Loading...

Jan 25, 2018

9 Rahasia Pembuatan Keputusan Bisnis yang Hebat

Rahasia Pembuatan Keputusan yang Hebat

Sebagai pemiliki bisnis atau usaha tentu sering kali dihadapkan dengan sebuah keputusan yang akan berpengaruh pada bisnsinya. Walaupun itu sebuah keputusan yang kecil namun bisa jadi akan berdampak yang lebih besar nantinya pada perusahaan yang dipimpin. Dalam hal ini seorang pemimpin akan sering dihadapkan pada keputusan yang memerlukan keputusan yang fisioner dan dengan kepala jernih. Tak jarang jika ada saatnya dalam mengambil keputusan akan dihadapkan beberapa kendala yang mungkin saja di temui seperti dalam keadaan tertekan, belum memiliki ide, terkendala atau kesulitan dalam mengambil keputusan mana yang terbaik. Oleh karena itu Anda perlu mengembangkan proses yang tepat untuk membuat keputusan sulit tersebut menjadi tepat dan benar.

Cara Pembuatan Keputusan Bisnis yang Hebat

Pengambilan keputusan yang baik atau benar diperlukan agar bisnis yang dijalankan bisa berjalan secara produktif dan efisien. Membuat keputusan yang tepat adalah seperangkat keterampilan yang perlu dikembangkan seperti yang lain. Sebagai pemimpin yang selalu bekerja dengan stakeholder yang ada bahkan setiap hari, maka pastilah penting untuk memiliki pandangan jauh kedepan yang akan membuat perubahan semakin baik untuk perusahaannya. Namun demikian tidak semua pemimpin diciptakan memiliki ketrampilan dan kompetensi dalam pengambilan keputusan, karena mereka memiliki ciri atau karakter masing-masing dari tiap pemimpin yang akan membedakan satu sama yang lain. Tidak ada yang akan menguji ketajaman kepemimpinan Anda lebih dari kemampuan Anda untuk membuat keputusan.

Anda tidak bisa memisahkan kepemimpinan dari keputusan, karena suka atau tidak, hubungan mereka tidak dapat dipisahkan. Dengan kata lain dari pilihan dan keputusan seorang pemimpin ini dapat memiliki dampak yang besar ketika keputusan yang diambil adalah tepat maka akan mendorong seluruh kegiatan perusahaan akan berjalan dengan baik akan melangkah kedepan dan sebaliknya.

Bahkan baik di tempat kerja atau dalam kehidupan pribadi Anda, membuat keputusan yang tepat sangat penting bagi Anda untuk menjadi sukses dan bahagia. Hal ini perlu mempelajari strategi yang berbeda untuk meningkatkan kemampuan pengambilan keputusan yang dapat membuat semuanya tampak lebih mudah dikelola.

Artikel terkait: Anda Pengusaha Pemula Hindari Kesalahan Fatal ini

Jadi, apa rahasia membuat keputusan yang besar?

1). Jangan tergesa-gesa dalam pengambilan keputusan

Untuk mengambil keputusan yang besar maka terlebih dahulu untuk meluangkan waktu dan memikirkan keputusan yang akan di buat tersebut. Jika mengambil keputusan dengan cepat bahkan terkesan tergesa-gesa maka hal ini bisa mengakibatkan kesalahan yang sangat merugikan nantinya. Pertimbangkan apa saja kemungkinan-kemungkinan terbaik dan terburuk yang akan terjadi jika keputusan telah ditetapkan. Meski demikian tidak harus sampai menggunakan analisis SWOT secara penuh untuk megetahui seluk beluknya cukup menggunakan daftar atau catatan pro dan kontra yang dapat mempermudah penimbangan hasil keputusan Anda dan memprioritaskan keputusan mana yang harus dibuat terlebih dahulu.

Karena memang setiap keputusan mungkin saja akan memiliki hasil yang berbeda dan tidak dapat diprediksi, namun demikan Anda perlu untuk mengantisipasi hasil tersebut yang dapat membantu Anda mengevaluasi apakah ada kemungkinan hasil yang didapatkan apakah sudah sesuai dengan risikonya atau tidak. Perlu di ingat bahwa setiap rencana tidak semua terbebas dari resiko dan rintangan tak terduga, oleh karenanya membuat rencana alternatif adalah pilihan yang baik "bagaimana-jika" untuk setiap pilihan Anda.

2). Meminta nasihat

Memang benar Anda adalah seorang pemimpin atau bosnya namun bukan berarti tidak bisa meminta bantuan. Baik itu relasi bisnis atau rekan di bidang yang sama, karyawan,  teman yang Anda percaya, kerabat, atau keluarga Anda sendiri. Karena setiap orang memiliki cara pandang masing-masing maka Anda bisa mengumpulkan informasi yang cukup dari mereka bahkan mungkin saja mereka dapat meilhat ketika berada dalam situasi yang sama dan apa yang akan mereka lakukan secara berbeda dengan solusi yang berfariasi.

Berikan konteks kepada orang-orang yang Anda minta sarannya. Biarkan mereka mengetahui rincian keputusan yang harus Anda buat, dan tanyakan beberapa kebijakan yang Anda miliki mengenai pilihan itu. Dan tentu saja, selalu ucapkan terima kasih atas waktu dan bantuan mereka.

