TOP-LEFT ADS

Pengertian Marketing Mix Untuk Meningkatkan Penjualan

Pengertian Marketing Mix

Pengertian marketing mix memiliki artian yaitu bauran pemasaran yang di lakukan perusahaan untuk menerapkankonsep-konsep strategi pemasaran mereka dengan lugas dan terpadu menggunakan elemen strategi pemasaran yang ada dalam marketing Mix tersebut yang dimana semua elemen pemasaran itu dapat dikendalikan, diatur, dan dapat digunakan oleh sebuah perusahaan untuk mencapai tujuannya yaitu meningkatkan penjualan produk atau jasa yang mereka miliki yang telah ditentukan dalam target pemasaran. Dengan menerapkan bauran pemasaran ini diharapkan perusahaan mampu memberikan kualitas pemasaran mereka sehingga mencapai tujuan sebagaimana mestinya.

Dalam dunia usaha dan bisnis tentu kita sudah tahu dan mengenal yang namanya marketing ini. Ya benar marketing adalah upaya menawarkan, menginformasikan sebuah produk atau jasa kepada pelanggan dan konsumen agar mereka bisa memahami apa yang kita tawarkan. Perusahaan akan berusaha utnuk bagaimana menarik pelanggan atau konsumen sebesar-besarnya karena semakin banyak peminat barang atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan tersebut maka ini merupakan cerminan dari kesuksesan bisnis yang dijalankan. Hal ini pasti akan banyak faktor yang mempengaruhi seberapa besar minat pelanggan atau konsumen dalam memilih barang sesuai kebutuhan mereka. Maka dari itu strategi pemasaran yang efektif dan tepat sasaran terus dikembangkan begitu juga dengan marketing mix (bauran pemasaran) ini.

Pengertian Marketing Mix

Perusahaan yang maju pasti memiliki strategi pemasaran yang jitu dalam memasarkan produk atau jasa mereka yang setiap perusahaan memiliki ciri dan cara yang mereka anggap paling baik dengan mengembangkan keunggulan bersaing yang digunakan untuk melayani pasar sasaran. Barang atau jasa tentu memiliki kriteria dan fungsi tertentu yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan maka perusahaan harus bisa menentukan apa saja yang dibutuhkan pelanggan sehingga mereka merasa puas dengan produk atau jasa yang diberikan. Pada dasarnya bauran pemasaran ini memiliki beberapa elemen yaitu meliputi product, price, promotion, dan physical evidence atau place.

Artikel terkait: Definisi Dan Pengertian Marketing Mix

Berikut adalah pengertian marketing mix lebih jelasnya :

Manajemen pemasaran dapat didefinisikan sebagai perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi konsepsi, penetapan harga, promosi dan distribusi ide, barang atau jasa untuk menciptakan pertukaran yang memuasakan tujuan individu dan organisasi.

Dari konsep Marketing Mix ini ada beberapa elemen yaitu 7P:
    1. Marketing Mix Partisipant or People (Orang, Konsumen, Pelanggan)
    2. Marketing Mix Physical Evidence (Perangkat)
    3. Marketing Mix Procces (Proses)
    4. Marketing Mix Product (Produk)
    5. Marketing Mix Place (Tempat)
    6. Marketing Mix Price (Harga)
    7. Marketing Mix Promotion (Promosi)
    1). People

    People yaitu semua orang yang terlibat aktif dalam pelayanan dan mempengaruhi persepsi pembeli dalam artian semua orang yang saling terkait satu sama lain misalnya jasa pengiriman maka yang terlibat disana ada customer service, kuris, seles dan marketer, saluran distribusi, karyawan dan lain sebagainya. People termasuk kegitan untuk karyawan mulai dari rekrutmen, diklat (pendidikan dan pelatihan), motivasi, balas jasa, kerja sama, serta pelanggan (customers ) dan colon pelanggan. Hal ini sangat penting karena dengan saling keterkaitannya maka rantai usaha dan bisnis akan terrus berjalan dengan semestinya.

    2). Physical Evidence

    Yang dimaksud Physical Evidence yaitu lingkungan fisik dalam artian semua yang berkaitan dengan keadaan / kondisi yang di dalamnya juga termasuk suasana. Seperti halnya simbol prusahaan, moto, visi, misi, fasilitas yang dimiliki (gedung kantor, dll.), laporan (keuangan, dokumen-dokumen, dll.), kemasan produk, kartu nama, seragam karyawan dan lainsebgainya yang bersifat fisik. Dengan menerapaka hal tersebut maka perusahaan bisa menentukan sebuah produk yang sesuai dengan keinginan pasar.

    Misalnya produk kecantikan dengan memperhatikan kemasan, desain, tulisan dan lain-lain dan di bandingkan dengan tanpa memperhatikan hal tersebut tentu konsumen akan lebih memilih produk yang berbeda dengan kemasan yang tertera lebih jelas maka konsumen lebih percaya dan memilih produk tersebut.

    3). Procces

    Proses yaitu kegiatan pemasaran dimana dalam proses pelayanan yang kita berikan kepada pelanggan atau konsumen saat melakukan pembelian produk / jasa yang di tawarkan. Seperti keterlibatan pelanggan (customers) dalam pelayanan jasa, proses aktivitas, standar pelayanan, kesederhanaan, atau kompleksitas prosedur kerja yang ada di lingkungan prusahan jasa tersbut. Dalam hal ini tentunya harus memperhatikan aspek, prosedur dan tata cara bagaimana cara atau teknim menjualnya. jadi tidak hanya sembarangan.

