Loading...

Jan 22, 2018

Mungkinkah Memulai Usaha dengan Budget Minim?

Memulai Usaha dengan Budget Minim

Siapa yang tidak ingin memiliki usaha dan bisnis yang sukses? Setiap orang pasti menginginkannya. Lalu apa itu pengertian bisnis sendiri? Yaitu dalam ilmu ekonomi, bisnis adalah kegiatan untuk menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba. Terkadang untuk memulai usaha itu membutuhkan modal yang besar bahkan sampai jutaan rupiah. Namun siapa bilang membuka usaha harus punya modal ratusan juta? Ada banyak peluang usaha dan bisnis terbaru dan terlaris yang dapat Anda jalankan dengan modal yang minim. Apakah Anda termasuk yang ingin memulai usaha namun belum memiliki modal atau bahkan tidak ada uang sama sekali?. Terkadang faktor inilah yang sering menjadi kendala pengusaha pemula untuk memulai usahanya dan tak jarang mereka justru takut untuk menjadi wirausaha.

Memulai Usaha dengan Budget Minim

Untuk memulai sebuah usaha, sebenarnya tidak harus langsung membuka usaha yang besar dan modal yang besar pula, akan tetapi bisa membangun bisnis yang dimulai dari skala kecil. Saat ini telah banyak alternatif peluang usaha dengan modal kecil yang menjanjikan bahkan dengan modal di bawah 1 juta pun bisa memulainya.

Harapan kebanyakan orang pasti ingin mendapatkan keuntungan yang sebesar-besarnya. Dalam konsep bisnis, hal yang terpenting adalah adanya pemasukan dari proses jual-beli baik berupa produk maupun berupa jasa. Dengan adanya bantuan internet dan smartphone yang kita miliki pun sudah bisa dimanfaatkan untuk berbisnis misalnya bisnis online gratis, menjadi dropshiper, dan masih banyak peluang usaha online yang bisa di gali dan di kerjakan oleh siapa saja modalnya hanya handphone dan internet.

Banyak bisnis yang menjanjikan yang bisa di kerjakan bahkan dengan modal yang kecil misalnya saja usaha ternak, usaha makanan, dan lain sebagainya yang memang terbilang hanya membutuhkan modal kecil dan memiliki keuntungan yang cukup besar.

Artikel terkait: Mungkinkah Bisnis Tanpa Modal dengan Untung Besar?

Usaha skala kecil yang dimaksudkan adalah usaha yang dibangun dengan investasi dana yang kecil. Yang dimaksud kecil disini memang relatif tergantung dari pemaknaan masing-masing karena memang setiap orang berbeda-beda sesuai dengan kapasitasnya. Namun demikian mungkin banyak orang yang meragukannya usaha dengan modal kecil atau budget minim tapi masih bisa memberikan keuntungan yang besar. Lalu bagaimana cara membangun bisnis dengan modal kecil, ini ada beberapa tips-tips yang bisa Anda dicoba sebagai berikut :

1). Menjadi orang yang realistis

Dalam memulai usaha perlu adanya business plan, persiapan dan strategi yang matang sebelum terjun langsung ke dalam bisnis yang akan di jalankan. Pelajari dahulu seperti apa bisnisnya dan juga rencanakan sejauh mungkin bisnisnya akan berjalan seperti apa. Untuk itu cobalah berfikir secara realistis saat akan memulai usaha yang akan di bangun. Jangan sampai bisnis yang di bangun tersebut hanyalah angan-angan semata tanpa mengetahui resiko dan kemungkinan-kemungkinan yang akan di temui nantinya. Agar bisnis dan usahanya berjalan lancar maka perlu difikirkan secara logis sehingga bisnis itu bisa berhasil dan lancer kedepanya.

