10 Kunci Entrepreneurship Sukses Sudahkah Anda Memilikinya

Kunci Entrepreneurship Sukses

Membahas tentang dunia entrepreneurship memang sangat menarik dan tidak akan ada habisnya untuk dibahas. Dari berbagai tutorial, tips, dan cara menjadi pengusaha banyak tersebar di media yang tentunya bisa kita ambil manfaatnya serta ambil kebaikan darinya, bahkan tidak terbatas untuk diambil positifnya. Tahukah Anda bahwa semua hal yang ada di sekitar kita memiliki peluang untuk di jadikan bisnis? Ya benar semu hal bisa dijadikan peluang usaha dan bisnis misalnya Anda memiliki kertas atau plastik sampah bisa dibuat kerajinan yang memiliki nilai jual, kaleng bekas dan lain sebagainya dari barang yang tidak bernilai menjadi sesuatu yang memiliki nilai jual, itulah kehebatan dunia entrepreneurship atau pengusaha. Disinilah kelebihan orang-orang yang memiliki jiwa kewirausahaan apapun barangnya bisa dijadikan peluang untuk bisnis bahkan dari produk yang sepele tidak bernilaipun bisa menghasilkan nilai yaitu bernilai jual lebih apabila jatuh ketangan mereka.

Kunci Sikap Entrepreneurship Sukses

Seorang yang memiliki jiwa entrepreneurship akan selalu memiliki sifat kreatif dan inovatif. Cara berfikirnya yang kreatif dan produktif inilah yang akan menggerakkan perekonomian masyarakat bahkan Negara. Jiwa seorang entrepreneurship ini mereka siap menanggung resiko-resiko yang mungkin akan selalu dijumpai dalam membuka usaha, namun demikian mereka sanggup untuk melewati tantangan tersebut sehingga menjadi sukses yang luar biasa. Tujuan dari kewirausahaan ini tak lain adalah untuk membuka usaha baru dengan mengembangkan usaha tersebut dalam bidang produksi atau distribusi barang atau jasa dengan maksud memperoleh keuntungan (laba).

Menjadi wirausaha yang sukses itu tidaklah mudah banyak rintangan, tantangan, resiko yang akan dijumpainya dan memang tidak sumudah membalikkan telapak tangan. Terjun di bidang entrepreneurship ini tidak harus kuliah dibidang bisnis, ekonomi, marketing, manajemen dan lain-lain yang harus berpendidikan tinggi, namun semua bisa menjadi seorang entrepreneurship yang sukses bahkan orang yang sekolah hanya lulusan SD pun banyak yang sukses dalam bisnis atau usahanya. Kebanyakan entrepreneur sukses mengikuti suatu pola yang hampir sama. Banyak artikel yang membahas tentang kunci sukses seorang entrepreneur dan cara menjadi seorang entrepreneur namun semuanya memang berasal dari dasar yang sama.

Artikel terkait: Menjadi Wirausaha Siapa Takut dan Tunggu Apalagi?

Seorang wirausaha memiliki ciri-ciri yang melekat pada jiwa entrepreneur-nya sebagai berikut:

1). Commitment (Seorang Entrepreneurship harus memiliki komitmen yang kuat)

Dalam memulai dan menjalankan bisnis tentu seorang pengusaha harus memiliki momitmen yang kuat agar apa yang menjadi rencana dan tujuan utama bisa dicapai. Tekun, ulet, kerja cerdas adalah hal yang perlu dimiliki karena tantangan-tantangan akan selalu ada memiliki niat yang kuat dan tidak ada kata menyerah dalam menghadapi tantangan. Komitmen dari seorang wirausaha inilah yang akan membuat visi dan misi yang telah dibuat akan dapat tercapai nantinya.

2). Confidence (Seorang wirausaha harus percaya diri)

Dalam dunia bisnis pasti ada saat untuk mengambil keputusan-keputusan yang harus diambil. Dalam hal ini seorang pemimpin harus memiliki percaya diri jika tidak keputusan yang ada akan mengambang dan malah bisa gagal. Memang sebuah keputusan akan merubah segalanya dan yang pasti akan ada resiko (konsekuensi) yang didapatkan oleh karena itu percaya diri dan mantap untuk pengambilan keputusan inilah yang akan merubah kearah yang baik.

