11 Manfaat Digital Marketing Untuk Bisnis UKM dan Perusahaan

Manfaat Digital Marketing Untuk Bisnis UKM

Persaingan akan dunia usaha dari tahun ke tahun semakin ketat bahkan begitu juga dengan usaha kecil menegah yang akan terus bermunculan. Perlunya digital marketing ini sangat penting untuk kelangsungan bisnis yang dijalankan. Karena saat ini memang kebutuhan akan internet semakin besar maka digital marketing ini memiliki peran yang sangat besar untuk bisnis dan perusahaan.

Manfaat Digital Marketing Bagi Bisnis UKM dan Perusahaan

Di zaman yang serba canggih dan teknologi yang semakin pesat perkembangannya setiap bisnis atau perusahaan saat ini berlomba-lomba memanfaatkan teknologi yang ada untuk kemajuan usahaanya bahkan mereka juga tak ingin kalah bersaing dengan kompetitornya. Teknologi yang semakin pesat dan dengan dukungan internet memungkinkan semua orang bisa memanfaatkan dalam segala hal salah satunya yaitu marketing (pemasaran). Marketing sendiri adalah upaya perusahaan untuk menawarkan produk atau jasanya sehingga pelanggan potensial akan tertarik dan membeli produk yang dimiliki.

Lalu apa sih manfaat digital marketing bagi bisnis UKM sensiri? Ya benar pengaruh digital marketing saat ini sangat besar karena memang saat ini merupakan era dimana serba digital. Nah sebagai pebisnis tentunya harus bisa memanfaatkannya untuk mendukung bisnisnya agar lebih baik. Nmun demikian tak jarang banyak orang yang menyepelekan tentang digital marketing ini karena belum paham tentangnya, Apakah Anda salah satunya?.

Coba perhatikan jika menggunakan iklan konvensional seperti televisi berapa biaya yang harus dikeluarkan perusahaan untuk satu tayang iklan bisa jadi sampai jutaan rupiah per tayang. Faktanya, sejak tahun 2014 sampai sekarang iklan internet adalah pilihan yang sangat bagus untuk perusahaan dengan iaya yang lebih murah namun bisa menjangkau pelanggan potensial secara luas. Selain itu iklan di internet sudah mengalahkan iklan di TV dan jaringan TV kabel. Bahkan dalam hal perbandingan saat ini banyak perusahaan memilih iklan internet dibandingkan iklan konvensional.

Brand-brand besar di seluruh dunia pun saat ini sudah giat beralih ke Pemasaran digital multi-channel dan perlahan mereka meninggalkan periklanan konvensional untuk meningkatkan kualitas pemasaran mereka menggunakan strategi digital marketing.

Lalu apakah juga penting untuk bisnis UKM?

Tak jarang banyak pelaku usaha kecil menengah UKM ini tidak memiliki dampak pada usahanya dan menganggap rumit dan ribet untuk di terapkan. Namun sebenarnya digital marketing ini bisa dengan mudah di terapkan oleh siapa saja. Bahkan Justru pemasaran digital ini bisa memberikan nilai tambah pada bisnis Anda juga lebih mudah yang akan memberikan manfaat besar bagi para pebisnis UKM.

Artikel lain: Pentingnya Digital Marketing Untuk Kemajuan Usaha Dan Bisnis

Berikut ini adalah 11 manfaat digital marketing untuk bisnis UKM Anda:

1). Mudahnya Terhubung Dengan Konsumen Secara Online

Mudahnya penyebaran informasi dengan internet saat ini memungkinkan perusahaan dapat menyebarkan informasi digital dengan cepat. Jika dahulu perusahaan harus menyebar dengan media konvensional seperti media cetak baliho, brosur dan lain sebagainya dengan digital marketing ini sekarang tidak lagi. Alasanya adalah kebanyakan konsumen saat ini ternyata lebih tertarik dan memilih untuk mencari informasi melalui internet atau online karena memang lebih cepat dan mudah.

Dalam hal ini tentu dengan adanya begitu banyak tempat yang bisa digunakan untuk media pemasaran digital maka tak perlu di ambil pusing karena cukup sederhana dalam menggunakannya. Dengan demikian para pelaku usaha kecil menengah (UKM) dapat dengan mudah menjangkau calon pelanggan atau konsumen potensial mereka dengan cepat dan mudah dengan memanfaatkan media online.