2). Jangan mengeksploitasi diri berlebih

Dengan modal kecil atau budget minim saat membuka usaha tentunya kita belum bisa merekrut karyawan untuk membantu kinerja usaha yang di jalankan dan biasanya memang dikerjakan perorangan atau sendiri. Dengan demikina kita pasti membutuhkan energi, pikiran, waktu yang akan terkuras dalam menjalankan usaha atau bisnis tersebut.

Meski demikian kita tentunya harus bisa membagi waktu namun tidak mengganggu pekerjaan tersebut. Saat mengurus usaha yang baru dirintis tak jarang membuat diri sendiri bekerja terlalu keras sehingga melupakan kesehatan dan kepentingan pribadi lainnya.Untuk itu membagi waktu sangat diperlukan agar bisa berjalan dengan semestinya.

3). Mencari partner dan relasi bisnis

Sebuah bisnis itu melibatkan banyak orang misal pemasok, marketing dan lain sebagainya. Karena memang kegiatan bisnis memiliki resiko yang ketika kita salah mengambil keputusan dan langkah maka bisa jadi kerugian yang akan didapatkan. Maka dari itu kita membutuhkan partner kerja yang bisa dipercaya untuk membantu dan mempermudah pekerjaan Anda.

Apalagi bagi anda yang masih awam terkait kegiatan bisnis. Seorang partner bisa membantu mengurangi beban pikiran dan beban kerja, bisa jadi keuntungan yang didapatkan akan menjadi lebih besar.

4). Mengetahui modal awal bisnis

Nah modal ini adalah bagian penting dalam memulai bisnis jadi sebelum memulai usaha dan bisnis, sebaiknya perlu adanya perencanaan keuangan seberapa besar fiansial yang dimiliki dan juga harus mengetahui pembiayaan-pembiayaan yang akan dikeluarkan pada bisnis tersebut, seperti sewa tempat, gaji karyawan, listrik, pembelian bahan baku, dan lain sebagainya. Oleh karena itu anda bisa mengetahui dengan jelas biaya wajib modal bisnis yang akan dibutuhkan dalam bisnis yang Anda jalankan.

5). Merekrut karyawan yang loyal

Karena kegiatan bisnis yang besar itu melibatkan banyak orang yang akan terlibat didalamnya, maka dari itu banyak yang akan melakukan perkerjaanya dalam bidangnya masing-masing. Jangan sampai ketika merekrut karyawan malah berbanding terbaik dengan seberapa besar bisnis tersebut. Usahakan dalam merekrut karyawan harus sesuai kebutuhan, penempatan dan fungsinya yang akan lebih efektif dan efisien dalam melakukan tugasnya. Jangan merekrut karyawan yang tidak membantu dalam kinerja bisnis, atau bahkan dapat merugikan bisnis anda.

Baca juga:  Pelayanan Prima Toko Online Setelah Penjualan (After Sales)

6). Pelayanan prima melayani konsumen dengan baik

Untuk mendapatkan kepuasan pelanggan atau konsuman maka pelayanan prima perlu dilakukan.
Meskipun anda mempunyai produk yang bagus, tetapi cara pelayanannya buruk, maka Anda akan kesulitan dalam mencari konsumen. Oleh karena itu pelayanan menjadi penting dalam proses hubungan dengan konsumen. Ajari karyawan Anda tentang bagaimana melayani konsumen dengan ramah seperti 3S (salam, senyum, sapa).

Sekian pembahasan kali ini tentang Memulai Usaha dengan modal kecil. Semoga artikel yang sedikit ini memberikan informasi yang bermanfaat untuk Anda. Jika ada kekurangan saya mohon maaf jika berkenan mau menambahi atau ingin berbagi dengan pengunjung yang lain silahkan berkomentar di bawah ini Terimakasih salam sukses untuk kita semua.
Previous Post
Next Post

post written by:

0 komentar:

JIKA BERMANFAAT SILAHKAN BAGIKAN PENGALAMAN ANDA DAN MAAF JIKA LINK AKTIF TIDAK AKAN TAMPIL. TERIMA KASIH :) SEMOGA SUKSES