Loading...

Jan 21, 2018

Anda Pengusaha Pemula Hindari Kesalahan Fatal ini

Pengusaha Pemula Hindari Kesalahan Fatal ini

Sebagai pengusaha pemula tentu banyak kendala dan kesulitan dalam merintis usahanya. Bahkan ketika hendak membuka usahanya pasti akan menjumpai yang namanya tantangan, rintangan, dan juga hambatan yang menghadang di depan hal ini wajar karena setiap pengusaha sukses terlebih dahulu akan merasakanya sebelum mencapai sebuah kesuksesan bisnis. Namun demikian kesuksesan dalam bisnis merupakan hak semua pelaku usahanya. Yang terpenting adalah tetap konsisten dan fokus dalam menjalankan bisnis tersebut.

Kesalahan Fatal yang perlu dihindari oleh pengusaha pemula

Dlam hal ini kita tentu tidak ingin mendapatkan kegagalan dalam usaha yang kita jalankan. Sebenarnya sudah banyak tips dan trik usaha yang bisa Anda jadikan referensi untuk mencapai kesuksesan bisnsi yang Anda kerjakan. Nah disini saya akan berbagi tentang Kesalahan Fatal yang perlu dihindari oleh pengusaha pemula dan ini memang sering dihadapi oleh mereka berikut lebih jelasnya:

1). Belum ada perencanaan dan Asal Action.

Ketika memulai suatu usaha atau bisnis tentu perlu memiliki perencanaan atau business plan yang matang terlebih dahulu. Selain itu ide bisnis juga harus sesuai dengan apa yang akan menjadi tujuan utama, jangan sampai asal-asalan dalam membuatnya. Kemudian untuk memulai bisnis yang sukses perlu adanya strategi, persiapan yang matang, menganalisis lingkungan, dan lain sebagainya untuk mengindari kegagalan yang mungkin akan di temui nantinya juga akan meminimalisir resiko dan tantangan yang di hadapi kedepan. Namun jika bisnis yang dirintis memang dilakukan secara asal-asalan maka bukan tidak mungkin masalah-masalah akan timbul dan resiko itu sangat besar sehingga mental dan fisik tidak siap menanggung kegagalan. Oleh sebab itu perlu persiapan yang matang terlebih dahulu.

2). Hanya ikut-ikutan orang lain.

Ini juga sering dilakukan kebanyakan pebisnis pemula yaitu ikut-ikutan bisnis yang lagi booming atau tren namun tidak mengetahui secara pasti kelamahan dan kekurangan dari bisnis tersebu, hal ini mungkin saja akan menemui kendala nantinya. Bisnis yang lagi booming biasanya memiliki masa tertentu jika kita tidak bisa memprediksi kapan berada di puncak dan kapan akan di tinggalkan konsumen maka akan sulit untuk mendapatkan keuntungan dan kesuksesan. Kemudain pengusaha pemula jika terjun di bisnis yang ketika lagi booming maka untuk kemungkinan bisa terus bertahan sangat rendah persentasinya. Hal ini dikarenakan belum mengetahui pengetahuan atas bisnis tersebut dan bagaimana cara bertahan dari persaingan yang ada. Sehingga banyak yang memilih bisnis yang lagi booming dan ikut-ikutan akan mengalami kendala dan kesulitan bahkan bisa gulung tikar nantinya.

Artikel terkait: 5 Karakteristik Umum Dari Pengusaha Sukses Yang Harus Anda Miliki

3). Gampang percaya sama orang yang belum dikenal.

Sebuah bisnis tentunya penting untuk memiliki jaringan dan mitra usaha. Bahkan untuk membangun relasi itu sangat di butuhkan dalam bisnis. Namun perlu di perhatikan dalam memilih relasi bisnis ini seringkli ada teman baru yang belum cukup lama kenal dan menawarkan ini itu yang bisa jadi akan memicu seseorang untuk masuk dalam jebakan penipuan. Dalam hal ini kita harus berhati-hati untuk memilah mana yang bisa dijadikan relasi bisnis dan mana yang hanya menguntungkan dirinya sendiri. Pada dasarnya mitra bisnis atau relasi akan memberikan keuntungan bersama yaitu win win solution untung sama untung. Nmun demikian tidak menutup kemungkinan jika kita tidak waspada ada investor yang mengajukan agunan tertentu dan kita tidak berhati-hati dalam mengambil keputusan maka bisa jadi akan merugikan kita nantinya. Berhati-hatilah untuk percaya pada teman baru.