    Misalnya dalam menawarkan sebuah produk penjual memberikan rincian, manfaat, kegunan, bahkan mempresentasikan produk tersebut kepada konsumenatau pelanggan sampai akhirnya pelanggan tersebut tertarik untuk membelinya hal inilah yang dimaksud dengan"proses" tersebut.

    4). Product

    Produk yaitu barang atau jasa yang ditawarkan kepada pelanggan denga tujuan untuk memuaskan suatu kebutuhan dan keinginan mereka. Istilah lain produk adalah penawaran atau pemecahan yang diberikan perusahaan atau produsen untuk konsumen atau pelanggan. Dalam marketing mix product dibagi menjadi dua bagian yaitu barang fisik, jasa dan gagasan. Jika barang berupa fisik produk yang memiliki sifat nyata yang bisa langsung di lihat, sedangkan jasa atau gagasan yang tidak bisa lihat namun bisa dirasakan, namun tidak mempunyai wujud atau terlihat.

    Misalnya Kita menjual produk elektronik maka tidak hanya barang saja yang ditawarkan namun juga layanan berupa garansi, service, dan lain sebagainya sehingga pelanggan akan merasa puas denga apa yang diberikan.

    5). Place

    Tempat ini maenyangkut tentang dimana kita akan menjual produk atau jasa yang mau di jual. Tempat ini bisa berupa lahan, mall, supermaeket, pasar moderen dan tradisional, pinggir jalan, kafe, online shop dan lain sebagainya.

    6). Price atau harga

    Adalah suatu nilai tukar dari produk barang maupun jasa yang dinyatakan dalam satuan moneter. Harga adalah seberapa besar uang atau biaya yang akan di keluarkan pelanggan untuk membeli produk yang ditawarkan. Oleh karena itu dengan menetapkan harga yang baik merupakan salah satu penentu keberhasilan suatu perusahaan karena harga menentukan seberapa besar keuntungan yang akan diperoleh perusahaan dari penjualan produknya baik berupa barang maupun jasa. Yang perlu dipertimbangkan adalah ketika menetapkan harga terlalu tinggi maka akan menyebabkan penjualan yang akan menurun, namun jika harga terlalu rendah akan mengurangi keuntungan yang dapat diperoleh organisasi perusahaan. Dari sini perusahaan harus menentukan harga yang sesuai dengan pasar namun tetap memberikan pendapatan dan keuntungan perusahaan.

    7). Promotion 

    Setiap menjual produk atau jasa pasti ingi menarik lebih banyak pembeli. Nah dengan adanya promosi yang baik maka pelanggan akan merasa tertarik dan membeli produk yang ditawarkan. Upaya inilah tujuanya untuk memberitahukan atau menawarkan produk atau jasa dengan tujuan menarik calon konsumen untuk membeli atau mengkonsumsinya. Biasanya promosi ini bisa berupa diskon, bonus, atau layanan tambahan berupa garansi yang diatas rata-rata.

    Baca juga: 4 Strategi Produk Dan Cara Menciptakan Peluang Produk

    Untuk mengoptimalkan perusahaan tentunya harus mengetahui bagaimana menggunakan konsep marketing mix ini untuk memenangkan persaingan pasar. Karena, hal ini merupakan tujuan utama dalam menerapkan konsep marketing mix, di dunia pemasaran produk barang maupun jasa.

    Ada begitu banyak strategi pemasaran yang bisa di gunakan untuk meningkatkan dan mengembangkan penjualan bisnis kita dan tentunya untuk memenagkan persaingan pasar yang semakin ketat. Salah satunya adalah menggunakan strategi pemasaran marketing mix diatas. Dengan mengkombinasikan beberapa strategi dan konsep pemasaran memungkinkan perusahaan akan mampu bersaing dalam dunia usaha dan bisnis.

    Dengan adanya marketing mix ini perusahaan atau bisnis akan memiliki peningkatan penjualan produk atau jasa mereka. Namun perlu di ingat bahwa setiap bisnis akan selalu ada tantangan-tantangan yang akan dihadapi karena pasar sendiri akan terus bergerak. Maka dari itu perusahaan harus bisa mengikuti perkembangan dari strategi pemasaran yang ada. Setiap perusahaan atau bisnis tentu memiliki karakter dan strategi pemasaran mereka sendiri jadi perlu adanya analisis SWOT dari pesaing (eksternal) atau dari perusahaan itu sendiri (internal).

    Demikian pembahasan kali ini tentang marketng mix semoga meberikan informasi yang bermanfaat untuk pembaca setia. Jika ingin berbagi atau menambahi silahkan berkomentar dibawah in siapa tau bermanfaat juga untuk pengunjung yang lain, jika ada kekurangan saya mohon maaf Terimakasih semoga artikel ini bermanfaat dan memberikan nila tambah untuk pembaca.

    Berlangganan update artikel terbaru via email:

    0 Response to "Pengertian Marketing Mix Untuk Meningkatkan Penjualan"

    Post a Comment

    Jika Bermanfaat Ayo Bagikan pengalaman Anda Juga di Sini. Terimakasih Salam Sukses :)

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel

    IBX5B3511E25E8EF