Loading...

Apr 27, 2018

Solusi Untuk Artikel Blog Yang Susah Terindex Google

Agar Artikel atau Postingan Cepat Terindex Google

Hallo apakabar sobat blogger dimanapun Anda berada salam sukses untuk kita semua. Pada kesempatan yang sangat mendukung kali ini saya akan berbagi tips dan trik bagi kalian khususnya blogger pemula yang memang kesulitan artikelnya mendapatkan tempat di mesin pencari seperti Google. Banyak para blogger pemula yang mengeluhkan kenapa sih artikel yang kita buat susah-susah ternyata tidak ada hasil di mesin pencari? Inilah yang biasanya menjadi kendala bagi mereka yang baru memulai untuk terjun di dunia blogging ini. Tenang saja saya akan mengulasnya agar kalian bisa segera menerapkannya. Yuk simak pembahasannya lebih lengkapnya yang berikut ini.

Cara Artikel atau Postingan Cepat Terindex Google

Bagi pemula biasanya mereka belum tahu seluk-beluknya bagaimana mengoptimasi blog mereka agar ramai pengunjung yang mampir ke blognya. Mereka hanya tahu menulis artikel yang berkualitas kemudian mempostingnya tanpa melakukan hal-hal yang harus dilakukan seperti sumbit url, share artikel, Optimasi SEO dan lain sebagainya. Hal ini tentu saja tidak hanya membuat artikel begitu saja dan berharap mesin pencari akan merayapi artikel yang di posting. Namun ada yang perlu dilakukan lebih lanjut lagi. Jika tidak maka jangan harap artikel yang susah-susah dibuat tidak akan tampil di pencarian bahkan tidak akan ada yang membacanya.

Artikel terkait: 4 Cara Jitu Mendapatkan Traffic Blog Tinggi Terbaru

Untuk meningkatkan pengunjung kita harus memperhatikan dan mengoptimalkan blog dengan bebera cara berikut ini:

Gunakanlah tamplate yang responsive Seo friendly

Tamplate ini juga berpengaruh untuk meningkatkan SEO sehingga akan lebih maksimal nantinya dalam hal pengunjung. Nah Google sendiri juga menyukai tamplate yang responsive dan ringan. Selain itu pungunjung juga lebih memilih situs dengan kecepatan loading atau akses yang cepat. Coba perhatikan pernahkah Anda saat mencari sebuah artikel kemudian mengunjungi website orang kemudian ternyata website tersebut loadingnya lama bahkan tidak kunjung terbuka, apa yang akan Anda lakukan pasti akan menge-close atau langsung menutup website tersebut. Untuk memastikan tamplate yang Anda miliki sudah responsive dengan loading yang cepat Anda bisa menggunakan tool online seperti Gtmatrix dll untuk mengeceknya.

Share Artikel (Promosi)

Kegiatan promosi blog yang cukup membantu meningkatkan pengunjung adalah melalui media sosial ini, selain cepat juga dapat diakses oleh jutaan pengguna media sosial tersebut. Dengan menge-Share artikel yang telah Anda buat tadi maka dapat memudahkan blog Anda dapat di lihat oleh masyarakat luas, apalagi jika artikel tersebut memiliki nilai tambah  untuk mereka, unik, menarik, bermanfaat terntu mereka akan membagikan kepada pengguna media sosial lain otomatis pengunjung Anda akan terus meningkat.

Perbanyak konten berkualitas

Sebuah blog yang paling penting dan paling utama adalah konten, ya benar konten adalah cerminan kesuksesan dari blog yang Anda buat semakin berkualitas konten yang Anda buat maka semakin sukses blog tersebut. Memang benar konten yang berkualitas ini harus diutamakan bayangkan saja ribuan konten segar setiap hari di upload di mesin pencari jika konten yang kita buat itu tidak berkualitas maka akan sulit mendapatkan tempat di mesin pencari. Oleh karena itu saran saya rutin-rutinlah membuat artikel yang berkualitas. Hal selain akan meningkatkan pengunjung juga dapat membantu meningkatkan kualitas blog dan keberadaan blog Anda.

Sebenarnya tantangan bagi blogger pemula adalah mengisi konten tersebut. Banyak hambatan kendala yang mereka temui sehingga mereka tidak konsisten dalam membuat konten tersebut seperti malas, tidak percaya diri hingga susahnya mendapat pengunjung. Nah jika alasannya adalah susah mendapat pengunjung bisa jadi artikel yang Anda buat belum ter-index oleh mesin pencari, biasanya permasalahan inilah yang sering di jumpai oleh blogger pemula. Untuk itu Anda perlu tahu cara untuk artikel yang kita buat bisa cepat ter-index oleh mesin pencari. 