3). Praktek mendengarkan secara aktif

Berkaitan dengan poin kedua tadi secara garis besar karena Anda meminta saran dari orang lain maka perlu untuk menjadi pendengar aktif. Kunci dari keputusan yang bagus adalah memiliki semua fakta. Dan itu mengharuskan Anda mendengarkan orang-orang yang memberikan fakta. Untuk menjadi pendengar aktif perlu untuk mendisiplinkan diri dalam beberapa hal misalnya, diamkan telepon Anda dan atau matikan notifikasi yang ada untuk lebih fokus pada pembicaraan dan saran orang lain. Hanya dengan mendengarkan secara aktif Anda akan mendapatkan gambaran yang lebih jelas tentang apa yang sedang terjadi dan dapat membuat keputusan yang lebih baik.

4). Biarkan otak Anda memerintah hati Anda

Bahkan bisa jadi Anda akan mendapati pilihan sulit yang harus dibuat setiap saat. Maka penting untuk menjaga emosional untuk tetap tenang dan bijak dalam proses pengambilan keputusan Anda. Biasanya hal ini berkaitan dengan keputusan Sumber Daya Manusia misal karyawan yang Anda miliki. Sebagai contoh Anda memiliki karyawan yang telah bersama perusahaan sejak awal berdirinya, kemudia karyawan tersebut melakukan hal yang kurang baik wajar jika Anda merasa berkewajiban terhadap orang itu untuk mengaturnya. Tapi kewajiban itu bisa membahayakan bisnis Anda. Disinilah peran hati nurani Anda akan memiliki dampak yang positif jika mengambil keputusan yang bijak namun tidak membuat karyawan loyal Anda merasa terganggu dan tertekan.

5). Hitung sampai sepuluh ambil nafas dan rilexkan pikiran

Ketika dibutuhkan keputusan yang mendadak atau seketika, ambilah nafasa dan hembuskan hitung sampai 10 detik sebelum bereaksi. Memang cara ini tidak cukup untuk menimbang pro dan kontra atau meminta bantuan orang lain. Akan tetapi cara ini untuk membantu Anda untuk sedikit lebih tenang dan bisa memunculkan pemikiran yang jernih untuk membuat keputusan yang rasional.

6). Kembali ke rencana bisnis Anda

Anda membuat rencana bisnis, rencana operasi dan rencana pemasaran dengan alasan yang akan digunakan nantinya. Setiap rencana Anda harus menguraikan nilai inti dan visi Anda. Jalankan keputusan Anda melalui rencana tersebut dan lihat apakah sudah sesuai dan tepat.

7). Pertimbangkan waktu

Ingat dalam pengambilan keputusan Anda tidak harus memiliki jawaban ya atau tidak. Ini mungkin sesuai dengan nilai dan visi bisnis Anda, tetapi Anda mungkin tidak memiliki pembiayaan, tenaga kerja atau kapasitas untuk mencapai tujuan. Jadi, parkirlah untuk lain waktu dan guanakn waktu secara efektif.

Sekarang setelah Anda mempertimbangkan dengan seksama setiap sudut masalah dan berkonsultasi dengan sumber terpercaya, terapkan pilihan Anda berdasarkan batas waktu yang telah Anda tetapkan.

8). Pantau hasil dari rencana yang dibuat

Setiap kali Anda dihadapkan pada keputusan besar dalam bisnis Anda, buat catatan dengan siapa Anda berbicara, dari mana asal data, dll. Kemudian, pada saat Anda menghadapi situasi yang sama, Anda akan dapat menggunakan taktik, orang, atau informasi ini lagi.

Evaluasi sumber referensi dan masukan yang ada dan pahami trade-off dari setiap pilihan. Memiliki gagasan yang jelas tentang apa yang mungkin terjadi, baik dan buruk, dapat membantu Anda membuat keputusan yang lebih tepat.

9). Berkomitmen untuk Keputusan Anda

Dalam pengambilan keputusan yang paling penting dan ini adalah kunci pengambilan keputusan yang besar adalah komitmen itu sendiri. Jangan sampai ketika keputusan sudah dibuat namun malah dibatalkan tanpa adanya kejelasan sehingga akan membuat dampak negatif pada seluruh kegiatan perusahaan. Untuk itu dalam pengambilan keputusan dan menetapkanya harus sudah matang yang akan dijadikan acuan bagi jalanya kegiatan dalam perusahaan tersebut. Jika Anda merasa perlu memulai ulang proses evaluasi, Anda akan memiliki lebih banyak informasi untuk menilai situasinya. Membuat keputusan yang tepat dapat membantu Anda mencapai kesuksesan yang Anda inginkan baik dalam bisnis maupun kehidupan pribadi Anda.

Baca juga:  Pengertian Standar Operasional Prosedur (SOP) dan Manfaatnya
Cobalah untuk memahami situasi secara penuh dan sedini mungkin sebelum membuat keputusan. Bicaralah kepada siapa saja yang mungkin tahu lebih banyak tentang sesuatu daripada Anda untuk memahaminya sepenuhnya, dan jangan takut untuk mengajukan pertanyaan.
Sekian pembahasan kali ini tentang Pembuatan Keputusan Bisnis yang Hebat. Semoga artikel yang sedikit ini memberikan informasi yang bermanfaat untuk Anda. Jika ada kekurangan saya mohon maaf jika berkenan mau menambahi atau ingin berbagi dengan pengunjung yang lain silahkan berkomentar di bawah ini Terimakasih salam sukses untuk kita semua.
Previous Post
Next Post

post written by:

0 komentar:

JIKA BERMANFAAT SILAHKAN BAGIKAN PENGALAMAN ANDA DAN MAAF JIKA LINK AKTIF TIDAK AKAN TAMPIL. TERIMA KASIH :) SEMOGA SUKSES