2). Peluang Penjualan Jauh Lebih Tinggi

Dengan adanya pemasaran digital ini memungkinkan para pelaku bisnis UKM bisa menjangkau calon konsumen yang tertarget. Misalnya melalui search engine maka dengan jangkauan yang luas ini mereka akan dengan mudah mendapatkan pelanggan potensial.

Pelanggan dan konsumen yang tertarget ini dalam artian orang-orang yang memang membutuhkan produk yang ditawarkan oleh usaha kecil menengah UKM dan melalui search engine inilah sistem akan otomatis memfilter pencarian. Karena pengguna interent yang tinggi maka peluang penjualan tersebut akan jauh lebih besar.

3). Biaya Pemasaran Yang Lebih Hemat

Ketika biaya pemasaran yang dibilang cukup tinggi maka perusahaan saat ini lebih memilih pemasaran digital. Perbandingan dari segi biaya pun rata-rata pengusaha lebih setuju bahwa pemasaran digital lebih efisien dari sisi biaya.

Dalam hal ini memang usaha kecil tentunya akan memilih biaya yang lebih murah karena memang mereka mencari keuntungan dan menekan pengeluaran. Oleh karenanya jika menggunakan pemasaran digital inilah mereka bisa lebih berhemat dilain sisi juga akan mendapatkan penjualan yang efektif dan konsumen baru.

4). Dapat Melayani Konsumen Secara Real-Time via Internet

Dengan pemasaran digital ini usaha kecil menengah akan lebih mudah dalam melyani konsumen dan juga bisa langsung menanggapi pelanggan secara real time. Hal ini memang akan berpengaruh pada penjualan karena pelayanan prima yang diberikan adalah faktor yang akan memberikan dampak besar pada penjualan.

Bisa disimpulkan bahwa dengan layanan yang secara real time ini pelaku bisnis akan memberikan kepuasan pelanggan, mendapatkan penjualan lebih besar, dan menjaga loyalotas konsumen terhadap perusahaan.

5). Menjangkau Pengguna Mobile

Saat ini memang jumlah pengguna ponsel (smartphone) di Indonesia dari tahun ke tahun mengalami pertumbuhan yang semakin bertambah besar. Dengan dukungan internet tentunya trafik dari mobile memiliki potensi dan peluang besar bagi pengusaha yang akan memberikan keuntungan yang semain besar pula.

Ponsel dan internet memang sudah menjadi salah satu kebutuhan pokok masyarakat saat ini bahkan merekan menggunakan smartphone hampir setiap saat. Ini berdampak pada perilaku mereka dalam berbelanja dan mencari informasi dengan mudah dan cepat.

6). Return of Investment (ROI) Menjadi Lebih Tinggi

Banyak pelaku usaha yang telah menggunakan digital marketing menyatakan bahwa dengan menggunakan pemasaran digital ini memiliki Return of Investment (ROI) yang lebih tinggi dan baik daripadadengan menggunakan pemasaran konvensional. Hal ini dikarenakan biaya yang efektih dan jangkauan yang lebih luas.

7).  Menjaga Posisi Pada Persaingan Bisnis

Setiap usaha pasti ada kompetitor dan persaingan dari berbagai brand akan terus saling berlomba dengan kampanye pemasaran digital mereka sendiri. Mereka pastinya sudah menafaatkan berbagi macam pemasaran digital untuk promosi, misalnya iklan PPC, Media Sosial, dan lain sebagainya. Maka dengan menerapkannya diharapkan pelaku usaha bisa menjaga trend mereka di pasaran.

8). Meningkatkan Pendapatan

Media online memang menawarkan kemudahan bagi pelaku usahanya terbukti bahwa besarnya transaksi online saat ini sangat besar dan terus meningkat. Tentu hal ini akan berpengaruh pada pendapatan yang diperoleh para pelaku usaha khususnya pengusaha UKM. Dari sinilah peran media onlin sangat besar karena konsumen yang semakin percaya dengan produk-produk online mereka akan lebih memilih berbelanja lebih banyak. Tentunya ini sangat bagus untuk bisnis semakin banyak konsumen yang tertari tentu semakin miningkat pendapatan yang akan di peroleh.