4). Ingin cepat sukses tanpa proses. 

Siapa yang tidak ingin segera sukses dalam bisnisnya? Ya benar siapa saja pasti ingin segera sukses. Namun bisnis itu memerlukan proses yang bahkan cukup panjang yang harus dilalui. Setiap proses bisnis akan menjadikan kesuksesan yang akan dicapai layaknya sebuah titian tali yang harus dilalui, apabila tergesa-gesa dan tidak sabar melaluinya maka jika hanya menginginkan kesuksesan dengan cepat tanpa proses akan berdampak pada hasil akhir yang akan dicapainya bahkan bisa saja akan terjatuh. Sangat mustahil ketika membuka bisnis dan langsung merasakan kesuksesan tanpa adanya kerja keras. Ikutilah prosesnya dan lalui step by step langkah demi langkah maka kesusesan bisnis akan mudah dicapai.

5). Gaya hidup yang berlebihan. 

Biasanya seorang pengusaha yang baru saja mendapatkan keuntungan dari usahanya mereka tidak sadar untuk membeli ini itu tanpa memikirkan bisnis kedepannya. Jangan sampai terlena dalam hasil yang telah didpatkan tersebut. Ketika bisnis masih pada level start up, maka yang perlu dilakukan adalah memanfaatkan finansial dengan sebaik mungkin untuk mengembangkan bisnisnya agar lebih berhasil, gunakan uang tersebut untuk mengembangkan bisnis yang dijalankan, bukan untuk berfoya-foya atau banyak gaya yang akan merugikan bisnis dan diri Anda sendiri.

6). Gampang meminjam uang. 

Biasanya pengusaha pemula akan bertanya seputar modal yang didapatkanya. Memang benar modal adalah salah satu bagian untuk membangun usaha dan berhutang tidak ada yang salah ketika ingin memulai atau meningkatkan bisnisnya. Namun perlu di perhatikan bagaimana kemampuan finansial dan bagaimana mengatur uang tesebut sebaik-baiknya. Inilah yang yang perlu di hindari yaitu ketika seorang pengusaha pemula lebih condong terus menghutang, secara tidak langsung bunga yang tertumpuk akan semakin tinggi. Jikalau bisnis berjalan lancar, maka itu merupakan keuntungan. Dan apabila bisnis tidak lancar, hal yang akan terjadi yaitu kebangkrutan.

7). Tidak tahu menahu tentang Finansial. 

Sebagai pengusaha dalam hal mengelola fiansial ini memang penting tentunya ilmu keuangan sangat dibutuhkan sebagai bekal Anda. Bisnis yang baik harus bisa mengelola pengeluaran dan pemasukan jangan sampai malah terjadi pengeluaran yang tidak di inginkan sehingga akan datang permasalahan-permasalahan yang di hadapi. Banyak pengusaha pemula yang kurang memahami ilmu keuangan sehingga ketika permasalahan keuangan datang, masalah tersebut tidak teratasi. Mencampur adukkan keuangan pribadi dengan keuangan bisnis merupakan kesalahan yang fatal. Pengelolaan keuangan bisnis yang buruk akan berdampak pada bisnis yang dikelola.

Baca juga: Mungkinkah Bisnis Tanpa Modal dengan Untung Besar?

Dari ketujuh ulasan di atas mengenai kesalahan fatal pengusaha pemula ini, bisa dijadikan referensi usaha Anda dan menjadikan pembelajaran yang bermanfaat juga memberikan nilai tambah pada usaha yang Anda jalankan maupun mengembangkan bisnis Anda kedepannya. Semoga 7 kesalahan fatal pengusaha pemula ini dapat diantisipasi dan tidak dilakukan oleh pengusaha muda Indonesia.

Sekian pembahasan kali ini semoga artikel yang sedikit ini memberikan informasi yang bermanfaat untuk Anda. Jika ada kekurangan saya mohon maaf jika berkenan mau menambahi atau ingin berbagi dengan pengunjung yang lain silahkan berkomentar di bawah ini Terimakasih salam sukses untuk kita semua.
Previous Post
Next Post

post written by:

0 komentar:

JIKA BERMANFAAT SILAHKAN BAGIKAN PENGALAMAN ANDA DAN MAAF JIKA LINK AKTIF TIDAK AKAN TAMPIL. TERIMA KASIH :) SEMOGA SUKSES