalam hal ini Google dan mesin pencari telah mengembangkan algoritma canggih yang memungkinkan seluruh hasil pencari memiliki kualitas yang terbaik untuk pemirsanya dan mereka terus mengembangkan berbagai faktor untuk meningkatkan peringkat Google ini. Tujuannya adalah untuk memberikan hasil dengan cepat yang memiliki jawaban atas pertanyaan pengguna.

Artikel terkait: Daftar Cara Meningkatkan Trafik Blog Yang Sederhana

Perlu di ingat bahwa kualitas konten adalah syarat dasar yang harus Anda jadikan landasan dalam membuat artikel yang berkualiatas dan meamstikan bahwa pengguna atau pemirsa Anda merasa puas dengan hasil yang ditampilakn tersebut. Artikel yang berkualitas ini adalah salah satu bagian penting yang memungkinkan halaman web memposisikan dirinya dengan baik untuk kunci pencarian tertentu.

Nah kita sebagi webmaster tentu ingin mendapatkan peringkat satu di halaman pencarian. Dibawah ini mengulas faktor peringkat Google untuk mendapatkan posisi yang lebih baik. Berikut 8 Cara Meningkatkan Peringkat Situs Anda (SEO):

1). Publikasikan Konten yang Relevan dan Berkualitas

Bagian terpenting dari website adalah pada kontennya yaitu seberapa berkualitas yang dimiliki. Dari konten yang berkualitas inilah yang akan membawa ke peringkat teratas mesin pencari dan memang sekali berada di puncak maka biasanya akan bertahan lama dan sulit untuk menggeser peringkat tersebut kecuali ada pengganti konten yang lebih bagus. Konten berkualitas yang dibuat khusus untuk pengguna yang diinginkan akan meningkatkan lalu lintas situs, yang meningkatkan otoritas dan relevansi situs Anda.

Dalam hal ini yang perlu dilakukan adalah mengidentifikasi frase kata kunci untuk setiap halaman Anda. Frase kata kunci adalah kata-kata yang menurut Anda memiliki kemungkinan besar pembaca akan mencari informasi tertentu dengan susunan kata yang sesuai dengan kata kunci yang Anda masukkan pada konten halaman Anda. Misal kata kunci "bisnis online" maka pikirkan tentang bagaimana pembaca bisa menemukan dan mencari halaman spesifik Anda sebagai contoh gunakan (dengan ungkapan seperti "bisnis online sukses," "bisnis online modal kecil", atau "keuntungan bisnis online" dan lain sebagainya ). Kemudian, ulangi frasa ini di beberapa tempat seperti sekali di paragraf pembuka dan penutup contohnya "Ini adalah artikel tentang X, Y, atau Z." Namun tolong perhatikan dalam penempatanya jangan sampai berlebihan, dan jangan membuatnya terlihat tidak alami. Jika terlau berlebihan dalam penggunaan kata kunci ini maka akan terlihat spammy yang akan mengakibatkan hal negative pada konten yang Anda buat.

Jangan lupa untuk menggunakan huruf tebal, miring, tag judul, dan tag penekanan lainnya untuk menyorot frasa kata kunci, namun jangan berlebihan.

Sekali lagi, intinya ketika kita membuat sebuah artikel maka kita tunjukkan layaknya kita berbicara seperti manusia dan hanya menggunakan kata-kata yang paling mungkin digunakan manusia saat mencari halaman tentang topik Anda. Memberitahu orang tentang apa yang akan mereka baca sangat membantu. Jangan pernah mengorbankan tulisan yang bagus Anda untuk SEO yang berlebihan. Halaman terbaik ditulis untuk pengguna, bukan untuk mesin pencari.

2). Update Content secara teratur

Dalam mengelola sebuah situs atau website adalah yang paling penting adalah seberapa kaya konten yang dimiliki. Google juga akan mempertimbangkan hal ini karena akan berpengaruh pada kualitas situs tersebut. Alsanya mesin pencari akan merayapi dan datang setiap saat robot ini akan datang ke situs Anda dan akan mengumpulkan data apakah ada konten terbaru atau tidak jika ada maka dia akan menyimpan informasi tersebut dalam database- nya mesin pencari. Konten yang diperbarui secara rutin dipandang sebagai salah satu indikator terbaik dari relevansi situs, jadi pastikan untuk memberikan konten Anda tetap segar.

Baca juga: Menggunakan Long Tail Keywords Pada Judul Posting Blog

 3). Metadata

Coba perhatikan pada bagian kode HTML situs web Anda biasanya setiap halaman berisi spasi di antara tag <head> di bagian tersebut adalah bagian yang bisa Anda gunakan untuk memasukkan metadata, atau informasi tentang konten halaman Anda. Di bagian tersebut bisa kita tambahkan informasi yang dibutuhkan untuk mengoptimalkan kinerja situs kita seperti:
  •    Title Metadata
Judul metadata ini berfungsi sebagai judul halaman yang nantinya akan ditampilkan di bagian atas jendela browser. Bagian ini adalah metadata penting yang juga termasuk teknik SEO yang perlu ada di laman Anda. Bagi mereka yang memiliki situs web CMS, tim web telah mengembangkan sistem otomatis untuk membuat judul meta untuk setiap halaman web tersebut, namun demikian bukan tidak mungkin masih ada yang belum melengkapinya.
  •     Description Metadata
Deskripsi metadata adalah deskripsi tekstual yang akan digunakan browser dalam hasil pencarian halaman Anda. Anggap saja itu sebagai sekilas, cuplikan, atau deskripsi ringkas yang akan mewakili seluruh isi dari situs Anda. Meta diskripsi ini juga berfungsi untuk tujuan mendorong orang bisa tertarik untuk membaca konten yang Anda miliki.
  •     Keyword Metadata
Metadata kata kunci adalah frase pencarian yang orang ketik saat mereka ingin menemukan halaman Anda. Anda ingin memasukkan berbagai frase. Namun sekali lagi jangan memaksakan menambah kata kuci yang berlebihan: jika ini dilakukan biasanya akan berdampak pada diabaikanya konten Anda. Sebagai aturan umum, cobalah menyimpannya menjadi sekitar 6-8 frasa dengan setiap frase yang terdiri dari 1-4 kata. Contoh bagusnya adalah "Belajar SEO pemula."