3). Coorperative ( Bangunlah tim kerja yang solid)

Setiap bisnis akan melibatkan banyak orang atau komponen baik itu dari karyawan, mitra bisnis, investor dan lain sebagainya. Oleh karenanya seorang pengusaha harus terbuka dan mau bekerja sama dalam mengembangkan bisnis untuk menjadi lebih besar. Namun perlu juga waspada dan mempertimbangkan orang-orang yang baru dikenal untuk menghindari kerugian misal penipuan dan lain sebagainya.

4). Care (Memiliki kepedulian)

Terkadang hal-hal sepele dan kecil akan sangat berpengaruh pada jalanya perusahaan, penting untuk sangat perhatian terhadap segala hal walaupun hal yang kecil tersebut. Misalnya ada karyawan yang kerjanya kurang maksimal maka perlu adanya bimbingan dan motivasi agar pekerjaanya bisa lebih baik lagi, atau ada kayawan yang sedang sakit maka perlu adanya perhatian dari pemimpin untuk bisa menjadikan karyawan tersebut merasa diperhatikan dan akan menjadi karyawan yang loyal terhadap perusahaan.
 
5). Creative (Entrepreneurship harus memiliki kreatifitas untuk mengembangkan usahanya)

Kreatifitas dan inovasi-inovasi sebagai penopang keberhasilan perusahaan. Dari kreativitas inilah yang akan membuat produk-produk yang baru untuk mengembangkan usahanya. Selalu mencari terobosan baru Berpikir divergen, yaitu mencari alternatif-alternatif  yang lebih baik lagi. Selain itu dengan adanya kreatifitas inilah yang akan menghindari persaingan dari produk yang sejenis.

Tidak hanya produk yang perlu melibatkan kreativitas ini namun kebijakan yang tepat dan fisioner akan membuat perusahaan kearah yang lebik baik dan sukses.

6). Challenge (Tantangan)

Bisnis itu akan selalu ada persaingan dan tantangan-tantangan yang akan di jumpai. Seorang pengusaha yang baik adalah mereka dapat melihat jauh kedepan dan menerima tantangan sebagai pelajaran untuk meju dan sukses. Mereka yang merasa tertantang dalam bisnis akan menjadi lebih kuat dalam persaingan, tidak melihat setiap kendala atau masalah sebagai hambatan,  tetapi melihatnya sebagai persyaratan untuk melangkah lebih baik dan baik lagi.

7). Calculation (Memiliki perhitungan yang matang)

Sebalum memulai bisnis tentu yang dilakukan adalah memiliki business plan (rencana bisnis) inilah modal awal dari perusahaan yang besar semakin baik rencana bisnis yang digunakan maka semakin baik pula bisnis yang akan dijalankan nantinya. Kemudian dalam pengambilan keputusan pun selalu adaperhitungan dan pertimbangan untuk menenukan mana yang baik dan mana yang merugikan pada dirinya atau perusahaan. Selain itu dalam mengambil Setiap tindakan atau keputusannya didasarkan pada perhitungan yang objektif, nalar, dan faktual. Ini untuk menjaga setiap yang dipilih adalah tepat.

8). Communication (Komunikasi yang baik)

Komunikasi ini sangat penting karena setiap keputusan yang di ambil pasti akan disampaikan kepada setiap karyawan atau yang terlibat dalam perusahaan tersebut. Dalam penyampaian tentu harus memiliki atau menerapkan dengan bahasa yang baik dan dapat diterima oleh semua pihak. Dalam komunikasi yang baik adalah adanya feedback dari orang lain. Untuk itu jangan membatasi orang lain untuk berpendapat atau memberikan saran kepada apa yang disampaikan. Karena bisa jadi pendapat atau saran dari orang lain inilah yang justru memiliki dampak yang lebih besar.

Kemudia komunikasi pada lingkungan eksternal juga penting misalnya menjalin kerjasama, menghubungi mitra bisnis, atau menawarkan produk atau jasa kepada konsumen dan masih banyak lagi. dalam upaya mengembangkan usahanya, perlu adanya menjalin komunikasi, mengembangkan jaringan informasi untuk memperbanyak dan memperluas jaringan kerjanya (networking).

