TOP-LEFT ADS

TRENDING POST

Pasang Iklan Murah di Zoteromedia.com

Apa Pengertian Kepemimpinan Transformasional?

Pengertian Kepemimpinan Transformasional

Apakah Anda pernah berada dalam sebuah kelompok yang mana seseorang mengambil alih situasi dengan menyampaikan visi yang jelas dari tujuan kelompok tersebut, yang memiliki semangat untuk pekerjaannya, dan memiliki kemampuan untuk membuat kelompok merasa lebih semangat dan energic? Orang ini mungkin saja apa yang disebut pemimpin transformasional.

Kepemimpinan transformasional adalah jenis gaya kepemimpinan yang dapat menginspirasi perubahan positif pada mereka yang mengikuti.

Pemimpin transformasional umumnya energik, antusias, dan penuh gairah. Tidak hanya para pemimpin ini memperhatikan dan terlibat dalam proses; mereka juga difokuskan untuk membantu setiap anggota kelompok untuk berhasil juga.

Pengertian Kepemimpinan Transformasional

Sejarah Kepemimpinan Transformasional

Konsep kepemimpinan transformasional awalnya diperkenalkan oleh ahli kepemimpinan dan penulis biografi presiden James MacGregor Burns. Menurut Burns, kepemimpinan transformasional dapat dilihat ketika "para pemimpin dan pengikut membuat satu sama lain untuk maju ke tingkat yang lebih tinggi dengan moral dan motivasi." Melalui kekuatan visi dan kepribadian mereka, pemimpin transformasional mampu menginspirasi pengikut untuk mengubah harapan, persepsi, dan motivasi untuk bekerja menuju tujuan bersama.

Artikel terkait: Apa Pengertian Kepemimpinan Demokratis?

Kemudian, peneliti Bernard M. Bass Memperluas ide asli Burns untuk mengembangkan apa yang sekarang disebut sebagai Bass 'Teori Kepemimpinan Transformasional.

Menurut Bass, kepemimpinan transformasional dapat didefinisikan berdasarkan dampak yang telah di peroleh pengikut. Pemimpin transformasional, Bass menyarankan, mengumpulkan kepercayaan , rasa hormat, dan kekaguman dari para pengikut mereka.

Komponen Kepemimpinan Transformasional

Bass juga berpendapat bahwa ada empat komponen yang berbeda dari kepemimpinan transformasional.
  1. Intelektual Stimulasi - Pemimpin transformasional tidak hanya menantang status quo; mereka juga mendorong kreativitas di kalangan pengikut. Pemimpin mendorong pengikut untuk mengeksplorasi cara-cara baru dalam melakukan sesuatu dan kesempatan baru untuk belajar.
  2. Individual Pertimbangan - Kepemimpinan transformasional juga melibatkan dukungan dan dorongan kepada pengikut individu. Dalam rangka mendorong hubungan yang mendukung, pemimpin transformasional menjaga jalur komunikasi tetap terbuka sehingga pengikutnya merasa bebas untuk berbagi ide dan agar pemimpin dapat menawarkan pengakuan langsung dari kontribusi unik dari setiap pengikut.
  3. Inspirational Motivasi - Pemimpin transformasional memiliki visi yang jelas bahwa mereka mampu mengartikulasikan kepada pengikut. Para pemimpin ini juga mampu membantu pengikut mengalami gairah yang sama dan motivasi untuk memenuhi tujuan tersebut.
  4. Ideal Pengaruh - Pemimpin transformasional berfungsi sebagai model peran bagi pengikut. Karena pengikut percaya dan menghormati pemimpin, mereka meniru orang ini dan internalisasi nya cita-cita.

Dalam teks klasik mereka, Kepemimpinan Transformasional, penulis Bass dan Riggio menjelaskan:

"Pemimpin transformasional adalah mereka yang merangsang dan menginspirasi pengikut untuk kedua mencapai hasil yang luar biasa dan, dalam proses, mengembangkan kemampuan kepemimpinan mereka sendiri. Pemimpin transformasional membantu pengikut tumbuh dan berkembang menjadi pemimpin dengan menanggapi kebutuhan pengikut individu dengan memberdayakan mereka dan dengan menyelaraskan tujuan dan sasaran dari para pengikut individu, pemimpin, kelompok, dan organisasi yang lebih besar. "

Baca juga : Apa Pengertian Kepemimpinan Demokratis?

Para peneliti telah menemukan bahwa gaya kepemimpinan ini dapat memiliki efek positif pada kelompok. "Bukti Penelitian jelas menunjukkan bahwa kelompok yang dipimpin oleh pemimpin transformasional memiliki tingkat lebih tinggi dari kinerja dan kepuasan dibandingkan dari kelompok yang dipimpin oleh jenis lain dari pemimpin," jelas psikolog dan ahli pimpinan Ronald E. Riggio dalam sebuah artikel yang muncul di situs Today Psikologi. Pasalnya, ia menyarankan, adalah bahwa pemimpin transformasional percaya bahwa para pengikut mereka dapat melakukan yang terbaik, anggota kelompok yang mengarah ke merasa terinspirasi dan diberdayakan.

Sekian pembahasan kali ini tentang Pengertian Kepemimpinan Transformasional. Semoga artikel yang sedikit ini memberikan informasi yang bermanfaat untuk Anda. Jika ada kekurangan saya mohon maaf jika berkenan mau menambahi atau ingin berbagi dengan pengunjung yang lain silahkan berkomentar di bawah ini Terimakasih salam sukses untuk kita semua.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Apa Pengertian Kepemimpinan Transformasional?"

Post a Comment

Jika Bermanfaat Ayo Bagikan pengalaman Anda Juga di Sini. Terimakasih Salam Sukses :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

IBX5B3511E25E8EF