Dari uraian diatas adalah sebagian kecil cara meningkatkan pengunjung blog, tentunya masih banyak lagi yang perlu diperhatikan dan Anda pasti sudah paham kan poin-poin bagaimana meningkatkan pengunjung blog kalian. Nah kemudian kita harus melakukan hal yang disebut submit URL ke mesin pencari.

Cara Agar Artikel Cepat Terindex Google

Sebenarnya cara yang perlu dilakukan agar artikel blog bisa cepat terindex yang perlu dilakukan sangat sederhana cukup menggunakan tool yang telah disediakan oleh Google itu sendiri. Apa sih alat tersebut? Namanya adalah Google webmasters tool alat ini gratis dan yang disediakan oleh Google untuk mempermudah mesin pencari dalam merayapi situs Anda.

Cara Pertama :
  1. Setelah Anda membuat artikel dan mempublish-nya selanjutnya adalah
  2. Buka https://www.google.com/webmasters/tools/submit-url
  3. Di tab baru isi URL artikel anda > Klik Captcha > dan tinggal di Submit Request
  4. Jika sudah tunggu beberapa menit dan silahkan cek artikel anda di mesin pencari.
Lihat gambar berikut:

Agar Artikel Cepat Terindex Google

Cara Kedua

Cara yang satu ini sangat sederhana dan bisa dilakukan dengan cepat namun belum maksimal. Untuk lebih maksimal maka Anda perlu menggunakan cara yang kedua sebagai berikut.
  1. Silahkan buka dashboar Google search consol atau Google webmaster tool https://www.google.com/webmasters/
  2. Jika sudah silahkan masuk ke webmaster > pilihlah website atau situs blog Anda
  3. Langsung saja di dashboar > Perayapan > Ambil sebagai google
  4. Masukan URL artikel di mulai dari tanggal > Klik Ambil > Kirim Indexs
  5. Untuk lebih jelasnya lihat gambar di bawah :
Cara menggunakan Google search consol atau Google webmaster tool

Nah sudah selesai cek aja di pencarian pasti Artikel Anda sudah terindex dengan cepat.

Sebagai blogger pemula jangan lupa untuk memanfaatkan tool ini karena sangat banyak manfaat dan kegunaannya misalnya untuk menjaga kesehatan blog dengan membersihkan broken link, memantau trafik blog, dan masih banyak lagi.

Baca juga: Lima Cara Dasar untuk Meningkatkan Peringkat Blog Anda (SEO)

Sebagai tambahan jangan lupa untuk memaksimalkan peta situs di search console ini agar mesin pencari lebih mudah untuk merayapi situs atau blog Anda. Caranya sangat mudah.
  1. Klik menu Sitemap.
  2. Kemudian tinggal isikan atom.xml dan sitemap.xml
  3. Coba lihat gambar berikut ini
Cara menambahkan sitemap di search console

Dalam mengisikan sitemap ini hanya perlu atom.xml dan sitemap.xml keduanya sudah cukup untuk mempermudah mesin pencari dalam perayapan namun kenapa saya menambahka bebrapa daftar yang lain alasanya sebagai pendukung saja.
  • atom.xml
  • atom.xml?redirect=false&start-index=1&max-results=9999
  • atom.xml?redirect=false
  • feeds/posts/default
  • feeds/posts/default?max-results=9999
  • sitemap.xml
Sebenarnya masih banyak lagiselain daftar diatas namun perlu di ingat cukup dua saja sudah cukup. Setelah menerapkan langkah diatas silahkan monitoring perkembanganya pasti akan sangat berdampak pada blog sobat.

Sekian pembahasan kali ini tentang Cara mengatasi Artikel Blog Susah Ter-index Google. Semoga artikel yang sedikit ini memberikan informasi yang bermanfaat untuk Anda. Jika ada kekurangan saya mohon maaf jika berkenan mau menambahi atau ingin berbagi dengan pengunjung yang lain silahkan berkomentar di bawah ini Terimakasih salam sukses untuk kita semua.
Previous Post
Next Post

post written by:

4 comments:

  1. terima kasih bnyak infonya mas, punya saya sudah berhari-hari belum terindex juga, jadi malas nulis :(

    ReplyDelete
  2. Kalau sudah menggunakan Google webmaster tools saya rasa cukup gak nyampai 1 jam udah masuk index. Sabar saja memang mengelola blog butuh waktu Dan kesabaran. Konsisten aja bikin artikel. Saya yakin suatu saat akan menghasilkan juga.

    ReplyDelete
  3. Randi ApriansyahMay 5, 2018 at 7:18 AM

    Mantap banget gan. keren

    ReplyDelete
  4. Terimakasih semoga menjadi nilai tambah dan manfaat untuk sodara Randi Apriansyah, salam sukses.

    ReplyDelete

JIKA BERMANFAAT SILAHKAN BAGIKAN PENGALAMAN ANDA DAN MAAF JIKA LINK AKTIF TIDAK AKAN TAMPIL. TERIMA KASIH :) SEMOGA SUKSES