10 Langkah Menulis Rencana Bisnis Butik Pakaian

Menulis Rencana Bisnis Butik Pakaian

Memiliki sebuah bisnis atau usaha yang sukses memang menjadi impian dan keinginan semua orang. Pada dasarnya bisnis itu banyak bidangnya dari makanan, properti, jual beli dan masih banyak lagi yang bisa di kerjakan untuk meraih kesuksesan salah satunya bisnis butik pakaian ini. Saat ini butik pakaian tidak hanya bersaing dengan butik lokal lainnya, mereka bersaing dengan peritel pakaian, department store dan merchandiser besar yang memang memiliki modal besar tentunya. Semua bisnis kecil maupun besar mereka tentu sudah memiliki perencanaan yang matang untuk membangun bisnisnya agar nanti bisa menghindari kendala yang mungkin saja terjadi kapan saja. Sebuah rencana bisnis agar menjadi maksimal dan baik maka perlu diteliti secara menyeluruh yang tidak hanya dapat membantu pemilik butik dalam mengamankan pembiayaan nantinya, juga dapat membantu pemilik mempu bersaing dalam memenangkan kompetisi.

Bisnis pakaian memang tidak akan ada matinya karena kebutuhan masyarakat akan fashion atau penampilan yang ingin terus tampil bagus dan beda memberikan atau menjadikan peluang usaha butik pakaian ini peluang yang sangat besar. Saat ini bisnis yang terus tumbuh dan perlu di kembangkan yaitu bisnis bidang fashion yaitu butik yang cenderung rata-rata pada baju bagi wanita-wanita muslimah serta koleksi koleksi hijab dan aksesoris cantik yang memang sangat besar peminatnya.

Langkah Menulis Rencana Bisnis Butik Pakaian

Nah dalam membangun sebuah usaha tentu harus memiliki rencana yang matang agar nanti bisa jauh dari yang namanya kegagalan. Saat rencana sudah ditentukan dengan matang maka baru usaha atau bisnis ini bisa di kerjakan dengan memperhatikan kompetitor yang ada. Jika ingin membuat rencana bisnis tentu ada baiknya memperhatikan beberapa hal yang nantinya bisa dimanfaatkan untuk menguatkan bisnis yang dijalankan.

Oleh karenanya yuk simak langkah apa saja yang perlu dilakukan dalam membangun usaha butik pakaian. Langkahnya sebagai berikut:

Artikel terkait: 6 Tips Sukses Bisnis Kaos Distro Untuk Anak Muda Kekinian

Langkah 1

Yang pertama adalah bagaimana memperkenalkan butik pakaian Anda kepada calon konsumen dengan deskripsi bisnis umum dan menarik. Usahakan membuat butik Anda dengan deskripsi bisnis yang legal, seperti jenis pemilik tunggal atau kemitraan, informasi juga terkait kontak kepada mereka agar lebih memudahkan konsumen untuk mengubungi Anda nantinya.

Langkah 2

Membuat daftar produk pakaian butik Anda. Hal ini meliputi detil kualitas yang unik dari produk Anda dan menjelaskan mengapa produk tersebut menguntungkan pelanggan Anda sehingga mereka mau membeli produk dari Anda. Menjelaskan dari mana Anda mendapatkan pakaian butik Anda dan juga informasi termasuk termasuk seperti biaya vendor dan pemasok.

Langkah 3

Menjelaskan target pasar butik Anda, atau pelanggan yang akan Anda tuju nantinya apakah dari segi segmen pasar dan lain sebagainya. Juga perlunya menggambarkan demografi pelanggan dan lokasi target pelanggan Anda. Jelaskan juga bagaimana Anda akan mengiklankan bisnis Anda, daftar opsi pembayaran dan kebijakan kredit, dan menjelaskan bagaimana Anda akan mempertahankan para pelanggan secara jangka panjang.