9). Competiveness (Tangguh dan memiliki daya saing yang kuat)

Melihat kompetisi dan persaingan adalah tantangan merupakan hal yang akan membuat perusahaan yang dimiliki akan semakin kuat dan tangguh dalam menghadapi tantangan-tantangang yang akan datang selanjutnya. Karena dengan berkompetisi, dia dapat mengetahui posisi usahanya, mengetahui keadaan  pasar, dan sekaligus belajar dari para pesaing. Dalam setiap usaha pasti ada yang namanya persingan, namun pengusaha yang baik akan melihat persaingan sebagai nilai tambah pada perusahaanya dengan menganalisis kelebihan dan kekurangan dari pesaingnya (SWOT).

10). Change (Selalu flaksible terhadap perubahan)

Ynag terakhir adalah perubahan. Setiap waktu setiap saat bisnis itu akan selalu berubah tergantung trend, atau teknologi yang ada. Entrepreneurship yang baik akan melihat perubahan-perubahan yang terjadi sebagai bagian dari bisnis. Selalu melihat sisi positifnya mereka adalah orang-orang yang senang terhadap perubahan, memiliki semangat untuk berubah (spirit of  change) karena sadar bahwa tidak ada yang abadi, segala sesuatunya berubah dan mengalir.

Kunci Sukses Wirausaha adalah dapat memotivasi bawahanya

Sebagai pemimpin tentu peru memotivasi karyawan atau bawahan agar setiap oprasional atau karyawan dapat bekerja dengan maksimal. Kemampuan dalam memotivasi karyawan sangat di butuhakan sebagai pemimpin. Dari pribadinya sebagai pemimpin tentu memiliki visi dan misi yang di sampaikan kepada seluruh krayawan perusahaan tersebut, sehingga akan dapan merealisasikan tujuan bersama. Pemimpin pelu memiliki rencana yang terorganisir, kerja keras sesuai dengan tingkat kepentingannya, mengembangkan hubungan yang baik dengan pelanggan, distributor maupun karyawan, mitra bisnis, investor dan seluruh orang yang terlibat dalam bisnsinya.

Baca juga:  6 Tips Fokus Dalam Menjalankan Bisnis Anda

Sangat menarik pembahasan tentang entrepreneur ini dan memang menjadi pengusaha adalah salah satu jalan untuk menuju kesuksesan. Untuk menjadi sukses tentunya akan banyak tantangan dan resiko namun jika bijak dalam menyikapi saya yakin siapapun itu akan menjadi pengusaha yang sukses.

Sekian pembahasan kali ini tentang Kunci sukses Entrepreneurship. Semoga artikel yang sedikit ini memberikan informasi yang bermanfaat untuk Anda. Jika ada kekurangan saya mohon maaf jika berkenan mau menambahi atau ingin berbagi dengan pengunjung yang lain silahkan berkomentar di bawah ini Terimakasih salam sukses untuk kita semua.

2 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Kandungan Berbahaya pada Jajanan di Pinggir Jalan
Inspirasi & Motivasi
Kandungan Berbahaya pada Jajanan Laris di Pinggir Jalan

Kandungan Berbahaya pada Jajanan di Pinggir Jalan Jajanan laris menjadi buronan di semua kalangan, baik anak-anak, remaja maupun dewasa. Karena biasanya dijual menarik, hemat dan pas dikantong mereka. Namun tidak menutup kemungkinan jajanan laris tersebut mengandung zat yang berbahaya bagi tubuh. Entah bahaya yang muncul pada jangka pendek atau jangka …

Inspirasi & Motivasi
Inilah 8 Kebiasaan Orang-orang Yang Sangat Sukses

Kebiasaan Orang Yang Sangat Sukses Tahukah Anda bahwa sebenarnya kebiasaan seseorang sangat berpengaruh pada kehidupan dan keseharian orang tersebut. Bahkan dari kebiasaan inilah bisa menjadi cerminan dari kesuksesan dan kegagalan seseorang. Ketika orang tersebut melakukan kebiasaan yang positif maka mereka akan cenderung memiliki kehidupan yang sukses dari berbagai hal dan …

Inspirasi & Motivasi
Inilah 4 Alasan Anda Bisa Kehilangan Motivasi Kerja

Mengapa Bisa Kehilangan Motivasi Kerja Dalam menjalankan kehidupan sehari-hari tentu perlu adanya dorongan yang membuat alasan mereka tetap bisa menjalani hidupnya. Motivasi inilah yang akan membuat orang selalu semangat dalam menjalankan pekerjaannya dan sebaliknya ketika motivasinya menurun maka akan berpengaruh dalam pekerjaannya bahkan bisa sampai berpengaruh dalam kehidupan sehari-hasi. Jika …