9). Bisa Bersaing dengan Perusahaan Besar

Saat ini tidak mustahil pelaku usaha kecil mampu bersaing dengan perusahaan besar. Jika dulu bersaing dengan perusahaan besar dirasa sangat berat bahkan mustahil, maka dengan bantuan pemasaran digital ini bisa dilakukan oleh siapa saja. Dalam hal ini tentunya harus memiliki strategi digital marketing yang tepat untuk bisa menempel perusahaan besar tersebut.

10). Mempersiapkan UKM untuk Era Internet of Things

Pada tahun 2020 diperkirakan adanya lonjakan pengguna ponsel diprediksi akan ada 26 miliar gadget, mulai dari smartphone, tablet, jam tangan, kaca mata, sepatu, dan peralatan lainnya yang terhubung dengan ekosistem online secara global. Ini merupakan era dimana semua akan terhubung dengan internet yaitu era Internet of Things.

Dari sini tentu saja para pemilik usaha akan semakin gencar memanfaatkan berbagai media dalam menunjang bisnisnya. Maka sebagai pelaku usaha kecil menengah harus mulai mempersiapkan diri untuk menyambut era tersebut.

Baca juga: Peluang Usaha Gudeg Istimewa Kuliner Khas Jogjakarta

11). Menjangkau Pasar Global

Melihat Tingkat Kepercayaan Konsumen

Menurut sebuah infografis yang disajikan oleh situs Busines2Community.com, tingkat kepercayaan konsumen online saat ini cukup besar. Berikut datanya untuk kawasan Asia Tenggara:

  • Search engine : 57%
  • Sosial media : 53%
  • Video online : 52%
  • Online banner : 47%
  • Hingga saat ini, iklan-iklan di mesin pencari (khususnya Google) masih memiliki kredibilitas tertinggi. Sebanyak 57% konsumen mengindikasikan percaya pada kanal iklan di mesin pencari. Media sosial dan iklan video online mendapat kepercayaan dari konsumen online sebesar 52% – 53%.

Bisa kita liha bahwa begitu bsarnya pengguna internet dari berbagai sumber memungkinkan pelaku usaha dan bisnis akan lbih bisa menjangkau pelanggan yang lebih luas bahka secara global. Dengan adanya digital marketing ini di harapkan para pelaku bisnis UKM akan mampu menembus pasar dalam negeri bahkan sampai internasional.

Sekian pembahasan kali ini tentang Manfaat Digital Marketing Bagi Bisnis UKM. Semoga pembahasan ini memberikan informasi yang bermanfaat untuk Anda. Jika ada kekurangan saya mohon maaf jika berkenan mau menambahi atau ingin berbagi dengan pengunjung yang lain silahkan berkomentar di bawah ini Terimakasih salam sukses untuk kita semua.

Tidak ada Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Pengertian, Manfaat, dan Cara Kerja Cloud Computing
Internet Marketing
Pengertian, Manfaat, dan Cara Kerja Cloud Computing

Pengertian, Manfaat, dan Cara Kerja Cloud Computing Hallo apakabar sobat blogger dimanapun Anda berada salam sejahtera untuk kita semua. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang topik yang cukup menarik yaitu Cloud Computing yang memang teknologi di era digital masa kini. Nah untuk lebih jelasnya yuk simak dan ikuti …

3 Tren Digital Marketing yang Perlu Anda Ketahui
Internet Marketing
3 Tren Digital Marketing Saat ini yang Perlu Anda Ketahui

Perkembngan Tren Digital Marketing atau Pemasaran Digital Perkembangan internet saat ini memang terbilang sangat cepat dan pesat. Hal ini membuktikan bahwa memang kebutuhan manusia akan teknologi semakin besar. Internet sendiri merupakan teknologi yang sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia baik itu dalam menjalani kehidupan sehari-hari, bersosial, mencari informasi yang dibutuhkan, bahkan …

Bagaimana Memilih Desain dan Warna Situs Web
Internet Marketing
Pengaruh Desain dan Warna Website Pada Psikologis Pengunjung

Bagaimana Memilih Desain dan Warna Website Warna adalah bagian penting dari kehidupan manusia bahkan berbagai macam warna bisa kita jumpai dimana saja. Penglihatan sangat berperan besar pada manusia dan memiliki manfaat yang sangat luar bisa inilah salah satu ciptaan Tuhan yang sangat sempurna. Percaya atau tidak Warna Website ini dapt mempengaruhi …