Langkah 4

Mengidentifikasi lokasi butik pakaian Anda. Jika Anda tidak memiliki lokasi yang diidentifikasi sesuai dengan bisnis Anda maka perlu juga menggambarkan jumlah ruang bisnis Anda misalnya saja dari segi tempat parkir seperti apa. Untuk itu pastikan bahwa lokasi yang dipilih memiliki banyak ruang parkir yang cukup untuk parkir.

Langkah 5

Menjelaskan rincian dari operasi butik pakaian Anda. Mengidentifikasi peralatan yang dibutuhkan butik Anda, seperti rak, lemari  dan peralatan ruangan yang dibutuhkan. Mmebuat daftar atau jadwal jam kerja butik pakaian termasuk informasi tentang jam liburan dan sebagainya. Menjelaskan biaya lokasi, termasuk persyaratan perizinan, pajak, persyaratan zonasi, utilitas, biaya sewa dan renovasi lokasi juga diperlukan.

Langkah 6

Memperkenalkan pesaing butik pakaian Anda. Mengkategorikan pesaing ke pesaing langsung dan tidak langsung, dengan pesaing langsung menjadi butik lokal lain di daerah Anda dan tidak langsung menjadi department store. Menjelaskan kekuatan dan kelemahan butik Anda dengan dibandingkan dengan kompetitor yang Anda miliki dan menggambarkan strategi butik Anda untuk mencapai dan mempertahankan keunggulan kompetitif dari bisnis Anda.

Langkah 7

Jelaskan juga kebutuhan staf butik Anda. Memberikan rincian jelas tentang fungsi dan tanggung jawab masing-masing posisi ini. Termasuk biaya untuk setiap posisi, termasuk gaji, tunjangan dan biaya-biaya pelatihan yang diperlukan bagi para karyawan. Membuat bagan organisasi untuk memasukkan dalam rencana bisnis jika butik Anda mempekerjakan banyak orang.

Langkah 8

Buat laporan keuangan butik pakaian Anda. Sertakan juga daftar keuangan, neraca, arus kas dan laporan laba rugi. Hal ini akan lebih mempermudah dalam hal financial selain itu akan memberikan asumsi yang wajar dan proyeksi tentang penjualan di masa depan.

Langkah 9

Meringkas rencana bisnis butik Anda dalam waktu kurang dari dua halaman. Gunakan Ringkasan resmi ini sebagai ringkasan eksekutif rencana dan menempatkannya di halaman depan rencana bisnis yang telah dibuat tadi. Menulis ringkasan eksekutif untuk memperjelas rencana bisnis. Jika Anda sedang mencari pendanaan dengan rencana bisnis, termasuk jumlah yang Anda cari dalam ringkasan ini. Menjelaskan secara singkat bagaimana dana akan digunakan dan seberapa cepat dana akan dilunasi.

Baca juga: 8 Usaha Kecil Menengah Penggerak Ekonomi

Langkah 10

Buat sebuah lampiran pada akhir rencana bisnis butik Anda. Mencakup dokumen yang mendukung informasi dalam rencana bisnis, seperti kontrak dengan distributor pakaian, perjanjian sewa, pajak dan dokumentasi lain yang berhubungan langsung dengan operasional butik atau pembiayaan yang akan Anda keluarkan nantinya.

Sekian pembahasan kali ini tentang Cara membuat Rencana Bisnis  (business plan) Butik Pakaian. Semoga artikel yang sedikit ini memberikan informasi yang bermanfaat untuk Anda. Jika ada kekurangan saya mohon maaf jika berkenan mau menambahi atau ingin berbagi dengan pengunjung yang lain silahkan berkomentar di bawah ini Terimakasih salam sukses untuk kita semua.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "10 Langkah Menulis Rencana Bisnis Butik Pakaian"

Post a Comment

Jika Bermanfaat Ayo Bagikan pengalaman Anda Juga di Sini. Terimakasih Salam Sukses :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

IBX5B3511E25E8EF