 4). Punya situs link-layak

Biasanya sebuah artikel-artikel website profesional memiliki tautan yang akan mendorong pemirsa untuk juga menge-klik tautan tersebut, misalnya dengan menambahkan saran (baca juga, artikel terkait, klik di sini dan lain sebagainya). Kemudian dalam penerapanya fokuslah pada pembuatan tautan yang relevan di dalam teks atau isi artikel tersebut. Gunakan tautan yang memiliki judul yang relevan sebagi contoh: artikel yang di buat membahas tentang SEO maka sarankan pembaca untuk mengikuti tautan yang Anda berikan dengan judul artikel yang membahas tenta itu juga, hal ini akan memberikan nilai tambah yang kaya dengan kata kunci dan akan meningkatkan peringkat mesin telusur Anda serta peringkat halaman yang Anda tautkan.

 5). Gunakan alt tags

Konten yang berkualitas adalah konten yang disebut kaya maksudnya adalah memiliki kelengkapan seperti gambar,
media visual dan video, diagram, dan lain sebagainya. Disini bisa di optimalkan dengan menambahkan deskripsi menggunakan tag alt, atau deskripsi teks alternatif. Mesin pencari akan membaca deskripsi yang di isikan pada bagian alt tags tersebut untuk menemukan laman Anda, yang sangat penting-terutama bagi mereka yang hanya menggunakan peramban teks saja.

6). Pengalaman pengguna

Kinerja situs juga memiliki peran penting dalam memberikan peringkat pencarian. Hal ini menandakan bahwa sebuah situs yang memiliki performa dan kinerja yang baik akan memiliki kesempatan dalam untuk medapatkan peringkat halaman pertama pencarian.

Google sendiri sebenarnya lebih menyukai situs yang memiliki kecepatan dan kinerja yang sangat baik. Untuk itu memiliki website yang responsif (yaitu mampu menyesuaikan diri dengan perangkat yang digunakan untuk menavigasi).

Dalam kategori ini, sebagai contoh jika kita mendapati bahwa ketika kita membuka sebuah situs namun ketika di buka memiliki akses dan loading yang lama maka apa yang akan Anda lakukan jika menjumpai yang demikian pasti akan segera menutup situs tersebut sebelum terbuka sepenuhnya. Masalah teknis inilah yang menyebabkan menurunnya kinerja situs tersebut. Karena memang situs sulit di akses maka banyak yang meninggalkan dan beralih ke situs yang lain. Untuk mengetahui seberapa cepat loading website Anda bisa menggunakan tool yang disediakan secara gratis misalnya dengan PageSpeed ​​Insights , yang dikembangkan oleh Google sendiri, Gtmatrix dan lain sebagainya, kemudian analisis apa saja yang menyebabkan kinerja website itu lambat dan perbaiki secara maksimal sehingga mendapatkan performa yang baik pada website tersebut.

7). Crawlability

Ini berhubungan dengan Index status webmaster karena Google dapat mengindeks laman situs Anda dengan cara terbaik, penting untuk memastikan kontennya mudah dijelajahi oleh perayapnya.

Untuk mengoptimalkan perayapan ini maka pastikan bahwa penataan halaman situs secara baik dan tertata rapi, dengan menggunakan tag HTML yang paling tepat, navigasi yang baik, halaman responsif dan lain sebagainya. Google mentukai situs yang memiliki kualitas baik dalam memberikan pengalaman pembaca. Jadi usahakan diatus sedemikian rupa agar mendapatkan kinerja yang maksimal dalam perayapan.

Baca juga:  Pengertian Google Webmaster Tool dan Manfaatnya Bagi Blog

8). Keaslian

Originalitas dan keaslian sebuah konten adalah prioritas yang website harus miliki. Konten yang unik dan berkualitas inilah yang paling di sukai oleh Google. Selain itu dengan konten yang original maka Anda akan terhindar dari berbagai pelanggaran seperti duplikat konten, copyright, dan pelanggaran kebijakan yang lainnya. Maka dari itu kita harus mengunggah konten yang memang memiliki kualitas dan keaslian.
Cara terbaik untuk meningkatkan PageRank Anda adalah memiliki konten berkualitas yang ingin dihubungkan kepada orang lain.
Sekian pembahasan kali ini tentang Cara Meningkatkan Peringkat Google Website. Semoga artikel yang sedikit ini memberikan informasi yang bermanfaat untuk Anda. Jika ada kekurangan saya mohon maaf jika berkenan mau menambahi atau ingin berbagi dengan pengunjung yang lain silahkan berkomentar di bawah ini Terimakasih salam sukses untuk kita semua.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "8 Cara Meningkatkan Peringkat Google Website Anda (SEO)"

Post a Comment

JIKA BERMANFAAT SILAHKAN BAGIKAN PENGALAMAN ANDA TERIMA KASIH :) SEMOGA SUKSES